Minggu, 09 April 2017

Penyebab Dan Obat Dokter Untuk Perut Kembung Dan Mual Yang Bagus


Penyebab Dan Obat Dokter Untuk Perut Kembung Dan Mual Yang Bagus

Perut kembung diobati berdasarkan penyebabnya. Pada kebanyakan orang, perut kembung hanyalah suatu gejala ringan yang penanganannya mudah dilakukan, yaitu mengontrol porsi makanan, kurangi lemak, juga kunyah makanan dengan perlahan. Dengan cara demikian dapat terhindar dari rasa kenyang berlebihan.

Penyebab Dan Obat Dokter Untuk Perut Kembung Dan Mual Yang Bagus

Perut kembung adalah gangguan pencernaan dimana penderita merasa perutnya tidak nyaman karena terasa penuh, kencang dan bergas. Di samping itu, perut juga bisa terlihat membesar. Keluhan ini umumnya terjadi bukan hanya pada orang dewasa tapi juga pada anak-anak.

Kondisi ini bisa mengganggu aktivitas bekerja dan sosialisasi penderitanya. Jika dibandingkan dengan orang dengan kondisi perut normal, penderita perut kembung akan lebih sering sakit, sering mengunjungi dokter, serta mengonsumsi lebih banyak obat-obatan.

Inilah dia gejala yang umumnya dirasakan oleh penderita perut kembung

Berat badan meningkat.
Pertumbuhan bakteri terlalu cepat di usus kecil.
Naik turunnya hormon, khususnya pada wanita yang sedang mengalami pre menstrual sindrome.
Kondisi medis tertentu seperti giardiasis (parasit usus).
Dokter akan melakukan beberapa cara untuk mendiagnosis penyebab perut kembung pada penderita, yaitu mengevaluasi catatan medis penderita, menilai pola makan penderita, serta melakukan pemeriksaan fisik. Saat melakukan pemeriksaan fisik, dokter akan mengetuk perut penderita dengan jari sembari mendengarkan suaranya. Jika suara perut saat diketuk lebih nyaring, umumnya merupakan tanda adanya gas pada rongga perut. Dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan pada pasien bila dinilai perlu untuk menyingkirkan kondisi medis lainnya
Sensasi penuh, sesak, atau pembengkakan pada bagian perut.
Rasa nyeri dan penuh gas pada perut.
Rasa sakit yang muncul bisa menyebabkan kram perut.
Frekuensi bersendawa menjadi lebih sering.
Perut terasa bergejolak.
Buang angin secara berlebihan.
Perut kembung bisa disebabkan banyak hal, yaitu:
Menelan udara, baik saat makan maupun ketika minum air.
Sembelit.
Merokok.
Makan terlalu cepat
Lihat juga artikel ini :Tanda Masuk Angin Dan Cara Mengatasi Masuk Angin Pada Ibu Hamil

Cara Mengobati Masuk Angin Kronis Tanpa Obat Medis Dengan Cepat



Penyebab Dan Obat Dokter Untuk Perut Kembung Dan Mual Yang Bagus

Resiko yang dapat menyebabkan seseorang lebih rentan terkena perut kembung.

Intolerance (tidak dapat mencerna) terhadap laktosa atau gluten.
Lebih banyak mengonsumsi buah-buahan, sayur mayur, biji-bijian, kacang-kacangan.
Mengonsumsi minuman bersoda.
Mengidap gangguan usus kronis, contohnya Irritable Bowel Syndrome (gangguan fungsi usus besar yang ditandai dengan sakit perut, perubahan kebiasaan buang air besar, dan perut kembung), atau penyakit peradangan usus besar (Kolitis ulserativa atau Crohn’s).
Kondisi perut kembung juga bisa menjadi gejala beberapa penyakit serius seperti:
Cairan pada rongga perut yang disebut dengan istilah ascites, bisa terjadi akibat kanker, penyakit hati, gagal ginjal atau gagal jantung kongestif.
Penyakit celiac
Kanker ovarium.
Gangguan fungsi pankreas.

Penyebab Dan Obat Dokter Untuk Perut Kembung Dan Mual Yang Bagus
perut terasa kembung


  • Cisapride.

Cisapride merupakan obat yg bisa meningkatkan pergerakan ataupun kontraksi di lambung & pula usus. Obat nyeri perut di apotik tersebut umum dipakai untuk mengatasi nyeri perut dengan tanda seperti kembung yg di akibatkan oleh kembalinya asam lambung ke dalam esophagus. — [ baca juga : 9 cara ampuh mengatasi lemah syahwat ]

  • Dimethicone.

Dimethicone ialah obat antipoaming yg umum dipakai untuk mengurangi rasa kembung di perut & ketidak nyamanan serta rasa nyeri yg diakibatkan oleh adanya akumulasi gas berlebihan di saluran cerna & usus. Cara kerja dari obat tersebut ialah dengan menurunkan tegangan yang terdapat pada permukaan gas sehingga buih yg ada di dalam pencernaan bisa membentuk gelembung yg besar, sehingga bakal gampang untuk dikeluarkan oleh tubuh.

  • Metoclopramide.

Metoclopramide ialah benjamida tersubstitusi yg bisa merangsang motilitas di saluran pencernaan makanan tanpa mesti mempengaruhi sekresi dari lambung, empedu maupun pankreas. Metoclopramide mempunyai aktivitas parasimpatomimetik & mempunyai sipat antagonis reseptor dopamin yg mempunyai epek langsung di kemoreseptor

  • Domperidone.

Domperidone ialah antagonis dopamine yg mempunyai sistem kerja antiemetik prokinetik & tak menembus aliran darah, sehingga reaksi ekstrapiramidial dari meminum obat tersebut jarang sekali terjadi. Pemberian obat ini bisa menambah kontraksi antral & duodenum sehingga lebih lama, & bisa meningkatkan pengosongan lambung serta tekanan di esopagus sprinkter.

  • Mesalajine.

Mesalajine umum dipakai untuk mengurangi adanya pembengkakan di radang usus besar, sehingga bisa mengurangi tanda yg diakibatkan oleh penyakit.

  • Antasida

Antasida Ini merupakan obat penetral asam lambung, jadi gunakan obat ini untuk meredakan perut kembung yang disebabkan oleh kelebihan asam lambung yang biasanya menunjukkan gejala berupa nyeri ulu hati dan sering bersendawa. Namun obat ini tidak efektif lagi untuk gas yang sudah ada dalam usus. Ada berbagai jenis merek yang tergolong antasida, seperti mylanta, gastrucid, promag, dan lain-lain.

Sekian ulasan artikel kami , semoga bermanfaat, teimakasih telah mengunjungi blog kami salam sehat selalu yaa..
Previous Post
Next Post