Kamis, 13 April 2017

Penyebab Dan Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Ibu Hamil Yang Aman

Seiring meningkatnya usia kandungan, wanita hamil sering kali merasa kembung. Perut kembung saat hamil merupakan kondisi yang biasa terjadi. Namun jika terus tidak menghiraukan faktor-faktor pemicunya, maka bisa sangat mengganggu kenyamanan ibu hamil dan disinilah peran sang seorang suami agar mencurahkan perhatian extra terhadap pasangan hidup yang tersayang yang sedang mengandung buah cinta.



Tak pilah-pilah perut kembung bisa saja dilami olehsiapa pun juga termasuk bayi yang baru berusia beberapa bulan bisa mengalami perut kembung. Namun pada kasus ibu hamil, gas tersebut akan menjadi lebih banyak dan akan terus meningkat seiring bertambahnya usia kandungan sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman dan merasa serba salah. Oleh karena itu haruslah diketahui Penyebab Dan Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Ibu Hamil Yang Aman agar kita bisa melakukan pencegahan sebelum terjadi dan juga bisa cepat menangani saat kita terlanjur mengalaminya dan agar kondisi sang ibu tetap SEHAT.

Perut kembung adalah kondisi dimana ketika perut terasa kencang dan penuh. Perut juga akan terasa lebih membesar daripada biasanya ketika mengalami perut kembung. Hal ini tentu dapat menimbulkan rasa tidak nyaman bagi siapa pun, terlebih lagi bagi ibu hamil. Rata-rata orang mungkin akan buang gas sebanyak 14-40 kali dalam sehari, tapi banyaknya gas pada ibu hamil akan lebih tinggi sehingga ibu hamil akan lebih sering buang gas ketimbang orang-orang pada umumnya. Hal ini yang dapat sangat mengganggu aktivitas ibu hamil. Terlebih lagi jika pada saat hamil, Anda masih harus bekerja.

Penyebab Perut Kembung saat Hamil


Perut yang terasa kembung saat hamil disebabkan oleh bayi di dalam perut yang makin berkembang dan menekan perut sang ibu. Hal ini juga dapat membuat pencernaan melambat. Selain bayi dalam perut anda yang makin berkembang, rasa kembung juga dapat disebabkan oleh meningkatnya hormon progesteron pada wanita yang sedang hamil. Hormon ini memberikan dampak relaksasi pada otot di dalam tubuh yang kemudian berdampak kepada otot sistem pencernaan.

Penyebab utama pada perut kembung disebabkan oleh adanya gas berlebih yang masuk ke dalam perut anda. Gas tersebut muncul di dalam tubuh kita ketika bakteri di dalam usus besar memecahkan makanan yang tidak diserap. Selain itu gas tersebut juga masuk ke tubuh melalui udara yang kita hirup. Sebagian gas di dalam tubuh keluar melalui sendawa dan melalui anus.


Bagaimana cara mengatasi perut kembung saat hamil?


Sangatlah tidak dianjurkan untuk ibu hamil meminum obat dalam menyembuhkan perut kembung (masuk angin), karena dikhawatirkan akan memberi efek negatif pada janin yang sedang dikandungnya. Agar tetap aman bagi si janin, sebaiknya ibu memilih mengkonsumsi obat herbal penghilang perut kembung alami yang sudah terbukti khasiatnya.

Namun jika tetap ingin menggunakan obat medis, ibu wajib berkonsultasi dengan dokter ahli kandungan terlebih dahulu sebelum ibu memutuskan mengkonsumsi obat tersebut, apakah obat kembung tersebut aman bagi janin anda atau tidak?

Dan inilah beberapa obat herbal penghilang perut kembung alami untuk ibu hamil :

OBAT KEMBUNG ALAMI


1. Minuman Jahe Hangat,,

Ramuan minuman jahe hangat tentunya sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Minuman hangat yang satu ini terbuat dari akar umbi jahe yang sudah dicuci bersih lalu digeprek agar aroma jahe-nya semakin terasa pada saat direbus. Agar minuman jahe hangat terasa lebih nikmat, Ibu bisa tambahkan satu sendok makan madu dan aduk hingga rata.

Minuman jahe hangat ini seketika akan menghilangkan rasa kembung pada perut Ibu, dan aman dikonsumsi saat hamil. Ibu juga dapat mengkonsumsinya setiap hari untuk mencegah kembung dan masuk angin selama masa kehamilan.

2. Teh Manis Hangat,

Disaat ibu tidak menemukan jahe di dapur saat merasa masuk angin, jangan terlalu dikhawatirkan karena masih ada alternatif lainnya yang sama simpl dalam membuatnya yaitu ibu bisa menggantinya dengan teh hijau atau teh hitam seduh untuk dijadikan sebagai minuman hangat dalam mengatasi perut kembung ini.

Teh seduh jauh lebih berkhasiat dibandingkan dengan teh celup karena kandungan zat-zat baiknya masih relatif lebih besar. Agar terasa lebih segar, Ibu bisa menambahkan perasan jeruk lemon dan satu sendok makan madu pada minuman teh ini. dijamin perut kembung pun akan segera hilang dan perut Ibu akan terasa lebih nyaman.

3. Soup Panas,

Soup panas juga bisa Ibu nikmati sebagai obat penghilang perut kembung. Anda dapat mengokonsumsinya selagi hangat, dan perut pun akan jauh lebih nyaman dan soup ini pun akan membantu menyuplai kebutuhan gizi untuk tubuh ibu dan baik juga untuk sang janin.

Lihat Juga;Ramuan Obat Alergi Dingin Tradisional Sudah Terbukti Ampuh

Ciri Ciri Dan Makanan Untuk Tensi Rendah Saat Hamil Yang Baik

Mencegah perut kembung pada ibu hamil

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah perut terasa penuh atau kembung selama hamil, yaitu :

  1. Bagi ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi makanan tidak dalam jumlah yang terlalu banyak karena akan membuat Ibu cepat merasakan kembung. Pola makan yang baik pada saat hamil sebaiknya dalam jumlah kecil akan tetapi sering.
  2. Hindari makanan atau minuman yang kaya akan kandungan gas seperti durian, tape, soda dan lain sebagainya yang dapat membuat perut Ibu menjadi kembung.
  3. Sebaiknya Ibu hamil memakai pakaian yang longgar dan nyaman sehingga tidak membuat sesak di perut dan pinggang.
  4. Pertimbangkan latihan-latihan pernapasan seperti yoga yang bermanfaat untuk kesehatan dan dapat membantu Ibu lebih rileks. Dengan demikian akan membuat kenyamanan ketika Ibu bernapas, sehingga mempengaruhi jumlah udara yang masuk ke dalam tubuh.
  5. Usahakan untuk berolahraga secara teratur agar proses pencernaan dan metabolisme tubuh menjadi lebih lancar. Gas pada perut pun akan berkurang jika disertai dengan olahraga teratur. Pilihlah olahraga yang tidak terlalu berat dan aman untuk wanita hamil seperti jalan santai, berenang, dan masih banyak olahraga ringan lainnya.


SALAM SEHAT  www.seh4t.com   TERIMA KASIH
Previous Post
Next Post