Kamis, 06 April 2017

Gejala Dan Tanda Serta Obat Masuk Angin Anak Bayi Secara Alami

Gejala Dan Tanda Serta Obat Masuk Angin Anak Bayi Secara Alami

Perut kembung pada bayi membuat bayi tidak nyaman sehingga dia menjadi rewel dan sering menangis. Sebenarnya kembung pada bayi usia 3 sampai 4 bulan adalah hal yang wajar, karena memang saluran pencernaannya belum berfungsi sempurna. Seiring bertambahnya usia, mereka juga akan sering mengalami perut kembung karena mulai mencoba makanan yang berbeda untuk pertama kalinya.

Gejala Dan Tanda Serta Obat Masuk Angin Anak Bayi Secara Alami

Pada bagian perut memang terdapat gas atau udara, namun yang menjadi masalah jika gas di dalamnya berlebih. Pada anak yang lebih besar atau orang dewasa, gas tersebut dapat dengan mudah dikeluarkan. Tapi pada bayi, tidak semua bayi dapat dengan mudah mengeluarkan gas dari dalam perutnya, mereka membutuhkan bantuan untuk mengeluarkannya.

Tanda Dan Ciri Masuk Angin Anak Bayi

Bila bayi mulai rewel dan menangis tanpa alasan yang jelas, cobalah untuk memeriksa bagian perutnya. Jika perut bayi terasa agak keras, dan beberapa kali buang angin, ini merupakan tanda perut bayi kembung.
Selain rewel dan menangis, perhatikan pula gerakan bayi. Jika dia sering menggeliat dan melengkungkan punggungnya ke belakang, serta mengangkat kedua kakinya, bisa menjadi pertanda bahwa dia sedang merasakan kembung.

Penyebab Masuk Angin pada Bayi

Obat asuk angin anak dapat disebabkan oleh beberapa hal. Berikut ini adalah beberapa penyebab masuk angin pada bayi yang perlu Anda ketahui.
Makanan yang dikonsumsi ibu. Penyebab perut kembung pada bayi yang masih meminum ASI, bisa disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi sang ibu. Jadi, Anda perlu lebih memerhatikan makanan yang Anda konsumsi. Sebaiknya kurangi atau hindari makanan yang akan membentuk gas setelah dicerna seperti kubis, kembang kol, brokoli, bawang atau kacang.

Makanan yang dikonsumsi bayi. Jika bayi telah berusia 6 bulan dan sudah mulai makan, Anda perlu memerhatikan makanannya. Sayuran memang bagus untuk bayi, tapi tidak semua sayuran bisa dikonsumsi secara berlebih. Misalnya brokoli. Meski sehat, jika dikonsumsi secara berlebih, sayuran ini dapat membuat perut si kecil kembung.



Minuman selain ASI. Cukup minum air memang baik untuk tubuh karena dapat membantu bayi membuang kotorannya. Tapi lain halnya jika pada bayi berusia kurang dari 6 bulan. Mereka masih belum diperbolehkan untuk minum air selain ASI atau susu formula karena dapat meningkatkan kesulitan untuk membuang gas dari perutnya. Begitu juga dengan jus, jus dapat membuat bayi mengalami diare, sakit perut dan gas berlebih karena kesulitan dalam mencerna kandungan gula buah yang terdapat dalam jus.

Dot bayi. Jika bayi Anda meminum susu formula dari botol, sebaiknya Anda lebih cermat dalam memilih dot yang pas. Ujung dot yang terlalu kecil atau terlalu besar dapat membuat lebih banyak udara masuk ke dalam perut bayi ketika sedang minum susu dan dapat menimbulkan masalah perut seperti kembung, ataupun sakit perut.

Anda tidak perlu panik jika bayi Anda rewel dan bagian perutnya terasa keras karena kembung. Cukup lakukan beberapa cara yang dapat mencegah munculnya perut kembung pada bayi. Namun jika bayi Anda sangat rewel dan sulit untuk ditenangkan, serta menunjukkan gejala lain, ada baiknya Anda konsultasikan hal ini kepada dokter Anda.

Obat Masuk Angin Anak Bayi Secara Alami

Penasaran Lihat ini? : Faktor Penyebab Anemia Pada Ibu Hamil Atau Orang Dewasa Dan Pada Anak

  • Mandi Rempah

Mandi Rempah Mandi rempah merupakan cara mengatasi masuk angin yang hanya dapat dilakukan pada bayi berusia minimal 6 bulan. Cara ini terbilang efektif dan sudah diterapkan oleh nenek moyang kita sejak dulu. Untuk membuat ramuan ini, masukan kayu secang, batang sereh, cengkeh, dan teh secukupnya ke dalam seember air panas. Biarkan beberapa saat sambil diaduk dan tambahkan air dingin hingga suhunya turun menjadi hangat kuku. Mandikan bayi yang masuk angin dengan air ramuan ini dan lihatlah perubahannya. Bayi Anda yang mungkin sedari tadi rewel secara ajaib akan tenang. Jika mengalami perut kembung, bayi juga akan sering kentut setelah dimandikan air ramuan ini.


  • Ramuan Daun Jarak

Bayi yang menderita masuk angin biasanya juga mengalami kembung karena gas di perutnya tak bisa keluar. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat memanfaatkan khasiat daun jarak kering. Gunakan bahan herbal ini dengan cara menggarangnya di atas bara api, mengoleskan minyak telon ke atas permukaannya, dan menempelkan permukaan daun yang diberi minyak telon ke perut bayi setelah suhunya mulai hangat. Tempelkan beberapa menit dan ulangi minimal 7 kali di bagian perut yang berbeda. Treatment ini selain mampu meredakan perut kembung, secara tidak langsung juga terbukti dapat mengatasi masuk angin pada bayi.


  • Dengan Kayu Manis Dan Madu


Dengan seperempat sendok teh bubuk kayu manis dan 2 sendok makan madu. Diseduh dalam segelas air panas dan aduk rata, tunggu hingga suam-suam kuku kemudian minum. minum ramuan ini hingga perut kembung hilang. Fungsi dari ramuan ini untuk menurunkan dan mengurangi kadar asam dalam perut serta membantu organ pencernaan mencercah makanan seperti daging. Baca Juga Bahaya Secangkir Kopi Bagi Ibu Hamil
Gejala Dan Tanda Serta Obat Masuk Angin Anak Bayi Secara Alami

  • jus jeruk


dalam kandungan jeruk terdapat Vitamin C yang berfungsi sebagai penambah daya tahan tubuh ketida di cuaca dingin maka dari itu dengan minum jus jeruk bisa mengantisipasi masuk angin, atau bagi mereka yang rentan terhadap terjadinya masuk angin sangat disarankan untuk sering mengkonsumsi buah ini.

Jika masuk angin pada bayi ini sangat sulut diobati dengan cara di atas, maka secepatnya untuk menghubungi dokter. Karena penyakit apapun jika tidak di konsultasikan ke dokter maka bisa berakibat parah di suatu saat nanti

Terimakasih telah mengunjungi blog kami. semoga bermanfaat dan salam sehat dari kami.
Previous Post
Next Post