Sabtu, 15 April 2017

Gejala Kurang Darah Dan Cara Menyembuhkannya Dengan Baik

darah_rendah

Sebelum kita membahas secara mendalam tentang Gejala Kurang Darah Dan Cara Menyembuhkannya Dengan Baik. Terlebih dahulu kita bahas tentang apa sih yang dinamakan dengan kurang darah ? Nah lihat di bawah :

Kurang Darah adalah suatu keadaan di mana jumlah sel darah merah lebih rendah dari normal. Nilai normal Hb (hemoglobin) pada wanita rata-rata 12-14g/dl. Salah satu fungsi penting Hb adalah membawa oksigen ke seluruh tubuh. Bila jumlah Hb yang mengangkut oksigen ini sedikit, maka tentu saja jumlah oksigen yang diangkut ke seluruh tubuh pun berkurang.
Akibatnya, proses metabolisme di organ-organ tubuh kita tidak berjalan dengan baik dan energi yang dihasilkanpun relatif lebih sedikit. Untuk mencukupinya, jantung dipacu untuk bekerja lebih keras. Tak heran bila kemudian timbul gejala jantung berdebar-debar, tubuh menjadi cepat lelah dan lemah.

Gejala Kurang Darah Dan Cara Menyembuhkannya Dengan Baik
kurang darah

Gejala Kurang Darah Dan Cara Menyembuhkannya Dengan Baik

Anemia dapat merupakan suatu gejala dari suatu penyakit tertentu, namun bisa juga merupakan suatu kondisi penyakit tersendiri. Ada beberapa jenis anemia. Bila dilihat dari waktu timbulnya, maka dikenal adanya anemia kronis (anemia yang timbul dalam waktu lama) dan anemia akut (anemia yang timbul dalam waktu relatif cepat). Anemia kronis biasanya timbul akibat penyakit kronis lain, misalnya bila ada penyakit di ginjal, infeksi kronis di paru, dan sebagainya. Anemia akut misalnya disebabkan karena adanya perdarahan.

Gejala Kurang Darah
  • Pusing. Gejala pusing atau sakit kepala adalah gejala yang paling terasa saat mengalami anemia. Hal ini karena saat seseorang mengalami anemia, otak mengalami kekurangan oksigen
  • Wajah Pucat (Khususnya Kelopak Mata Bawah). Kulit atau wajah pucat dan mata tampak cekung adalah gejala yang sering terlihat pada penderita anemia. Anemia bisa dideteksi dengan memperhatikan kelopak mata bawah bagian dalam. Jika berwarna putih/pucat, kemungkinan Anda menderita anemia.
  • .Sering Merasa Lelah. Pada anemia, rendahnya sel darah merah menyebabkan tingkat oksidasi dalam tubuh ikut berkurang. Akibatnya, tubuh menjadi sangat kekurangan energi dan sering merasa lelah atau kelelahan.
  • Mual. Mual atau morning sickness tidak hanya terjadi pada wanita yang sedang hamil. Namun, penderita anemia juga mengalami gejala serupa. Penderita anemia biasa mengalami mual segera setelah bangun tidur di pagi hari. Dan ini bisa terjadi baik pada penderita anemia pria maupun wanita.
  • Sesak Napas. Jumlah sel darah yang rendah menyebabkan menurunnya kadar oksigen dalam tubuh penderita anemia. Sehingga, penderita anemia sering merasa susah bernapas/sesak saat sedang menjalankan aktivitasnya. Bahkan pada kasus yang lebih berat, penderita bisa mengalami angina/nyeri dada.
Silahkan klik ini : Penyebab Kurang Darah Atau Darah Rendah Dan Cara Mencegahnya
  • Detak Jantung Cepat dan Tidak Teratur. Detak jantung yang tidak teratur, meningkat, atau tidak normal terjadi saat anemia. Hal ini karena tubuh kekurangan pasokan oksigen. Tubuh yang kekurangan oksigen akan menyebabkan kerja jantung menjadi terganggu. Inilah yang memicu ketidaknormalan detak jantung.
  • Kekebalan Tubuh Menurun. Pada penderita anemia, tubuh menjadi sangat kekurangan energi. Energi yang berkurang tersebut mengakibatkan menurunnya kemampuan tubuh untuk melawan serangan penyakit. Akibatnya, tubuh penderita anemia menjadi lebih mudah sakit dibanding kondisi normalnya atau pada saat sehat.
  • Ujung Jari Pucat/Putih. Cara mudah untuk mendeteksi anemia/kurang darah adalah dengan menekan ujung jari Anda. Jika pada keadaan sehat, saat ditekan, ujung jari akan berubah memerah. Namun, saat menderita anemia, ujung jari yang ditekan akan berubah menjadi pucat/putih.
  • Rambut Rapuh atau Terjadi Kerontokan Rambut. Saat menderita anemia, kulit kepala kurang mendapatkan makanan dari tubuh. Sehingga, rambut menjadi rapuh dan rentan terjadi kerontokan rambut. Rambut penderita anemia menjadi mudah menipis.
Coba klik Ini juga : Gejala, Penyebab, Obat Kadar Gula Darah Rendah Serta Efek Dan Akibatnya
  • Telapak Tangan Pucat. Pada orang yang sehat, telapak tangan akan tampak kemerahan dan sehat. Namun pada penderita anemia, telapak tangan tampak pucat sebagai gejala kekurangan darah.
  • Konsentrasi Menurun. Konsentrasi yang menurun dan sering pikun adalah salah satu gejala anemia. Pada orang dewasa, hal ini bisa mengganggu aktivitas dan konsentrasi kerja sehari-hari. Pada anak-anak, hal ini akan menurunkan kecerdasannya. Sehingga berpengaruh pada prestasi anak di sekolah.
  • Tidak nafsu makan. Penderita anemia dapat kehilangan nafsu makan. Hal ini tentunya berbahaya, karena pasokan energi untuk tubuh yang sudah sangat kurang saat mengalami anemia, menjadi semakin berkurang.
  • Menjadi sangat sensitif dan mudah depresi. Penderita anemia menjadi mudah marah dan tersinggung. Energi tubuh yang rendah dan otak yang kekurangan oksigen adalah penyebabnya. Penderita anemia menjadi sangat sensitif bahkan untuk hal-hal kecil sekalipun.
Baca Juga Ini : Berapa Tensi Darah Normal Wanita Dan Pria Berdasarkan Usia Menurut Who
  • Kaki dan tangan terasa dingin dan sering kram.
  • Siklus Menstruasi yang tidak tentu, terlambat, atau berhenti.
  • Rasa panas di lidah dan kekeringan di mulut dan tenggorokan
  • Anemia bisa disebabkan karena kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi menimbulkan gejala panas pada lidah, serta kekeringan pada mulut dan tenggorokan.
  • Kuku rapuh dan membengkok (berbentuk seperti sendok)
  • Terjadi kesulitan dalam penyembuhan luka/penyembuhan luka menjadi lambat
  • Insomnia atau Susah Tidur
  • Mendadak lemas, pingsan, atau tidak sadar
Cara Menyembuhkan Kurang Darah Dengan Baik
Gejala Kurang Darah
  • Mengkonsumsi Buah

Pasti semua sudah tak asing lagi dengan segala perpaduan kandungan vitamin dalam berbagai macam buah-buahan, jenis bahan kudapan yang biasanya berasa manis segar ini sangatlah berkontribusi besar dalam memenuhi kebutuhan nutrisi vitamin harian pada tubuh kita.
  • Konsumsi hati jeroan
Mengkonsumsi jeroan bisa saja terlarang bagi para penderita dengan kadar asam urat yang berlebihan, namun bagi anda utamanya wanita yang setiap bulannya mengalami proses menstruasi dan sekaligus mempunyai keluhan kekurangan darah maka anda dapat sekali mencoba jenis bahan makanan yang satu ini, cobalah untuk mengolah kudapan dengan bahan dasar hati ayam maupun hati bebek niscaya hal ini akan membantu memenuhi kebutuhan zat besi harian dari tubuh anda.

Perlu diketahui bawa peranan zat besi yang dibantu dengan sari nutrisi lain yang memenuhi kebutuhan tubuh akan sangat berguna bagi proses pembuatan sel darah baru pada sumsum tulang belakang sehingga dengan begini kurangnya darah anda dapat segera diusahakan untuk ditanggulangi
  • Kacang-kacangan
Tanpa kita sadari ternyata jenis kudapan dari bahan alami sejenis kacang-kacangan amatlah membantu dalam memenuhi kebutuhan harian tubuh kita akan zat besi, anda bisa mencoba untuk beralih pada camilan kacang almond ataupun kacang merah, di sisi memberi efek kenyang maka kandungan zat besi yang tinggi di dalamnya pun amat efektif untuk membantu kinerja tubuh dalam memproduksi sel-sel darah baru demi menggantikan sel darah yang sebelumnya

animea
  • Ramuan Daun Bawang
Cara lain yang dapat digunakan para penderita kurang darah yakni dengan mencoba mengkonsumsi daun bawang yang terkenal akan kandungan zat besinya yang sangat tinggi, jenis dedaunan yang satu ini juga memiliki kandungan protein ferropotin yang nanti akan bertugas menyalurkan kebutuhan zat besi ke seluruh area tubuh kita secara merata sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Anda mula-mula bisa merebus potongan daun bawang ini pada sejumlah air untuk kemudian bisa anda campurkan dengan kuning telur sebelum akhirnya bisa anda konsumsi. Jangan lupa pula untuk mengkonsumsinya secara rutin demi tercapainya seluruh khasiat secara maksimal.

Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi resep penambah darah alami yang satu ini kira-kira dua kali setiap harinya demi memaksimalkan kinerja manfaatnya di dalam tubuh anda
Sekian yang dapat kami  informasikan, untuk lebih jelasnya lihat di www.seh4t.com
Previous Post
Next Post