Minggu, 16 April 2017

Penyebab Kurang Darah Dan Makanan Untuk Kurang Darah Agar Cepat Setabil

/2017/04/penyebab-kurang-darah.html

kurang darah adalah kondisi di mana jumlah sel darah merah atau hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Sel darah merah mengandung hemoglobin yang berperan dalam mengangkut oksigen dari paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh.

Penyebab Kurang Darah Dan Makanan Untuk Kurang Darah Agar Cepat Setabil

Akibat dari anemia adalah transportasi sel darah merah akan terganggu dan jaringan tubuh si penderita anemia akan mengalami kekuranga oksigen guna mengahasilkan energi. Maka tidak mengeherankan jika gejala anemia ditunjukan dengan merasa cepat lelah, pucat, gelisah, dan terkadang sesak. Serta ditandai dengan warna pucat di beberapa bagian tubuh seperti lidah dan kelopak mata.

Penyebab umum dari anemia antara lain; kekurangan zat besi, pendarahan usus, pendarahan, genetik, kekurangan vitamin B12, kekuarangan asam folat, gangangguan sunsum tulang.
Penyebab Kurang Darah
Sering Kelelahan
Lihat juga ini: Gejala Kurang Darah Dan Cara Menyembuhkannya Dengan Baik
Jika anda sering merasa lelah, kemungkinan anda memiliki jumlah sel darah merah yang rendah. Pasokan energi tubuh sangat bergantung pada oksidasi dan sel darah merah Semakin rendah sel darah merah, tingkat oksidasi dalam tubuh ikut berkurang.

Sering Mual

Bila anda merasa mual saat pagi hari, bisa jadi anda terkena anemia.

Menurunnya Kekebalan Tubuh


Ketika tubuh Anda memiliki energi yang sangat sedikit sistem imun tubuh anda juga akan menurun. Anda akan mudah jatuh sakit bila sistem imun tubuh anda lemah

Denyut Jantung Tidak Teratur

Ketika tubuh mengalami kekurangan oksigen, denyut jantung akan meningkat. Hal ini menyebabkan jantung berdebar tidak teratur dan cepat.

Kelopak Mata Pucat

Cobalah regangkan kelopak mata bawah anda, bila anda melihat bagian dalam kelopak mata bawah anda berwarna pucat, bisa jadi anda terkena anemia.

Ujung Jari Pucat

Ketika Anda menekan ujung jari, daerah itu akan berubah jadi merah. Tetapi, jika Anda mengalami anemia, ujung jari Anda akan menjadi putih atau pucat.
Silahkan klik ini :Tanda Dan Obat Tradisional Penyakit Darah Tinggi Yang Ampuh
Sakit Kepala

Anda sering merasa sakit kepala, maka berhati-hatilah bis jadi anda terkena anmeia. Kekurangan sel darah merah dapat membuat otak kekurangan oksigen.
Makanan Untuk Kurang Darah Agar Cepat Setabil
Jangan khawatir bila anda terkena anemia karena banyak solusi mudah mengatasi anemia dengan cara yang alami. Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen penambah darah. Terapkanlah gaya hidup sehat, agar terhindar dari penyakit seperti anemia dan penyakit lainnya.
  • Daging Merah (Daging sapi, kambing dan kerbau). 
Daging merah kaya akan protein hewani dan banyak mengandung zat besi (Fe), protein dan mineral lainya. Keberadaan zat besi akan mampu meningkatan haemoglobin dengan cepat. Konsumsi daging rendah lemak dengan menu diet yang seimbang akan diperlukan tubuh. Protein juga diperlukan untuk menyusun sel-sel darah merah. Selain dalam daging, protein juga ditemukan dalam telur, ikan, dan kacang-kacangan. Untuk kesehatan tubuh, hindarkan konsumsi daging berlebih karena akan meningkatkan risiko cardiovaskuler.
  • Ikan.
Ikan mengandung asam lemak Omega-3. Pada telur ikan mengandung nutrisi protein, karbohidrat, dan zat besi. Ikan Salmon, sebagai contohnya, bermanfaat untuk menambah darah karena selain mengandung Omega-3 juga mengandung Vitamin B-12 untuk pembentukan sel-sel darah
  • Daun Singkong.
Daun singkong mengandung gizi yang lengkap, seperti zat besi, protein, phosphor, Vitamin C, Vitamian B-1, kalsium, lemak dan karbohidrat. Ubi secara umum mengandung zat besi untuk mengaktifkan sel-sel darah merah dan menambah oksigen dalam darah.
  • Bayam
Bisa dikatakan bayam termasuk sayuran penambah darah dengan kandungan zat besi tinggi. Bayam bisa menjadi makanan penambah darah untuk ibu hamil dan wanita yang mengalami anemia saat menstruasi.
penyebab-kurang-darah
Animea
Biasanya bayam diolah menjadi sup segar. Akan tetapi, pastikan kamu tidak mengonsumsi olahan sayur bayam yang sudah didiamkan selama 5 jam. Kenapa? Sebab berpotensi menjadi racun akibat sudah berinteraksi dengan oksigen.
Sawi
Sayur hijau kaya zat besi selanjutnya ada sawi. Sebenarnya sawi ada dua jenis, yaitu sawi hijau dan putih. Akan tetapi menurut Dr Oz, sawi hijau mengandung zat besi yang lebih tinggi dibanding sawi putih.
  • Kacang Hijau
Beberapa ahli masih dilema mengenai manfaat kacang hijau untuk anemia. Ada yang mengatakan kacang hijau memiliki kandungan asam folat dan zat besi tinggi yang dapat meningkatkan hemoglobin dalam tubuh.
Tetapi, ada pula ahli yang mengatakan kandungan fitat dalam kacang hijau justru dapat menghambat penyerapan zat besi. Maka dari itu, sebelum mengonsumsi kacang hijau ada baiknya konsultasikan kepada ahli gizi dulu.
  • Kacang Almond
almond
Kacang almond sangat sering dikonsumsi saat diet. Berbeda dengan kacang lain, kacang ini memiliki jumlah nutrisi yang lebih lengkap. Di dalamnya terkandung vitamin, lemak baik, serat, antioksidan, mineral alami, dan lain sebagainya.
Untuk mencukupi kebutuhan zat besi setiap harinya disarankan mengonsumsi minimal satu ons kacang almond. Kamu pun bisa berkreasi dengan mengolah almond menjadi berbagai cemilan lezat.
  • Udang
Udang masih menjadi makanan laut yang pro dan kontra. Sebagian orang ada yang alergi mengonsumsi udang, dan sebagian lagi tidak sama sekali. Oleh sebab itu, sebelum mengonsumsi udang lebih baik pastikan dulu apakah kamu alergi atau tidak.
Tidak hanya diperkaya dengan zat besi saja, udang juga mengandung kalsium dan fosfor tinggi yang baik untuk mengoptimalkan pembentukan tulang. Kandungan nutrisi semacam inilah yang baik untuk tubuh kita.
  • Ikan Salmon
Sudah pasti ikan salmon masuk kedalam daftar makanan penambah darah. Ia menjadi pemasok vitamin B12 terbaik yang sangat dibutuhkan oleh penderita anemia. Peran penting vitamin B12 lainnya adalah mengoptimalkan pembelahan sel dan menjaga sistem saraf saat proses pembentukan DNA.

  • Tiram Dan Kerang

Banyak yang tidak suka tiram dan kerang lantaran bau amisnya. Namun apabila kamu jago memasak, bau amis tersebut akan hilang dengan sendirinya. Mengonsumsi tiram ataupun kerang dapat membantu menambah darah dalam tubuh, mencegah hipertensi, dan melancarkan sirkulasi darah.

  • Bunga Kol
bunga kol
Sayuran berwarna putih kehijauan ini sangat mudah didapatkan. Biasanya bunga kol dijadikan sebagai lalapan saat makan ikan atau olahan daging. Kandungan gizi dalam bunga kol setara dengan kandungan brokoli, dimana ia sangat baik untuk mengoptimalkan regenerasi sel darah merah.
Ada juga kandungan lain yang tak kalah penting seperti protein, kalium, kalsium, niasin, dan thiamine. Kandungan nutrisi semacam inilah yang membuat kembang/bunga kol cukup disarankan bagi penderita anemia
Kesimpulan
Anda hanya perlu rutin untuk mengkonsumsi banyak sayuran hijau, buah-buahan beraneka warna, dan jenis makanan daging. Setelah itu anda kan merasakan sendiri dampak yang dihasilnya dalam beberapa hari kedepan. Pasokan sel darah merah dapat anda akan terpenuhi.

Terimakasih telah mengunjungi blog kami, semoga bermanfaat untuk anda, silahkan mencoba tutorial yang kami sebutkan di atas. Salam sehat untuk anda dan salam dari kami www.seh4t.com

Previous Post
Next Post