Minggu, 23 April 2017

Cara Menurunkan Darah Tinggi Dengan Cepat Secara Alami Di Usia Muda

Cara Menurunkan Darah Tinggi
Cara Menurunkan Darah Tinggi. Darah tinggi atau dalam ilmu kesehatan disebut dengan hipertensi merupakan salah satu penyakit yang ditandai dengan naiknya tekanan darah pada manusia. Penderita darah tinggi atau hipertensi biasanya memiliki beberapa gejala seperti mudah lelah, terasa sakit pada kepala, kepala dan leher terasa berat, jantung berdenyut dengan tidak teratur, gangguan penglihatan dan lainnya.
Salah satu langkah yang bisa anda terapkan untuk mencegah darah tinggi adalah membatasi dan menjaga asupan garam agar tidak berlebihan. Namun cara itu saja tidak cukup untuk membantu menjaga tekanan darah tetap normal.

Cara Menurunkan Darah Tinggi Dengan Cepat Secara Alami Di Usia Muda

Namun bagi Anda yang sudah terlanjur terkena penyakit hipertensi, ada baiknya haru memperhatikan asupan makanan yang tepat. Sebab jika salah makan saja penyakit ini berpotensi semakin meningkat. untuk itu nitips.com akan memberikan informasi makanan apa saja yang sehat sebagai penurun tekanan darah tinggi.

Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Sebelum membahas daftar makanan penurun darah tinggi, sebaiknya anda kenali dulu beberapa penyebab yang bisa memicu munculnya tekanan darah tinggi.
Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi:
Beberapa jenis buah dapat anda konsumsi yang bermanfaat untuk membantu mengendalikan dan menjaga tekanan darah tetap normal atau terjaga. Beberapa jenis buah-buahan mengandung zat atau senyawa yang bermanfaat bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

  • pisang

pisang
Buah ini cukup baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi,apalagi buat kalangan anak muda. oleh karena itu Anda yang menderita penyakit tekanan darah tinggi bisa lebih sering mengonsumsi buah ini. Ini karena kandungan kalium yang terdapat pada buah pisang dapat membantu mengontrol tekanan darah. Kandungan mineral yang terdapat pada buah pisang juga dapat menyeimbangkan efek garam pada tubuh serta meningkatkan fungsi organ ginjal. Menurut penelitian yang telah dilakukan, rutin mengonsumsi buah pisang setiap hari terbukti dapat menurunkan tekanan darah. Konsumsilah buang pisang dua setiap harinya agar tekanan darah di dalam tubuh bisa dikurangi.
  • Melon
melon
Selain buah blewah, buah melon juga memliki kandungan potasium yang tinggi yang membuat buah ini dapat dimanfaatkan sebagai buah untuk menurunkan darah tinggi. Anda bisa mengonsumsi buah melon secara langsung atau bisa juga dengan menjadikannya menjadi jus melon.

  • Tomat

tomat
Tomat merupakan salah satu sayuran yang banyak memiliki kandungan mineral serta vitamin. Beberapa kandungan pada tomat diantaranya seperti kalium, kalsium, magnesium, serta vitamin C. sehingga hal ini membuat tomat baik sebagai makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Menurut hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa dengan mengonsumsi tomat kurang lebih selama 4 bulan berguna
  • Mentimun
timun
Mentimun sudah dikenal sebagai salah satu sayuran penurun tekanan darah tinggi. Hal ini karena kandungan potasium yang tinggi pada mentimun mampu membuat tekanan darah tinggi menurun. Ada baiknya bagi anda penderita hipertensi untuk menambahkan mentimun pada menu makanan anda.
Lihat juga ini : Kumpulan Buah Untuk Darah Rendah Yang Baik Menaikkan Tensi Darah

  • Kismis

kismis arab
Buah kenyal ini bisa dijadikan cemilan yang baik bagi penderita tekanan darah tinggi terutama buat anak muda. Buah ni sudah terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi sehingga sangat baik untuk Anda konsumsi. Peneliti mengungkap bahwa ketika peserta pra-hipertensi mengonsumsi kismis tiga kali sehari dalam waktu 12 minggu, dapat secara signifikan sistolik maupun tekanan darah diastolik mereka lebih rendah.

  • Mengkudu

mengkudu
mengkudu cara menurunkankan darah tinggi

mengjkudu sudah dikenal masyarakat sebagai obat tradisional untuk penurun tekanan darah tinggi. Manfaat mengkudu untuk darah tinggi dikarenakan mengkudu dapat melancarkan peredaran darah, selain itu menkudu juga berkhasiat untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Cara menggunakan mengkudu untuk penurun hipertensi cukup mudah yakni siapkan mengkudu yang bersih, kemudian haluskan menggunakan blender, setelah itu saring air mengkudu ke dalam gelas. Minum ramuan tersebut setiap hari untuk menurunkan darah tinggi terutama bagi usia muda
Kunjungi Juga Ini :Obat Darah Tinggi Alami Yang Ampuh Dan Pantangannya

Tips untuk Penderita Darah Tinggi Di Usia Muda

Bagi anda penderita darah tinggi, sebaiknya anda selalu memperhatikan asupan makanan dan pola makan anda untuk mengendalikan tekanan darah. Pola makan dan jenis makanan yang anda konsumsi juga berpengaruh terhadap tekanan darah.

Makanan yang bisa memicu meningkatkan tekanan darah tinggi umumnya makanan yang banyak mengandung sodium. Sedangkan Makanan Untuk Menurunkan Darah Tinggi adalah makanan yang berguna untuk menjaga tekanan darah tetap normal atau terjaga umumnya makanan yang banyak mengandung serat, magnesium dan potasium.

Makanan Yang Harus Di hindari Bagi Penderita Darah Tinggi

Dalam berbagai macam hal sering ditemukan kondisi bahwa penderita tekanan darah tinggi tidak bisa memiliki kehidupan seperti orang lain yang normal. Hal ini sebenarnya dilakukan agar tekanan darah bisa berada dalam kondisi normal. Menjaga agar tekanan darah tidak terlalu tinggi adalah salah satu usaha untuk menurunkan resiko beberapa komplikasi penyakit yang selalu mengancam penderita darah tinggi. Dibawah ini adalah beberapa hal yang dilarang bagi penderita darah tinggi.



  1. Jangan Konsumsi Makanan AsinMengkonsumsi makanan yang dimasak dengan banyak garam adalah pantangan yang sangat utama bagi penderita tekanan darah tinggi. menambahkan garam secara langsung ke berbagai jenis masakan juga sangat dilarang. Makanan untuk penderita tekanan darah tinggi harus minimal garam dan jika perlu gunakan garam khusus. Garam dapat merusak pembuluh darah dan arteri dalam jantung sehingga bisa meningkatkan resiko stroke dan penyakit jantung.
  2. Makanan Tinggi LemakMakanan yang mengandung lemak jenuh seperti lemak pada daging sapi, domba dan minyak sawit sangat dilarang untuk penderita tekanan darah tinggi. asupan lemak trans atau jenuh yang berlebihan dapat meningkatkan resiko kegemukan yang bisa memicu tekanan darah tinggi. Selain itu penderita darah tinggi juga sangat dilarang untuk konsumsi makanan yang digoreng karena bisa meningkatkan resiko serangan jantung
  3. Makanan Yang Mengandung Gula BerlebihGula atau semua jenis makanan yang manis sebenarnya juga dilarang untuk penderita tekanan darah tinggi. makanan manis dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dan berat badan. Jika konsumsi gula atau makanan manis berlebihan maka bisa meningkatkan resiko penyumbatan pada pembuluh darah dan meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke
  4. Saus TomatSaus tomat juga merupakan jenis makanan yang dilarang penyakit darah tinggi untuk dikonsumsi. Dalam satu cangkir saus tomat terdapat 680 miligram sodium. Sedangkan ketika Anda menyantap spagheti dengan saus tomat maka kandungan sodiumnya akan semakin melimpah. Tentu hal ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan penderita penyakit tekanan darah tinggi.
  5. Makanan dalam kaleng, termasuk buah kalengBuah memang makanan sehat, akan tetapi tidak dengan buah dalam kemasan kalengan. Anda harus menghindari semua jenis makanan dalam kaleng jika ingin penyakit tekanan darah tinggi yang diderita tetap aman. Hal ini karena makanan yang diawetkan dan dikemas dalam kaleng memiliki kandungan sodium yang tinggi. Biasanya pengawetan makanan jenis ini dengan menambahkan banyak garam. Anda juga wajib memeriksa label makanan ketika membeli makanan di toko atau supermarket. Dengan lebih teliti, maka penyakit darah tinggi yang diderita tidak akan jadi semakin parah.
  6. Makanan OlahanSemua jenis makanan yang berasal dari daging olahan sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Misalnya masakan yang dimakan dengan cara diasap, pengasinan atau dengan penambahan bahan pengawet kimia adalah makanan yang masuk dalam kategori daging olahan. Contoh jenis makanan seperti ini adalah makanan kalengan, sosis, ham dan dendeng. Sebab makanan jenis ini umumnya memiliki kandungan natrium yang sangat tinggi yaitu 1200mg natrium dalam tiap satu porsinya.
  7. RotiAnda juga harus lebih waspada dengan produk roti. Umumnya roti yang memiliki rasa asin dengan bumbu rasa-rasa yang gurih. Makanan seperti ini dapat memicu obesitas dan meningkatkan tekanan darah sehingga penyakit hipertensi semakin parah.
  8. FizzaPizza adalah salah satu jenis makanan yang sangat lezat. Namun berbagai jenis campuran dalam pizza ternyata bisa meningkatkan resiko pada penderita tekanan darah tinggi. Beberapa jenis bahan tambahan seperti daging merah, keju, roti dan berbagai isi lain bisa meningkatkan tekanan darah tinggi. selain itu olahan pizza juga banyak mengandung garam jadi sebaiknya harus dihindari oleh semua penderita tekanan darah tinggi.
  9. Kentang GorengKentang goreng menjadi kesukaan semua orang terutama ketika makan di tempat makanan siap saji. Kentang goreng bisa meningkatkan resiko tekanan darah tinggi karena mengandung garam yang cukup tinggi. selain itu minyak untuk menggoreng kentang banyak mengandung lemak trans yang berbahaya untuk kesehatan jantung. Jadi, penderita tekanan darah tinggi sebaiknya mengurangi atau menghindari kentang goreng.

Sekian Ulasan dari kami www.seh4t.com, semoga bermanfaat buat anda, terimakasih telah mengunjungi rtikel kami salam sehat untuk anda.
Previous Post
Next Post

0 komentar: