Rabu, 05 April 2017

Cara Menghilangkan Masuk Angin Di Perut Dan Punggung Secara Cepat

Cara Menghilangkan Masuk Angin Di Perut Dan Punggung Secara Cepat

Sahabat tentu tahu penyakit masuk angin. Hampir semua orang di dunia pernah mengalami masuk angin. Penyakit ini terkadang dianggap remeh, padahal menyimpan potensi bahaya yang besar bila tidak ditangani dengan segera dan tepat.

Masuk angin disebabkan banyak faktor seperti akibat pengaruh cuaca yang berubah, terlambat waktu makan, terlalu lelah bekerja, kurang istirahat, kondisi daya tahan tubuh melemah,kehujanan, serta serangan virus.

Gejala yang ditimbulkan masuk angin pun cukup membuat penderitanya menderita dan kesusahan seperti demam, perut kembung, cegukan, tenggorokan terasa nyeri, sering buang gas (kentut), meriang, panas dingin, lemas, kepala pusing, badan panas, pegal-pegal, merembet ke flu, batuk-batuk dan penyakit lainnya pokoknya badan terasa tidak enak dan tidak nyaman. Bagi penderita masuk angin, sulit untuk beraktivitas, kurang konsentrasi dan fokus.

Cara Menghilangkan Masuk Angin Di Perut Dan Punggung Secara Cepat


Perut kembung

Saat cuaca mendung, udara berubah menjadi lebih dingin, hujan kadang terun tak menentu, potensi tubuh untuk mengalami perut kembung serta masuk angin menjadi lebih tinggi. Namun, jangan khawatir, karena sebenarnya perut kembung serta masuk angin bisa diatasi dengan mudah secara alami dengan mengambil manfaat dari kekayaan alam yang sangat melimpah.
Untuk mengatasi perut kembung Anda bisa mencari beberapa bahan alami di dapur, berikut ini daftar nama tumbuhan alami yang dinilai ampuh untuk mengatasi perut kembung:

Sakit punggung karena masuk angin

Sakit pada punggung memang sangat mengganggu apalagi jika berlangsung lama dan disertai rasa nyeri atau bahkan kram otot.

Hampir semua orang pernah mengalami masalah punggung pada usia tertentu. Ini karena tonus dan kekuatan otot cenderung berkurang seiring dengan bertambahnya umur, sehingga punggung semakin rentan terhadap cedera.

Bertambahnya umur yang membuat tulang punggung kaku, cakram tulang punggung menjadi aus, dan ruang tulang belakang semakin menyempit, sehingga membuat tulang-tulang bergesekan.

Kondisi ini umum terjadi tetapi tidak harus menimbulkan rasa sakit atau nyeri yang mengganggu.

Jika kita tahu bagaimana penanganan yang tepat pada sakit atau nyeri punggung ini maka keparahan atau bertambahnya rasa sakit akan dapat dihindarkan.

Sebenarnya sakit punggung adalah respon tubuh yang sangat normal, karena ketika punggung mulai terasa sakit, itu menandakan sudah waktunya tubuh untuk beristirahat guna mencegah cedera lebih lanjut.itu semua karena faktor masuk angin.
Lihat juga ini :Obat Masuk Angin Untuk Ibu Hamil Dan Ibu Menyusui Yang Aman

Faktor-Faktor Lain Penyebab Masuk Angin Diperut Dan Di punggung

Perlu diperhatikan beberapa faktor lain yang kerap menjadi penyebab masuk angin selain yang disebutkan di atas sebelumnya. Sahabat perlu memperhatikan faktor-faktor di bawah ini agar tidak terkena masuk angin.

1. Berpergian di malam hari

Angin malam sangat rentan menurunkan daya tahan tubuh karena mengandung zam asam arang (karbondioksida). Seringkali angin malam yang paling berbahaya antara jam 10.00 – 04.00. Banyak orang yang berpergian atau bekerja di malam hari (nelayan, penjaga malam) yang mengabaikan kesehatan dan keselamatan angin malam terkena berbagai penyakit berbahaya seperti paru-paru basah.
Cara Menghilangkan Masuk Angin Di Perut Dan Punggung Secara Cepat
perut kembung
Oleh karena itu, tidak hanya masuk angin yang ditakuti, tetapi penyakit yang jauh lebih parah. Apabila Sahabat keluar malam, maka pastikan angin malam tidak masuk ke dalam tubuh dengan menggunakan jaket tebal, helm, sepatu, baju lengan panjang, serta celana berbahan kuat seperti jins atau katun. Bila perlu, kurangi bahkan tiadakan perjalanan malam kecuali waktu-waktu tertentu yang penting atau quality time seperti keluar bareng keluarga makan malam sekali-sekali di luar.

2. Hindari terlalu banyak minum es

Minum es terlalu banyak terutama di saat cuaca tidak stabil, dapat menyebabkan masuk angin. Awalnya kepala rasanya berat seperti sehabis menyelam. Oleh karena itu minum es secukupnya jangan berlebihan di saat panas terik.

Cara Menghilangkan Angin 

Banyak obat masuk angin yang memanfaatkan dari bahan-bahan alami dan tradisional. Sahabat perlu mengetahuinya siapa tahu suatu saat Sahabat terkena masuk angin dan bingung cara mengobatinya.

Berikut beberapa cara mengobati masuk angin secara tradisional dan alami yang diambil dari berbagai bahan alami yang banyak tumbuh di sekitar kita.

Buah jeruk dan cabe

Ternyata tidak hanya buah jeruk yang banyak mengandung vitamin C, tetapi cabai juga banyak mengandung vitamin C. Maka tidak heran, orang yang masuk angin, demam dan lesu ketika sehabis makan yang pedas-pedas seketika berkeringat dan kondisinya kembali sediakala.

Klik juga ini :Gejala Anemia Hemolitik, Defisiensi Besi Dan Aplastik Pada Anak Dan Ibu Hamil

Minyak gosok

Untuk menghangatkan perut agar otot perut ikut merasa nyaman, Anda bisa mengambil minyak gosok untuk dioleskan pada area perut. Sebenarnya cara yang paling alami yang bisa Anda lakukan untuk menghangatkan perut adalah dengan memakai kain hangat atau botol yang diisi dengan air hangat, minyak gosok dinilai sebagai cara paling mudah dan efektif untuk membantu menghangatkan perut, apalagi minyak gosok bisa dibawa dengan mudah kemana-mana.
masuk angin sakit punggung
Air jahe hangat

Hangatkan tubuh dengan mengkonsumsi air jahe yang dibuat sendiri di rumah. Membuat air jahe sangatlah mudah, Anda hanya perlu merebus air dengan menambahkan jahe dan gula aren. Konsumsi air jahe hangat, tidak hanya berkhasiat untuk menghangatkan tubuh, namun bisa juga mengatasi perut kembung.

Tidak minum susu atau minuman berkafein

Agar perut Anda tidak semakin kembung, untuk sementara waktu hentikan terlebih dahulu konsumsi susu serta makanan atau minuman yang mengandung susu dan kafein, karena susu sulit dicerna dengan cepat oleh tubuh, kafein juga ditengarai mampu untuk membuat perut Anda semakin kembung.

Tidak makan makanan manis

Dan yang terpenting adalah kurangi juga konsumsi makanan manis, makanan manis juga mampu membuat perut Anda makin kembung. Oleh karenanya, sebisa mungkin cobalah untuk menahan godaan untuk mengkonsumsi makanan manis, seperti kue, cokelat atau olahan kue kering. Hentikan juga kebiasaan menyantap kue sebagai makanan pencuci mulut, karena kue mengandung kalori yang cukup besar dan bisa menambah berat badan Anda.

sakit punggung
Bawang putih

Caranya: mencampurkan bawang putih ke dalam makanan, atau langsung mengirisnya kecil-kecil, diberi sedikit garam dan langsung dimakan mentah-mentah. Bawang putih mengandung antibiotic Allicin yang dapat menghambat serangan bakteri maupun virus penyebab penyakit..


Previous Post
Next Post