Minggu, 16 April 2017

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Dan Mencret Secara Alami

Bayi merupakan anugerah terindah yang di berikan Tuhan, banyak orang melakukan berbagai macam cara agar dapat memiliki keturunan tidak sedikit sampai rela mengeluarkan berjuta-juta agar dapat memiliki momongan. Dan ketika bayi itu terlahir ke dunia maka alangkah senangnya para orang tua. Mereka akan selalu menjaga bayi nya agar selalu sehat dan dapat tumbuh dengan baik. Namun sering kali kesehatan bayi itu terganggu dan hal ini membuat para ibu merasa khawatir terutama bagi mereka yang baru memiliki bayi seperti terkena penyakit mencret ataupun perut kembung dan para ibu akan mencari tahu bagaimana cara mengatasi perut kembung pada bayi .

mengatasi perut kembung pada bayi


Pada pembahasan kali ini akan coba memberikan informasi mengenai cara mengatasi perut kembung pada bayi dan penyakit mencret secara alami agar para ibu bisa langsung melakukan tindakan apabila bayi mereka terkena mencret atau perut kembung. Perut kembung pada bayi terjadi akibat adanya gas yang berlebihan pada saluran pencernaan. Kondisi pencernaan bayi yang belum stabil maka bayi rentan menghadapi berbagai macam penyakit misalnya perut kembung. Jika perut kembung itu ringan maka para ibu tidak perlu khawatir dan kondisi bayi aktif karena gas yang ada dalam tubuh akan keluar melalui sendawa ataupun kentut.
Cara mengatasi perut kembung pada bayi secara alami
Ibu akan merasa khawatir jika bayi nya mengalami perut kembung namun tidak perlu khawatir karena disini akan di jelaskan bagaimana cara mengatasi perut kembung pada bayi secara alami karena itu lebih efektif caranya adalah sebagai berikut :

• Buat bayi sendawa

Bila setelah makan atau minum susu usahakan agar bayi dapat sendawa bila dengan cara itu tidak berhasil maka anda bisa merangsangnya dengan cara memijat dan menepuk bayi baik pada bagian perut dan punggung dengan lembut. Lakukan antara satu sampai dua menit cara ini biasanya efektif untuk mengurangi dan mengatasi perut kembung pada bayi . (baca juga : cara mengatasi perut kembung pada bayi baru lahir 0 bulan, 1 bulan, 2 bulan  )

• Atur posisi menyusui

Posisi menyusui juga sangat berpengaruh bila bayi menyusui atau menggunakan dot maka hal yang mesti dilakukan usahakan posisi kepala bayi lebih tinggi dari pada perutnya. Dengan cara seperti itu maka air susu langsung mengalir ke dalam tubuh sedangkan udara akan naik ke atas sehingga bayi akan mudah untuk bersendawa.

• Makanan dan minuman nya perhatikan

Hal ini penting karena beberapa makanan dapat menimbulkan perut kembung maka usahakan untuk menghindari makanan itu seoerti kubis, kacang-kacangan, kembang kol, kentang dan jagung. Walaupun makanan itu mengandung berbagai gizi yang bermanfaat untuk tubuh sementara waktu hindari dulu sampai perut bayi kembali normal. Selain menghindari makanan hindari juga minuman yang mengandung soda, yang ada pemanis buatannya. Kalo bayi menyusui nya pakai susu formula maka perhatikan dulu apakah setelah di minum bayi itu mengalami perut kembung atau tidak bila mengalami perut kembung maka hentikan dang anti dengan susu formula yang lain yang membuat perut bayi tidak kembung.

• Upayakan bayi selalu aktif

Hal ini dapat dilakukan dengan cara menggerakkan kaki bayi yang dalam keadaan terlentang di angkat keatas dan gerakkan seperti kaki orang yang sedang berjalan cara ini bisa buat bayi sembuh dari perut kembung sedangkan bagi bayi yang sudah berjalan atau merangkak anda bisa
dia aktif karena dengan gerakan tubuh yang aktif maka membuat bayi dapat mengeluarkan gas yang ada dalam tubuhnya baik keluar melalui sendawa ataupun kentut.
anda juga bisa membaca : cara mengobati perut kembung tanpa obat dengan pijatan karena maag 
• Gosok bagian perut bayi

anda dapat menggosok dan memijatnya menggunakan minyak telon khusus untuk bayi cara itu di percaya ampuh mengatasi perut kembung pada bayi
itulah cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi perut kembung pada bayi , jadi anda tdak perlu khawatir apabila buah hati kita mengalami perut kembung.

Selain perut kembung kadang bayi juga mengalami penyakit lainnya seperti mencret. Pada bayi yang baru lahir biasanya memeiliki tinja yang lembut karena hanya minum ASI. Aroma dan juga bentuk tinja tergantung dari makanan dan minuman yang di konsumsi bayi. Penyebab mencret pada bayi bisa bermacam-macam dan harus di perhatikan oleh orang tua. Bila gejala nya baru muncul maka para ibu harus cepat mengobati nya agar diare atau mencret pada bayi tidak semakin parah. Gejala ketika bayi mengalami mencret biasanya berupa buang air besar yang tidak biasa dan kondisi tinja yang tidak padat atau kondisi tinja nya berbentuk cair. Ketika bayi mengalami seperti itu maka para ibu tidak perlu panic cukup melakukan hal-hal berikut ini :

1. Tetap berikan ASI

Saat bayi mengalami mencret maka sangat mudah terkena dehidrasi. Bayi biasanya lebih mudah dehidrasi ketika sedang mengalami mencret di banding dengan anak-anak ataupun orang dewasa. Oleh karena itu para ibu agar selalu memberikan ASI karena cairan ASI dapat membantu kekebalan pada bayi sehingga terhindar dari diare yang lebih parah.

2. Pijat dengan menggunakan bawang merah

Bayi mengalami mencret biasanya di sebabkan karena masuk angin ataupun kelelahan. Di pijat ini sama halnya dilakukan untuk mengatasi perut kembung pada bayi. Anda bisa memijatnya dengan menggunakan bawang merah dengan cara di hancurkan beberapa siung saja lalu pijatkan pada bayi secara lembut agar bayi merasa nyaman dan tenang. Kandungan dari bawang merah berkhasiat membantu mengeluarkan angin dalam tubuh bayi juga dapat menghilangkan perut kembung dan rasa lelah pada bayi

3. Hentikan penggunaan susu formula

Susu formula yang tidak cocok akan membuat bayi menjadi diare atau mencret sebaiknya kalau mau menggunakan susu formula harus dengan izin dokter. Susu formula biasanya mengandung berbagai macam zat seperti gula yang dapat membuat diare bayi makin parah dan kadang juga susu formula yang berasal dari susu sapi dapat membuat bayi alergi terhadap susu sapi sehingga timbullah mencret pada bayi


mengatasi perut kembung pada bayi
4. Untuk ibu hindari gula

Saat bayi mengalami diare apapun makanan dan minuman yang dikonsumsi ibu akan berpengaruh pada bayi. Hal ini terjadi karena bayi mengkonsumsi ASI secara penuh dari sang ibu. Oleh sebab itu bagi para ibu yang bayi nya sedang mengalami diare agar menghindari makanan dan minuman yang mengandung soda, minuman yang berenergi, jus buah, minuman yang mengandung kafein dan yang berbahan jahe. Makan lah makanan yang sehat sehingga bayi juga akan selalu sehat dan terhindar dari penyakit diare atau mencret. Anda juga bisa melakukan hal lain agar diare pada bayi tidak tambah parah dengan cara selalu mengganti popok secara rutin. Selain itu bersihkan juga tubuh bayi dan alat vital nya dengan menggunakan handuk yang basah dan air hangat agar diare bayi tidak tambah parah dan menghindari infeks pada tubuh bayi.

Mungkin itulah informasi yang bisa di sampaikan mengenai cara mengatasi perut kembung pada bayi dan mencret secara alami semoga informasi ini bermanfaat salam 

www.seh4t.com

Previous Post
Next Post