Jumat, 28 April 2017

Cara Menyembuhkan Penyakit Asma Pada Anak Dan Pencegahannya

Saat anaknya mengalami asma itu akan membuat para orang tua khawatir. Ketika anak penyakit asma nya kambuh maka aktifitas fisik nya pun menurun dan ini mengahruskan anak menghentikan kegiatan yang biasa di lakukannya sehari-hari dengan istirahat di rumah. Saking mengganggunya asma kalau lagi kambuh anak tidak bisa bersekolah ataupun melakukan aktifitas yang lain seperti olahraga, karena hal ini maka anak harus segera mendapatkan penanganan secepatnya agar anak segera sembuh dari asmanya dan dapat melanjutkan kegiatannya dan sehat kembali.

penyakit asma


Cara menyembuhkan asma pada anak dan pencegahannya


Cara menyembuhkan asma pada anak

Penyakit asma merupakan salah satu penyakit yang sulit untuk di sembuhkan oleh karena itu pengelolaan nya mesti dilakukan seumur hidup.selain melakukan pengobatan dengan obat-obatan baik obaik kimia ataupun tradisional kadang juga menggunakan terapi pengobaatan asma dan membutuhkan waktu yang lumayan lama juga. Disini akan di sebutkan cara menyembuhkan asma dan juga pencegahannya yaitu :

  1.  Obat perubah leukotrirn (leukotriene modifier)
    Cara kerja obat ini dengan cara menghambat efek semua dari leukotriene. Leukotriene merupakan sebuah senyawa yang ada dalam sistem kekebalan tubuh yang dapat menyebabkan munculnya serangan asma. Obat ini juga bisa di gabungkan dengan obat kortikosteroin inhalasi. Namun penggunaan obat ini harus dengan pengawasan dokter untuk menemukan obat yang sempurna , nama obat nya seperti zafirlukast, montelukast, dan zileuton
  2.  Kortikosteroid
    Obat ini merupakan obat oral agar saluran pernapasan membaik akibat adanya peradangan. Obat ini sangat baik untuk mengobati sesak napas asma agar kondisi pernapasan kembali membaik seperti sedia kala, selain itu obat ini bisa di gunakan untuk mengatasi serangan asma yang mendadak pada anak, salah satu jenis obat kortikosteroid adalah prednisolone. Obat ini juga dapat di minum secara teratur untuk mengurangi adanya serangan asma pada anak tapi dosisnya harus menurut dokter agar dosis yang di berikan pada anak tepat.
  3. Bawang putih
    Cara menyembuhkan penyakit asma selanjutnya bisa dengan menggunakan bawang outih, ya bawang putih yang selalu tersedia di dapur dan merupakan bumbu makanan ini bisa di gunakan untuk menyembuhkan asma pada anak, bawang putih bisa digunakan untuk menyembuhkann gangguan pernapasan pada tahap awal, cara nya adalah dengan merebus dua siung bawang putih yang sudah dibersihkan dan dikupas kulitnya dalam air mendidih dan masukkan ke dalam gelas dan minum selagi hangat.
  4. Dengan kayu putih
    Selain menggunakan bawang putih para orang tua juga bisa menggunakan minyak kayu putih untuk mengobati anak yang terkena serangan asma secara mendadak, caranya yaitu dengan mengoleskan minyak kayu putih pada bagian punggung dan juga dada. Minyak kayu putih dapat di gunakan untuk asma pada anak karena kandungan yang ada di dalamnya, kandungan senyawa khusus yang ada dalam kayu putih memiliki sifat sebagai dekongestan. Dekongstan sudah sering di lakukan sebagai bahan untuk obat kimia asma karena cara kerjanya dengan mengontroll pernapasan sehingga membuat pernapasan menjadi lega. Namun yang paling sempurna untuk mengobati asma dengan kayu putih adalah dengan melakukan penguapan caranya adalah masukkan 2 sendok minyak kayu putih kedalam mangkok air yang mendidih setelah itu anak di suruh untuk menghirup uapnya secara pelan-pelan agar aromanya bisa masuk ke dalam ruang pernapasan.
  5. Obat long acting beta agonist (LABA)
    Obat ini merupakan kombinasi dari inhaler cara kerjanaya dengan cara membuka saluran pernapasan yang semakin menyempit yang menyebabkan serangan asma selain itu juga dapat mengurangi peradangan pada daerah sekitar saluran pernapasan, obat LABA ini bisa di gunakan untuk menyembuhkan asma yang berat pada anak saat anak sulit sekali bernapas. Obat ini di kombinasikan dengan obat kortikosteroid agar anak tidak mengalami serangan asma yang lebih berat.
  6. Hindari pemicu asma. 
    Beberapa anak yang menderita asma biasanya suka alergi terhadap bahan atau makanan tertentu oleh sebab itu lakukan pengawasan oleh orang tua. Diantara pemicu alergi yang dapat menyebabkan asma antara lain bulu binatang, udara yang kotor, debu, dan bisa juga berasal dari serbuk sari bunga. Untuk itu para orang tua harus memberi tahu anak-anak nya agar menghindari benda –benda yang menyebabkan alergi dan pemicu terjadinya serangan asma. Selain itu ada baiknya orang tua harus membuat lingkungan baik yang nyaman untuk penderita asma seperti tidak memelihara binatang berbulu menanam bunga dalam kebun yang khusus dan juga selalu membuat lingkungan rumah senantiasa bersih, dan juga sehat.
  7.  Bawa ke dokter jika penyakit asma semakin memburuk. 
    Apabila setelah di beri obat anak masih dalam kondisi yang tidak ada perubahan dan malah semakin parah maka yang harus orang tua lakukan tidak lain dan tidak bukan dengan membawanya ke dokter untuk mendapatkan bantuan yang tepat dan mendapatkan perawatan bagi anak yang terkena asma. Ketika anak asma nya kambuh biasanya mereka menunjukkan gejala yang ringan atau berat namun bila setelah di berikan obat anak tidak mengalami perubahan membaik dan semakin buruk maka harus cepat di bawa ke dokter agar anak anda mendapatkan perawatan yang tepat dan cepat sembuh.

baca juga : resep obat herbal sesak napas di dada jantung berdebar  

Cara mencegah serangan asma pada anak



  • Hindari pemyebab asma pada anak seperti lingkungan yang kotor dan juga banyak debu. Berbagai macam benda yang mengandung debu, seperti karpet, kursi, sopa tempat tidur, gorden dan juga mainan anak, caranya dengan selalu membersihkan benda-benda yang ada di rumah agar anak bisa nyaman dan terhindar dari adanya serangan asma.
  • Hindari anak dari asap rokok, rokok memang sangat merugikan kesehatan tidak terkecuali pada penderita asma khususnya pada anak. Asap rokok yang berasal dari rokok bisa menjadi pemicu kambuhnya asma pada anak oleh karena itu hindarilah anak yang menderita asma dari asap rokok, hirup udara yang segar dan jauh dari asap rokok hal ini bisa menjadi salah satu cara agar asma nak tidak kambuh .
  • Hindari dari bulu binatang , jika kita mempunyai hewan peliharaan seperti anjing dan kucing maka buatkanalah lingkungan khusus bagi mereka ini di lakukan agar anak terhindar dari serangan asma karena bulu binatang dari hewan yang terdapat misalanya dari kucing dan anjing dapat menjadi pemicu munculnya serangan asma pada anak.
  • Lindungi juga rumah kita dari berbagai binatang yang dapat menyebabkan alergi, dan juga serangan sensitive pada pernapasan anak, contohnya jenis serangga seperti kecoa dapat menjadikan serangan asma pada anak oleh sebab itu hindarilah binatang –binatang yang menyebabkan penyakit asma anak tidak kambuh dan jauhkan dari anak anak .


Selain hal diatas lakukan pola hidup yang sehat dan selalu menjaga kebersihan agar anak hidup sehat nyaman dan aman dari berbagai macam penyakit yang membahayakannya semoga informasi ini bermanfaat salam

www.seh4t.com dan tidak ada harta yang lebih berharga selain kesehatan dan tidak ada yang membuat para ibu senang kecuali melihat anak nya selalu sehat dan bahagia.

Previous Post
Next Post

0 komentar: