Minggu, 30 April 2017

Faktor Penyebab Batu Ginjal Pada Wanita, Pria Dan Pengobatan Alternatif

Faktor Penyebab Batu Ginjal Pada Wanita, Pria Dan Pengobatan Alternatif
Penyebab Batu Ginjal Penyakit batu ginjal merupakan salah satu penyakit paling sering ditemui dan dialami oleh banyak masyarakat indonesia yang umumnya dialami pria. Pada umumnya penyakit ginjal disebabkan oleh rutinitas pekerjaan yang membuat pola makan menjadi tidak teratur, adanya faktor keturunan yang juga memiliki peranan penting karena jika terdapat keluarga yang memiliki penyakit ginjal, resiko diturunkan penyakit ginjal pada anak 6 kali lebih besar, kurangnya konsumsi air putih, jarang buang air kecil atau sering ditahan, banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung bahan kimia, bahan pengawet dan lingkungan suhu udara disekitar tempat tinggal dan tempat bekerja yang tidak mendukung aktivitas sehari-hari.

Penyakit batu ginjal memang banyak melanda orang Asia dan Afrika khusuusnya Indonesia yang diliputi berbagai macam kultur, suhu udara yang cenderung sering kali berubah tidak menentu, pola hidup dan gaya hidup yang terkadang salah, dsb. Penyakit ginjal memang lebih dominan menyerang kaum pria dibanding wanita, hal in terbukti dari survei yang diperkirakan bahwa pria yang berusia 70 tahun keatas memiliki resiko lebih besar terserang penyakit ginjal hingga 80% dibanding wanita.

Faktor Penyebab Batu Ginjal Pada Wanita, Pria Dan Pengobatan Alternatif

Batu ginjal terbentuk disebabkan oleh adanya peningkatan pada bakteri dan saluran kandung kemih yang terinfeksi bakteri pemecah urea dan urine yang kemudian membentuk batu pada kandung kemih. Jika tubuh kekurangan cairan atau kurang minum air putih, akan terjadi kepekatan urine yang semakin meningkat yang mempermudah pembentukan batu ginjal.

Batu ginjal memiliki komponen penyusun batu ginjal melalui proses pembentukan batu ginjal yang terdiri dari 80% batu kalsium, kalsium okalat dan kalsium fosfat.
Penyebab yang paling umum adalah kurangnya asupan air putih dan cairan pada tubuh. karena tubuh akan mengalami dehidrasi dan ginjal tidak dapat melarutkan dan membuang garam kalsium dari dalam tubuh. dosis vitamin D yang tinggi, gangguan metabolisme, faktor makanan yang kurang sehat juga dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal pada wanita.

Penyebab Batu Ginjal

Batu asam urat ialah indikasi dari tingginya asam urat pada ginjal, yang dapat dilihat di dalam urine. Hal ini akan terjadi pada seseorang yang memiliki dehidrasi kronis.
Batu struvite atau disebut batu magnesium amonium fosfat lebih besar dari pada batu kalsium. Adanya batu-batu ini disebabkan karena adanya infeksi saluran urine. Bakteri yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi seperti ini akan mengeluarkan sejumlah tinggi amonia, dapat meningkatkan PH urine dan juga akan membuang magnesium yang berlebihan.

Beberapa ahli di bidang ginjal juga berpendapat bahwa faktor genetik dapat berperan dalam terjadinya batu ginjal. Penyakit batu ginjal yang disebabkan oleh faktor genetik sering disebut dengan cystinuria, yang dimana terdapat kadar asam amino yang tinggi dalam urine.

Kebanyakan kasus adanya infeksi ginjal, beberapa wanita juga akan mengalami demam tinggi, rasa mual dan muntah dan disertai menggigil.
Pencegahan dan Pengobatan Batu Ginjal Pada Wanita
Pencegahan dan pengobatan pada wanita merupakan hal penting untuk dapat mendiagnosa dan melakukan pengobatan batu ginjal sebelum menjadi parah dan terjadinya gagal ginjal. Sebelum melakukan pengobatan untuk batu ginjal ada baiknya anda melakukan tes diagnostik termasuk pemeriksaan tes fisik, tes urine dan donografi untuk mengetahui sejarah medis pasien tersebut.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Batu Ginjal Pada Wanita Dan Pria

cara mengatsi batu ginjal dapat anda lakukan dengan obat penghilang rasa sakit dapat anda dapatkan dengan resep yang digunakan untuk meringankan peradangan dan rasa sakit karena penyakit batu ginjal tersebut. Mungkin saja penderita batu ginjal akan memerlukan litotripsi yang dimana gelombang suara digunakan sebagai pemecah kristal.Pada beberapa kondisi dokter akan memilih untuk melakukan operasi batu ginjal apabila batu ginjal tersebut sudah terlalu besar.

