Selasa, 04 April 2017

Penyebab Dan Gejala Angin Duduk Pada Wanita Dan Pria Cara Mengatasinya

 Apa yang anda pikirkan ketika mendengar istilah angin duduk? Pasti kita berpikir masa angin bisa duduk yang ada kan angin barat angin timur ataupun angin sepoi- sepoi hehe. Yang dimaksud angin duduk disini adalah angina atau angina pectoris dimana kita merasakan nyeri dada yang tidak nyaman yang disebabkan oleh otot yang kekurangan oksigen yang cukup yang dialirkan oleh darah ke jantung. Istilah angina atau angin duduk cuma ada di Indonesia ternyata, penyakit ini sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian kalau tidak segera di atasi. Orang yang terkena angin duduk biasanya akan merasakan gejala seperti rasa nyeri pada dada kaya di remas atau ditekan. Rasa nyeri itu juga dapat timbul pada bagian leher, bahu, rahang, punggung. Secara medis angina duduk atau angina merupakan gejala penyakit jantung berupa penyakit jantung coroner.

gejala angin duduk



Penyebab angin duduk

Oleh sebab itu penting bagi kita untuk mengetahui penyebabnya agar kita dapat menjaga kesehatan kita dan terhindar dari penyakit angin duduk. Penyebabnya biasanya adalah :

1. Faktor keturunan

Ini merupakan penyebab no satu penyakit angin duduk Karena penyakit ini di turunkan dari gen orang tua kita oleh sebab itu bagi keluarganya yang punya riwayat penyakit ini harap waspada dan sangat besar kemungkinan terkena penyakit angin duduk

2. Orang yang suka merokok

Banyak penelitian yang menyebutkan tentang bahaya merokok apalagi saat ini pemerintah tengah gencar-gencarnya mengkompanyekan tentang bahaya nya rokok. Karena selain dapat menyebabkan penyakit sekitar paru-paru ternyata rokok juga dapat menimbun kolestrol dan merusak dinding arteri sehingga darah sulit mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh.dan menyebabkan kita terkena angina duduk.

3. Umur

Umur juga bisa jadi penyebab munculnya angina pada kita. Orang yang sudah berusia di atas 55 tahun bagi pria dan 45 tahun bagi wanita sangat beresiko sekali terkena penyakit ini maka di sarankan untuk berolahraga secara teratur dan hidup dengan sehat agar terhindar dari penyakit ini.

4. Kelestrol yang tinggi

Menumpuknya kolestrol dalam tubuh mengakibatkan sulit nya bagi darah yang membawa oksigen untuk sampai ke jantung sehingga bisa terjadi angin duduk bagi yang punya kolestrol tinggi. mulai sekarang hindarilah makanan yang mengandung kolestrol yang tinggi.

5. Hipertensi (darah tinggi)

Hipertensi di akibatkan oleh aktifitas jantung yang berlebihan dalam menekan dan memompa darah agar dapat mengalir keseluruh tubuh akibat aliran darah nya terhalang.bila kejadian ini terus berlangsung berakibat pembuluh darah jadi keras dan dinding arteri jadi rusak. Penyakit hipertensi atau darah tinggi ini bisa juga menjadi faktor penyakit angin duduk.

6. Obesitas

Orang yang mempunyai bentuk tubuh yang gede dalam artian kegemukan sangat mungkin sekali untuk terkena angin duduk disebabkan oleh tingginya kadar gula yang ada dalam tubuhnya, selain itu penyakit obesitas sangat tidak baik untuk kesehatan makanya segeralah berolahraga bagi penderita obesitas agar tubuhnya kembali ke ukuran normal dan sehat .

7. Jarang olahraga

Untuk yang tidak suka olahraga maka rubahlah kebiasaan itu dan mulailah berolahraga agar selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit seperti kegemukan (obesitas), kolestrol ynag tinggi, darah tinggi dan penyakit gula yang merupakan penyebab dari penyakit angina duduk. Mulailah dnegan olahraga yang ringan secara teratur 15 sampai 30 menit sehari agar badan kita sehat dan bugar.

