Sabtu, 29 April 2017

Artikel Patofisiologi Hipertensi Menyebabkan Stroke Secara Umum

Artikel Patofisiologi Hipertensi Menyebabkan Stroke Secara Umum

Patofisiologi Hipertensi

Mekanisme yang mengontrol konnstriksi dan relaksasi pembuluh darah terletak dipusat vasomotor, pada medulla diotak. Dari pusat vasomotor ini bermula jaras saraf simpatis, yang berlanjut ke bawah ke korda spinalis dan keluar dari kolumna medulla spinalis ganglia simpatis di toraks dan abdomen. Rangsangan pusat vasomotor dihantarkan dalam bentuk impuls yang bergerak ke bawah melalui system saraf simpatis ke ganglia simpatis. Pada titik ini, neuron preganglion melepaskan asetilkolin, yang akan merangsang serabut saraf pasca ganglion ke pembuluh darah, dimana dengan dilepaskannya noreepineprin mengakibatkan konstriksi pembuluh darah. Berbagai factor seperti kecemasan dan ketakutan dapat mempengaruhirespon pembuluh darah terhadap rangsang vasokonstriksi. Individu dengan hipertensi sangat sensitive terhadap norepinefrin, meskipun tidak diketahui dengan jelas mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Pada saat bersamaan dimana system saraf simpatis merangsang pembuluh darah sebagai respons rangsang emosi, kelenjar adrenal juga terangsang, mengakibatkan tambahan aktivitas vasokonstriksi. Medulla adrenal mensekresi epinefrin, yang menyebabkan vasokonstriksi. Korteks adrenal mensekresi kortisol dan steroid lainnya, yang dapat memperkuat respons vasokonstriktor pembuluh darah. Vasokonstriksi yang mengakibatkan penurunan aliran ke ginjal, menyebabkan pelepasan rennin. Rennin merangsang pembentukan angiotensin I yang kemudian diubah menjadi angiotensin II, suatu vasokonstriktor kuat, yang pada gilirannya merangsang sekresi aldosteron oleh korteks adrenal. Hormon ini menyebabkan retensi natrium dan air oleh tubulus ginjal, menyebabkan peningkatan volume intra vaskuler. Semua factor ini cenderung mencetuskan keadaan hipertensi.

Untuk pertimbangan gerontology. Perubahan structural dan fungsional pada system pembuluh perifer bertanggungjawab pada perubahan tekanan darah yang terjadi pada usia lanjut. Perubahan tersebut meliputi aterosklerosis, hilangnya elastisitas jaringan ikat dan penurunan dalam relaksasi otot polos pembuluh darah, yang pada gilirannya menurunkan kemampuan distensi dan daya regang pembuluh darah. Konsekuensinya, aorta dan arteri besar berkurang kemampuannya dalam mengakomodasi volume darah yang dipompa oleh jantung ( volume sekuncup ), mengakibatkan penurunan curang jantung dan peningkatan tahanan perifer ( Brunner & Suddarth, 2002 ).

Penyakit Hipertensi Ada 2


  1. Hipertensi primer
  2. Hipertensi Skunder

Lihat Juga Ini :Jus Buah Untuk Menurunkan Darah Tinggi Dengan Cepat Untuk Ibu Hamil

    • Hipertensi primer
    ialah suatu kondisi dimana terjadinya tekanan darah tinggi sebagai akibat dampak dari gaya hidup seseorang dan faktor lingkungan. Seseorang yang pola makannya tidak terkontrol dan mengakibatkan kelebihan berat badan atau bahkan obesitas, merupakan pencetus awal untuk terkena penyakit tekanan darah tinggi. Begitu pula sesorang yang berada dalam lingkungan atau kondisi stressor tinggi sangat mungkin terkena penyakit tekanan darah tinggi, termasuk orang-orang yang kurang olahraga pun bisa mengalami tekanan darah tinggi.
    • Hipertensi Sekunder
    Hipertensi Sekunder Suatu kondisi dimana terjadinya peningkatan tekanan darah tinggi sebagai akibat seseorang mengalami/menderita penyakit lainnya seperti gagal jantung, gagal ginjal, atau kerusakan sistem hormon tubuh. Sedangkan pada Ibu hamil, tekanan darah secara umum meningkat saat kehamilan berusia 20 minggu. Terutama pada wanita yang berat badannya di atas normal atau gemuk (gendut).
    Pregnancy-induced hypertension (PIH), ini adalah sebutan dalam istilah kesehatan (medis) bagi wanita hamil yang menderita hipertensi. Kondisi Hipertensi pada ibu hamil bisa sedang ataupun tergolang parah/berbahaya, Seorang ibu hamil dengan tekanan darah tinggi bisa mengalami Preeclampsia dimasa kehamilannya itu.

