Senin, 17 April 2017

Berapa Tekanan Darah Normal Manusia Pria Dan Wanita Serta Ibu Hamil

Tekanan darah dapat diartikan sebagai sebera kuatnya kerja jantung dalam memompa darah ke seleruh tubuh. Supaya kinerja tubuh kita tetap maksimal maka kita harus memiliki tekanan darah normal.


Pada umumnya semakin rendah tekanan darah kita maka akan semakin sehat bagi tubuh tapi jangan sampai terlalu rendah karena akan membuat kita hipotensi atau di sebut dengan tekanan darah rendah. Lalu berapakah tekanan darah normal manusia pria, wanita serta bagi ibu hamil? Biasanya pria dan wanita yang dewasa dalam kondisi badan yang sehat memiliki tekanan darah berada di bawah atau setara dengan 120/80 mm Hg. Dimana angka 120 menunjukkan tingkat tekanan saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh dalam istilah kedokteran di sebut tekanan sistolik. dan angka 80 menunjukkan tingkat tekanan saat jantung beristirahat sejenak sebelum kembali lagi melakukan tekanan diaspolik atau memompa lagi. Selama berada di bawah 140/90 itu merupakan tergolongkepada tekanan darah yang normal.(baca juga : cara mengatasi kurang darah putih dan merah yang baik )

Beda lagi bagi ibu yang sedang hamil maka tekanan darah normal nya berbeda karena pada saat hamil wanita tekanan darah normal nya berada dalam 120/80 bila tekanan darah nya berada dibawah 110/75 maka akan di katakana sebagai hipertensi atau tekanan darah rendah. Tekanan darah pada ibu hamil berbeda-beda sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh secarakeseluruhan, usia rata-rata antara 110/70 dan 120/80.

tekanan darah normal


Pada pria dan wanita tekanan darah seperti itu tidak seratus persen mutlak karena tekanan darah normal bisa turun kadang bisa naik bergantung kepada aktifitas fisik yang sedang kita jalani dan juga bergantung pada tingkat emosi kita. Bila tekanan darah kita berbeda maka kita tidak perlu panik selama angka itu tidak berlangsung lama tingkat rendah atau tinggi nya dalam waktu lama.

Bila tekanan darah itu berubah dalam waktu yang lama maka anda bisa mengidap yang namanya hipotensi atau tekanan darah rendah dan hipertensi atau tekanan darah tinggi dan kondisii tersebut menandai kalo kesehatan kita sedang memburuk. Sekarang akan di jelaskan mengenai hipertensi ataupun hipotensi (anda juga bisa membaca : penyebab tekanan darah rendah tapi kolestrol tinggi dan solusinya )

Hipotensi . tekanan darah bisa di sebut dengan hipotensi bila berada dibawah 90/60 umumnya tekanan darah rendah tidak berbahaya walaupun kondisi nya kronis. Tekanan darah rendah di tndai dengan gejala seperti pusing, mual, merasa selalu lelah, kehausan penglihatan yang mulai kabur, konsentrasi berkurang saat bernapas menjadi pendek dan cepat, adanya depresi dan juga suka pingsan.

Meskipun dikatakan tidak berbahaya namun bila situasi ini berlangsung lama tekanan darah rendah dapat menimbulkan kerusakan pada organ jantung dan otak.

Hal-hal yang dapat memicu terjadinya hipotensi antara lain :
a. Animea
b. Kehamilan
c. Dehidrasi
d. Hormone yang tidak seimbang misalnya penyakit Addison
e. Konsumsi alkohol yang berlebihan
f. Infeksi yang parah atau menderita alergi
g. Kehilangan darah yang lumayan banyak
h. Juga akibat mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat kuat mislanya Viagra dan sejenisnya.obat yang berpengaruh langsung kepada otot pembuluh darah dan obat anti depresi
i. Serta gangguan jantung

Itulah hal-hal yang memicu terjadinya hipotensi . sedangkan hipertensi diawali dengan tekanan darah kita yang berada di atas 120/80 biasa di sebut dengan istilah pra-hipertensi kita bisa di katakan terkena tekanan darah tinggi atau hipertensi saat tekanan darah kita 140/90 ataupun lebih. Beda dengan hipotensi hipertensi dapat membahayakan jiwa kita karena penderita hipertensi tidak merasa kan gejala ny kalau orang itu menderita hipertensi .

Hipertensi harus segera ditangani dengan baik karena kalau tidak ditangani dengan baik akan menimbulkan penyakit yang sangat mematikan misalnya penyakit stroke dan juga serangan jantung selain penyakit itu hipertensi dapat membuat penglihatan kita terganggu dan yang paling parah dapat membuat ginjal kita mengalami kerusakan .

Orang yang mengalami hipertensi biasanya mereka yang memiliki berat badan yang berlebih, orang yang suka merokok, usianya di atas 55 tahun ¸suka mengkonsumsi alkohol, jarang melakukan olahraga dan bagi yang suka mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium, kalium, kalsium yang rendah serta makanan asin. Dan hipertensi juga bisa terjadi kepada keluarga yang mengalami hipertensi, dan yang mempunyai penyakit jantung dan diabetes.

Cara mengontrol tekanan darah

Agar tekanan darah kita selalu dalam keadaan normal maka kita harus selalu rutin mengecek nya . bagi yang memiliki tekanan darah normal maka setidaknya selalu melakukan pengecekan tiap dua tahun sekali ataupun menurut petunjuk dokter. Bagi yang memiliki tekanan darah pada angka 120/80 dan 139/89 maka harus mengeceknya sekali dalam setahun dan berdasarkan atas saran dokter. Selanjutnya bila tekanan darah nya menyentuh angka 140/90 atau melebihi itu maka harus segera diperiksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang baik secara medis. (bisa juga membaca : cara menaikkan tekanan darah pada ibu hamil yang aman)

Tekanan darah dapat diperiksa dengan menggunakan alat yang disebut dengan sphygmomanometer atau manset tekanan darah. Pengecekan darah ini bisa kita lakukan di rumah ataupun di rumah sakit. Selain itu kita bisa menanyakan langsung kepada dokter manset jenis apa yang cocok dan mudah di gunakan bagi orang awam. Saat kita telah membeli manset maka anda bawa ke rumah sakit untuk mencocokan dengan manset yang selalu di gunakan dokter dan bila sesuai dengan yang di pakai oleh dokter maka kita dapat mengecek tekanan darah kita kapan saja dan dimana saja.

Pada saat kita akan melakukan pengecekan tekanan darah maka setengah jam sebelumnya usahakan jangan merokok, minum kafein ataupun melakukan olahraga hal ini dilakukan agar hasilnya lebih akurat. Bagi penderita hipertensi maka harus sering melakukan cek di rumah hal ini di lakukan agar kita dan dokter dapat memantau tekanan darah dan juga efektifnya sebuah obat. Kenapa mesti di lakukan di rumah pemeriksaaannya karena terkadang orang sudah tegang duluan kalau datang ke rumah sakit sehingga mengakibatkan tekanan darah nya meningkat saat melakukan pengecekan oleh dokter oleh karena itu lebih baik melakukan pengecekan tekanan darah kita di rumah. Karena hipertensi tergolong tidak menunjukkan gejala maka kita harus sering mengecek nya secara rutin. Dan tidak ada salahnya kita selalu berkonsultasi ke dokter. Pemeriksaan sekala ini beguna agar kita cepat dapat mengatasi nya bila ada gejala-gejala serius yang parah.

Cara yang harus dilakukan agar tekanan darah normal antara lain :

1. Gunakan garam yang seimbang . garam yang dibutuhkan tubuh dalam sehari yaitu 500 mg dan maksimal garam yang di konsumsi dalam sehari sekitar 2400 mg setara dengan satu sendok the.
2. Olahraga. Olahraga dapat membuat tubuh kita sehat sehingga tekanan darah normal, otot jantung menjadi kuat, menghindari obesitas, dan stress yang merupakan salah satu penyebab hipertensi.
3. Makanan sehat dan bergizi . selalu mengkonsumsi makanan yang terhindar dari hipertensi . konsumsi lah sayur, buah, kacang, ikan, juga susu yang rendah lemak

Selain itu juga hindari lah stress. Mungkin itulah informasi mengenai tekanan darah normal bagi pria, wanita serta ibu hamil semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung salam www.seh4t.com

Previous Post
Next Post