Jika anda ingin melakukan diet, lakukanlah diet sehat yang terdiri dari banyak buah dan sayuran. Karena makanan yang kaya akan kalsium harus benar-benar anda hindari. Dan jangan lupa juga untuk mengkonsumsu air putih dan cairan akan membantu mencegah akumulasi garam kalsium dalam ginjal. Makanan yang harus anda batasi seperti makanan unggas, daging dan juga ikan. Lakukan pengecekan secara rutin ke penyedia pelayanan kesehatan atau juga ke dokter kesehatan sebagai cara mengatasi batu ginjal untuk membantu mendiagnosa kondisi saat ini pada tahap awal dan mencegah batu ginjal menjadi lebih parah dari sebelumnya

Gejala Batu Ginjal 

Gejala akibat batu ginjal biasanya tidak akan dirasakan penderitanya jika batu tersebut masih berada di dalam ginjal. Gejala juga tidak akan terasa jika batu ginjal berukuran sangat kecil sehingga bisa keluar dari tubuh melalui ureter dengan mudah. Ureter adalah saluran yang menyambungkan ginjal dengan kandung kemih.

Gejala akibat batu ginjal baru bisa terasa jika batu berukuran lebih besar dari diameter saluran ureter. Batu yang besar akan bergesekan dengan lapisan dinding uterer sehingga menyebabkan iritasi dan bahkan luka. Oleh sebab itu, urin kadang bisa mengandung darah. Selain mengiritasi ureter, batu ginjal juga bisa tersangkut di dalam ureter sehingga urin tidak bisa keluar dan menumpuk di ginjal.

Gejala batu ginjal bisa berupa nyeri pada pinggang, perut bagian bawah, dan selangkangan. Selain rasa nyeri, gejala-gejala batu ginjal lainnya bisa berupa muntah-muntah, menggigil dan demam.

Pengobatan Batu Ginjal


  • Ace Maxs
Faktor Penyebab Batu Ginjal Pada Wanita, Pria Dan Pengobatan Alternatif
Ace maxs
Jika anda sedang mencari pengobatan herbal yang tepat untuk membantu mengobati penyakit batu ginjal yang sedang diderita, kami merekomendasikan kepada anda Obat Batu Ginjal Herbal Ace Maxs yang terbuat dari keseluruhan bahan alami pilihan yang kaya akan beragam kandungan yang bagus untuk mengobati penyakit batu ginjal.

  • Daun Sirsak
Faktor Penyebab Batu Ginjal Pada Wanita, Pria Dan Pengobatan Alternatif
Sirsak
Sebagian masyarakat Indonesia percya bahwa daun sirsak mempunyai khasiat untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit dan salah satunya adalah sebagai obat alami sakit ginjal kronis. Penggunaannya sangat mudah, cukup ambil 3 atau 4 lembar daun sirsak yang tidak terlalu tua atau muda, rebus dalam 3 gelas belimbing air. Rebus diatas api kecil dan tunggu sampai air berkurang menjadi kira-kira 2 gelas. Minum air rebusan masing-masing 1 gelas di pagi dan sore. Lakukan terapi ini setiap hari sambil terus periksakan dan konsultasikan kondisi Anda.

  • Tumbuhan kumis kucing
Faktor Penyebab Batu Ginjal Pada Wanita, Pria Dan Pengobatan Alternatif
Tumbuhan Kumis Kucing
Selain sebagai obat hipertensi dan diabetes, tanaman kumis kucing juga merupakan obat alami sakit ginjal kronis. Bagi penderita penyakit ginjal, mengonsumsi kumis kucing akan memperlancar keluarnya urin dan meningkatkan intensitasnya. Cara konsumsinya mudah, cukup siapkan kumis kucing, 2 gelas air, dan madu. Madu bersifat optional, bisa ditambahkan atau tidak. Penambahan madu berfungsi untuk mengurangi rasa pahit kumis kucing.
Lihat Juga ini :Obat Ginjal Alami Dengan Herbal Tradisonal Yang Bagus
  • Daun Sendok
Faktor Penyebab Batu Ginjal Pada Wanita, Pria Dan Pengobatan Alternatif
Daun Sendok
Senyawa terpenoid dari ekstrak tanaman daun sendok diduga mampu menghambat pembentukan dan memengaruhi ukuran kristal kalsium oksalat. Kristal ini adalah bahan dasar dari batu ginjal. Daun sendok atau Plantago major bahkan diduga lebih baik dalam menghambat pembentukan dan memengaruhi ukuran kristal tersebut, jika dibandingkan dengan zyloric dan kalium sitrat. Tapi, penelitian lebih lanjut untuk efektivitas senyawa terpenoid dari ekstrak tanaman daun sendok pada penderita batu ginjal dan uji klinis langsung terhadap manusia masih perlu dilakukan. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak mengonsumsi daun sendok sebelum ada ada bukti keampuhannya terhadap penyakit batu ginjal yang dialami manusia.

Sekian info tentang Faktor Penyebab Batu Ginjal Pada Wanita, Pria Dan Pengobatan Alternatif Semoga bermanfaat buat kita semua salam santun dari kami www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: