Kamis, 13 April 2017

Bagaimana Cara Mengatasi Perut Kembung Dan Mual Serta Tidak Bisa Kentut

 Aduuuh Perut Kembung Gaaaaan...!!!

Buang angin atau kentut sering dianggap sesuatu yang memalukan dan jijik. Padahal harusnya anda bersyukur masih bisa kentut karena susah kentut itu sangat sangat menyakitkan, tidak jarang banyak orang yang frustasi yang diakibatkan susah kentut. Tinggal masalah estetika saja yang harus anda jalankan jangan sampai anda sendiri yang kena malunya. Bagaimana cara agar bisa kentut ?

Gas kentut dihasilkan di lambung dan usus merupakan hasil pencernaan makanan. Atas dasar estetika kesopanan, terkadang seseorang akan menahan kentut di depan umum, biasanya pada kaum hawa. Padahal jika ditahan terus menerus bisa menyebabkan perut kembung dan mual, baunya pun makin busuk. Normalnya kita bisa kentut 10 sampai 20 kali dalam sehari, sering kentut juga merupakan sebuah tanda bahwa sistem pencernaan anda dalam kondisi yang baik.

Penyebab Susah Kentut karena Perut Kembung
Sebelum membahas tentang Bagaimana Cara Mengatasi Perut Kembung Dan Mual Serta Tidak Bisa Kentut alangkah baiknya kita membahas terlebih dahulu tentang penyebab-penyebabnya, agar kita bisa terhindar dari hal yang satu ini. Susah kentut dan perut kembung itu ibarat ada gula ada semut, keduanya saling berhubungan. Biasanya perut kembung akan berpengaruh pada intensitas BAB, sehingga juga mempengaruhi buang angin kita.

Jika anda bertanya pada dokter, perut kembung sangat erat kaitannya dengan masalah lambung termasuk Maag, radang tukak lambung ataupun penyakit asam lambung (GERD) atau juga dikarenakan masuk angin. Dan ada pula makanan yang bisa memicu perut kembung apabila dimakan berlebihan dan berpengaruh buruk pada keSEHATan tubuh, antara lain;

  1. Makanan dan minuman yang mengandung laktrosa,
  2. Makanan yang banyak lemak seperti gorengan,
  3. Kacang-kacangan,
  4. Telur,
  5. Sayuran seperti kacang polong, lobak, asparagus, bawang, brokoli, kembang kol, toge, kol, mentimun, paprika hijau, dan kentang mentah,
  6. Obat tertentu salah satunya suplemen diet, DLL.
Langkah pertama supaya kentut bisa keluar dan perut kembali normal tentu saja menghindari makanan di atas.

Lihat Juga; Tanda Masuk Angin Dan Cara Mengatasi Masuk Angin Pada Ibu Hamil
                         Cara Mengobati Masuk Angin Kronis Tanpa Obat Medis Dengan Cepat


Cara Mengatasi Susah Kentut Akibat Perut Kembung


Kejadian pada kasus susah kentut dan perut kembung yang parah biasanya juga disertai rasa perut penuh, mual dan ingin muntah. Sering muntah bisa berakibat kita kurang cairan dan energi dari makanan. Maka dari itu sangat disarankan untuk berkonsultasi ke puskesmas atau dokter terdekat. Jangan tunggu parah kalau tidak mau kena jarum infus. Cara supaya kentut keluar secara medis biasanya kita akan disarankan untuk mengambil obat agar bisa kentut yaitu Antasida (obat Maag) atau bisa juga dengan merek obat maag lainnya.
 

Namun disamping itu ada juga cara/tips mengatasi tidak bisa kentut secara tradisional antara lain,

. Balsam/Minyak Angin 

Di masyarakat Indonesia, balsam/minyak angin sering digunakan sebagai pertolongan pertama jika mengalami gangguan perut salah satunya susah buang angin, caranya cukup mengoleskan balsam di perut yang terasa kurang nyaman. Alternatif lainnya adalah minyak kayu putih, minyak tawon, dan banyak lgi yang lainnya.

Karena saat perut kembung itu banyak angin yang ada dalam tubuh, banyak yang melakukan "kerokan" sebagai langkah pengobatan susah kentut.

. Minuman Hangat

Yang hangat dapat sedikit melegakan perut yang kembung, contoh minuman yang disarankan adalah teh hangat, wedang jahe. Dan baiknya anda menghindari dulu susu.

Ada beberapa orang yang menyarankan untuk memasukkan jinten atau temu ireng ke dalam teh sebagai obat supaya bisa kentut.

Perut kembung sangatlah berkaitan erat dengan masalah lambung, oleh karena itu jagalah pola makan anda dan saat makan jangan tergesa gesa dan terlalu cepat dalma mengunyah karena disaat menelan makanan biasanya disertai dengan banyaknya gas yang masuk kedalam tubuh.

SELAMAT MENCOBA & SEMOGA LEKAS SEMBUH
SALAM KAMI
Previous Post
Next Post