Sabtu, 29 April 2017

cara menghilangkan sesak nafas tanpa obat secara alami

Sesak nafas merupakan gangguan yang terjadi pada fungsi pernapasan karena danya penyumbatan pada saluran pernapasan akibat melemahnya paru-paru. Bagi orang yang sedang merasakan sesak napas maka akan merasakan gejala seperti napas serasa tercekik, nyeri pada bagian dada, atau ada yang menghambat pada saluran pernapasan.

cara menghilangkan sesak nafas

Cara menghilangkan sesak nafas tanpa obat secara alami

Cara menghilangkan sesak nafas secara alami tanpa menggunakan obat-obatan bisa di lakukan di rumah dan lumayan sangat ampuh untuk mngobati sesak napas. Bernapas adalah kegiatan tubuh untuk mengambil oksigen dari luar kedalam tubuh. Aturan bernapas biasanya di mulai dengan mengambil atau menghirup udara melalui hidung dan dan kemudian mengeluarkannya melalui mulut atau hidung. Namun ketika kegiatan bernapas kita terganggu maka akan mengganggu kesehatan tubuh karena pasokan oksigen kedalam tubuh berkurang dan tidak cukup, kondisi ini akan semakin memburuk bila organ jantung dan juga paru-paru kekurangan oksigen yang cukup. Awal munculnya kondisi yang buruk ini di tandai dengan sesak nafas. Sesak nafas bisa terjadi karena berbagai hal misalnya karena asma, alergi, serangan jantung, panic cemas dan juga akibat keracunan serta stroke.
Sesak nafas memang sangat mengganggu kesehatan kita karena saat kita sesak nafas maka tubuh akan mudah merasa lemas, lelah dan capek dalam beberapa kondisi sebenarnya sesak napas dapat di hilangkan dengan caa alami tanpa menggunakan obat namun bila kondisinya semakin memburuk maka segera periksa ke dokter untuk perawatan lebih lanjut. Berikut ini di jelaskan mengenai beberapa cara menghilangkan sesak nafas tanpa menggunakan obat secara alami :

  • Olahraga secara teratur

Olahraga merupakan kegiatan yang sangat sulit di lakukan pada zaman sekarang selain karena banyak nya kegiatan juga karena sarana yang di sediakan untuk berolahraga. Namun agar tubuh kita sehat dan agar sesak napas itu hilang maka mulailah untuk berolahraga, olahraga yang dilakukan agar dapat menghilangkan sesak nafas adalah dengan melakukan olahraga yang ringan karena itu baik untuk penderita sesak nafas, ketika kita melakukan olahraga yang rinagn maka otot-otot akan bekerja dan dalam kondisi yang lebih baik dan juga akan memakai oksigen yang efisien. Olahraga yang bisa di lakukan di antaranya seperti bersepeda namun yang lebih harus di perhatikan adalah melakukan olahraga yang rutin selain bersepeda anda juga bisa melakukan jenis olahraga lain seperti lari –lari kecil dan juga berjalan-jalan santai. Namun perlu di waspadai anda jangan melakukan olahraga yang berat karena akan membuat sesak nafas semakin buruk.

cara menghilangkan sesak nafas

  •  Atur posisi duduk

Serangan sesak nafas dapat datang tanpa di duga dan bisa datang kapan saja, hal pertama yang harus di lakukan ketika kita terkena serangan sesak nafas adalah dengan cara mengatur posisi duduk agar duduk seperti biasa. Ini di maksudkan ketika tubuh dalam posisi duduk maka tubuh akan menjadi lebih santai selain itu ketika kita dalam posisi duduk maka kita akan bebas menghirup udara dengan leluasa di banding ketika kita dalam posisi telentang. Posisi duduk membuat kapasitas diafragma menjadi tidak terlalu tegang dan lebih santai. Setelah kita sudah dalam posisi duduk maka mulailah menarik nafas secara pelan dan panjang dimulai dari hidung dan di keluarkan melalui mulut. Cara melakukan posisi duduk diantaranya yaitu :
Posisikan kaki merata pada bagian lantai ketika melakukan posisi duduk
Posisi dada dengan cara membusung kedepan
Bagian siku di letakkan pada bagian lutut dan dagu berada di bagian tangan
Posisi duduk bersandar bahu dan leher sehingga menjadikan otot tangan sebagai tumpuan.
  • Makan dengan porsi yang sedikit

Pada saat anda ingin menyembuhkan sesak nafas kita bisa melakukan konsep makan orang yang sedang diet dimana orang yang sedang diet makan dengan porsi yang sedikit dan jam makannya bertambah dari yang umumnya tiga kali sehari di tambah menjadi lima sampai enam hari sekali. Makan dengan porsi yang banyak mengakibatkan perut jadi kembung dan memberikan tekanan pada bagian paru –paru, agar tidak terjadi hal yang demikian yang menyebabkan munculnya serangan sesak nafas maka dengan cara melihat karbohidrat saat kita makan yang sangat penting untuk penderita sesak nafas untuk mencukupi kebutuhan energinya karena penderita sesak nafas lebih membutuhkan lebih banyak kalori untuk bernafas. baca juga : cara mengatasi sesak nafas karena asam lambung mendadak 
  •  Melakukan latihan pernapasan

Gangguan pernapasan bisa juga di akibatkan oleh kondisi lambung yang tidak sehat ketika asam lambungnya naik tapi tidak minum obat atau penyakit maag.dengan melakukan latihan pernapasan dapat menghilangkan sesak napas tanpa minum obat-obatan, berikut ini cara-cara melakukan latihan pernapasan :
  1. Sediakan matras lalu berbaring, setelah itu baringkan tubuh dalam kondisi berbaring dan dalam kondisi yang nyaman selain itu bisa juga dengan meletakkan kepala diatas bantal agar bisa lebih nyaman lagi.
  2. Tekuklah lutut supaya memberi tekanan pada perut
  3. Setelah itu tekan perut dengan menggunakan tangan kanan ataupun tangan kiri dengan perlahan dan tekanan nya yang cukup kuat
  4. Tariklah nafas dengan kuat menggunakan otot-otot perut dan rasakan udara yang masuk ke dalam perut.
  5. Setelah itu tariklah nafas dan posisi tangan sudah tidak menekan perut melainkan diangakt dan di letakkan di atas perut setelah menghembuskan nafas tangan kembali ke posisi semula,
  6. Setelah berhasil melakukan nya terakhir letakkan tangan pada dada dan lakukan layihan ini beberapa kali sampai anda merasa nyaman dan rileks,

  •  Tidur

Tubuh dapat melakukan kegiatan nya setiap saat namun tubuh juga membutuhkan istirahat karena tubuh juga butuh istirahat bila dalam kondisi lelah, dan anda tidak dapat memaksa tubuh untuk melakukan pekerjaan bila tubuh sudah menunjukkan kondisi yang lelah, saat tubuh kelelahan maka tubuh sulit melakukan pekerjaan sekalipun untuk bernapas membiarkan tubuh mendapatkan haknya untuk beristirahat adalah hal yang pantas di berikan oleh kita oleh karena itu jagalah tubuh kita agar seimbang dalam melakukan pekerjaan dan juga beristirahat.
  • Bermeditasi


cara menghilangkan sesak nafas

Meditasi merupakan cara yang paling efektif untuk mengatasi stress setelah seharian melakukan berbagai jenis pekerjaan yang membuat kepala kita pusing dan penat. Untuk mengatasi hal tersebut anda dapat bermeditasi atau dengan istilah yoga yang mulai di kenal sekarang –sekarang ini selan itu yoga sangat bermanfaat untuk membuat pernafasan kita menjadi rileks, yoga atau meditasi di katakan berhasil bila setelah melakukan yoga kita dapat merasakan manfaatnya. Lakukan lah meditasi pada ruangan yang terbuka dan tidak pengap, lakukan pada pagi hari atau saat matahari mulai meninggi memanasi bumi dan posisikan agar tubuh serileks mungkin.


Itulah beberapa cara menghilangkan sesak nafas tanpa obat secara alami yang bisa di sampaikan semoga informasi ini bermanfaat salam www.seh4t.com  dan terima kasih sudah berkunjung.
Previous Post
Next Post

0 komentar: