Jumat, 14 April 2017

Gejala, Penyebab, Obat Kadar Gula Darah Rendah Serta Efek Dan Akibatnya

Gula Darah Rendah
Gejala gula darah rendah umumnya adalah tubuh gemetar, serta denyut jantung lebih cepat. Penyebabnya biasanya karena makan yang terlalu sedikit atau bahkan melewatkan jam makan. Untuk pengobatan gula darah rendah, harus mengikuti diet yang sehat dan bergizi. Apa yang dimaksud dengan Tingkat Gula Darah Rendah? Otak manusia tergantung pada glukosa agar dapat berfungsi dengan baik, setiap saat, bahkan dalam keadaan istirahat atau tidur sekalipun. Glukosa ini diserap oleh tubuh dari berbagai makanan yang kita makan, setelah itu disimpan dalam tubuh.

Gejala, Penyebab, Obat Kadar Gula Darah Rendah Serta Efek Dan Akibatnya


Darah membawa glukosa ke setiap sel dalam tubuh Anda, karena merupakan sumber utama energi. Jumlah glukosa ini dalam darah Anda dikenal dengan gula darah. Tingkat gula darah yang berada di bawah kisaran normal dikenal dengan hipoglikemia. Apa yang dikatakan rentang gula darah rendah? Setiap individu berbeda, dan rentang gula darah normal bisa sedikit bervariasi dari satu orang ke orang lain. Menurut grafik kadar gula darah rendah, kadar gula darah seseorang dikatakan drop, yang terbaca menurun di bawah 70 miligram per desiliter (mg / dl).
Coba Baca ini :Penyebab Kurang Darah Atau Darah Rendah Dan Cara Mencegahnya
Hal ini bisa terjadi dalam hitungan 10 sampai 15 menit; orang yang mengalami gula darah rendah biasanya menunjukkan tanda-tanda meliputi kecemasan, gemetar, kelelahan, kelemahan, keringatan, dan detak jantung yang cepat. Jika langkah-langkah pertolongan tidak segera dilakukan untuk mengatasi, maka tingkat gula darah bisa terus turun sampai 50 mg / dl – atau bahkan 40 mg / dl, dan pasien akan mengalami perubahan perilaku, seperti kebingungan, kegelisahan, pusing, masalah bicara dan kelemahan. Dalam beberapa kasus, gula darah seseorang mungkin bisa serendah 20 mg / dl. Yang jelas, dalam kasus kadar gula darah gejala serendah tersebut, orang bisa kehilangan kesadaran dan kejang.
Silahkan klik ini : Cara Menaikan Tensi Darah Dengan Cepat Normal Kembali
Dalam keadaan normal, kadar gula darah seseorang yang tertinggi adalah setelah makan; dan dibutuhkan beberapa jam lagi untuk turun. Namun, orang yang menderita gula darah rendah setelah makan perlu diperiksa untuk melihat apakah ada diabetes tipe-2. Tanda-tanda kadar gula darah rendah mungkin juga terlihat pada anak-anak, yang tentu yang sangat mengkhawatirkan bagi para orang tua.

Dalam rangka meningkatkan kualitas hidup anak, adalah penting bagi orang tua untuk memastikan anak-anak mereka mengikuti diet yang sehat, minum obat yang diperlukan jika perlu, dan mendapatkan jumlah olahraga yang cukup. Pemantauan kadar gula darah secara teratur juga sangat penting. Ada banyak wanita yang menghadapi masalah kadar gula darah rendah selama kehamilan, karena tubuh mereka tidak dapat menyerap glukosa dari makanan dengan benar. Dalam kasus tersebut, penting untuk mendapatkan dokter untuk memantau kondisi dengan hati-hati agar gejala tidak berlanjut.

Gejala Kadar Gula Darah Rendah

Gejala-gejala yang kemungkinan timbul akibat gula darah rendah termasuk pandangan kabur, denyut jantung cepat, perubahan mood tiba-tiba, gugup tiba-tiba, kelelahan, wajah pucat, sakit kepala, lapar berlebihan, tubuh gemetar, kepala pusing, berkeringat dingin, sulit tidur, kesemutan, kesulitan berkonsentrasi, hingga hilang kesadaran dan koma. Tanpa pertolongan atau pengobatan segera, akibat hipoglikemik orang bisa pingsan, mengalami kejang, atau bahkan sampai koma

 Penyebab Kadar Gula Darah Rendah

Berikut ini adalah beberapa penyebab dari munculnya gula darah rendah :

  • Asupan makanan yang sedikit dan juga tidak teratur
  • Kebiasaan buruk yang mengganggu kesehatan seperti, melewatkan sarapan
  • Aktivitas fisik yang terlalu tinggi, seperti olahraga berlebihan tanpa diimbangi oleh asupan kebutuhan nutrisi yang sesuai dan cukup
  • Bahaya alkohol dan bahaya merokok yang dikonsumsi terus -menerus

Itu adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan rendahnya kadar gula darah di dalam tubuh anda. Apabila gula darah saya rendah, itu berarti saya tidak mengalami diabetes? Ya, itu merupakan hal yang benar. Namun demikian, gula darah yang rendah juga ternyata memiliki dampak dan juga efek yang berbahaya bagi tubuh. Jadi, bukan berarti kadar gula darah yang rendah, anda akan terbebas dari berbagai macam masalah kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa efek buruknya :

  1. Perubahan perilaku dan kepribadian
  2. Kebingungan
  3. Kurangnya kesabaran
  4. Gemeteran
  5. Gugup
  6. Kejang
  • Perubahan perilaku dan kepribadian
Gejala kekurangan gula darah ini juga seringkali diikuti oleh perubahan perilaku dan perubahan emosi. Hal ini dapat terjadi apabila kadar gula darah sudah semakin rendah dan juga semakin parah. Kondisi tersebut dapat menyebabkan seseorang mendadak mengalami perubahan emosi dan perilaku, seperti mendadak menjadi orang yang sangat pemarah dan juga galak
  • Kebingungan
Bahaya akibat kekurangan gula darah lainnya yang dapat muncul adalah dapat menyebabkan seseorang mengalAmi kebingungan. Daya konsentrasi dan fokus yang menurun akan sangat potensial dalam menyebabkan kebingungan pada mereka yang memiliki gula darah yang rendah
  • Kurangnya Kesabaran
Bahaya berikutnya adalah dapat menyebabkan tubuh menjadi kehilangan konsentrasi dan juga fokus. Hal ini disebabkan karena kekurangan gula darah juga dapat menyebabkan peredaran daarah menjadi tidak lancar, yang menyebabkan asupan darah dan juga oksigen ke otak menjadi berkurang. Hal ini akan berakibat pada berkurangnya konsentrasi dan fokus menjadi terganggu kesabaran.
  •  Gemetaran
Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya bahwa tubuh gemetaran merupakan salah satu petunjuk yang memberitahukan anda bahwa tubuh anda sedang mengalami kekurangan gula dalam darah. Gula termasuk sebagai salah satu sumber energi utama di dalam tubuh jadi jika sampai kehadirannya tidak mencukupi akan membuat tubuh menjadi gemetaran serta diikuti dengan munculnya keringat dingin. Tubuh gemetaran ini akan mudah anda jumpai ketika anda merasakan lapar, saat lapar pasokan gula darah menjadi menurun drastis sehingga anda akan mudah sekali merasakan kepala berkunang-kunang, pusing dan juga badan gemetaran.

  • Gugup

Bahaya akibat gula darah rendah lainnya yang dapat muncul dari diri seseorang adalah dapat menyebabkan munculnya rasa gugup yang berlebihan, sehingga menyebabkan seseorang menjadi tidak bisa melakukan berbagai macam aktivitas dengan baik dan juga benar

  • Kejang-Kejang

Bahaya gula darah rendah lainnya yang dapat muncul adalah kejang-kejang. Kejang dapat muncul apabila seseorang sudah mengalami kondisi yang sangat parah dari kekurangan gula darah, sehingga dapat menyebabkan kejang-kejang pada dirinya.

Obat Kadar Gula Darah Rendah yang ampuh

Untuk mengatasi gula darah rendah maka anda dapat mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh. Beberapa makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh dijelaskan sebagai berikut:
  • Qurma/tamar
Selain mengandung vitamin dan mineral, kurma mengandung glycemix index tinggi yang dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh dengan cepat. Dngan demikian, mengonsumsi kurma akan mendapatkan banyak manfaat yaitu vitamin, mineral, serta gula. Kurma juga merupakan buah yang termasuk buah mahal karena di Indonesia tidak bisa tumbuh.
  • Mie
Mie dibuat dengan bahan yang mengandung banyak karbohidrat sehingga mengandung banyak zat gula yang dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Mengonsumsi mi dalam kadar yang sering dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh dengan cepat, akan tetapi harus tetap berhati-hati karena mengonsumsi mi terlalu sering tidak baik juga untuk kesehatan tubuh, terutama mi yang menggunakan bahan kimia dan bahan pengawet. Oleh karena itu, harus bisa memilih kualitas mi yang baik untuk kesehatan
Baca Juga ini : Berapa Tensi Darah Normal Wanita Dan Pria Berdasarkan Usia Menurut Who
  • Daging Merah

Daging merah merupakan makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi pada penderita kadar gula rendah. Bagi orang yang mengalami kadar gula darah tinggi maka dilarang untuk mengonsumi daging merah karena semakin meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

  • Biji-Bijian

Biji-bijian mengandung banyak kadar gula yang dapat menigkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Beberapa biji-bijian yan mengandung kadar gula tinggi, yaitu beras putih, kacang hijau, dan jenis kacang lainnya. Biji-bijian ini dapat dikonsumsi dengan cara diolah menjadi berbagai makanan dengan menu yang bervariasi.

  • Madu

Madu juga bermanfaat untuk meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh dengan cepat. Madu merupakan makanan yang mengandung zat gula alami karena memang madu dibuat dengan proses yang alami. Jika anda kekurangan gula darah maka konsumsi satu sendok madu setiap hari agar dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh dengan cepat

  • Buah

Buah selain mengandung banyak vitamin, rasa manis buah mengandung banyak gula. Hal ini dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, buah kaya akan serat dapat menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh sehingga dianjurkan untuk mengonsumsi buah setiap hari agar tubuh senantiasa sehat.
Previous Post
Next Post