Minggu, 16 April 2017

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Baru Lahir 0 Bulan, 1 Bulan, 2 Bulan

Perut kembung dapat di alami oleh siapa saja baik orang tua maupun orang muda, yang sudah besar ataupun yang masih kecil bahkan bayi pun dapat terkena perut kembung. Bila perut kembung terjadi pada bayi maka orang tua akan sangat khawatir apalagi bagi orang tua yang baru memiliki buah hati. Untuk itu pada pembahasan kali ini kita akan coba membahas tentang bagaimana cara mengatasi perut kembung pada bayi baik yang baru lahir, usia 1 bulan maupun dua bulan agar para ibu dapat mengambil tindakan langsung seandainya perut kembung itu menimpa para bayi.

Saat bayi terkena perut kembung maka dia akan merasa tidak nyaman ditandai dengan sikap dia yang rewel, dan juga sering menangis melampai dari kebiasaannya. Walaupun kita sudah menjaga bayi kita agar selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit tetap saja kadang bayi juga bisa terkena penyakit. Pada bayi yang mengalami perut kembung biasanya di tandai dengan perut yang membuncit tidak pada ukuran normal seperti biasanya, juga di sertai tangisan rewel yang dapat di artikan kalau dia bisa ngomong bahwa dia merasa tidak nyaman dengan perut nya, dan ingin cepat di obati oleh sang bunda.
cara mengatasi perut kembung pada bayi

Perut kembung di karenakan adanya gas yang berlebih di dalam bagian perut. Untuk orang dewasa gas tersebut dapat dengan mudah di keluarkan namun beda lagi kondisinya kalau perut kembung itu terjadi pada bayi, karena terkadang bayi membutuhkan bantuan untuk mengeluarkan gas tersebut.


Sebelum menjelaskan bagaimana cara mengatasi perut kembung pada bayi ada baiknya kita mengetahui gejala atau tanda bila bayi mengalami perut kembung gejalanya antara lain sebagai berikut :

a. Bayi mulai rewel dan nangis secara tiba-tiba dan taka da alasan yang jelas, bila terjadi seperti itu maka coba kita periksa bagian perut nya, bila perut nya agak mengeras dan disertai dengan sering buang angin maka bisa dikatakan bayi mengalami perut kembung.
b. Selain itu perhatikan juga gerakan bayi itu. Bayi yang mengalami perut kembung biasanya suka menggeliat, suka mengangkat kedua kakinya dan suka melengkungkan punggungnya kebelakang


Setelah mengetahui tanda bayi mengalami perut kembung ada baiknya juga mengetahui apa saja penyebab bayi mengalami perut kembung sehingga kita bisa tau cara mengatasi perut kembung pada bayi penyebabnya biasanya antara lain :

Makanan yang di konsumsi oleh bayi bisa jadi penyebab bayi mengalami perut kembung jika bayi sudah berumur 6 bulan keatas maka makanan bayi harus sangat di perhatikan. Misalnya kalau kita memberi bayi kita sayuran maka pilihlah sayuran yang membuat bayi kita nyaman karena tidak semua sayuran bagus untuk di konsumsi sebagai contoh brokoli walaupun brokoli itu sehat tapi kalau di konsumsi secara berlebihan maka akan membuat si bayi perut nya kembung

Selain makanan yang di konsumsi bayi, makanan yang di konsumsi oleh ibu juga bisa jadi penyebab bayi menjadi kembung perutnya. Karena bayi minum AsI dari ibunya sedangkan ASI itu berpengaruh dari makanan yang di konsumsi sang ibu. Oleh sebab itu bagi para ibu hindari makanan yang dapat menyebabkan bayi perut kembung seperti makan sayuran yang mempunyai gas seperti brokoli, kubis, kacang-kacangan bawang-bawangan kembang kol dan sebagainya.

Dot bayi juga bisa menjadi salah satu penyebab bayi mengalami perut kembung karena bila dot itu tidak pas terlalu kecil ataupun terlalu besar maka akan banyak udara masuk ke dalam perut bayi pada saat minum susu sehingga dapat menimbulkan perut kembung.
Itulah penyebab bayi mengalami perut kembung selanjutnya cara mengatasi perut kembung dapat di lakukan dengan cara :

Pada saat bayi mengalami perut kembung maka tepuklah secara lembut bagian punggungnya. Lakukan kegiatan itu selama 1 sampai 2 menit agar bayi dapat bersendawa atau tertawa lagi . karena pada bayi berumur kurang dari 6 bulan makanan utamanya adalah ASI sehingga pada lambungnya hanya berisi susu bukan makanan lainnya yang mengandung berbagai serat.

Coba beri minum bayi dengan air hangat dan anda juga bisa memandikan bayi menggunakan air hangat ukuran hangat nya jangan terlalu hangat ya sekitar hangat-hanagt kuku.
Gosok atau pijat lah bayi pada bagian perut nya dengan lembut hal ini bisa anda pijat dengan menggunakan minyak telon yang khusus untuk bayi agar bayi menjadi hangat.cara ini dipercaya merupakan salah satu cara mengatasi perut kembung pada bayi.

Bisa juga anda mengajak bayi untuk berinteraksi seperti mengajak bermain, dan kegiatan yang membuat bayi aktif hal ini dilakukan agar bayi bisa tertawa maupun bersendawa sehingga dapat mengeluarkan gas dalam tubuhnya penyebab perut kembung itu saat si bayi tubuhnya aktif.

Bila menggunakan susu formula sebaiknya anda harus berhati-hati. Karena apakah susu itu cocok untuk bayi kita selain itu lihat juga komposisi yang ada di dalamnya dan jangan lupa periksa tanggal kadaluarsanya. Bila susu formula itu telah melewati kadaluarsa dan di berikan pada bayi maka akan sangat membayakan sekali bagi kesehatannya selian itu susu formula yang tidak cocok bagi bayi biasanya dapat membuat perut bayi menjadi kembung. Oleh karena itu di sarankan sebaiknya jangan menggunakan susu formula pada bayi yang berusia 0 tahun sampai 2 tahun lebih baik gunakanlah ASI saja karena ASI merupakan nutrisi makanan yang terbaik bagi bayi.

Bila bayi yang mengalami perut kembung nya pada usia 1 bulan tentu berbeda penanganannya dengan bayi dia atas 1 bulan walaupun penanganannya hamper sama tetap saja kita harus berhati-hati untuk bayi yang berusia 1 bulan. Karena oragn tubuh bayi pada usia segitu kondisinya belum optimal, mudah terkena alergi. Jadi bagi para orang tua yang mempunyai bayi yang sedang mengalami perut kembung cara mengatasi perut kembung nya dengan memberikan ASI secara intensif , dan bagi bunda nyaharus menjaga makanannya senantiasa mengkonsumsi makanan yang bergizi dan makanan yang membuat ASI berjalan lancar dan usahakan selalu bayi agar terus aktif sehingga perut kembung nya bisa mereda dan segera sembuh.


Itulah beberapa cara mengatasi perut kembung pada bayi semoga bermanfaat. Jadi bagi para ibu setelah mengetahui tanda dan penyebab terjadinya perut kembung pada bayi anda bisa melakukan tindakan apa saja dan makanan yang harus dikonsumsi apa saja agar terhindar dari penyakit perut kembung tapi apabila si bayi sedang mengalami perut kembung anda tidak perlu khawatur lagi karena sudah tau bagaimana cara mengatasi perut kembung pada bayi yang telah kami berikan namun apabila cara – cara diatas sudah dilakukan dan bayi masih saja rewel da nada gejala lain maka segeralah bawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut agar penyakitnya segera terobati. Mungkin itulah beberapa tips dari kami terima kasih sudah berkunjung salam
www.seh4t.com  
Previous Post
Next Post