    Penyebab Hipertensi

    • Karena Faktor Usia
    Faktor Usia
    Penyebab Hipertensi Adalah menurut Penelitian menunjukkan bahwa seraya usia seseorang bertambah, tekanan darah pun akan meningkat. Anda tidak dapat mengharapkan bahwa tekanan darah Anda saat muda akan sama ketika Anda bertambah tua. Namun Anda dapat mengendalikan agar jangan melewati batas atas yang normal.
    • Keturunan
    Jika seseorang memiliki orang-tua atau saudara yang memiliki penyakit hipertensi, maka kemungkinan ia menderita hipertensi lebih besar. Statistik menunjukkan bahwa masalah hipertensi lebih tinggi pada kembar identik daripada yang kembar tidak identik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada bukti gen yang diturunkan untuk masalah hipertensi.

    Penyebab Sakit Stroke Secara Umum

    Sakit stroke dialami karena di sebabkan oleh adanya pemutusan aliran darah pada otak. Kondisi keadaan penderita stroke bisa menghambat gerak organ tubuh oleh karena itu sebaiknya ada beberapa penyebab stroke yang harus dihindari agar tidak menderita sakit stroke. Penyebab stroke diantaranya seperti di bawah ini :
      NO Alkohol NO Smoking
    • Karena Merokok
    Rokok, penyebab stroke bisa terjadi akibat dari rokok, merokok merupakan kegiatan yang sia sia dan membuang buang uang saja. Karena rokok hanya akan menyebabkan penyakit karena merusak organ tubuh secara perlahan lahan apabila di gunakan terus menerus. Rokok bisa menjadi penyebab stroke karena kandungan yang dimiliki rokok bisa membuat otak tidak mendapatkan cukup aliran darah. maka dari itu risiko perokok aktif sangat tinggi untuk menderita sakit stroke.
    • Karena Alkohol
    Alkohol, tidak hanya rokok yang bisa menjadi penyebab stroke, tetapi alkohol juga bisa menjadi penyebab stroke. Minum minuman yang mengandung alkohol bisa meningkatkan tekanan darah dan akan membuat aliran darah pada otak terhenti sehingga syaraf otak terganggu sehingga sakit stroke akan dialami dalam seketika saja. Maka dari itu minuman alkohol tidak baik bagi kesehatan tubuh.
    • Karena Berat Badan
    Berat Badan
    salah satu penyebab stroke yaitu karena di sebabkan oleh berat badan. Berat badan berlebih bisa menyebabkan penderitanya akan mengalami masalah pada aliran darahnya. Banyaknya lemak di dalam tubuh bisa dialami pada penderita obesitas, dan obesitas di sebabkan akibat dari makan makanan yang mengandung tinggi lemak, sehingga lemak yang menumpuk di dalam tubuh juga akan menjadi penghambat jalan bagi darah, maka dari itu obesitas bisa terjadi pada seseorang yang tidak bisa menjaga asupan makanannya dengan baik, dan juga jarang melakukan olahraga sehingga berat badan akan meningkat begitu cepat.
    • Karena adanya riwayat penyakit kencing manis.
    Penyakit kencing manis atau diabetes ini, bisa disebabkan oleh makanan atau minuman yang mengandung kadar gula yang tinggi. Jenis penyebab inilah yang bisa menyebabkan penyakit stroke ini datang dan muncul. Oleh karena itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar tidak mudah mengalami penyakit stroke. Yang umumnya, penyakit stroke ini, bisa berbahaya dan bisa menyebabkan kelumpuhan pada tubuh, apabila tidak diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang telat.

     Artikel Patofisiologi Hipertensi Menyebabkan Stroke Secara Umum

    Jika seseorang menderita sakit stroke maka bisa menghilangkan beberapa fungsi dari tubuhnya, dan tidak bisa di gerakan lagi dengan baik karena kaku. Stroke ringan atau pun stroke berat bisa terjadi, stroke ringan hanya menyerang bagian tubuh tertentu saja, seperti tangan, kaki atau pun syaraf wajah. dan yang parah apabila sakit stroke yang berat, karena seluruh bagian tubuh bisa kaku atau pun tidak bisa di gunakan lagi oleh sebab itu hati hati pada penyakit stroke. Penderita stroke bisa kesulitan untuk berbicara atau pun untuk menggerakkan organ tubuh sehingga membutuhkan bantuan khusus dari keluarga.
    Lihat Juga Ini : Obat Penurun Darah Tinggi Yang Cepat Normal Dan Setabil
    Nah disini kita akan menjelaskan kepada anda bahwa Pengobatan bisa dilakukan agar bisa mengatasi stroke, lakukan pemeriksaan organ tubuh dengan menjalani tes mri dan juga st scan, sehingga mengetahui bagian syaraf yang rusak atau pun bermasalah. Pengobatan stroke khusus dengan spesialis stroke yang akan membantu mengatasi penyakit ini secara mendalam. dan juga Ada rehabilitas penderita sakit stroke yang merupakan langkah pengobatan dan perawatan agar menyembuhkan sakit stroke, yang membuat kelumpuhan. Seperti terapi.

    Tips Untuk Mencegah Munculnya Penyakit Stroke

    • Hindari Makanaan Yang Di Goreng
    Orang Indonesia suka sekali dengan gorengan apalagi jika dimakan selagi panas. Pola makan yang seperti inilah yang bisa menyebabkan seseorang bisa terkena stroke. Hal itu dikarenakan semua makanan yang digoreng menggunakan minyak goreng atau minyak sawit mengandung lemak jenuh. Kandungan lemak jenuh adalah lemak jahat yang tidak bagus bagi kesehatan tubuh
    • Jangan Stres
    Untuk menghindari stroke kita dituntut untuk bisa mengendalikan stress. Alasannya adalah stress merupakan pemicu terjadinya stroke dikarenakan saat stress otot di kepala menjadi menegang. Banyak orang yang terkena penyakit stroke dikarenakan stress. Tidak heran jika orang yang bekerja di bawah tekanan atau di sebuah perusahaan yang memiliki tanggung jawab besar rentan untuk terkena penyakit ini.
    • Batasi Mengkonsumsi Garam
    Bagi penderita stroke makanan yang mengandung banyak garam merupakan makanan pantangan yang bisa menyebabkan hipertensi. Jika penderita stroke mengalami hipertensi keadaannya semakin buruk. Bagi orang yang ingin mencegah penyakit stroke ada baiknya membatasi asupan garam yang masuk ke dalam tubuh dikarenakan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung garam bisa membuat hipertensi. Hipertensi membuat kita mudah terkena stroke.
    • Hindari Animea
    Sebaiknya kita menghindari penyakit anemia dikarenakan anemia bisa menyebabkan berbagai macam gangguan di syaraf otak. Anemia tidak boleh disepelekan selain bisa menyebabkan keluhan seperti pusing, anemia juga bisa menyebabkan kelainan darah serta gangguan syaraf otak. Orang yang anemia memiliki jumlah sel darah merah yang sedikit. Jumlah sel darah merah yang sedikit tidak cukup jika harus dialirkan ke otak, akibatnya otak akan kekurangan sel darah merah dan oksigen. Hal inilah yang bisa meningkatkan seseorang terkena stroke.

    Kesimpulan

    Mencegah selalu lebih baik dibandingkan mengobati, lakukanlah pencegahan sebelum terlambat. Tidak ada penyesalan yang datang di depan, penyesalan selalu datang belakangan. Kesehatan itu sangat mahal harganya, oleh sebab itu kita harus menjaga tubuh kita sebaik-baiknya. Salah satu cara menjaga tubuh dengan baik adalah menjalankan berbagai macam cara mencegah stroke seperti di atas.
    sekian lah ulasan kami tentang Artikel Patofisiologi Hipertensi Menyebabkan Stroke Secara Umum. semoga bermanfaat untuk anda. salam dari kami www.seh4t.com

    Previous Post
    Next Post

    0 komentar: