Rabu, 05 April 2017

Penyebab Masuk Angin Terus Menerus Dan Sering Dan Solusinya

Beberapa penyebab masuk angin
     Terkadang  orang menganggap masuk angin itu penyakit yang sepele dan akan sembuh sendiri. Sebenarnya pemikiran seperti itu salah karena hal kecil itu kalo di biarkan akan menjadi masalah besar seperti halnya  masuk angin.
       sebenarnya masuk angin terjadi karena sistem imunitas tubuh yang menurun drastis yang akhirnya masuk angin dapat menjangkit tubuh kita, oleh karena  inilah kita harus waspada dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh supaya bisa terus melakuakan aktivitas seperti biasanya. Dibawah ini adalah bberapa poin  penyebab  masuk angin.

>  TUBUH MENGGIGIL
     Disebabkan sistem imunitas tubuh menurun dan akhirnya angin masuk kedalam tubuh menyebabkan tubuh menjadi terasa menggigil gejala ini sering dialami disaat kehujanan atau berada diruangan yang memiliki suhu yang dingin seperti ruangan ber AC. Segera konsumsi minuman hangat supaya tidak terjadi demam dan jika bisa keluar untuk melakukan peregangan otot supaya tidak kaku.

>  BEGADANG
    Begadang adalah perilaku yang negatif dan harus dihentikan karena bisa menimbulkan berbagai macam penyakit karena tubuh yang tidak seimbang dikarenakan butuh istirahat. karena kita tidak tidur semalaman maka seluruh organ tubuh bekerja lebih keras dan akhirnya menyebabkan gangguan seperti turunnya sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan masuk angin.

>  KEHUJANAN
     Biasanya bagi anak-anak ini sangat sering terjadi disebabkan anak-anak yang terlalu lama kehujanan membuat tubuhnya kedinginan yang akhirnya menyebabkan masuk angin mulai merasuki tubuhnya. Namun tidak dipungkiri bagi orang dewasa pun jika terlalu lama kehujanan jelas bisa menimbulkan masuk angin. Jika anda kehujanan segera mandi air hangat dan minum segelas teh atau minuman hangat supaya tidak mudah masuk angin.

>  KEPALA PUSING
     Karena tubuh yang mulai lelah dan juga angin yang sudah berkumpul dan menyebar keseluruh badan jelas akan menimbulkan rasa sakit pada kepala karena tidak stabilnya keseimbangan tubuh. anda juga harus mengerti ini bukanlah sakit kepala jadi anda harus bisa membedakan bahkan berbagai macam penyakit seperti tumor dan semacamnya juga menyebabkan kepala pusing yang luar biasa. Jadi mulailah mengerti dan mengetahui berbagai macam hal.

>  KESULITAN BUANG ANGIN
     Gejala ini akan langsung muncul seketika anda mulai masuk angin. Perut kembung yang juga gejala dari masuk angin inilah yang menyebabkan sulitnya buang angin karena gas yang seharusnya keluar berkumpul diperut. Jika anda mengetahui hal semacam ini lakukan tindakan cepat supaya tidak menimbulkan demam dan masalah pada lambung anda.

>  MUSIM PANCAROBA
     Disaaat musim inilah banyak sekali orang yang sakit karena peralihan dari musim panas ke musim dingin yang menyebabkan udara menjadi tidak seimbang dan membuat tubuh merasakan dampaknya. Jika anda tidak memiliki sistem kekebalan tubuh yang tinggi maka jelas disaat musim pancaroba inilah anda akan terserang penyakit khususnya masuk angin tersebut. jika anda mengetahui hal semacam ini segera lakukan pencegahan dengan memakai pakaian yang hangat dan juga mengkonsumsi vitamin C.

>  KEDINGINAN
     Kedinginan merupakan penyebab yang paling besar anda bisa terkena masuk angin. Disebabkan karena suhu ruangan yang ekstrim dingin dan juga karena suhu tubuh yang tidak normal lalu terlalu lama terkena AC bisa membuat anda kedinginan yang akhirnya menyebabkan masuk angin mulai merasuki tubuh anda. sebaiknya gunakan pakaian yang tebal untuk mengatasi hal semacam ini.

>  MENGANTUK
     Orang yang terkena masuk angin biasanya sangat mudah mengantuk dan merasa lelah sebab sistem imunitas tubuh yang menurun yang akhirnya menyebabkan tubuh seperti lemas dan akhirnya banyak menguap sehingga rasa kantuk mulai timbul. Sebaiknya anda segera mengkonsumsi atau minum obat agar masuk angin segera teratasi.

>  KELELAHAN
     Bagaimanapun juga jika setiap orang kelelahan harus beristirahat dan tidak memaksakan tubuhnya karena bisa terjadi banyak masalah seperti misalnya masuk angin ini. pada umumnya orang terkena masuk angin akibat kelelahan bekerja setiap hari oleh sebab inilah sebaiknya anda saat pulang kerja segera istirahat dan biarkan tubuh untuk rileks agar tidak terus bekerja dan memikirkan berbagai macam pekerjaan. Bahkan pikiran pun membutuhkan istirahat agar tidak stress.

>  PERUT KEMBUNG
     Salah satu gejala yang sangat jelas terlihat adalah perut kembung. Gejala ini memang sering kali disebabkan karena masuk angin dan akhirnya menyebabkan gas mulai berkumpul didaerah perut yang menimbulkan perut yang membesar. Tapi tentu saja perut kembung sendiri banyak sekali penyebabnya seperti makanan dan juga minuman yang tidak baik untuk tubuh.

Cara Mengobati Masuk Angin
*  mengobati Masuk Angin dengan Kulit jeruk Purut
     Kulit jeruk purut ternyat juga bisa kita manfaatkan seabgai obat masuk angin yang ampuh. Sediakan kulit jeruk purut sepuluh gram, temulawak dua puluh lima gram, daun mint sepuluh gram, cabai jawa lima buah dan air 600ml untuk merebus. Cara membuatnya yaitu semua bahan terlebih dahulu dicuci hingga bersih. Kemudian bahan-bahan tersebut direbus sampai mendidih serta biarkan airnya menjadi setengahnya. Sesudah matang, rebusan disaring. Air rebusan dikonsumsi dalam keadaan hangat sehari dua kali.

 *  Mengobati Masuk Angin dengan Bangle
     Anda juga bisa mengatasi masuk angin dengan Bangle, caranya siapkan bangle 25 gram, pala halus lima gram, lempuyang 25 gram (diiris-iris), lada halus satu sendok teh serta air untuk merebus 600 cc. Cara membuatnya yaitu semua bahan yang tersedia direbus hingga mendidih dan biarkan airnya menjadi setengahnya. Air rebusan dikonsumsi sehari dua kali, diminum masih hangat.

*  Mengobati Masuk Angin dengan Kencur
     Cara mengobati masuk angin yang pertama bisa dengan menggunakan tanaman kencur. Caranya sediakan kencur sebanyak satu rimpang serta sedikit garam. Cara membuatnya yaitu kencur terlebih dahulu dikupas kulitnya lalu dicuci hingga bersih. Setelah itu, kencur tersebut dapat dikonsumsi langsung dengan dicampur sedikit garam. Kemudian minumlah segelas air putih setelahnya. Kerjakan sehari dua kali.

*  Mengobati Masuk Angin dengan Temulawak
     Tips mengobati masuk angin selanjutnya adalah dengan menggunakan herbal temulawak, caranya sediakan sekitar 25 gr temulawak, jahe 15 gram, daun lidah buaya 80 gram, kencur 20 gram dan air sebanyak 500 cc. Cara membuatnya yaitu semua bahan dibersihkan. Kemudian bahan-bahan direbus hingga mendidih. Biarkan sampai airnya menjadi setengahnya. Air rebusan diminum sehari dua kali secara teratur dalam keadaan masih hangat

*  Mengobati Masuk Angin dengan Gula Kelapa
     Tips mengobati masuk angin selanjutnya adalah dengan menggunakan gula kelapa satu potong, cabe merah satu butir, buah asam tiga biji, daun jambu biji muda sepuluh lembar, sedikit garam serta air sebanyak satu liter untuk merebus. Cara membuatnya yaitu bahan-bahan terlebih dahulu dicuci hingga bersih. Lalu semua bahan dicampur menjadi satu kemudian direbus sampai mendidih. Setelah matang, rebusan tersebut disaring. Air rebusan dapat dikonsumsi sehari dua kali.
Previous Post
Next Post