Senin, 10 April 2017

Apa Faktor Penyebab Hb Rendah Dan Cara Mengatasinya Sampai Normal


Penyebab Hb Rendah yang Bikin Darah Rendah


Kandungan kadar HEMOGLOBIN atau Hb yang rendah tidak serta merta terjadi begitu saja, melainkan ada sebabnya seperti penyakit atau kondisi tertentu yang menyebabkannya. Oleh karena itu, kita harus tahu apa saja yang bisa menjadi penyebab Hb rendah sehingga kita bisa mengupayakan pengobatan dan pencegahan dengan tepat.

Adapun sel darah merah mengandung protein yang disebut hemoglobin, atau disingkat dengan Hb. Molekul ini mengangkut oksigen dari paru-paru ke bagian tubuh lainnya. Kadar hemoglobin (Hb) pada kondisi tubuh yang SEHAT dan normal adalah di 13,8-17,2 gm / dL darah untuk pria dan 12,1-15,1 gm / dL darah untuk wanita. Adapun batas normal hemoglobin untuk anak-anak berbeda antar jenis kelamin dan usianya.




Kenapa Hb bisa rendah? Bagaimana mengetahuinya?


Kadar Hb rendah umumnya dapat terdeteksi dengan cara tes darah. Untuk pria, Hb rendah apabila kadarnya di bawah 13,5 gm / dL, dan untuk wanita di bawah 12 gm / dl. Bisa saja, hasil tes darah menunjukkan penurunan kadar Hb yang ringan dan mungkin tidak signifikan secara klinis dan tidak menyebabkan gejala apapun. Namun, jika penurunan kadar hemoglobin cukup besar dan telah menyebabkan gejala sakit, maka kita harus mencurigai adanya penyakit yang menjadi penyebab Hb Rendah. jumlah hemoglobin yang rendah dikenal sebagai anemia. oleh karena itu perlu sekali bagi kita untuk mengetahui .Apa Faktor Penyebab Hb Rendah Dan Cara Mengatasinya Sampai Normal selamat menyimak dan kami harap ini dapat bermanfaat.
 

Faktor Penyebab Hb Rendah


Penyebab Hb rendah yang Harus kita Cermati;

Rendahnya hemoglobin tidak semuanya diakibatkan oleh penyakit, beberapa orang beradaptasi dengan sedikit jumlah hemoglobin yang rendah, seperti wanita yang sedang menstruasi atau hamil. Sedangkan hemoglobin (Hb) yang begitu rendah mungkin berhubungan dengan penyakit atau kondisi apapun yang menyebabkan darah memiliki sangat sedikit sel darah merah (eritrosit). Hal ini terjadi jika tubuh hanya sedikit memproduksi, jika sel-sel darah ini hancur lebih cepat daripada tingkat produksinya, atau jika tubuh mengalami kehilangan darah. Berikut ini beberapa kondisi dan penyakit penyebab Hb rendah karena tubuh memproduksi sel darah merah yang lebih sedikit dari biasanya yang akan mengganggu keSEHATan pada tubuh, ini termasuk:
  • Kekurangan vitamin,
  • Kekurangan zat besi,
  • Anemia aplastik,
  • Multiple myeloma,
  • Leukemia,
  • Sindrom myelodysplastic,
  • Kanker,
  • Sirosis Hati,
  • Penyakit ginjal,
  • Limfoma Hodgkin (penyakit Hodgkin),
  • Hypothyroidism (tiroid kurang aktif),
  • Limfoma Non-Hodgkin,
  • Keracunan timbal,
  • Obat-obatan seperti obat anti-retroviral dan obat kemoterap,

Disaat tubuh menghancurkan sel darah merah lebih cepat daripada produksinya, maka tubuh kuta akan kekurangan eritrosit dan menyebabkan Hb rendah, kondisi seperti ini terjadi pada:
  • Anemia sel sabit,
  • Porfiria,
  • Vaskulitis,
  • Thalassemia.

kehilangan darah akut atau kronis juga menyebabkan hemoglobin (Hb) rendah, dan ini dapat terjadi karena salah satu dari kondisi di bawah ini:
  • Trauma atau operasi,
  • Perdarahan internal ataupun perdarahan luar yang jelas terlihat,
  • Terlalu sering donor darah,
  • Perdarahan menstruasi yang berat. 
Apa Gejala Hb Rendah? Sebagian orang yang memiliki kadar hemoglobin sedikit rendah mungkin tidak merasakan gejala sama sekali. Beberapa mungkin mengalami gejala ringan berupa pusing, atau mudah lelah, dan mungkin mengalami sering sakit kepala, kurang kelelahan, atau suka kurang konsentrasi. Jika saja kadar hemoglobin sangat rendah, maka akan mengurangi kemampuan tubuh untuk membawa oksigen ke organ-organ vital. Hal ini dapat menyebabkan sesak napas dan peningkatan denyut nadi, ini merupakan cara tubuh mengkompensasi untuk meningkatkan output jantung. Ini juga akan menyebabkan jantung berdebar yang disertai nyeri dada. Selain gejala di atas, kita juga bisa mengamati tanda-tanda hemoglobin atau darah rendah termasuk kepucatan pada kulit, kuku dan gusi. Dalam kasus-kasus serius, lengan dan kaki dapat menjadi bengkak, mengalami keringat berlebih, muntah, mulas, memar, dan tinja berdarah. Bahkan ini bisa mengakibatkan perkembangan otak yang buruk dapat terjadi pada anak-anak, yang dapat bermanifestasi sebagai gangguan perilaku dan kecerdasan. Tes darah rutin akan dapat menunjukkan kepada kita jika ternyata hemoglobin rendah. Untuk mengetahui penyebab Hb rendah atau anemia, maka diperlukan penggalian riwayat medis yang lengkap, pemeriksaan fisik dan tes darah yang lebih lengkap.

Lihat juga; Apa Itu Anemia, Berapaa Jenisnya Dan Cara Penyembuhannya

    Cara Mengatasi Hb Rendah


    Pengobatan Hb rendah;
    • Dengan mengkonsumsi obat-obatan dan suplemen, Dokter biasanya meresepkan zat besi dan vitamin untuk meningkatkan kadar hemoglobin. Meskipun suplemen ini dapat diperoleh tanpa resep dokter, lebih baik berkonsultasi dengan dokter agar dapat direkomendasikan dosis dan jenis suplemen yang sesuai dengan kondisi Anda. Obat lain mungkin diperlukan untuk mengobati penyakit yang mendasari yang menyebabkan hemoglobin rendah.
    • Dengan diet,Diet program yang tepat, yang meliputi makanan yang mengandung zat besi tinggi. Sumber makanan yang tinggi zat besi termasuk daging merah, udang,tiram, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, sereal, kacang polong, kismis, dan aprikot kering.
    • Mungkin diperlukan waktu berbulan-bulan mengambil suplemen dan meningkatkan diet sebelum kadar hemoglobin meningkat. Oleh karena itu, orang-orang yang berada pada risiko Hb rendah harus selalu menjaga makanan yang tinggi besi untuk mencegah anemia.

    Kapan harus ke dokter?

    Saat tubuh merasakan gejala -gejala fisik yang cenderung mengacu pada ANEMIA yang diakibatkan oleh kadar Hb yang rendah. sebaiknya anda segera datang untuk memeriksaan diri ke dokter tentang kondisi Anda, terutama bila mengalami gejala-gejala berikut:
    Kelelahan kronis,
    Sesak napas,
    Kekurangan energi,
    Detak jantung yang cepat,
    Kulit, kuku, dan gusi tampak pucat.

    Dokter mungkin meminta tes tambahan seperti tes darah dan yang lainnya untuk menentukan apa penyebab Hb rendah dan mungkin meresepkan suplemen dan obat-obatan yang tepat. Dan jangan sampai anda mengabaikan keluhan pada tubuh anda. Karena keluhan-keluhan itu adalah efek dari penyakit yang mungkin anda tidak menyadari bahkan tidak tau akan penyakit ada dalam tubuh anda tersebut.

    TERIMA KASIH,,,,,, Salam Kami;
    www.seh4t.com




    Previous Post
    Next Post