Senin, 17 April 2017

Gejala Darah Rendah Kumat, Pusing, Akut Dan Cara Pengobatannya

Ketika kita melihat seseorang yang sedang mengantre terus dia merasakan gejala seperti mata yang berkunang-kunang, pusing yang sangat berat, hingga terjatuh pingsan , itu menandakan kalo seseorang itu menderita tekanan darah rendah.

gejala darah rendah

Tekanan darah merupakan sebuah kerja jantung dalam memompa darah jantung seluruh tubuh. Dengan adanya sirkulasi darah ini maka akan menekan dinding dinding pembuluh darah. Jantung akan memompa darah ke arteri-arteri tubuh selanjutnya akan kembali lagi ke jantungkewat pembuluh vena. Tekanan inilah yang membedakan tejadinya tekanan darah tinggi, normal, ataupun tekanan darah rendah .

ketika seseorang mengalami tekanan darah rendah maka gejala yang biasa di alaminya adalah sebagai berikut :

a. Pusing, gejala darah rendah selanjutnya biasanya penderita mengalami pusing atau sakit kepala yang yang berat. Hal ini di sebabkan karena darah tidak bisa membawa oksigen yang cukup ke bagian otak , mengakibatkan penderitanya jadi pusing , kepalanya berkunang-kunang. Tekanan darah rendah juga dapat menyebabkan penderinya pingsan. Istilah ke dokteran menyebutnya ortostatik bagi yang merasakan sakit kepala akibat tekanan darah rendah. (baca juga : obat kurang darah rendah dengan herbal alami yang terbukti ampuh )


gejala darah rendah

b. Pucat , bianya gejala darah rendah yang timbul adalah kondisi penderita itu terlihat pucat dan tidak bergairah, karena suplai darah ke otak sedikit, denyut nadi juga melemah. Selain itu tubuh merasa kedinginan karena darah tidak lancar dan tidak sampai kepada jaringan tubuh yang lain. Biasanya rasa dingin itu di rasakan pada daerah kaki, telinga, tangan, dan juga kondisi bibir yang membiru. dan keringat yang keluar deras.

c. Penglihatan kabur . penglihatan mata menjadi kabur dan mata serasa berkunang-kunang beberapa saat. Hal ini yang membedakan dengan mata minus, selain itu juga karena duduk yang terlalu lama terus berdiri. Contoh nya sat kita antre ataupun pada orang yang sedang melakukan upacara.
d. Perut mual. Perut akan terasa mual dan terjadi secara tiba-tiba. Tubuhnya merasa lelah, letih dan tidak bertenaga. Ini dikarenakan tidak adanya enenrgi yang di bawa darah ke otak, bagian organ –organ maupun kulit. (baca juga : kumpulan buah-buahan dan makanan untuk darah rendah aman juga saat hamil)

e. Sesak napas . napas menjadi cepat dan juga pendek atau dangkal hal ini karena paru-paru bereaksi untuk mengimbangi ketidakmampuan darah dalam mengikat oksigen yang akan di edarkan ke seluruh tubuh. Sesak napas ini juga terjadi karena tekanan darah ke jantung melemah menyebabkan otot jantung dan otot pada bagian tukang dada terganggu. Akhirnya menjadi sesak napas dan merasa nyeri pada dada

f. Konsentrasi berkurang . penderita tidak bisa berpikir jernih sehingga konsentrasi pun berkurang ini membuat penderita sering merasa kebingungan karena suplai darah ke otak berkurang bahkan sering menyebabkan depresi dan tidak bisa mengerjakan tugas selesai tepat waktu karena kinerja nya berkurang.

g. Suka mengantuk. Karena suplai darah ke otak maka penderita pun sering menguap dan selalu ngantuk. Tekanan darah yang membawa oksigen dan nutrisi melemah ke otak jadinya sering merasa ngantuk.

h. Merasa selalu haus. Air dibutuhkan untuk menormalisasi darah untuk itu penderita akan terus minum untuk memacu pergerakan sirkulasi cairan dalam tubuh.

i. Lemas, badan terasa dingin dan suka merasa bingung

berapa tekanan darah normal manusia pria dan wanita serta ibu hamil

Itulah gejala darah rendah kumat, dan akut yang di alami penderita tekanan darah rendah.selanjutnya cara mengobatinya adalah melakukan tindakan sebagai berikut :

1. Banyak minum. Penderita gejala darah rendah harus banyak minum. Disarankan minum air hangat yang manis gunanya untuk meningkatkan energi dan bisa juga banyak minum madu. Selain itu penderita juga harus minum air perharinya sebanyak 2 liter, banyak minum air putih berfungsi untuk memperlancar aliran darah dalam tubuh dan juga menaikkan tekanan darah.

2. Konsumsi sayur-sayuran. Penderita gejala darah rendah harus membiasakan diri mengkonsumsi sayur-sayuran, kacag-kacangan, mengkonsumsi ikan laut, dan juga banyak mengkonsumsi buah-buahan. Penderita tekanan darah juga harus mengurangi konsumsi daging yang berlebihan karena bisa berisiko terkena penyakit cardiovaskuler. Sayuran nya yang bisa di konsumsi seperti kacang-kacangan, berupa kacang polong, kacang panjang, kacang hijau, kacang merah kol dan juga bayambisa juga mengkonsumsi sayuran yang kain seperti sawi, lobak, dan brokoli.sayur-sayuran terbukti bermanfaat meningkatkan sel darah merah. Bayam memiliki banayk kalium rendah sodium dan Fe yang berguna dapat menaikkan tekanan darah rendah dan menjaga aliran darah selalu lancar.

3. Mengubah pola makan. Penderita tekanan darah rendah terjadi karena biasanya mereka melakukan pola makan yang salah dan buruk oleh karena itu salah satu cara mengobatinya dengan cara memperbaiki pola makan sehari –hari. Caranya dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk menaikkan energy tubuh. Konsumi juga sayuran hijau yang banyak karena sayuran dapat menambah zat besi.

4. Buah-buahan .buah-buahan sangat besar manfaatnya bagi tubuh selain membuat tubuh kita sehat dan pencernaan lancar buah-buahan berguna untuk menaikkan tekanan darah rendah dan sangat di anjurkan sekali seperti buah tomat, apel pisang jambu biji kurma dan juga strawberry. Selain buah-buahan yang mulai dikenal baru-baru ini yaitu buah naga karena banyak mengandung Vitamin A yang memiliki manfaat bagi penderita tekanan darah rendah karena dapat menaikkan darah. Buah lain yang bisa di konsumsi lainnya adalah kiwi, alpukat anggur, sirsak delima dan juga kesemek. Strawberi kaya akan kandungan zat besi anti oksidan, vitamin kaya akan serat dan rendah lemak sehingga berguna sekali untuk menaikkan darah rendah.

5. Biasakan berolahraga. Olahraga sangat di perlukan tubuh agar tubuh selalu sehat dan berbagai penyakit timbul karena kurangnya berolahraga seperti tekanan darah juga di sebabkan karena kurang nya olahraga oleh sebab itu mulai sekarang lakukan olahraga secara rutin kalau bisa tiap hari melakukannya seperti melakukan hal kecil misalnya jogging dengan jalan santai di sekitar komplek ini membuat perputaran darah dalam tubuh berjalan lancar.

gejala darah rendah


Selain melakukan olahraga ada juga cara pengibatan yang lain bagi penderita tekanan darah rendah dengan cara mengkonsumsi makanan penambah darah yang cepat sehingga darah akan meningkat dalam waktu sehari saja. Hindari juga makanan yang membuat darah menjadi turun karena dapat membuat penderita tekanan darah rendah menjadi drop dan semakin parah.

Itulah gejala darah rendah yang timbul bagi penderita tekanan darah rendah dan cara mengobati nya. Tekanan darah rendah memang selalu dianggap sepele namun kalau sudah parah bisa juga sampai merusak kesehatan. Sangat disarankan bagi penderita tekanan darah rendah untuk memperbaiki pola makan konsumsi sayur-sayuran, perbaiki gaya hidup yang sehat, jaga juga kesehatan badan, berhenti merokok kurangi konsumsi alkohol dan juga istirhat yang sukup. Mungkin itulah informasi yang bisa di sampaikan semoga bermanfaaat bagi penderita yang mengalami gejala darah rendah dan tau cara mengobatinya agar penderita cepat sembuh dan sehat kembali sekian salam
www.seh4t.com
Previous Post
Next Post