Gejala angin duduk pada wanita dan pria serta cara mengatasinya

gejala angin duduk sangat penting untuk kita ketahui agar bila kita merasakan gejalanya kita bisa langsung mengatasinya sesegera mungkin agar cepat sembuh kembali. Gejalanya dengan munculnya rasa nyeri pada bagian dada oleh dunia kedokteran disebut dengan istilah angina pectoris. Umumnya gejala ini di derita oleh orang dewasa dan lebih sering terjadi pada pria di bandingkan wanita. Gejala ny kapan saja bisa terjadi bahkan bisa semakin parah dalam beberapa saat saja dalam hitungan menit.

Sedangkan pada wanita gejala angin duduk biasanya muncul berupa mual, rasa lelah yang sangat, sesak napas kadang di tandai dengan nyeri dada ataupun tidak sama sekali.ada juga muncul pada wanita dengan gejala seperti rasa tidak nyaman pada leher, nyeri punggung, dan juga rahang perbedaan hal ini lah yang mengakibatkan terlambatnya pertolongan pada penderita angin duduk ini sehingga sampai mengakibatkan kematian.


gejala angin duduk

Gejala angin duduk sangat bervariasi tergantung pada tingkat keparahannya.tentunya diharuskan bagi kita untuk mengenali jenis gejala itu, jika kita pertama kali mengalami angin duduk ataupun sering mengalami angin duduk tapi gejalanya keluar dari biasanya maka anda harus berhati-hati karena itu lebih berbahaya bahkan bisa mengakibatkan serangat jantung atau disebut juga angin duduk tidak stabil. Sedangkan apabila gejalanya muncul seperti pada umumnya dan dapat hilang apabila kita beristirahat maka di sebut dengan gejala angin duduk stabil.

Untuk lebih detailnya disini disebutkan angin duduk stabil dan tidak stabil

Gejala angin duduk stabil ditandai dengan terjadinya ketika kita berolahraga saat itu jantung bekerja lebih keras, sakitnya sama dengan gejala yang sebelumnya, waktu terjadinya angina duduk pun sebentar tidak berlangsung lama dan bakal hilang dengan cara berhenti dari aktivitas dengan beristirahat.
baca juga : obat angin duduk paling ampuh sampai sembuh secara alami
Untuk gejala angin duduk tidak stabil bisa terjadi kapan saja bahkan pada istirahat sekalipun, gejalanya tidak sama dengan sebelumnya dan waktunya pun bisa terjadi dalam waktu yang lama mencapai setengah jam dan dapat hilang hanya dengan cara meminum obat angin duduk dan paling parah bisa menyebabkan serangan jantung.

Setelah mngetahui penyebab dan gejala angin duduk maka hal pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi angin duduk dengan cara :

Apabila sedang olahraga ataupun melakukan aktifitas tiba-tiba merasakan nyeri pada bagian dada hendaklah untuk menghentikan aktifitasnya, minumlah obat yang dapat mengurangi nyeri itu misalnya antiplatelet berupa aspirin. Bila gejalanya masih berlanjut segera hubungi dokter ataupun pusat kesehatan terdekat agar penyakit nya cepat diobati dan sebaiknya ditangani langsung oleh dokter spesialis jantung atau dokter bagian kardiovaskular.bisa juga diatasi dengan obat-obatan teradisional dengan memakai bawang putih yang dikeprek dan menelannya. Cara ini bisa mengatasi angin duduk dengan gejala nyeri ulu hati susah buang air besar dan sebagainya namun sebagai antisipasi segera bawa ke rumah sakit terdekat untuk di obati lebih lanjut setelah memakan bawang itu.baca juga : pertolongan pertama dan obat angin duduk di apotik yang ampuh

selain cara diatas anda juga diharuskan untuk melakukan hal berikut ini dalam mengatasi angin duduk makan buah-buahan, sayuran dan makanan yang bergizi lainnya, kurangi memakan makanan yang menyebabkan tingginya kolestrol, berhenti merokok, kurangi mengkonsumsi minuman beralkohol, olahraga teratur

mungkin itulah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai penyebab dan gejala angina duduk pada wanita dan pria beserta cara mengatasinya semoga informasi nya bermanfaat dan terima kasih sudah mengunjungi kami salam
www.seh4t.com

Previous Post
Next Post