Selasa, 30 Mei 2017

Cara Mengatasi Batuk Berdahak Berlendir Secara Alami

Cara Mengatasi Batuk Berdahak Berlendir Secara Alami

www.seh4t.com -Batuk merupakan salah satu penyakit yang paling umum dan paling sering menyerang siapa saja, apalagi pada musim hujan maupun musim pancaroba. Apapun jenis batuknya, baik itu batuk karena flu, batuk kering, maupun batuk berdahak, pasti sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman, beraktivitas tidak maksimal, beristirahat tidak nyenyak. Pada umumnya, batuk terjadi karena ada sesuatu benda asing yang umumnya berupa debu atau kuman yang merangsang selaput lendir di tenggorokan.
Cara Mengatasi Batuk Berdahak Berlendir Secara Alami
Hal ini yang kemudian membuat rasa gatal dan benda asing tersebut ingin dikeluarkan oleh tubuh dengan cara batuk. Untuk menghilangkan batuk, banyak cara yang bisa dilakukan. Banyak merk obat batuk baik sirup maupun tablet yang tersedia di toko dekat rumah. Namun, mengobati batuk secara alami lebih disarankan karena lebih aman tanpa efek samping pada kesehatan, juga tidak perlu biaya mahal.

Pengobatan batuk berdahak banyak dicari oleh masyarakat luas hal itu dikarenakan saat ini virus bertebaran dimana mana. Tidak mengereankan saat ini banyak orang yang mudah terkena virus mengingat iklim dan cuaca yang semakin ekstrim. Oleh sebab itu untuk berjaga-jaga, sebaiknya kita melindungi diri kita dari serangan virus ini agar tubuh tidak mudah sakit. Batuk sendiri merupakan penyakit umum yang pernah dialami oleh masyarakat luas. Yang harus diingat adalah pengobatan batuk dibedakan menjadi dua macam yaitu batuk kering dan juga abtuk berdahak.

Orang yang mengalami batuk kering tidak bisa disembuhkan dengan batuk berdahak begitupula dengan orang yang mengalami batuk berdahak tidak bisa disembuhkan dengan batu kering. Yang akan dibahas dalam artikel ini adalah Cara Mengatasi Batuk Berdahak . Batuk berdahak sendiri merupakan batuk yang di dalam tenggorokan terdapat riak atau dahaknya. Berikut ini adalah cara mengobati batuk berdahak yang bisa anda lakukan :
  • Menggunakan Jahe
Walau diketahui adanya efek samping jahe, tetap saja rempah satu ini tak diragukan lagu akan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Di tenggorokan pun jahe ini begitu menyegarkan walau rasanya pedas, tapi justru itulah efek yang mampu melegakan. Olahan jahe selalu tepat untuk dijadikan obat batuk berdahak maupun kering.

Caranya:
  1. Siapkan 12 irisan jahe yang 
  2. Kemudian direbus hingga mendidih bersama air sebanyak 3 gelas. 
  3. Didihkan selama ¼ jam saja yang 
  4. Kemudian bisa Anda angkat lalu saring. 
  5. Bila ingin, tambahkan juga madu sesendok makan dan juga perasan lemon secukupnya, lalu minumlah selagi masih hangat. 
Kandungan dekongestan serta antihistaminnya akan membantu batuk berdahak pulih lebih cepat.
  • Jeruk Nipis
Sudah bukan rahasia lagi bahwa jeruk nipis memiliki khasiat tersendiri dalam menyingkirkan batuk berdahak. Batuk berdahak terjadi karena ada peradangan pada lapisan lender di saluran pernafasan. Namun ada beberapa pula batuk berdahak yang disebabkan oleh bakteri atau virus seperti tuberculosa, influenza dan campak. Untuk mengobati batuk berdahak, jeruk nipis bisa digunakan dengan mencampurkan beberapa air perasannya dengan sesendok kecap manis.

Bagi yang tidak suka kecap, air perasan jeruk nipis bisa dicampur dengan madu. Minum air perasan jeruk nipis dan kecap atau madu setidaknya 2-3 kali sehari. Cara lain untuk mengatasi batuk dengan jeruk nipis adalah, satu buah jeruk nipis diberi kapur sirih dan gula secukupnya. Caranya, belah jeruk nipis menjadi dua bagian, bagian yang terbelah dibalur dengan kapur sirih, diamkan sejenak. Kemudian kulit luar jeruk dibakar hingga berbuih, peras jeruk tersebut dan tambahkan sedikit gula batu. Setelah tercampur rata, minumlah air perasan tersebut.
  • Belimbing Wuluh
Cara Mengatasi Batuk Berdahak Berlendir Secara Alami
Belimbing Wuluh
Cara menghilangkan batuk berdahak lainnya adalah dengan menggunakan beimbing wuluh. Semua orang pasti tahu seperti apa belimbing wuluh itu. Belimbing wuluh merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi. Selain bisa meningkatkan sistem imun, belimbing wuluh ini pun bisa berguna untuk mengobati batuk berdahak ang membandel. Yang digunakan untuk mengatasi batuk berdahak adaah bagian bunga belimbing wuluh. Cara mengatasi batuk berdahak menggunakan bunga belimbing wuluh adalah sebagai berikut ini :
  1. Ambil satu genggam bunga belimbing wuluh.
  2. Campurkanlah beberapa genggam belimbing wuluh menggunakan beberapa butir adas.
  3. Setelah ditambahkan dengan butir adas, anda bisa menambahkan gula dan secangkir air hangat.
  4. Tiriskanlah sampai air berubah menjadi hangat.
  5. Setelah itu minumlah ramuan tersebut sebanyak tiga kali dalam sehari. Mengkonsumsi ramuan itu secara rutin bisa digunakan untuk meringankan batuk berdahak yang dialami
  • Daun Sirih
Menderita batuk berdahak tentu saja sangat mengganggu aktifitas keseharian anda yang padat dan memiliki mobilitas yang tinggi. Penyembuhan batuk berdahak harus segera dilakukan untuk mencegah batuk semakin parah dan agar anda bisa menjalani keseharian sebagaimana mestinya. Batuk berdahak ternyata tak hanya bisa diobati dengan obat-obatan yang diproduksi oleh pabrik namun bisa juga diobati dengan bahan-bahan tradisional, salah satunya dengan daun sirih. Cara menggunakannya, rebus daun sirih secukupnya dengan beberapa iris jahe. Minum air rebusan daun sirih dan jahe minimal sekali sehari agar tubuh tetap sehat dan hangat.
Baca,' artikel Jawaban yang tepat pertanyaan Anda Terkait masalah Batuk : Bagaimana Cara Mengobati Batuk Secara Alami Yang Tidak Berdahak? Klik ini dia Jawabannya !
  • Kemudian Dengan Menggunakan Daun Asam muda
Cara mengobati batuk berdahak lainnya adalah dengan menggunakan daun asam muda. Mungkin cara satu ini tidak diketahui oleh banyak orang namun siapa sangka jika mengobati batuk berdahak menggunakan daun asam muda merupakan cara yang efektif dan bisa anda coba. Sayangnya saat ini sulit untuk menemukan pohon asam terutama di kota-kota besar. Jika di pedesaan mungkin pohon asam lebih mudah untuk dijumpai. Cara mengatasi batuk berdahak menggunakan daun asam muda ini adalah sebagai berikut ini :
  1. Ambil daun asam yang masih muda sebanyak setengah genggam.
  2. Setelah anda mengambil satu genggam daun asam muda, anda bisa mencampurkannya dengan daun saga manis Tidak hanya itu saja, anda juga bisa mencampurkannya dengan kayu manis dan gula batu secukupnya.
  3. Tambahkan dua gelas air. Rebuslah ramuan tersebut sampai airnya benar-benar mendidih.
  4. Saat air mendidih, sisakanlah air rebusannya menjadi setengah gelas saja.
  5. Saring, kemudian tunggu sampai air rebusan berubah menjadi hangat. gampang kan?
  6. Saat air sudah berubah hangat, anda bisa mengkonsumsinya sebanyak dua kali dalam sehari agar batuk berdahak anda bisa segera diatasi selamat mencoba guys
  • Qnc Jelly Gamat
Cara Mengatasi Batuk Berdahak Berlendir Secara Alami
Mengatasi Batuk Berdahak
Cara ini merupakan solusi yang paling tepat. Untuk anda yang ingin kesembuhan secara tuntas, cepat dan aman QnC Jelly Gamat ini mampu memberikan solusinya. QnC Jelly Gamat yang khusus diracik dari bahan herbal alami pilihan sudah terbukti ampuh mengobati batuk berdahak dengan cepat. Selain itu orang yang mengonsumsi tidak akan dibuat repot, karena QnC Jelly Gamat sangat mudah dan aman dikonsumsi.

Pada proses pembuatan herbal QnC Jelly Gamat bahan utama yang digunakan yaitu teripang emas yang kaya akan nutrisi dan manfaat bagi kesehatan tubuh. Gamapeptide yang terkandung didalamnya mampu mengobati peradangan/luka, meringankan rasa nyeri dan mempercepat proses penyembuhan batuk berdahak.

Khasiat QnC Jelly Gamat untuk Mengobati Batuk Berdahak
  1. Mengobati batuk berdahak secara tuntas.
  2. Mencegah atau menumpas infeksi bakteri dan virus yang ada dalam tubuh.
  3. Membersihkan lendir dalam tenggorokan.
  4. Meredakan gejala batuk berdahak.
  5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  6. Meningkatkan napsu makan.

  • Sicantik Bunga Mawar
Selama ini bunga mawar da air mawar dipercaya berkhasiat untuk kecantikan dan kesehatan manusia. Rendaman air mawar bisa membuat wajah menjadi cerah berseri dan kulit kusam menjadi hilang. Namun siapa sangka jika air mawar ini bisa digunakan untuk mengatasi batuk berdahak yang anda alami. Berikut ini adalah cara mengatasi batuk berdahak menggunakan bunga mawar yang bisa anda coba di rumah :
  1. Ambil bunga mawar segar yang masih berkelopak sebanyak 10 gram.
  2. Tim bunga mawar itu menggunakan air secukupnya.
  3. Tambahkan gula batu sesuai selera.
  4. Anda bisa meminum air mawar itu sebanyak dua kali dalam sehari.
  5. Air mawar yang wangi bisa membuat dahak di tenggorokan anda menjadi encer dan bisa dikeluarkan dengan lancar.

  • Lada Putih
Jika pada cabai kita dapat menemukan adanya kandungan capsaicin, maka lada putih pun juga memilikinya di mana kandungan tersebut bersifat anti inflamasi. Lada putih pun dapat menjadi bahan yang berguna dalam membantu menurunkan berat badan. Tapi ternyata lada putih pun bagus dalam mengobati batuk jenis berdahak.

Caranya:
  • Lada putih dapat disiapkan dan dicampurkan ke teh madu. 
Minuman ini adalah obat tradisional ampuh yang bisa Anda andalkan ketika batuk berdahak terus mengganggu. Karena sensasinya yang panas, lada putih bakal memberikan rangsangan terhadap dahak dan mengubahnya menjadi lebih cair. Lendir pun akan mudah dikeluarkan di mana hal ini otomatis menjadikan batuk lebih cepat pulih.
  • Kacang Almond
Tentu anda merasa heran mengapa kacang almond bisa digunakan untuk mengatasi batuk. Kacang Almond memang selama ini berkhasiat untuk mengatasi gangguan kesehatan yang ada di dlama tubuh manusia. Selama ini kacang almond dipercaya bisa digunakan untuk mencegah serangan jantung dan berbagai macam penyakit lainnya. Namun tahukah anda jika kacang almond ini juga bermanfaat untuk mengatasi batuk berdahak yang akut?, beriku ini adalah cara mengobati batuk berdahak menggunakan kancang almond Berikut caranya :
  1. Sediakanlah sebanyak 8 butir kacang almond.
  2. Rendamlah akcang almond itu di dalam air selama 12 jam. 
  3. Anda bisa menunggunya sambil tidur malam hari.
  4. Tiriskan kacang almond, setelah itu anda bisa menumbuk kacang almond itu agar kacang almon menjadi lembut dan halus.
  5. Tambahkan mentega sebanyak satu sendok makan teh. Ingat, yang dicampurkan di kacang almond adalah mentega. Bukan magarin. 
  6. Anda harus mengetahui perbedaan mentega dan margarin.
  7. Setelah itu campurkan agar kacang almond dan mentega itu bsa tercampur secara merata.
  8. Konsumsilah pasta tersebut sebanyak empat kali dalam sehari. Jangan berhenti mengkonsumsi pasta tersebut jika batuk anda belum benar-benar hilang dari dalam tenggorokan anda.

  • Kencur
Kencur juga berperan penting daam mengatasi batuk berdahak. Rasa pedas dan hangat yang ada pada kencur dipercaya bisa digunaka untuk mengencerkan dahak yang ada di tenggorokan. Cara mengatasi batuk berdahak menggunakan kencur adlaha sebagai berikut ini:
  1. Siapkan kencur secukupnya, cuci bersih kemudian kupas. Setelah dikupas anda bisa memarutnya.
  2. Peras kencur tersebut, kemudian masukkan air perasannya ke dalam panci.
  3. Siapkan sebanyak 10 gram daun beimbing dan 5 gram temugiring.
  4. Rebus semua bahan-bahan tersebut menggunakan dua gelas air.
  5. Sisakan setengahnya kemudian minum saat dingin sebanyak dua kali dalam sehari.
Kesimpulan
Agar terhindar dari batuk Berdahak, Anda dapat melakukan berbagai langkah pencegahan. Langkah pencegahan tersebut antara lain yaitu dengan menghindari paparan debu, asap rokok, dan asap udara (dengan memakai masker), menghindari makanan atau minuman yang dapat mengiritasi saluran pernafasan (misalnya gorengan, minuman dingin/es, dan minuman bersoda), menghindari kebiasaan merokok, serta selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan untuk menghindari masuknya kuman penyakit.
Baca Juga Ini : Obat Batuk Yang Ampuh Dan Mujarab Sekali Untuk Dewasa
Selain itu tingkatkan daya tahan tubuh dengan berolahraga secara teratur, asupan cairan yang cukup, dan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Selalu alokasikan waktu istirahat yang cukup dan ciptakan pikiran yang tenang agar terhindar dari stres. Jika batuk kering yang Anda alami berlangsung lama dan sukar sembuh maka konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut, sebab pada beberapa kasus batuk kering juga dapat diakibatkan karena gejala dari penyakit lain yang berlangsung secara kronis.
Sekian Artikel tentang Cara Mengatasi Batuk Berdahak Berlendir Secara Alami semoga bermanfaat. salam dari kami www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: