Minggu, 23 April 2017

Berapa Tensi Darah Rendah, Penyebab Dan Bahaya Akibatnya


Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang berapa tensi darah yang di kategorikan ke dalam tekanan darah rendah. banyak orang yang bertanya tekanan darah pada angka berapa yang disebut darah rendah apa penyebabnya serta bahaya yang di akibatkan akibat darah rendah itu apa saja.
baca juga :akibat, ciri2, obat tekanan dan gula darah rendah alami 
Umumnya tekanan darah di anggap rendah apabila kurang atau sama dengan 90/60 mmHg. Normalnya tekanan darah ada pada angka 120/80 mmHg. Penjelasannya angka 90 yang ada di atas di sebut dengan sistolik dan angka 60 yang posisi nya di bawah menunjukkan diastolik. Sistolik merupakan tekanan saat jantung sedang memompa darah. Sedangkan diastolik tekanan jantung saat posisi sedang istirahat 
tensi daarah rendah

Walupun begitu ada juga ukuran tekanan darah rendah yang berbeda bagi sebagian orang lainnya ada yang memiliki tekanan darah nya berkisar sekitar 100/80 mmHg ada juga yang berkisar 110/90 tapi pada kisaran angka segitu tidak menimbulkan gejala sehingga kebanyakan menganggap nya biasa dan dalam kondisi normal dan tidak menimbukann pengaruh yang sangat berarti bagi tubuh. Bila kondisi ini tidak segera di atasi bukan tidak menutup kemungkinan akan menjadi parah dan juga di dukung oleh faktor yang mengakibatkan menurunnya tekanan darah misalnya seperti kurang tidur, kelelahan dalam melakukan berbagai kegiatan, istirahat yang kurang menstruasi yang darah nya keluar berlebihan keringat yang banyak namun sedikit minum menjadikan darah akan mencapai pada ambang rendah 90/60 mmHg.

Penyebab darah rendah

Tiap penyakit pasti ada penyebabnya termasuk darah rendah. berikut ini akan di jelaskan mengenai penyebab darah rendah :

a. Kurang nya volume darah. Akibat kurang nya volume darah yang di sebabkan oleh luka yang mengalami pendarahan seperti luka robek, menstruasi yang berlebihan, akibat buang air kecil yang berlebihan, keringat berlebih

b. Diare yang tidak langsung di atasi (baca juga : ciri darah rendah anemia dan obat untuk cara mengatasinya )

c. Pembuluh darah yang melebar menyebabakan menurunnya tekanan darah ini biasanya muncul akibat syok skeptik obat-obatan yang mengandung penghambat kalsium, nitrat

d. Kurang nya aktivitas pemompaan darah dari jantung. Ini mengakibatkan tekanan darah rendah karena semakin tinggi darah yang di pompa jantung setiap menitnya maka akan semakin tinggi tekanan darah. Orang yang mengalami penyakit jantung biasanya berakibat pada irama jantung yang tidak normal dan lancar , kelainan atau kerusakan fungsi otot jantung, penyakit pada katup jantung selain itu penyebab tensi darah rendah juga karena gangguan hormone endokrin anemia keturunan atau fartor gen kekurangan cairan atau dehidrasi dan lain-lain


Setelah mengetahui penyebab tensi darah rendah selanjutnya akan di berikan informasi mengenai bahayanya darah rendah antara lain :

1. Kepala pusing

Bahaya yang pertama akibat tensi darah rendah adalah menyebabkan penderita merasa kepalanya sering pusing dan merasa sakit kepala pada orang yang menderita darah rendah. pusing ini disebabkan oleh pasokan darah dan juga asupan darah juga oksigen yang akan menuju otak sedikit atau berkurang dengan sangat drastis hal ini menyebabakan otak menjadi tidak lancar dalam bekerja dan aktivitasnya terganggu sehingga berdampak pada timbulnya rasa pusing di kepala dan juga rasa sakit pada kepala yang cukup sering pada penderita darah rendah atau hipotensi.
tensi daarah rendah


2. Jantung selalu berdebar

Bahaya selanjutnya dari tensi darah rendah yang sering muncul adalah menyebabkan bagian organ jantung berdetak tidak normal jadi lebih cepat jauh dari biasanya sehingga terasa pada diri penderintanya jantung nya berdebar. Tekanan darah rendah ini mengakibatkan jantung di paksa untuk bekerja dengan lebih cepat dan juga bekerja lebih kuat lagi efek dari kerja jantung tersebut adalah jantung menjadi selalu berdebar dan cepat lelah biasa kita sebut dengan istilah degdegan. Sering kali keadaan jantung yang selalu berdebar ini sering juga berhubungan dengan peyebab hb jadi rendah, gejala sakit jantung, dan juga jenis-jenis penyakit jantung.

3. Penglihatan mata kita menjadi kabur
tensi daarah rendah

Bahaya tensi darah selanjutnya adalah terjadi pada bagian mata kita, dimana fungsi mata untuk melihat menjadi kurang maksimal menyebabkan penderita darah rendah penglihatan matanya menjadi kabur, ketika penderita darah rendah penyakitnya kambuh maka yang akan terjadi yaitu terganggu nya penglihatan menjadi kabur ini membuat penderita susah mengetahui kondisi yang ada di depannya karena penglihatan matanya menjadi kabur dan sulit untuk mengetahui apapun yang ada didepannya. Selain karena tekanan darah yang rendah penglihatan mata menjadi kabur juga bisa disebabkan oleh timbulnya tanda mata minus, terus tandanya mata menjadi katarak, juga munculnya gejala diabetes melistus.

4. Kurngnya konsentrasi dan fokus

Bahaya akibat dari tensi darah rendah selanjutnya adalah menurunnya konsentrasi dan juga fokus pada penderitanya. Kejadian ini di sebabkan karena kurangnya pasokan darah juga oksigen pada otak yang optimal sebagai akibat dari darah nya yang rendah.dengan menurunnya pasokan suplai darah dan juga oksigen pada otak menyebabjan konsentrasi menjadi berkurang selain konsentrasi fokus pun menjadi berkurang pada penderita darah rendah.

5. Sering lemah dan lemas

Ini yang sering terjadi pada penderita tensi darah rendah bahaya dari darah rendah ini mengakibatkan penderitanya sering merasa lemah dan lemas ini terjadi akibat kurang nya suplai darah ke seluruh tubuh yang tidak lancar dan kurang maksimal selain akibat pasokan darah yang kurang maksimal juga akibat kurang nya pasokan oksigen yang menyebabkan munculnya rasa lemah dan lemas pada penderitanya.

6. Sirkulasi darah jadi tidak lancar dan buruk

Bahaya dari adanya darah rendah selanjutnya adalah menyebabkan sirkulasi darah tidak lancar dan ini bisa dikatakan sirkulasi darah menjadi buruk. Bahaya dari sirkulasi darah yang tidak lancar menyebabkan daya tahan tubuh menjadi menurun dan juga imunisasi tubuh jadi menurun. Akibatnya kalau daya tahan dan imunisasi tubuh berkurang menyebabkan tubuh mudah terserang berbagai macam penyakit baik itu penyakitnya ringan maupun penyakit yang berat.

7. Gangguan pada organ tubuh yang lain

Karena organ jantung kerjanya tidak lancar maka bahaya yang lain dari tensi darah rendah menyebabkan terganggunya organ-oragn yang lain dalam tubuh seperti organ hati, ginjal, paru-paru dan juga otak .dan bila hal ini tidak segera di obati maka dalam waktu yang lama akan mengakibatkan gagalnya fungsi oragn tertentu, misalnya menyebabkan kegagalan fungsi pad ginjal, bisa juga pada jantung dan yang sudah parah dapat menyebabkan penderitanya berakhir dengan kematian.
baca juga :kumpulan buah untuk darah rendah yang baik menaikkan tensi darah 

Selain itu pun dengan adanya tensi darah rendah maka kinerja beberapa organ pada tubuh kita menjadi tidak lancar dan bekerja kurang optimal karena suplai darah dan juga oksigen berkurang pada organ-organ itu.


Itulah informasi yang bisa di sampaikan mengenai berapa ukuran tensi darah rendah, penyebab dan juga bahayanya apabila darah kita rendah semoga kita bisa selalu menjaga kesehatan dan membiasakan diri untuk selalu hidup sehat salam www.seh4t.com


Previous Post
Next Post

0 komentar: