Minggu, 16 April 2017

Cara Menaikkan Tekanan Darah Rendah Pada Ibu Hamil Yang Aman

Cara Menaikkan Tekanan Darah Rendah Pada Ibu Hamil Yang Aman


Tekanan darah rendah atau yang dalam bahasa kedokteran disebut dengan hipotensi sebenarnya banyak diderita oleh sebagian besar orang. Hanya saja sebagian besar dari mereka mengabaikan masalah ini dan menganggapnya sebagai pusing biasa atau hanya sekedar dehidrasi. Tekanan darah rendah memang tidak memiliki resiko besar sebagaimana tekanan darah tinggi. Padahal membiarkan tekanan darah rendah sama berbahayanya dengan tekanan darah tinggi yang memiliki resiko pemicu kematian.

Tekanan darah rendah dapat terjadi selama kehamilan. Pembacaan sistolik dapat turun 5-10 mm Hg sedangkan tekanan diastolik dapat turun sekitar 10-15 mm Hg. Pembacaan dapat bervariasi, tergantung pada kesehatan umum secara keseluruhan dan riwayat medis masa lalu Anda

Cara Menaikkan Tekanan Darah Rendah Pada Ibu Hamil Yang Aman

Jika Anda sedang hamil, akan ada peningkatan arus darah dalam tubuh Anda untuk menjaga pasokan oksigen dan makanan nutrisi ke janin. Hal ini menyebabkan tekanan darah tubuh Anda menurun. Dapat dikatakan, ini adalah penyebab utama tekanan darah rendah atau hipotensi pada sebagian besar wanita hamil.

Namun, ada juga penyebab lain, termasuk memiliki anak kembar, riwayat medis hipotensi, atau penyakit medis yang mendasari seperti dehidrasi, penyakit jantung tertentu, dan anemia. Selain itu, faktor-faktor seperti vitamin B12 atau kekurangan asam folat menyebabkan tekanan darah rendah, seperti jika berbaring di tempat tidur untuk jangka waktu yang lama. Pemakaian epidural juga sering menyebabkan penurunan tekanan darah.

Ibu hamil akan mengalami pusing karena tekanan darah rendah. Namun, Anda dapat mencoba langkah-langkah sederhana untuk meminimalkan gejala serta menciptakan keselamatan.

Cara mengatasi tekanan darah rendah saat hamil


  • Cobalah berbaring ke arah sisi kiri Anda karena akan meningkatkan aliran darah ke jantung.
  • Hindari beberapa gerakan tiba-tiba terutama ketika berdiri dari posisi duduk.
  • Hindari berdiri untuk jangka waktu yang lama.
  • Menggunakan support stockings, atau stoking kompresi.
  • Hindari minuman berkafein atau minuman beralkohol.
  • Mengonsumsi makanan kecil beberapa kali seharian, bukan tiga kali makan besar.
  • Berolahraga secara teratur karena mempertajam refleks dan membantu menjaga tekanan darah dalam kisaran normal. Konsultasikan dengan dokter mengenai olah raga yang dapat Anda lakukan saat hamil.
  • Minum banyak cairan. Seorang wanita hamil harus minum lebih banyak air dari jumlah yang disarankan untuk orang normal, biasanya minum antara tiga liter dan 1 galon air sehari.

Cara Menaikkan Tekanan Darah Rendah Pada Ibu Hamil Yang Aman


  • Konsumsi Kacang-Kacangan

Mengkonsumsi kacang-kacangan, terbukti dapat meningkatkan tekanan darah. Hal ini didasarkan pada peneliti dari luar negeri yang merekomendasikan konsumsi kacang-kacangan sebagai makanan yang mampu mengatasi tekanan darah rendah. Hal ini karena kacang-kacangan dapat dicerna oleh sistem pencernaan secara perlahan sehingga mampu membuat tekanan darah naik. Adapun kacang-kacangan yang bisa anda konsumsi diantaranya, buncis, kacang hijau, kacang merah dan lain-lain.

  • Jangan Minum Alkohol
Selain memiliki efek yang memabukan jika dikonsumsi secara berlebihan, mengkonsumsi alkohol juga menyebabkan dehidrasi sehingga dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Daripada mengkonsumsi alkohol yang meski dikonsumsi dalam jumlah kecil ataupun besar namun tetap memiliki efek buruk yang sama, ada baiknya jika anda mulai menggantinya dengan memperbanyak konsumsi air putih. Berbeda dengan alkohol, air putih ini jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat menghidrasi tubuh yang mengalami dehidrasi.

  • Daging Merah


Daging sapi sangat baik untuk menambah darah karena mengandung protein dan zat besi. Daging sapi yang bagus untuk menambah darah adalah yang tanpa lemak. Bagi anda penderita tekanan darah rendah, disarankan untuk secara rutin mengkonsumsi daging sapi untuk menambah tekanan darah dalam tubuh anda Terutama pada ibu-ibu yang sedang hamil.

Lihat Juga Ini :Daftar Nama Obat Darah Rendah Di Apotik Yang Dijual Bebas

Obat Darah Rendah Alami Dan Tradisional Dari Buah Dan Tumbuhan

  • Roti Gandum Dan Sereal

Roti ini sangat cocok buat ibu hamil. Beberapa jenis makanan yang berbahan dasar gandum juga memiliki khasiat dan manfaat untuk menambah darah. Makanan yang di buat dengan bahan dasar gandum sangat baik untuk meningkatkan kadar darah merah dalam tubuh. Oleh karena itu, bagi para penderita darah rendah, sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan berbahan dasar gandum, seperti roti gandum dan sereal. cocok buat ibu hamil.

  • Buah Semangka

Buah semangka adalah salah satu jenis buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat, selain rasanya yang manis dan nikmat ternyata buah semangka juga memiliki khasiat dan manfaat untuk membantu mengatasi darah rendah bagi ibu hamil. Dalam buah semangka terdapat kandungan vitamin A yang dapat membantu proses pembentukan sel darah merah. Oleh karena itu, dengan rutin mengkonsumsi buah semangka maka proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh akan menjadi lebih baik.

  • Delima

Buah delima sering dikonsumsi oleh orang Indonesia sebagai rujak, khususnya oleh ibu-ibu hamil. Hal ini dikarenakan kandungan gizi dan nutrisi dalam buah delima bermanfaat untuk membentuk pembentukan sel darah merah.

  • Air mineral 

Dehidrasi terjadi ketika jumlah cairan di dalam tubuh berkurang dan tidak digantikan. Mengurangi jumlah cairan kedalam tubuh juga akan mempengaruhi nilai tekanan darah, maka salah satu cara untuk meningkatkan tekanan darah untuk ibu hamil adalah dengan mengonsumsi air. Minum air putih yang cukup adalah sekitar 8 sampai 10 gelas per hari untuk orang dewasa. Atau minta petunjuk dokter, berapa air putih yang anda butuhkan setiap hari.

  • Bayam

Bayam kaya akan kalium dan rendah sodium. Mineral yang seimbang pada bayam ini sangat berguna untuk tekanan darah rendah. Selain itu, folat pada bayam juga dapat membantu menaikkan tekanan darah , dengan demikian akan menjaga aliran darah yang lancar.. terutama pada ibu hamil

  • Ayam

Daging ayam mengandung protein hewani yang diyakini dapat meningkatkan tekanan darah. Alasannya? Karena tubuh membutuhkan protein untuk membangun sel, termasuk sel-sel di dalam pembuluh darah. Pembuluh darah yang lemah dan tekanan akan mempengaruhi aliran darah ke seluruh tubuh. terutama pada ibu yang sedang hamil.

Kesimpulan

Anda hanya perlu rutin untuk mengkonsumsi banyak sayuran hijau, buah-buahan beraneka warna, dan jenis makanan daging. Setelah itu anda kan merasakan sendiri dampak yang dihasilnya dalam beberapa hari kedepan. Pasokan sel darah merah dapat anda akan terpenuhi.

Terimakasih telah mengujungi blog kami semoga apa yang kami infokan dapat menambah wawasan anda.
salam sehat untuk kita semua.
Previous Post
Next Post