Kamis, 27 April 2017

Gejala Dan Penyebab Asma Pada Anak Terjadi Dan Sering Kambuh

Asma merupakan suatu penyakit jangka panjang pada saluran pernapasan ditandai dengan penyempitan dan peradangan saluran napas yang emnjadikannya sesak atau sulit bernapas. Penderita asma selain sesak napas juga suka merasakan nyeri pada yang lain nya seperti batuk –batuk, nyeri dada , dan juga mengi. Penyakit asma di derita oleh semua golongan baik anak- anak maupun orang dewasa.

Karena penyakit asma merupakan penyakit yang sering di alami sebagian orang dan juga merupakan penyakit yang lumayan berbahaya, bisa menyerang anak-anak ataupun dewasa,dan bila pada saat anak-anak menderita asma maka kalau tidak segera di atasi akan terbawa sampai dewasa maka pembahasan kali ini akan memabahas mengenai gejala, penyebab asma pada anak dan sering kambuh.
asma

Penyakit asma sebenarnya penyebabnya belum di ketahui secara pasti tapi biasanya penyakit asma di picu oleh berbagai macam misalnya polusi udara, asap dari rokok ataupun kendaraan, dari debu, bulu binatang, melakukan berbagai aktifitas fisik, faktor lingkungan berupa udara yang dingin, infeksi yang diakibatkan oleh virus, dan juga bisa terjadi dari paparan zat –zat kimia.

Orang yang mengalami penyakit asma biasanya salauran napas nya menjadi sensitive dibandingkan dengan orang yang kondisi nya normal dan sehat. Saat bagian paru-paru terkena pemicu seperti di atas maka otot –otot pada saluran pernapasan menjadi menyempit dan juga kaku selain itu produksi dahak menjadi meningkat sehingga menyebbakan penderita asma akan semakin sulit untuk bernapas.

Gejala dan penyebab asma pada anak terjadi dan sering kambuh


Gejala asma pada anak

Penyakit asma merupakan penyakit jangka panjang selain itu penyakit asma adalah penyakit yang sering kambuh. Asma menjadi kambuh karena berbagai hal salah satunya lingkungan udara, udara yang lembab, suhu udara yang rendah dan ada juga karena suhu udara yang panas yang menyebabkan asma anak jadi kambuh selain karena faktor lingkungan udara ada juga yang berasal dari faktor dalam tubuh yaitu karena asam lambung. Asam lambung yang naik meyebabkan masalah pada saluran pernapasan sebab asam lambung melewati kerongkongan dan kerongkongan terhubung dengan saluran pernapasan.(baca juga : cara menagtasi sesak napas karena asam lambung mendadak )
asma

Penyakit as,a pada anak bisa kambuh juga pada saat anak melakukan aktifitas fisik. Aktifitas fisik yang biasa di lakukan seperti olahraga, dan olahraga nya pun yang berlebihan sehingga menyebabkan asma anak jadi kambuh. Saat asma anak kambuh gejala yang biasa di alami biasanya adalah sebagai berikut :

  • Sesak napas, gejala asma yang sering terjadi ketika kambuh biasanya adalah sesak napas, penyakit asma jadi kambuhdan menimbulkan gejala sesak napas disebabkan oleh jumlah udara yang masuk kedalam tubuh atau pun paru –paru sedikit. Oleh karena itu sesak napas merupakan gejala alami pada penyakit asma, umunya gejala asma berupa sesak napas ini terjadi saat tubuh memerlukan udara yang cukup banyak namun hanya sedikit yang masuk ke tubuh hal inilah yang mengakibatkan sesak napas.
  • Batuk, penyakit asma akan merasa semakin tidak nyaman ketika muncul batuk, gejala asma ini terjadi karena adanya gangguan pada saluran pernapasan tidak hanya membuat penderitanya sulit bernapas secara normal tapi juga membuat penderita asma mengalami batuk baik batuk yang ringan ataupun batuk kering yang tidak ada dahaknya.
  • Nyeri dada, selain merasakan sesak napas dan juga batuk penderita asma ketika asma nya kambuh akan merasakan nyeri pada dada, selain membuat sulit pernpasan masuk kedalam tubuh juag akan merasakan sakit pada dada oleh karena itu pada saat asma nya kambuh biasanya nyeri pada dada selalu datang secara bersamaan dan itu membuat tidak nyaman.
  • Mengalami susah tidur, anak yang asma nya kambuh biasanya akan mengalami susah tidur karena saluran napas nya terganggu oleh sesak napas.
  • Detak jantung meningkat. Pada saat anak asmanya kambuh biasanya muncul gejala berupa detak jantung mengalami peningkatan. Dengan meningkatnya detak jantung menyebabkan rasa tidak nyaman pada anak yang menderita asma semakin bertambah.
  • Pusing. Gejala yang muncul pada anak kalau asma nya kambuh biasnya membuat kepalanya pusing hal ini di sebabkan udara yang masuk ke dalam tubuh kurang khususnya pada organ otak yang mendapatkan pasokan udara yang cukup sedikit makanya penderita asma selalu merasa pusing pada kepalanya.

Jika muncul gejala asma seperti ini dan berlangsung cukup lama maka cepat – cepatlah di atasi dengan melakukan pemeriksaan kesehatan pada saluran pernapasan dan obati asmanya dengan cara memberikan obat ataupun dengan melakukan terapi pengobatan asma.

Penyebab asma sering kambuh

Bila anak menderita asma maka akan menyebabkan tumbuh kembang nya menjadi terganggu karena asma yang di derita akan kambuh kapan saja dan dimana pun selain itu akibat penyakit asma yang diderita pada anak akan menyebabkan organ tubuh terganggu karena kekurangan oksigen bila penderita asma sering kambuh dan berlangsung lama.
asma

Pada saat anak menderit asma maka udara yang masuk ke paru-paru menjadi sedikit akibat saluran pernapasan nya terganggu. Oleh karena itu sebelum melakukan pengobatan ada baik nya kita mengetahui penyebab asma pada anak dan sering kambuh penyebab nya adalah sebagai berikut :

  1. Faktor genetik. Penyebab asma anak bisa terjadi karena faktor genetik. Asma merupakan penyakit turunan jadi faktor genetik bisa menyebabkan anak menjadi menderita asma. Selain dari orang tua penyebab asma juga bisa kemungkinan terjadi apabila kakak, ataupun anggota keluarga kita menderita asma. Ini di sebabkan karena pengaruh gen dan juga pola hidup yang di lakukan.
  2. Kondisi lahir premature. Penyebab asma selanjutnya pada anak bisa terjadi karena kondisi bayi lahir secara premature . bayi premature di karenakan usia kandungan bayi yang belum waktunya melahirkan mengakibatkan kondisi oragn tubuh nya belum sempurna sehingga pas waktu lahir akan terjadi masalah pada saluran pernapasan karena terjadinya penyempitan pada saluran napasnya.
  3. Infeksi pada paru – paru. Anak bisa menderita penyakit asma penyebabnya bisa terjadi karena infeksi paru –paru. Anak –anak memang rentan terkena infeksi paru-paru karena daya tahan tubuhnya lemah. Infeksi paru paru selain menyebabkan paru-paru basah bisa juga menyebabkan asma.
  4. Alergi. Penyebab asma pada anak terjadi karena alergi. Tidak sedikit anak-anak mengalami alergi karena kondisi kesehatan anak yang lemah dan juga sistem imun yang berlebihan ketika masuk dalam tubuh, misalnya alergi karena debu,ataupun juga alergi karena makanan.
  5. Efek samping dari obat. Zat-zat kimia yang ada dalam obat bisa meyebabkan timbulnya penyakit asma pada anak kambuh, ada beberapa obat yang membuat asma pada anak menjadi kambuh misalnya obat pereda nyeri dan juga obat untuk menghambat beta yang biasa di gunakan pada orang dewasa.

Selain faktor diatas cuaca juga bisa menjadi salah satu penyebab asma anak menjadi kambuh. Itulah informasi yang bisa di sampaikan mengenai gejala dan penyebab asma pada anak terjadi dan sering kambuh yang bisa di sampaikan .salam www.seh4t.com semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung .


Previous Post
Next Post

0 komentar: