Selasa, 25 April 2017

Sayuran Dan Buah Untuk Darah Tinggi, Kolestrol, Diabetes Dan Asam Urat

Sayuran Dan Buah Untuk Darah Tinggi, Kolestrol, Diabetes Dan Asam Urat
Buah Untuk Darah Tinggi Sebelum kita membahas tentang apa saja Sayuran Dan Buah Untuk Darah Tinggi, Kolestrol, Diabetes Dan Asam Urat, ada baiknya kita harus mengetahui dulu apasih itu Darah tinggi,Kolestrol, Diabetes, Serta Asam Urat ? ini dia :
  • Pengertian Darah Tinggi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi termasuk penyakit yang tidak menunjukkan gejala atau tanda-tanda yang jelas sebelum adanya perubahan pada pembuluh darah di jantung, otak atau ginjal. Oleh karena itu banyak orang yang tidak menyadari kalau menderita hipertensi, mereka baru mengetahuinya ketika dokter mengukur tekanan darahnya saat cek kesehatan atau keluhan penyakit lain. Seseorang dikatakan menderita hipertensi apabila nilai tekanan darah sistoliknya di atas 140 mm Hg dan diastoliknya di atas 90 mm Hg. Penyakit ini menyerang satu dari sepuluh orang dewasa dalam hidupnya.

Tekanan darah tinggi sering disebut juga dengan ‘silent killer” karena jarang menunjukkan tanda-tanda dan jika diderita dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan berbagai macam komplikasi. Secara extrem tekanan darah tinggi dapat merusak bagian dalam dari arteri yang kecil, kemungkinan dapat menyebabkan pembekuan darah. Jika hal ini terjadi maka dapat menyebabkan serangan jantung (jika terjadi pada jantung), kebutaan (jika terjadi pada retina mata), gagal ginjal (jika pembekuan darah terjadi di ginjal), dan stroke (jika pembekuan darah terjadi di otak). Stroke juga dapat terjadi karena pecahnya pembuluh darah akibat hipertensi sehingga mengakibatkan pendarahan di otak.

Sekitar 90-95% hipertensi tidak diketahui penyebabnya secara pasti, keadaan tersebut disebut juga hipertensi esensial. Sedangkan sisanya yaitu sekitar 5-10% diketahui penyebabnya yang disebut juga hipertensi sekunder. Hipertensi sekunder antara lain disebabkan oleh penyakit parenkim ginjal, pembuluh darah ginjal, akibat pemakaian obat, kelainan endokrin, dan lain-lain.

  • Pengertian Kolestrol
Sayuran Dan Buah Untuk Darah Tinggi, Kolestrol, Diabetes Dan Asam Urat
kolestrol
Kolestrol adalah lemak yang terdapat di dalam aliran darah atau sel tubuh yang sebenarnya dibutuhkan untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon. Namun apabila kadar kolestrol dalam darah berlebihan, maka bisa mengakibatkan penyakit, termasuk penyakit jantung koroner dan stroke. Kolestrol yang normal harus di bawah 200 mg/dl. Apabila di atas 240 mg/dl, maka Anda berisiko tinggi terkena penyakit seperti serangan jantung atau stroke.

Kolestrol secara alami bisa dibentuk oleh tubuh, selebihnya di dapat dari makanan hewani, seperti daging, unggas, ikan, margarin, keju, dan susu. Adapun makanan yang berasal dari nabati, seperti buah, sayur, dan beberapa biji-bijian, tidak mengandung kolestrol.

  • Pengertian Diabetes
Sayuran Dan Buah Untuk Darah Tinggi, Kolestrol, Diabetes Dan Asam Urat
diabetes
Menurut WHO (World Health Organization) sendiri diabetes merupakan suatu penyakit kronis yang terjadi apabila pankreas todak memproduksi hormon insulin dalam jumlah yang cukup atau tubuh yang tidak efektif menggunakan hormon insulin yang sudah dihasilkan.
Ketidakmampuan tersebut mengakibatkan terjadinya peningkatan kadar glukosa dalam darah atau yang dikenal dengan hiperglikemia.

Kriteria dari jenis diabetes sendiri juga dapat dibagi berdasarkan penyebab utamanya, seperti:

  1. Diabetes tipe 1 (sebelumnya lebih dikenal sebagai diabetes masa-onset atau diabetes insulin-independent) ditandai dengan kurangnya produksi hormon insulin.
  2. Diabetes tipe 2 (sebelumnya lebih sering disebut sebagai diabetes onset dewasa atau diabetes non-insulin dependent) disebabkan karena penggunaan insulin yang tidak efektif. Hal ini seringkali disebabkan oleh faktor kelebihan berat badan serta aktivitas fisik.

  • Pengertian Asam Urat
Sayuran Dan Buah Untuk Darah Tinggi, Kolestrol, Diabetes Dan Asam Urat
Asam Urat
Asam urat ialah asam yg mencetak kristal-kristal yg yakni hasil metabolisme purin. Purin terdapat di dalam badan kita & pun terdapat di seluruh makanan. Penyakit asam urat yaitu salah satu tipe penyakit yg disebabkan oleh penumpukan senyawa asam urat (C3H4N4O3) berlebih yg dihasilkan dalam proses metabolisme protein di dalam badan.

Asam urat yakni zat sampah yg semestinya dikeluarkan oleh badan lewat system ekskresi. Asam urat terbentuk dari makanan yg kita makan. Makin tidak sedikit kandungan protein yg ada dalam makanan tersebut, makin tidak sedikit juga asam urat yg dihasilkan.

Zat sampah atau asam urat ini pasti saja mesti dikeluarkan. Jikalau zat sampah ini tak dikeluarkan, pasti bakal memengaruhi kinerja organ-organ yg ada di dalam badan. Ibarat sampah yg tak sempat dibuang pasti bakal memunculkan masalah.

Sama halnya dgn asam urat, kalau asam urat tak dapat dibuang oleh badan dikarenakan rintangan terhadap system ginjal, sehingga badan dapat mengalami masalah. Umumnya orang yg mempunyai kesukaran atau penyakit asam urat bakal merasakan nyeri terhadap sendi. Makin tidak sedikit asam urat yg terkandung dalam badan, nyeri dalam sendi juga bakal makin hebat.

Penyakit asam urat ini sangat sering menyerang satu orang yg berusia 30 thn ke atas, tapi tak menutup barangkali utk menyerang seorang yg berumur lebih jejaka dari 30 th.

diluar itu, kasus penyakit asam urat serta lebih tidak jarang ditemukan kepada kaum laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian, 95 persen penderita asam urat yaitu cowok & sisanya merupakan perempuan.

Penyakit asam urat tak mampu disepelekan. Factor ini lantaran kepada step akut penyakit ini akan memunculkan rasa sakit yg gemilang terhadap bagian-bagian badan tertentu, seperti pergelangan kaki, lutut, pinggul, siku, pergelangan tangan, & ruas-ruas jari.

Seandainya tak diobati, rasa sakit akibat asam urat ini rata-rata bakal sembuh dalam sekian banyak hri, namun kalau perihal ini konsisten dibiarkan penyakit asam urat ini bakal mencapai step chronic tophaceous gout.

Kepada step ini, bakal berlangsung penumpukan asam urat dalam wujud kristal kepada jaringan-jaringan badan yg lunak, disekitar persendian, & di dalam ginjal, maka bakal memicu rintangan lain, seperti perusakan tulang & kesukaran fungsi ginjal (pembentukan batu ginjal).

Celakanya, tidak sedikit orang yg belum tahu info ini. Mereka memakan segala makanan yg mereka inginkan tidak dengan perhitungkan akibat tidak baik yg bakal menimpa kesehatan mereka. Apabila keasyikan menyantap makanan yg tidak sedikit mengandung purin, jumlah purin di dalam badan bakal melintasi batas normal (diatas 7mg%). Faktor tersebut seperti menciptakan undangan bagi serangan asam urat.

Pekerjaan ginjal dalam menjaga kestabilan kadar asam urat di dalam badan makin berat. Ginjal dapat mengambil kelebihan asam urat melalui urin. Tetapi, kalau kadar asam urat yg dipindah ginjal melebihi batas wajar, kelebihan itu bakal menumpuk terhadap jaringan persendian, maka menyebabkan nyeri di persendian.

Sayuran Dan Buah Untuk Darah Tinggi, Kolestrol, Diabetes Dan Asam Urat



  • Bawang Putih Untuk Darah Tinggi

Bawang Putih
Bawang putih memang tidak masuk dalam kategori buah atau sayuran. Namun banyak orang yang tidak mengetahui bahwa degan mengonsumsi satu siung bawang putih saja ternyata bisa membantu mencegah pembekuan darah, penebalan pada pembuluh darah, dan mencegah penyumbatan pada jantung. Oleh karena itu, saat ini di pasaran juga banyak ditemukan obat-obatan herbal yang memanfaatkan kandungan-kandungannya untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Jadi selain mengonsumsi sayur atau buah penurun darah tinggi, Anda juga bisa lebih sering mengonsumsi bawang putih agar tekanan darah Anda menjadi lebih stabil.

  • Buah Untuk Darah Tinggi Yaitu Mengkudu
Buah Mengkudu
Mengkudu adalah salah satu buah yang cukup mudah ditemukan di lingkungan sekitar kita. Dan meskipun rasanya tidak terlalu enak, akan tetapi ternyata mengkudu menjadi salah satu jenis buah penurun darah tinggi. Buah mengkudu diketahui mengandung beberapa nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Kandungan protein, vitamin dan juga berbagai mineral penting banyak tersimpan dalam buah dan juga daun pohon buah mengkudu yang juga dinilai bisa membantu meredakan hipertensi. Dan kandungan selenium yang terkandung dalam buah mengkudu ini berperan sebagai antioksidan yang bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan.

  • Mentimun Untuk darah Tinggi

buah timun
Anda mungkin sangat sering mengonsumsi makanan ini untuk lalapan. Namun demikian, selain rasanya yang nikmat saat dicocol dengan sambal ternyata ketimun juga memiliki khasiat untuk meredakan hipertensi. Maka jangan heran jika Anda melihat seorang penderita hipertensi sangat sering mengonsumsi ketimun. Kandungan mineral potasium yang banyak terdapat pada ketimun inilah yang membuat ketimun cukup efektif untuk melawan hipertensi atau tekanan darah tinggi.
Lihat Juga ini : Cara Menurunkan Darah Tinggi Dengan Cepat Secara Alami Di Usia Muda

  • Untuk Penderita {Kolestrol }Adalah Buah Jaitun
Buah Zaitun
Kandungan zat anti oksidan (zat hydroxytyrosol) dapat menurunkan kadar kolestrol dalam darah namun tidak mengurangi tingkat kolesterol baik dalam tubuh (HDL). Buah ini akan berefek positif terhadap kesehatan jantung karena mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E yang akan menaikkan kadar kolesterol baik. Kita bisa mengonsumsi setidaknya campuran 2 (dua) sendok minyak zaitun dan buah zaitun yang dicampurkan pada salad untuk menaikkan kolesterol baik dalam tubuh.

  • Buah Apel Untuk Kolestrol

Apel
Buah yang satu ini sangat terkenal kaya akan serat dan zat antioksidan. Sudah tentu apel pun kaya vitamin C. Maka dari itu, apel bisa juga diandalkan sebagai penurun kolesterol. Sebaiknya apel dikonsumsi beserta kulitnya, karena di kulit inilah terdapat kandungan pektin (serat larut yang ampuh sekali dalam menurunkan kadar kolesterol) dan antioksidan paling banyak.

  • Buah Coklat Hitam Cocok Untuk Penderita Penyakit Diabetes

buah coklat
Cokelat kaya akan flavonoid, dan penelitian menunjukkan bahwa nutrisi ini mengurangi resistensi insulin, meningkatkan sensitivitas insulin, menurunkan kadar insulin dan glukosa darah. Tapi tidak semua cokelat yang diciptakan mempunyai kandungan yang sama. Dalam sebuah studi 2008 dari University of Copenhagen, menyebutkan bahwa coklat hitam lebih dianjurkan untuk penderita diabetes. Flavonoid dalam cokelat juga telah terbukti menurunkan risiko stroke, tekanan darah tinggi, dan mengurangi risiko serangan jantung sebesar 2 persen lebih dari 5 tahun.

  • Sayur Yang Cocok Buat Penderita Diabetes Adalah Brokoli
brokoli
Di dalam sayuran Brokoli terdapat kandungan sulforaphane yang diketahui dapat memperbarui produksi enzim dan melindungi pembuluh darah serta mencegah kerusakan sel akibat tingginya kadar gula dalam darah.
Selain itu, Brokoli juga mengandung kromium, dimana peningkatan senyawa ini dalam tubuh akan mendorong peningkatan sensitivitas insulin dalam tubuh yang bermanfaat dalam pengendalian glukosa dan faktor-faktor terkait lainnya yang menyertai timbulnya diabetes.
Untuk dapat menikmati sepenuhnya manfaat Brokoli, Anda perlu memerhatikan cara penyimpanan dan pengolahannya. Jangan sekali-kali menyimpan Brokoli dalam freezer karena segera setelah dikeluarkan dari freezer, kandungan gizi di dalamnya akan rusak.
Sedangkan, untuk mengolahnya, bisa dilakukan dengan cara mengukus, menumis, atau memanggangnya dalam microwave dalam waktu yang singkat.
Mengapa sebaiknya tidak merebus Brokoli? Karena cara tersebut akan menyebabkan hilangnya kandungan gizi Brokoli sebanyak hampir 70 persen.
Silahkan Klik Ini :Nama Obat Herbal Penurun Darah Tinggi Dengan Cepat Paling Ampuh

  • Pengobatan Asam Urat Melalui Jus Nanas Dan Jus Sirsak


Pengobatan asam urat dengan cara alami mampu dilakukan bersama teratur meminum jus. Jus yg dianjurkan buat penderita asam urat ialah jus sirsak & jus nanas.

Solusi menuju sehat utk penderita asam urat tidak cuma memeriksakan diri ke dokter, berolah raga dengan cara teratur & konsumsi makanan yg sehat, juga menjalankan hidup dengan cara seimbang.
Pola makanan penderita asam urat mesti memang lah diatur dikarenakan ada makanan-makanan tertentu, yg terbilang sehat, bakal memicu penyakit ini muncul kembali. Utk itu, mengatur pola makan & memperhatikan kandungan makanan itu amat sangat utama bagi penderita asam urat.

Penyakit asam urat ini, terkadang disepelekan & tak diperhatikan. Padahal, jika penyakit ini dibiarkan demikian saja tidak dengan diobati & disertai pola makanan sehat, sehingga dapat menyebabkan kelumpuhan, bahkan kematian lantaran resiko sampingnya memunculkan penyakit yang lain.
Membiasakan hidup rutin & pola makan yg rutin bisa pula dilakukan dari hal-hal mungil, seperti meminum air putih pas bersama porsinya, ialah minimal dua liter per hri.
Begitu spek berkenaan kiat mengatasi asam urat. Mudah-mudahan info tersebut berguna bagi kesehatan Kamu & keluarga. Mulailah mengatur pola makan Kamu dgn rutin. Hidup rutin, hidup sehat.
Sekian info dari kami tentang apa saja Sayuran Dan Buah Untuk Darah Tinggi, Kolestrol, Diabetes Dan Asam Urat. Semoga bermanfaat buat anda. salam dari kami www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: