Sabtu, 08 April 2017

Tanda Masuk Angin Dan Cara Mengatasi Masuk Angin Pada Ibu Hamil

     Masuk angin merupakan salah satu penyakit yang kecil tetapi jangan salah penyakit tersebut bisa saja membuat orang tidak berdaya apa-apa dan bisa menyebabkan kematian yang tak di duga-duga, terkadang orang menganggap penyakit ini hal yang sepele  padahal bisa menjadi fatal jika di biarkan saja terutama pada ibu hamil sayangilah janin anda. Naah,, kali ini saya akan membahas tentang  cara mengatasi masuk angin  dan tanda-tandanya. Yuk,,  kita baca artikel ini sampe selesai. 


                                          Tips untuk mengatasi masuk angin
#  Meminum air jahe

     Jahe adalah tanaman yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. jahe juga ternyata memilki manfaat yang sangat banyak bagi tubuh kita. bukan hanya sebagai minuman yang enak namun juga manfaat yang dirasakan oleh tumbuhan ini begitu berpengaruh terhadap tubuh kita. minum air jahe sangat disarankan bagi orang yang sedang masuk angin karena akan memberikan rasa hangat pada tubuh setelah mengkonsumsi air jahe ini. Kandungan yang terdapat dalam jahe pun akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dari biasanya. Ini dikarenakan kandungan dalam tumbuhan jahe dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita sehingga tubuh kite lebih kebal terhadap penyakit dan gangguan-gangguan yang ada diluar tubuh kita.

#  Madu dan air jeruk lemon
      Jika anda tidak menyukai yang pahit pahit obat ini cocok untuk. Campuran air lemon dan madu berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh. Caranya, peras lemon kemudian seduh bersama segelas teh hangat dan madu murni. Habiskan minuman ini sebelum tidur.

#  Memperbanyak minum air hangat
     Hindari minuman es, terutama saat cuaca tidak menentu. Akan lebih baik bagi anda, untuk lebih banyak minum air hangat. Tubuh anda akan mengeluarkan banyak keringat, sehingga masuk angin sembuh lebih cepat.

#  Memakai minyak kayu putih
     Hidung tersumbat dan perut kembung dapat diredakan dengan penggunaan minyak kayu putih. Sensasi hangat yang ditimbulkan dari minyak alami ini mampu meredakan perut kembung karena masuk angin. Caranya, oleskan minyak kayu putih pada perut dan area sekitar leher anda. Lakukan pijatan lembut di belakang leher dan pelipis anda.

#  Istirahat yang banyak
     Jangan paksakan diri anda untuk tetap bekerja, saat tubuh merasa lelah. Hindari begadang di malam hari, cukupi waktu tidur. Untuk menjaga kondisi tubuh, setidaknya anda butuh 8 jam untuk tidur malam.
Ubi merah
     Mungkin sulit bagi anda untuk mendapatkan ubi merah. Tapi nyatanya, makanan ini efektif untuk mengusir masuk angin. Cara membuat ramuan: Setelah kulitnya dikupas, rebus ubi merah dan bahan alami lainnya seperti 8 butir merica, jahe merah, 8 butir kapulaga, secuil kayu manis, sepotong gula merah, dan 4 biji cengkeh. Biarkan airnya mendidih beberapa saat, kemudian saring. Minum air rebusan 7 bahan alami ini saat masih hangat.

#  Air Daun pepaya
       Ini untuk menyembuhkan masuk angin secara tradisional, daun pepaya dapat menjadi obat alternatif. Meskipun rasanya pahit, tapi sangat efektif sebagai obat perut kembung.

#  Kerokan
     Kerokan merupakan cara mengatasi masuk angin tradisional yang banyak dilakukan masyarakat Indonesia. Metode ini dilakukan dengan mengoleskan balsem atau minyak kayu putih, kemudian mengeroknya dengan koin sampai kulit berubah warna menjadi kemerahan.

                                            Tanda-tanda masuk angin
>  Badan dan semua persendian terasa sakit
     Aktifitas yang kita alami terkadang banyak membuat kita lupa akan kesehatan kita sendiri. Kadang rasa capek dan lelah yang kita rasakan juga selalu kita abaikan sehingga membuat tubuh kita menjadi sakit. Badan dan semua persendian terasa sakit merupakan salah satu ciri dari seseorang yang mengalami masuk angin. Hal ini terjadi karena tubuh mengalami kelelahan akibat aktifitas yang kita lakukan terlalu berlebihan. Dengan aktifitas yang berlebihan tentu akan menyebabkan dampak yang sangat buruk bagi tubuh kita. Apalagi hingga menyebabkan tubuh kita terasa sakit dan menurunkan performa tubuh kita.

>  Badan terasa pegal
     Pegal-pegal merupakan efek dari tubuh yang mengalami kelelahan dan kecapek an akibat aktifitas yang dilakukan tubuh dalam sehari-hari. Ternyata pegal-pegal juga menjadi ciri dari seseorang mengalami masuk angin. Hal ini terjadi karena tubuh yang sejatinya memerlukan istirahat juga memerlukan waktu untuk memperbarui performa tubuh yang tubuh akibat keseharian yang dilakukan oleh tubuh kita. Tentu dengan tanda tubuh kita mengalami pegal-pegal kita akan lebih mengenal tubuh kita sedang terserang gangguan-gangguan seperti masuk angin. pegal-pegal ini sangat mudah dihilangkan hanya dengan mengistirahatkan tubuh kita maka lama kelamaan pegal-pegal dalam tubuh kita akan hilang dengan sendirinya bahkan dengan metode pemijatan yang pas kita dapat menghilangkan pegal-pegal dalam tubuh kita dengan cepat.

>  Sering muntah-muntah
     Sakit adalah salah satu pertanda seseorang mengalami penurunan daya tahan tubuh. Ciri seseorang sedang sakit tentu sangat beragam dan berbagai macam jenisnya. Muntah-muntah merupakan ciri yang dialami oleh seseorang yang sedang masuk angin. Ketika seseorang mual sehingga terjadi muntah-muntah dan akhirnya menimbulkan ketidaknyamanan dalam tubuh kita. Muntah-muntah ini juga akan menyebabkan asupan yang masuk kedalam perut kita akan keluar lagi sehingga kita tidak mendapatkan asupan sama sekali, Ini sangat akan berakibat fatal bagi tubuh kita. Karena lama kelamaan tubuh kita akan kekurangan asupan dan akhirnya sakit yang dialami tubuh kita tak kunjung sembuh.

>  Pilek
     Bagi orang yang sedang masuk angin organ hidungnya juga akan menerima dampak dari masuk angina ini salah satunya adalah pilek. Pilek memang sering terjadi pada seseorang yang mengalami masuk angin gejala pilek pun beragam ada yang hanya sering mengeluarkan ingus cair hingga mengalami hidung tersumbat. Pilek juga akan sangat akan merepotkan kita karena organ yang berfungsi sebagai alat bantu dalam pernafasan akan terganggu dengan kehadiran pilek sehingga proses pernafasan dalam tubuh kita menjadi terganggu.

>  Tubuh menggigil
Tubuh merasa kedinginan adalah salah satu ciri dari orang yang mengalami masuk angin. Dengan sering terpaparnya tubuh dengan udara dingin akan menyebabkan udara dingin tersebut masuk kedalam tubuh Dan menyebabkan tubuh kita merasa menggigil seperti dalam ruangan yang dingin. Biasanya ciri tubuh menjadi menggigil sangat mudah dirasakan bagi penderita yang terkena masuk angin.

>  Mengantuk
     Sering mengantuk juga menjadi salah satu ciri dari orang yang sedang kena gejala masuk angin. Ketika tubuh kita mengalami daya tahan tubuh yang menurun tentu akan berdampak pada performa dalam tubuh kita. Dengan performa yang menurun akan menyebabkan segala aktifitas kita menjadi terganggu dan kita akan mudah lelah. 0rang yang mudah lelah biasanya akan sering mengantuk dikarenakan tubuh perlu untuk memperbarui performanya agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

>  Diare
     Diare merupakan penyakit yang sangat berbahaya bagi kita, namun masih banyak orang yang meremehkan penyakit tersebut. Penyakit diare ini bahkan dapat menimbulkan seseorang mengalami kematian apabila diare yang dialami sudah terlalu parah. Seseorang yang mengalami diare bisa juga dikatakan seseorang tersebut mengalami masuk angin. hal ini bisa terjadi karena biasanya orang yang mengalami masuk angin akan mengalami gangguan pencernaan yang bahkan akhirnya akan menyebabkan gejala diare. Ketika seseorang yang mengalami diare tentu akan menyebabkan daya tahan tubuh kita akan menurun dan membuat tubuh kita terasa lemah.

>  Tidak nafsu makan
     Dengan tubuh yang sakit tentu nafsu makan kita akan berkurang. Jika hal ini sering terjadi maka tubuh kita tidak akan mendapatkan asupan sebagai gizi dalam tubuh kita. Memang orang yang masuk angina akan mengalami penurunan nafsu makan. Namun tubuh ini juga perlu mendapat asupan, apalagi orang yang sedang sakit tentu asupan yang dibutuhkan akan lebih banyak dari orang yang sehat.

>  Perut jadi kembung
     Orang yang terkena masuk angina biasanya juga akan mengalami namanya perut terasa kembung. Hal ini dapat terjadi karena udara yang masuk kedalam tubuh kita terlalu berlebihan dan berdampak pada perut kita. Lambung yang mengandung banyak udara juga akan menyebabkan perut terasa kembung juga terasa begang akibat udara yang masuk kedalam tubuh kita.

>  Perut terasa sakit
     Yang namanyan sakit perut akan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi tubuh kita. Dengan sakit perut yang kita alami maka tentu makanan yang kita konsumsi akan terasa tidak enak bagi kita. Sakit perut ini juga akan menganggu kita dalam mengkonsumsi makanan yang kita makan. Ketika masuk kedalam lambung bukan rasa nyaman yang kita rasakan setelah mengkonsumsi makanan, namun rasa tidak yang ditimbulkan setelah makanan tersebut masuk kedalam lambung kita. Lama kelamaan kita akan menimbulkan rasa yang tidak enak ketika kita mengkonsumsi makanan. Padahal orang yang sedang sakit tentu harus selalu mendapatkan asupan dan gizi yang sehat.
Previous Post
Next Post