Selasa, 18 April 2017

Obat Generik Tekanan Darah Rendah Agar Mencapai Tensi Angka Normal

Tekanan darah rendah umumnya gejalanya mata berkunang-kunang , kebanyakan berdiri lama-lama jadi pusing dan pingsan pada akhirnya. Umumnya tekanan darah seseorang dikatakan normal apabila tekanan darahnya kurang dari 140/90 mmhguntuk usia di bawah 60 tahun. Dan 150/90 mmHg untuk yang usia nya diatas 60 tahun. Bila tekanan darah kita turun dari 100 mmHg menjadi 80 mmHg turun sekitar 20 mmHg maka itu berbahaya gejala yang akan kita rasakan berupa pusing, dan bahkan bisa sampai pingsan karena pasokan darah ke otak berkurang.

tekanan darah

Untuk itu pada kesempatan kali ini akan di jelaskan mengenai obat generik apa saja yang dapat di gunakan untuk mengobati tekanan darah rendah. Berbagai obat tekanan darah rendah banyak jenisnya dapat kita peroleh di apotek. Tapi sebelum membahas lebih jauh mengenai obat generik apa saja yang bisa di gunakan untuk mengobati tekanan darah rendah maka kita akan menjelaskan bagaimana darah rendah itu bisa terjadi. Biasanya tekanan darah diketahui berdasarkan 2 parameter yaitu tekanan jantung ketika menghisap dan memompa darah .

Tekanan darah di sebut dengan tekanan darah sistolik ketika tekanan keatas pembuluh arteri akiat dari denyutan jantung sedangkan satu lagi di sebut tekanan diastolik yaitu tekanan pada saat jantung sedang beistirahat diantara pemompaan. Untuk tekanan sistolik nilai normalnay biasanya berkisar 110-120 mmHg dan untuk tekanan diastolik normalnya berkisar antara 70 mmHg. Sehingga bisa dapat di simpulkan seseorang tekanan darahnya normal apabila berkisar 120/70 mmHg.


Tekanan darah rendah merupakan keadaan seseorang ketika kurang dari ukuran normal nya. Biasanya tekanan darah rendah bervariasi namun umumnya seseorang bisa di sebutkan menderita tekanan darah rendah apabila tekanan darah nya pada angka 90/60mmHg

Gejala dan jenis hipotensi

Sebelum kita membahas mengenai obat tekanan darah rendah agar darah nya kembali ke kondisi normal alangkah baik nya kita harus mengetahui dulu gejala-gejala apa saja kalau kita menderita tekanan darah rendah dan jenis-jenis tekanan darah rendah itu sendiri. Tekanan darah rendah menyebabkan darah tidak bisa mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh, jika suplai darah berkurang maka berakibat pada bagian –bagian tubuh yang lain seperti jantung, ginjal dan juga paru-paru sehingga menyebabkan organ-organ itu terganggu dan kesehatan menjadi semakin terganggu. Jenis-jenis hipotensi antara lain :

a. Hipotensi post prandial

Tekanan darah ini terjadi ketika seorang makan dengan porsi yang besar, ini menyebabkan darah turun ke lambung sebagai respon dari makanan yang masuk ke lambung, hal ini menyebabkan tekanan darah turun secara tiba-tiba. Pada orang yang sedang sehat kejadian itu tidak akan terjadi tetapi pada orang yang memiliki gangguan saraf seperti pada penyakit Parkinson, ini menyebabakan penderitanya pusing bahkan sampai pingsan juga oleh karena itu penderita Parkinson harus selalu makan jangan cepat-cepat melainkan harus perlahan-lahan sedikit demi sedikit.

b. Hipotensi ortostatik

Hipotensi ini terjadi karena perubahan posisi tubuh , misalnya dari posisi duduk ke berbaring ataupun sebaliknya dari posisi bebaring ke duduk penyebabnya ini berasal kurang cepatnya tubuh untuk mengatur tekanan darah saat terjadi perubahan posisi tubuh. Hipotensi ini terjadi pada semua usia namun kebanyakan terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut.

c.syok

 Penderita tekanan darah ini akan mengalami syok dikarenakan tekanan darah turun sangat rendah hal ini menyebabkan jantung ginjal otak tidak mendapatkan suplai darah yang cukup yang pada akhirnya menyebabkan organ – organ itu tidak berfungsi dengan baik. (baca juga : Berapa Tekanan Darah Normal Manusia Pria Dan Wanita Serta Ibu Hamil)

d. Hipotensi dipengaruhi oleh syaraf, tekanan darah ini terjadi akibat berdiri yang terlalu lama, merasa pusing yang banget, lemas, lelah dan merasa nyeri pada bagian perut, dapat juga terjadi saat kita merasa sedih, kurang nyaman, ataupun merasa ketakutan inilah yang menyebabkan tekanan darah rendah pada tipe ini.

Sebagian orang tekanan darah rendah merupakan tanda adanya gangguan kesehatan yang serius gejala tekanan darah antara lain : pusing, pucat, muntah, badan terasa lemah, lemas, napas sesak
Obat yang bisa digunakan untuk obat darah rendah antara lain :

1. Fludrocortisone

Obat yang dapat di gunakan untuk penderita tekanan darah rendah agar normal kembali tekanan nya obat ini di gunakan sebagai terapi yang berfungsi sebagai pengganti insufisiensi, dan juga adrenokortikal baik itu sekunder ataupun primer juga untuk penyakit Addison selain itu obat ini memilikiretensi garam oleh sebab itu obat ini bisa menaikkan tekanan darah rendah agar normal kembali.
tekanan darah


2. Adrenalin (efinetrin)

Salah satu obat yang di gunakan untuk mengobati tekanan darah rendah lainnya yaitu obat efinetrin yang berfungsi dapat cepat dalm menaikkan tekanan darah. Cara kerja obat ini membuat pembuluh darah mengalami vasokontriksi yang menyebabkan tahanan prifer naik menjadikan darah juga naik efek dari obat ini sangatlah cepat sehingga cocok untuk menangani syok karena bisa menaikkan darah dengan cepat.
tekanan darah

3. Cafedrine HCL /Theodrenalin (Akrinor)

Obat ini bisa di gunakan untuk hipotensi karena obat ini bekerja untuk menaikkan denyut jantung dann tidak mempengaruhi frekuensi dari denyut jantung menyebabkan tekanan darah ini menjadi naik kembali.
tekanan darah


4. Midodrine (Oryaten)

Obat hipotensi selanjutnya adalah midodrine. Obat ini membuat kemampuan arteri menurun untuk melakukan vasodilatasi hal ini membuat tekanan darah menjadi naik. Midodrine juga di guanakan untuk penderita hipotensi ortostatik.

tekanan darah

5. Heptaminol

Obat hipotensi berikutnya yaitu heptaminol obat ini mempunyai kemampuan menaikkan kemampuan denyut jantung serta frekuensi denyut jantung makanya obat ini di gunakan untuk menaikkan tekanan darah rendah agar kembali normal lagi.

tekanan darah


Itulah obat generic yang dapat di gunakan untuk menaikkan tekanan darah rendah agar kembali ke kondisi yang normal sehinggakitabisa sehat kembali dan tidak merasa pusing mual, ataupun pingsan secara tiba-tiba. Selain obat – obatan di atas juga bisa menggunakan pengobatan lainnya misalnya menggunakan beberapa minuman seperti kopi bisa di gunakan sebagai obat hipotensi karena dapat memperbaiki tekanan darah. Dikarenakan kafein yang ada dalam kopi ada stimulasi jadi bisa mempengaruhi tekanan darah. baca juga : ciri darah rendah anemia dan obat untuk cara mengatasinya 

Selain cara di atas anda juga bisa melakukan cara lain bila penyebab tekanan darah nya tidak di ketahui dengan jelas di usahakan untuk meningkatkan tekanan darahnya dan mengurangi gejala yang dapat menimbulkan tekanan darah rendah. Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan semoga ilmu ini bermanfaat dan dapat mengobati tekanan darah rendah dengan mengkonsumsi obat-obatan generik yang sudah disebutkan diatas. Selain konsumsi yang lebih baik adalah bagaimana caranya agar tekanan darah itu tidak muncul lagi karena sebagaimana pepatah bilang mencegah lebih baik dari pada mengobati salam
www.seh4t.com

Previous Post
Next Post

0 komentar: