Senin, 24 April 2017

Penyebab, Tanda Dan Gejala, Penyakit Hipertensi Dapat Dicegah Dengan Cara Apa?

Darah tinggi memang merupakan suatu penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit hipertensi menyerang pembuluh darah yang mengakibatkan tekanan darah menjadi naik melebihi kondisi normal yaitu sekitar 140/90 mmHg. Istilah kesehatan menyebutnya dengan hipertensi, karena hipertensi itu berbahaya maka kita harus mengetahui mengenai penyebab nya, tanda atau gejala yang di timbulkan kalau kita menderita hipertensi. dan cara apa yang dapat dicegah agar terhindar dari penyakit hipertensi. oleh sebab itu kali ini kita akan membahas mengenai penyebab, tanda dan gejala penyakit dan pencegahannya.
penyakit hipertensi


Penyebab, Tanda Dan Gejala, Penyakit Hipertensi Dapat Dicegah Dengan Cara Apa?

Penyebab hipertensi


Penting sekali bagi kita untuk mengetahui penyebab terjadinya hipertensi hal ini dimaksudkan agar bila kita mengetahui penyebabnya kita dapat langsung mengobatinya. Penyebab hipertensi antara lain :
  1.  Faktor keturunan
    Penyebab hipertensi yang paling besar adalah faktor keturunan karena di turunkan langsung oleh orang tuanya namun penyebab hipertensi dari keturunan ini bisa di cegah dengan melakukan pola hidup yang sehat dengan memakan makanan yang bergizi.
  2.  Faktor usia
    Usia sangat berpengaruh bagi terjadinya penyakit hipertensi. khususnya orang yang sudah berusia lanjut sangat beresiko terkena hipertensi.
  3.  Obesitas
    Penyebab hipertensi selanjutnya adalah dari berat badan yang berlebihan semakin banyak makan dan tuntutan akan zat-zat gizimaka jantung akan semakin keras dalam bekerja ini menyebabkan tensi darah menjadi naik. Tapi tidak semua orang yang berat badan nya berlebihan selalu bertensi tinggi ada juga yang tekanan darah nya normal namun kebanyakan meyakini semakin gemuk seseorang maka akan semakin tinggi tekanan darah nya.
  4.  Darah yang tidak encer alias kental
    Ketika darah dalam tubuh kita kental maka akan membuat jantung bekerja berat menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Darah menjadi kental itu biasanya di sebabkan oleh kolestrol, lemak darah, dan lain-lain.
  5.  Darah encer
    Darah yang terlalu encer juga tidak baik dan merupakan penyebab hipertensi karena jantung di paksa untuk bekerja lebih keras sehingga tekanan darah menjadi tinggi.
  6. Penyakit jantung dapat juga menjadi penyebab darah tinggi seperti penyakit jantung coroner,
    kelainan jantung dan juga penyakit jantung bawaan.
  7.  Gaya hidup
    Gaya hidup juga bisa menjadi penyebab terjadinya penyakit darah tinggi, gaya hidup yang buruk seperti kurang nya berolahraga, makan makanan yang tidak sehat dan bergizi juga stress menjadikan tekanan darah menjadi tinggi, selain itu tekanan darah juga di pengaruhi oleh pil KB, kafein ataupun nikoten dan juga kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol bisa jadi penyebab hipertensi.
  8.  Kehamilan
    Pada saat hamil tekanan darah wanita jadi tidak stabil dan sering berfluktuasi Karena pada saat hamil nutrisi dan juga oksigen ke embrio di kirim melalui darah sehingga jantung bekerja lebih keras untuk mengalirkan darah ke plasenta. Oleh karena itu saat sedang hamil di sarankan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin agar tekanan darah dan kondisi preeklamsia bisa dicegah. Kondisi preeklamsia pada wanita hamil kondisi yang berbahaya di tandai dengan tingginya tekanan darah. (baca juga : ciri -ciri darah tinggi kumat saat hamil dan pengobatannya)
  9. Berhentinya haid
    Saat wanita mengalami menopause atau berhenti haid maka tingkat tekanan darah nya bisa jadi tinggi hal ini karena hormone kadang-kadang tidak seimbang akibatnya berat badan pun jadi naik dan tekanan darah pun menjadi meningkat. Inilah yang menyebabkan wanita yang telah berhenti haid bisa teerkena penyakit darah tinggi.
penyakit hipertensi

Itulah beberapa penyebab darah tinggi, setelah mengetahui penyebabnya sekarang akan di sebutkan mengenai gejala atau tanda ketika tekanan darah kita tinggi.

Tanda dan gejala darah tinggi / hipertensi


Tanda atau gejala seseorang menderita hipertensi antara lain :
  •  Pusing
    Gejala pertama penyakit darah tinggi adalah penderita selalu merasa pusing yang lumayan berat, ini bisa jadi kita terkena penyakit hipertensi.
  • Mimisan
    Tanda atau gejala penyakit darah tinggi biasanya ditandai dengan munculnya mimisan
  •  Kesemutan
    Kesemutan atau mati rasa merupakan gejala dari penyakit hipertensi apabila tidak segera di atasi maka akan berakibat pada penyakit stroke.
  • Sering mual atau muntah
    Mual dan muntah biasnya merupakan gejala yang sering terjadi pada beabagai jenis penyakit seperti masuk angina, namun mual atau muntah pada gejala hipertensi ini berbeda karena selain muntah juga di sertai dengan pandangan mata yang menjadi kabur dan juga mengalami sesak napas dan napas menjadi pendek .
  •  Sakit kepala
    Pada yang memiliki hipertensi akan selalu merasakan sakit kepala yang lumyan sering dan terus menerus ini disebabkan karena darah tinggi naik bisa nyamapai 180/100 mmHg akibatnya kepala selalu merasa sakit.

Itulah gejala atau tanda-tanda kalau kita memiiki tekanan darah tinggi

Cara mencegah darah tinggi

Penyakit hipertensi biasanya sering terjadi pada orang tua walaupun begitu tidak menutup kemungkinan penyakit darah tinggi bisa menimpa usia muda salah satu nya akibat melakukan pola hidup yang tidak sehat, faktor genetic ataupun akibat stress. Untuk itu cara mencegah penaykit darah tinggi adalah :
  1. Makan makanan yang bergizi ,makanan menjadi salah satu terjadinya berbagai macam penyakit oleh karena itu cara mencegah penyakit darah tinggi atau hipertensi dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti sayuran dan menjaga asupan makanan sperti membatasi penggunaan garam dengan makan makanan yang kandungan garamnya rendah dan juga mengkonsumsi makanan yang rendah lemak.
  2. Berhenti merokok, bagi yang suka merokok segera berhenti, ini merupakan salah satu cara mencegah penyakit darah tinggi karena kalau merokok dalam jangka waktu yang panjang akan merusak oragn tubuh dan menyebabkan tekanan darah menjadi naik selain rokok juga berhenti minum minuman alkohol karena akan berdampak sama yaitu dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.
  3. Olahraga yang teratur. Olahraga sangat penting agar kita selalu sehat dan bugar, selain itu olahraga yang teratur dapat membuat peredaran darah menjadi lancar dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Olahraga juga bisa mencegah hipertensi dan mengontrol tubuh agar tetap stabil.
  4.  Kontrol stress. Stress memang sering banget di alami pada jaman sekarang karena kesibukan dan banyaknya pekerjaan sering membuat kita jadi stress oleh karena itu kontrol stress dari sekarang agar penyakit darah tinggi bisadi cegah cara yang di lakukan untuk mengontrol stress bisa dengan mengatur nafsu agar tidak cepat marah, selalu bersikap tenang dan bisa juga dengan melakukan yoga.
  5.  Jaga berat badan. Cara mencegah tekanan daarh tinggi selanjutnya adalah kita supaya selalu menjaga berat badan karena berat badan yang berlebihan atau obesitas merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit hipertensi.


Itulah yang bisa di samapaikan mengenai penyebab, tanda dan gejala darah tinggi beserta cara mencegah penyakit darah tinggi atau hipertensi. semoga inforamasi ini bermanfaat salam www.seh4t.com .terima kasih atas kunjungannya .
Previous Post
Next Post

0 komentar: