Kamis, 20 April 2017

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Cepat Turun Tensinya


TEKANAN DARAH TINGGI / HIPERTENSI adalah salah satu penyakit yang banyak ditemui di kalangan masyarakat Indonesia dan bahkan juga dunia. Penyakit ini memiliki gejala umum antara lain :
  • Tubuh kelelahan atau mudah lelah,
  • Sakit kepala yang parah dan sering terjadinya,
  • Denyut jantung yang tidak teratur,
  • Gangguan pada penglihatan,
  • Nyeri pada bagian dada, dsb.

Bila saja tubuh anda merasakan gejala-gejala diatas, sebaiknya anda sesegera mungkin memeriksakan diri anda kepada dokter dan jangan sampai anda mimbiarkannya karena bisa saja anda terkena tekanan darah tinggi. Janganlah anda menganggap enteng penykit tekanan darah tinggi ini karena dapat menimbulkan penyakit-penyakit serius lainnya seperti Strok, gagal ginjal, jantung, kolestrol, dsb. Oleh karena itu, upaya kita untuk penyakit yang satu ini perlu sekali mengetahui Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Cepat Turun Tensinya.

Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Meskipun anda mengkonsumsi obat penurun darah tinggi generik ataupun herbal, penyakit hipertensi ini dapat terjadi pada beberapa keadaan. Berikut ini hal-hal penyebab tekanan darah tinggi yang dapat terjadi antara lain :
  • Faktor Keturunan,
  • Stress,
  • Usia,
  • Cukup aktivitas,
  • Pola hidup yang tidak sehat,
  • Rokok dan Alkohol,
  • Konsumsi sodium yang berlebihan.

Bagi anda pengidap tekanan darah tinggi dan anda sedang berusaha membebaskan tubuh anda dari penyakit tekanan darah tinggi ini, berobatlah ke dokter atau juga dengan pengobatan tradional. Namun perlu anda ketahui, perjuangan anda itu akan tersia-sia bila anda tidak menjalankan diet hipertensi.

Hal tersebut terjadi dikarenakan ada kontradiksi antara obat darah tinggi yang anda konsumsi dengan makanan yang dikonsumsi memancing akan tekanan darah tinggi seperti halnya jeroan, gula yang berlebihan, garam, santan, makanan yang banyak mengandung minyak, dll. Lain halnya jika anda melakukan diet. Yaitu, menghindari makanan dan minuman penyebab darah tinggi. Ini membuat obat yang anda konsumsi tidak mendapatkan perlawanan dari manapun. Hasilnya, tensi darah anda cepat turun dan kondisi selanjutnya akan setabil.

Lihat juga;Merk Obat Hipertensi Generik Di Apotik Yang Aman Yang Bagus






Jika Anda mampu melakukan diet hipertensi dengan baik, maka anda akan berhasil menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat. Langkah pertama anda harus menjauhi makanan danminuman yang bisa merangsang akan naiknya tekanan darah anda. Adapun makanan dan minuman yang harus anda hindara antara lain sebagai berikut;

1. Garam,

Garam merupakan salah satu penyebab naiknya darah tinggi yang dikenal oleh kebanyakan orang. Tetapi, yang sulit adalah menghindari konsumsi garam berlebihan yang bisa menyebabkan tensi darah naik.

Oleh sebab itu, anda harus membuat strategi atau cara bagaimana anda bisa sukses untuk melakukan diet garam. Misalnya, masakan yang disajikan kepada anda harus rendah garam. Jangan disamakan dengan masakan yang disajikan kepada anggota keluarga lainnya. Anda harus berani mengatakan tidak jika masakan yang disajikan kepada anda mengandung banyak garam (sangat asin). Sangat banyak makanan yang mengandung garam tinggi, bukan hanya kuah. Roti, misalnya. Dan juga makanan yang mengandung garam tinggi seperti; Makanan ringan, camilan, kue asin, keripik, bumbu salad, dan sebagainya termasuk makanan dengan tinggi garam.

Kurangi makan di luar seperti di restoran, rumah makan atau di mana pun yang masakannya untuk orang sehat. Bukan untuk penderita hipertensi seperti anda. Karena pada umumnya masakan mereka tinggi akan garam.

Jika terpaksa, ya ambil menu yang aman bagi anda, penderita darah tinggi. Atau, anda berlangganan katering makanan sehat. Menu makanan disesuaikan dengan sakit anda.

2. Gula Pasir, Cari Pemanis Lainnya,

Gula pasir dan semua jenis makanan manis yang bisa membuat darah tinggi naik harus anda hindari. Mengapa? Makanan manis bisa menyebabkan darah mengental sehingga ada risiko aliran darah tidak lancar. Misalnya, roti, kue kering, kue basah, gula-gula, permen, dsb.

Apalagi, jika di dinding arteri atau pembuluh darah telah banyak plag-plag akibat lemak. Aliran darah menuju jantung atau otak menjadi tidak lancar. Atau terjadi penyumbatan yang bisa menyebabkan terjadi stroke atau sakit jantung.

Anda harus hindari berbagai makanan manis dari gula pasir. Itulah cara jitu untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan mudah.

3. Makanan dengan Lemak Jenuh,

Hindari juga makanan yang mengandung lemak jenuh seperti lemak pada daging sapi, domba (kambing) atau minyak sawit. Asupan berlebihan atas lemak trans atau lemak jenuh bisa menyebabkan kegemukan. Kondisi ini mudah membuat anda terkena penyakit darah tinggi.

4. Makanan Aneka Gorengan,

Makanan digoreng atau aneka gorengan juga bisa meningkatkan tensi darah tinggi anda. Diet atau meninggalkan konsumsi makanan digoreng memang sulit. Apalagi, jika tiap hari lauk makan anda adalah aneka masakan gorengan. Meninggalkan makanan satu ini tentu tidak mudah.

Tetapi, karena anda telah bertekad untuk hidup sehat, ya anda harus berani meninggalkan makanan aneka gorengan. Saya pun merasakan seperti itu. Meninggalkan aneka masakan gorengan bukan hal mudah. Apalagi, tempe goreng, tahu goreng, ikan goreng, dsb.

Untuk itu, anda bisa melakukan bertahap. Tetapi harus nyata bahwa anda benar-benar ingin menghindari makanan aneka gorengan. Hanya demi makanan, jangan korbankan kesehatan tensi darah Anda. Anda harus mampu menurunkan darah tinggi anda. Jika tidak, anda bisa berisiko kena stroke.

5. Daging Merah seperti Daging Sapi, Domba, dll.

Daging merah harus Anda hindari karena bisa meningkatkan tensi darah Anda, terutama daging kambing atau domba.

Tetapi, sekali lagi, pelaksanaannya bisa anda sesuaikan dengan kondisi kesehatan tensi anda. Caranya, anda mencoba makan daging kambing. Setelah satu hari, coba ukur tekanan darah anda. Ada kenaikan tensi atau tidak. Jika tidak ada, berarti anda aman. Jika tensi naik tinggi, hentikan untuk makan daging kambing atau domba.

Ya, hasil penelitian ahli memang berbeda-beda. Cara terbaik menyikapinya adalah lihat prakteknya. Berpengaruh negatif atau positif, yaitu tensi darah anda naik atau tidak. Dan yang tak kalah pentingnya dari makan yang harus anda hindari diatas, banyak juga minuman yang harus anda hindari juga terutama ALKOHOL (MINUMAN KERAS) dan minuman yang satu ini bisa menimbulkan penyakit-penyakit seriusnya pada tubuh.

Lihat Juga;

Berapa Tekanan Darah Normal Manusia Pria Dan Wanita Serta Ibu Hamil 

Ciri-Ciri Alergi Alergi Panas Dan Cara Menyembuhkan Alergi Panas Matahari Dan Udara







Berikut ini adalah beberapa konsumsian yang bisa membantu menurunkan gejala darah tinggi atau hipertensi yang anda alami;

-SAYURAN

Sayuran juga dapat membantu dalam mengobati tingginya tekanan darah. Berikut ini beberapa jenis sayuran yang bisa dikonsumsi untuk mengobati darah tinggi atau mengatasi kondisinya agar tidak semakin parah.

  1. Bayam – Daun bayam merupakan sumber serat yang tinggi, selain itu daun bayam juga memiliki kandungan kalium. Kalium merupakan zat yang sangat baik, yang mampu mengurangi efek dari tekanan dara tinggi atau hipertensi yang anda derita.
  2. Buncis – Buncis juga merupakan salah satu sayuran hijau yang membantu dalam mengobati darah tinggi. Buncis memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral yang sangat berguna bagi tubuh anda dan dapat menurunkan tingginya tekanan darah.
  3. Seledri – Seledri juga memiliki kandungan kalium dan kalsium yang cukup banyak untuk membantu menyembuhkan hipertensi yang diderita. Menambahkan seledri pada menu makanan sehat sehari-hari, maka tekanan darah yang sedang meninggi, akan bisa teratasi.
  4. Bawang Putih – Bawang putih ternyata sangat baik dalam membantu menyembuhkan darah tinggi atau hipertensi. Bawang putih yang terbukti mampu mencegah terjadinya proses pembekuan darah dan mampu menahan efek yang ditimbul oleh darah tinggi pada tubuh. Selain itu, bawang putih juga termasuk makanan rendah kolesterol yang dapat membantu untuk mengurangi sumbatan pada jantung anda.
  5. Tomat – Kandungan gizi tomat kaya vitamin dan mineral yang sangat baik bagi tubuh. Tomat mengandung kalsium, kalium dan vitamin C. Kalium dan kalsium ini dapat membantu tubuh dalam menurunkan tekanan darah yang tinggi.
  6. Kentang – Kentang merupakan sebuah produk umbi-umbian yang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Selain sumber karbohidrat sehat, kentang juga memiliki kandungan magnesim dan potassium. Kedua senyawa ini akan sangat berguna untuk mengontrol tekanan darah di dalam tubuh. Magnesium juga sangat dapat diandalkan untuk memperlancar aliran darah. Kedua senyawa ini dapat membantu tubuh dalam menjaga tekanan darah dalam diri.
  7. Kedelai – Sama seperti kentang, kacang kedelai ternyata memiliki kandungan kalium dan magnesium yang tinggi. Magnesium dan kalium tang terkandung di dalam kacang kedelai akan membantu mengontrol tekanan darah di dalam tubuh dan membantu anda untuk mengontrol, serta menurunkan tekanan darah.

BUAH-BUAHAN

Sama seperti manfaat kesehatan ayuran, buah – buahan segar lain selain memiliki zat – zat atau senyawa yang bisa membantu anda dalam mengontrol dan menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi anda. berikut ini adalah beberapa jenis buah yang bisa anda konsumsi :
  1. Pisang – Si buah kuning yang lezat ini memiliki kandungan potasium dan kalium yang tinggi. Buah ini menjadi salah satu pilihan yang sangat tepat, bagi yang ingin menyembuhkan hipertensi dan juga makanan peninggi badan alami.
  2. Alpukat – Memiliki banyak sekali nilai gizi, seperti vitamin C, E, Kalsium dan serat. Semua bahan-bahan dan senyawa yang terkandung di dalam alpukat dapat membantu tubuh dalam menyembuhkan dan menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi yang anda alami.
  3. Mengkudu – Merupakan salah satu tanaman obat yang populer untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi yang banyak dialami.
  4. Jeruk – Selain vitamin yang tinggi, jeruk ternyata juga memiliki kandungan kalium yang tinggi. Buatlah segelas jus jeruk, maka jus jeruk tersebut akan membantu tubuh menurunkan tekanan darah. Selain itu, jeruk berguna makanan penurun berat badan.
  5. Kiwi – Buah kiwi juga memiliki kandungan serat dan kalsium tinggi. Selain itu buah kiwi juga memiliki kandungan vitamin lainny ayang sangat baik bagi tubuh. Selain itu buah kiwi juga terbukti mampu untuk membantuk penyembuhan darah tinggi atau hipertensi.
  6. Melon – Melon merupakan salah satu buah yang sangat menyegarkan dan enak untuk disantap. Selain itu, melon juga memiliki kandungan level potasium yang tinggi. Kandungan ini berguna untuk mencegah terjadinya darah tinggi atau hipertensi.
  7. Blewah – Blewah juga merupakan salah satu buah yang memiliki level potasium yang tinggi. Hal ini membuat buah blewah mampu untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi yang dialami.

JENIS MAKANAN LAIN;

  1. Coklat – Coklat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan yang tinggi ini mampu untuk menurunkan tingginya tekanan darah. Perlu diingat, hanya mengkonsumsi coklat pahit yang murni coklat akan menghasilkan efek yang lebih optimal bagi penyembuhan hipertensi.
  2. Yoghurt – Yoghurt merupakan produk olahan susu yang digunakan sebagai makanan pembentuk otot. Selain kadar lemak yang rendah, yoghurt juga memiliki manfaat yang sama seperti susu, yaitu dengan magnesium , kalium dan kalsium yang cukup tinggi. Hal ini membuat yoghurt akan menjadi salah satu makanan yang tepat bagi anda untuk menyembuhkan hipertensi.
  3. Susu Skim Bebas Lemak – Susu skim memiliki kandungan kalsium dan Vitamin D yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, kadar lemak yang rendah akan membantu mengurangi tingginya kadar lemak pada tubuh juga. Hal ini memungkinkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah karena lemak pun berkurang.
  4. Ikan Salmon – Kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi pada ikan salmon dapat membantu untuk menyembuhkan darah tinggi. Ikan salmon dapat menjadi pilihan utama, sebagai konsumsi sehari hari yang menyehatkan.
  5. Oatmeal – Produk olahan gandum memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh, terutama kesehatan jantung dan kelancaran peredaran darah. Salah satunya adalah oatmeal, yang bisa dikonsumsi untuk sarapan dan dapat mencegah terjadinya hipertensi.
  6. Roti Gandum – Roti gandum merupakan salah satu hasil olahan gandum yang patut dimasukkan dalam daftar makanan sehari-hari. Seperti produk gandum lainnya, roti gandum mampu mencegah terjadinya darah tinggi.
  7. Minyak Zaitun – Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan dapat digunakan untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini juga dapat digunakan untuk menjaga tekanan darah.


Jika pengobatan tekanan darah tinggi anda disertai dengan diet hipertensi, disiplin dalam hal makanan dan tidak lupa olahraga yang rutin bisa dipastikan tubuh anda akan terbebas dari tekanan darah tinggi dan juga penyakit-penykit lainnya dan andapin akan menikmati tubuh tang sehat serta bugar.

SEKIAN DARI KAMI & SEMOGA BERMANFAAT
SALAM SEHAT DARI KAMI  www.seh4t.com  TERIMA KASIH
Previous Post
Next Post

0 komentar: