Selasa, 04 April 2017

Cara Mengatasi Masuk Angin Parah Secara Alami Paling Cepat

Cara Mengatasi Masuk Angin Parah Secara Alami Paling Cepat

Musim penghujan membuat banyak teman saya yang terkena penyakit, mulai dari pilek, flu, batuk, sampai dengan masuk angin. Meskipun sepele, masuk angin tak boleh kamu biarkan begitu saja, sebab sudah banyak kasus masuk angin mengakibatkan kematian. Maka dari itu, sebaiknya jika kamu mengalami masuk angin segera untuk diobati.

Udara dingin, lembur kerja kantor, pulang kerja kehujanan, begadang, kurang tidur, kurang istirahat, ditambah tidak menjaga asupan makanan, masuk angin pun akan sangat mudah sekali menyerang. Penyakit ini sangat sering menyerang saat musim pancaroba atau penghujan. Di Indonesia sendiri, biasanya masyarakat menghilangkan masuk angin dengan cara kerokan.

Cara Mengatasi Masuk Angin Parah Secara Alami Paling Cepat

Gejala Masuk Angin

Walaupun sudah dikenal masyarakat sejak turun temurun, istilah masuk angin ternyata tidak diketahui dalam dunia medis. Biasanya gejala masuk angin dapat diketahui melalui adanya perubahan pada tubuh seperti badan terasa kurang enak, kedinginan, meriang, sakit kepala, otot terasa nyeri, kehilangan nafsu makan, dan merasa lelah.
Selain itu, ciri-ciri masuk angin lainnya juga ditunjukan melalui gejala seperti demam, perut kembung, sering bersendawa, sakit perut, sering buang angin berbau, diare, dan bahkan pegal-pegal. Jika kamu sudah mengalami gejala masuk angin semacam itu, sebaiknya obati secepatnya.


gejala orang masuk angin adalah:

  1.  Kepala sering pusing
  2.  Panas atau demam naik turun
  3.  Bahaya cegukan
  4.  Tenggorokan yang terasa sakit
  5.  Rasa pegal- pegal pada tubuh
  6.  Kurang enak badan
  7.  Penyebab pilek tidak kunjung sembuh
  8.  Gejala diare
  9.  Cepat lelah
Jika anda mengalami gejala-gejala tersebut di atas, anda harus segera tanggap supaya masuk angin bisa dicegah dan tidak lebih parah sehingga memperburuk kesehatan dan menghambat aktivitas. Berikut tips mencegah serta mengatasi masuk angin yang bisa anda terapkan pada kehidupan sehari- hari anda.

Cara Mengatasi Masuk Angin

Hindari keluyuran di malam hari

Salah satu penyebab masuk angin yang banyak dialami oleh seseorang adalah bepergian di malam hari. Berbeda saat siang atau pagi hari, angin malam tidaklah bagus bagi kesehatan karena dapat menurunkan daya tahan tubuh akibat kandungan zat asam arangnya. Selain itu angin malam cenderung terasa dingin sehingga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Hal inilah kenapa bepergian di malam hari sebaiknya dihindari.
Lihat juga ini: Ramuan Obat Alergi Dingin Tradisional Sudah Terbukti Ampuh
Bagi anda yang harus keluar saat malam karena ada urusan yang penting maka gunakan jaket yang tebal untuk menghindari angin malam menyapa tubuh secara langsug. Untuk kepala, anda bisa menggunakan helm serta sepatu pada kaki dan masker untuk menghindari adanya zat atau mungkin penyakit yang memungkinkan masuk ke dalam tubuh anda.

Batasi konsumsi es

Mengonsumsi banyak es dapat menyebabkan masuk angin terutama ketika cuaca tidak mendukung tengah terjadi. Periode pergantian cuaca contohnya. Pada musim ini banyak orang mengalami sakit akibat daya tahan tubuh mereka yang lemah. Mengonsumsi es terutama di saat hari tengah terik-teriknya, memang dapat mengurangi dahaga pada tubuh namun sebaiknya anda tetap membatasi konsumsi anda sehingga tidak berlebihan.

Cara Mengatasi Masuk Angin Parah Secara Alami Paling Cepat

Hal lainnya yang harus diperhatikan dalam mengonsumsi es adalah tidak boleh membelinya secara sembarangan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pedagang nakal yang membuat es sebagai produk jualan mereka menggunakan bahan-bahan yang buruk baik kesehatan. Selain itu wadah yang digunakan sebagai tempat es juga tidak higienis sehingga bukan hanya esnya saja yang berbahaya melainkan tempat esnya pun sama berbahayanya. Hingga sekarang telah banyak ditemukan oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang menggunakan gelas tempat es tidak higienis karena tidak dicuci hingga bersih. Selain itu, banyak pedagang yang menjual es berasal dari air mentah yang mengandung banyak zat berbahaya tanpa melewati proses pematangan air terlebih dahulu.
Klik juga ini : Cara Mengobati Gatal Alergi Pada Kulit Tangan Dan Kaki
Menghindari pengonsumsian es yang tidak sehat, anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Menggunakan bahan serta tempat es yang bersih, tentu es buatan anda lebih aman untuk dikonsumsi.

Jangan terlalu banyak di ruangan ber AC

AC menjadi andalan ketika cuaca tengah panas-panasnya. Namun penggunaan AC sebaiknya dikurangi atau dihindari ketika musim dingin karena buruk untuk kesehatan dan dapat memicu datangnya masuk angin.

Dengan menggunakan bawang putih

Bahan makanan yang satu ini memiliki begitu banyak khasiat yang dibutuhkan oleh tubuh. Bawang putih bisa digunakan untuk mengatasi masalah gigi serta masuk angin. Bagi anda yang tidak bisa mengunyah bawang putih secara langsung, anda bisa mencampurnya dengan garam lalu menggerusnya. Selain itu bawang putih juga bisa digunakan sebagai elternatif pengobatan dengan cara mencampurnya ke dalam masakan.

Anti biotik alami yang terdapat pada bawang putih dapat digunakan untuk mengobati masuk angin. Zat zatallicin yang cukup tinggi pada bawang putih juga dapat digunakan untuk mencegah tumbuhnya virus serta bakteri pada tubuh.
Jangan lupa lihat ini : Penyebab Dan Cara Mengatasi Alergi Dingin Pada Hidung Dengan Cepat
Ada banyak cara mengatasi serta mencegah datangnya masuk angin. Bagi anda yang gemar membuat jus, anda harus tahu jika ternyata jus juga bisa digunakan untuk mencegah sekaligus mengatasi masuk angin. Cara membuat jus untuk masuk angin cukup mudah yaitu dengan menyiapkan buah anggur, kiwi dan jeruk yang masih segar. Jika sudah dipotong-potong, selanjutnya anda tinggal memblendernya. Nikmati jus buah segar tersebut supaya masuk angin tidak mendekat.



Kesimpiulan 

jagalah diri anda dari bahaya masuk angin. karena masuk angin sangat berbahaya untuk kondisi dan kekebalan tubuh kita. 
Previous Post
Next Post