Senin, 29 Mei 2017

Bagaimana Cara Mengobati Batuk Secara Alami Yang Tidak Berdahak?

Bagaimana Cara Mengobati Batuk Secara Alami Yang Tidak Berdahak

www.seh4t.com -Batuk kering merupakan jenis batuk yang sedikit atau tidak memiliki dahak. Batuk kering dapat terjadi pada siapa saja. Umumnya, batuk kering terjadi karena adanya kuman dan bakteri di dalam tenggorokan. Kuman dan bakteri tersebut menyebabkan rasa gatal dan tidak nyaman sehingga penderita biasanya akan memaksa tenggorokan agar batuk.

Pada beberapa kasus, penderita batuk kering tidak hanya batuk-batuk, namun ia juga akan mengalami gangguan pada rongga pernafasan, gangguan selera makan, sakit kepala dan sebagainya. bahkan, orang yang terus memaksakan batuk mungkin juga bisa batuk darah jika batuk kering yang dialaminya disertai dengan darah.

Bagaimana Cara Mengobati Batuk Secara Alami Yang Tidak Berdahak? -Untuk mendapatkan obat batuk kering tradisional sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Batuk termasuk salah satu penyakit yang umum terjadi, baik itu berupa batuk kering maupun batuk berdahak, sehingga referensi apa saja obat tradisional untuk mengatasinya sangatlah penting. Obat batuk secara tradisional ini merupakan obat yang terdiri dari bahan-bahan alami yang disediakan oleh alam dan biasanya resepnya diwariskan secara turun-temurun dari nenek moyang dan terbukti efektif untuk mengatasi batuk. Obat tradisional ada yang ditemukan berdasarkan pengalaman dan ada juga yang sudah diteliti secara klinis oleh ahli dan dijadikan sebagai bahan obat batuk yang sudah dipatenkan.

Batuk kering biasanya ditandai dengan batuk yang terjadi secara sering (terus-menerus), menimbulkan rasa gatal atau sakit di tenggorokan, dan biasanya berlangsung lama (susah sembuh). Batuk kering dapat dibarengi dengan gejala lainnya seperti demam, pilek, pusing, atau nyeri otot. Terjadinya batuk kering ini dapat diakibatkan karena berbagai faktor. Faktor tersebut antara lain yaitu karena paparan debu, polusi udara, alergi, asap rokok, adanya benda asing di saluran pernafasan, konsumsi makanan yang dapat mengiritasi saluran pernafasan, dan dapat pula akibat stres. Batuk kering juga dapat disebabkan karena infeksi kuman, seperti batuk kering akibat influenza, Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), bronkhitis, maupun TBC. Lihat penjelesannya di bawah ini secara detile tentang apa saja penyebab batuk kering.

Inilah Dia Faktor Penyebab Timbulnya Penyakit Batuk Kering atau Batuk Tidak berdahak

  •  1. Yang Menyebabkan Batuk Kering Adalah TBC
Selain itu semua, hal yang menyebabkan batuk kering adalah TBC, karena tanda dari TBC adalah batuk kering. Dan penyakit TBC pun berkaitan langsung dengan paru-paru dan kegagalan salahs atu fungsinya sehingga menyebabkan paru-paru mengalami TBC. TBC disebabkan karena adanya virus atau bakteri yang menyerang paru-paru.

Penyebab-penyebab batuk kering ini perlu diketahui, terutama pada point ke 9, ketika sedang batuk kering perlu diwaspadai, karena ditakutkan itu akan menyebabkan penyakit TBC yang sangat berbahaya bagi kehidupan. Selain penyebab ada hal yang perlu diketahui juga yaitu tentang batuk kering.
  • 2. Infeksi Saluran Pernafasan
Infeksi pada saluran pernafasan dapat menyebabkan batuk kering, batuk kering biasa terjadi ketika habis tersedak atau ketika bagian pernafasan terkena virus-virus atau asap-asap baik itu asap polusi ataupun asap yang disebabkan karena asap rokok. Saluran pernafasan memang perlu dijaga dengan baik, jangan sampai menimbulkan banyak pnyakit lian pada saluran pernafasan. Infeksi saluran pernafasan pun dapat menyebabkan sesak nafas yang akan membuat sulit dalam melakukan pernafasan, dan tentu hal ini pun akan menggangu aktivitas dalam melakukan segala sesuatu atau dalam menyelesaikan tugas. Menjaga kesehatan memang perlu termasuk pada memilih lingkungan sehat atau menggunakan masker saat berpergian agar tidak terkena polusi.
  • 3. Rokok
Rokok memang tidak baik, sudah banyak yang mengulas mengenai bahaya merokok sehingga merokok memang harus dihindari. oleh sebab itu rokok harus dihindari agar tidak menyebabkan batuk kering. Baik yang merokok maupun yang menghirup asap rokok secara langsung. Untuk itu hindarilah sebisa mungkin menghirup asap rokok yang berada disekitar anda, merokok pun merupakan gaya hidup tidak sehat. Selain rokok menjadi penyebab batuk kering, ternyata rokok juga memiliki bahaya rokok bagi jantung manusia.
  • 4. Alergi
Alergi dapat menyebabkan batuk kering muncul. Banyak alergi yang menyebabkan batuk kering terutama alergi dingin, biasanya seorang yang memiliki alergi dingin ini akan sering bersin dan sering batuk batuk ketika mengalami kedinginan, oleh sebab itu seorang yang memiliki alergi dingin harus hati-hati dan siap siaga dalam mengatasi kedinginannya. Ada beberapa cara mengatasi alergi dingin yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan alergi dingin yang anda rasakan saat ini.
  • 5. Debu
Debu-debu atau polusi yang ada pada lingkungan ini dapat membuat paru-paru menjadi kotor, ketika paru-paru sudah kotor, bukan tidak mungkin batuk kering akan menyerang dan melanda. Oleh sebab itu gunakan masker ketika hendak bergelut pada tempat-tempat yang kotor dan banyak debu, seperti ketika anda hendak merapikan barang-barang yang sudah lama berada dalam simpanan.
  • 6. Asma
Penyebab batuk lainnya adalah asma, dengan asma maka batuk kering pun bisa muncul begitu saja. Asma atau sesak nafas ini biasa disebabkan oleh debu atau paru-paru yang sudah kotor.
  • 7. Makanan Yang Tidak Sehat
Makanan yang tidak sehat seperti terlalu banyak makan makanan gorengan dapat menyebabkan batuk kering, paling banyak makanan yang dapat menyebabkan batuk kering adalah terllau banyak konsumsi gorengan. Oleh sebab itu porsikan secukupnya ketika hendak makan gorengan, jangan terlalu banyak makan gorengan agar tidak mengalami batuk kering ini. bagaimanapun sedini mungkin harus dapat melakukan gaya hidup sehat agar hidup dapat lebih nyaman dan aman.

Bagaimana Cara Mengobati Batuk Secara Alami Yang Tidak Berdahak

Cara Mengobati Batuk
Cara Mengobati Batuk
Menderita batuk kering tentunya sangat mengganggu aktifitas Anda. Selain itu jika menderita batuk secara terus-menerus dapat menurunkan nafsu makan, susah tidur/istirahat, dan dapat memicu timbulnya muntah. Oleh karena itu, jika menderita batuk kering maka Anda harus bergegas untuk mengatasinya. Alam telah banyak menyediakan obat yang dapat kita konsumsi dengan biaya yang murah bahkan secara gratis atau cuma-cuma. Obat batuk yang alami biasanya relatif aman bagi kesehatan karena tidak menimbulkan efek samping. Berbagai pilihan obat batuk kering tradisional yang ampuh dan aman antara lain sebagai berikut:
  • Berkumu-kumur Dengan Air Garam
Berkumur dengan air garam juga bisa membantu meringankan sakit tenggorokan dan batuk. Cara ini sangat sesuai dilakukan oleh orang dewasa yang bisa membantu mengatasi rasa tidak nyaman. Ketika garam mengenai bagian tenggorokan dan selaput lendir maka bisa membuat tenggorokan menjadi lebih nyaman dan menghilangkan peradangan. Bahkan berkumur dengan air garam juga bisa membantu mengeluarkan dahak bagi penderita batuk berdahak. Cara untuk membuat larutan ini adalah dengan mencampurkan satu sendok garam dengan segelas air hangat. Setelah itu mulai berkumur selama 15 detik untuk dengan larutan ini.
  • Mengkonsumsi Buah Nanas
Nanas mungkin bisa menjadi buah yang menyehatkan sekaligus bisa meringankan batuk. Nanas mengandung bahan aktif yang disebut sebagai bromelain. Bromelain bisa bekerja untuk mengurangi rasa mual, muntah dan batuk. Efek dari bromelain juga bisa membantu menghilangkan lendir dari saluran pernafasan. Untuk mendapatkan efek ini maka Anda bisa mengkonsumsi nanas secara langsung atau minum sirup nanas. Tapi pastikan untuk tidak memilih jenis sirup yang mengandung bahan pemanis.
  • Daun Kemangi
Daun Kemangi
Daun kemangi juga bisa menjadi salah satu daun alami yang mampu mengobati batuk. Kemangi mengandung bahan stimulan yang bisa mengatasi jenis batuk kering dan batuk berdahak. Selain itu kemangi juga bisa membuat istirahat menjadi lebih nyaman sehingga penderita batuk juga akan cukup istirahat. Efek daun kemangi yang menyegarkan bisa membuat pernafasan menjadi lebih baik. Cara menjadikan kemangi sebagai Cara mengobati Batuk adalah dengan menumbuk daun kemangi hingga halus, kemudian oleskan seperti memakai balsam untuk dada dan punggung. Efek awalnya memang akan terasa sedikit panas, tapi setelah itu akan sangat menyegarkan.
  • Air Jahe
Jahe menjadi salah satu bahan yang paling sering digunakan untuk menyembuhkan batuk. Jahe merupakan bahan alami yang mengandung bahan anti peradangan. Ini sama seperti ketika jahe bisa melawan semua efek batuk dan membuat kondisi pernafasan Anda menjadi lebih nyaman dan lega. Cara paling cepat untuk menghilangkan batuk dengan jahe adalah mengunyah beberapa potong jahe yang sudah direbus sebentar. Jika Anda merasa tidak kuat dengan rasa jahe maka bisa mencoba untuk membuat air jahe. Masukkan beberapa potongan jahe ke dalam air hangat. Setelah itu minum saat masih hangat. Jahe akan membantu tenggorokan menjadi lebih nyaman dan lega.
  • Teh Hijau
Jika Anda merasa sudah sangat lelah untuk menghadapi batuk, maka cobalah untuk minum segelas teh hijau. Teh hijau sangat baik untuk membantu melegakan pernafasan dan menghilangkan batuk. Selain itu teh hijau juga mengandung bahan antioksidan alami yang bisa membantu menjaga tubuh agar lebih sehat. Bahan antioksidan alami ini juga bisa membantu tubuh untuk melawan infeksi dari bakteri atau virus yang menyebabkan batuk. Tambahkan satu sendok madu untuk segelas teh hijau agar tubuh Anda lebih segar. Tapi perhatikan untuk tidak minum teh hijau ketika malam hari atau menjelang tidur, karena kandungan katekin bisa menyebabkan Anda sulit untuk tidur.
  • Daun Saga Dan Daun Asam
Daun saga merupakan sejenis tanaman herbal yang juga ampuh untuk mengatasi batuk kering. Cara membuat obat batuk kering tradisional dari daun saga ini yaitu siapkan satu genggam daun saga beserta tangkainya ditambah dengan satu genggam daun asam. Rebus kedua bahan tersebut pada panci berisi 3 gelas air. Rebus ramuan tersebut sampai tersisa separuhnya. Kemudian saring untuk diambil airnya dan minumlah selagi hangat. Minum ramuan ini dua kali dalam sehari maka batuk kering akan segera sembuh.
  • Belimbing Wuluh
Untuk mengobati batuk kering juga dapat menggunakan bahan dari bunga belimbing wuluh. Bahan ini juga terbukti efektif digunakan sebagai obat batuk tradisional. Cara membuatnya yaitu siapkan satu genggam bunga belimbing wuluh lalu rebus dalam satu gelas air sampai mendidih dan tambahkan madu secukupnya. Kemudian saring airnya dan minumlah secara teratur untuk menyembuhkan batuk.
  • Teh Dari Akar Manis
Beberapa jenis batuk ringan seperti karena kelelahan dan flu juga bisa disembuhkan dengan teh dari akar manis. Akar manis merupakan tumbuhan khusus yang sering digunakan sebagai bahan herbal untuk menyembuhkan batuk. Akar manis mengandung senyawa yang bisa membuat pernafasan menjadi lebih lega dan membuat rasa gatal di tenggorokan juga hilang. Anda mungkin pernah mendengar nama lain akar manis yaitu liquorice. Bahan ini sering digunakan untuk membuat permen pelega tenggorokan. Untuk membuat teh akar manis maka Anda bisa merebus bahan akar manis yang sudah dibersihkan dengan air minera. Setelah mendidih maka tuang dalam gelas atau cangkir dan campurkan dengan satu sendok madu.
  • Minum Banyak Air Putih
Cara Mengobati Batuk
Cara Mengobati Batuk
Ketika batuk maka biasanya ada sebagian air yang keluar dari tubuh. Batuk juga membuat tubuh menjadi semakin lemah karena kehilangan tenaga untuk batuk. Saat batuk maka badan menjadi tidak nyaman karena mengeluarkan keringat dan rasa lelah yang berlebihan. Tekanan pada bagian tenggorokan dan perut saat batuk bisa menyebabkan mual. Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa minum air putih. Usahakan untuk minum air putih lebih sering. Air sangat penting untuk melawan bakteri dan virus yang berada dibagian tenggorokan. Selain itu air juga akan langsung meredakan dan menenangkan batuk karena alergi atau penyebab lain.

Kesimpulan Sekaligus Pencegahan

Cara Mengobati Batuk
Gaya Hidup Sehat
Agar terhindar dari batuk kering, Anda dapat melakukan berbagai langkah pencegahan. Langkah pencegahan tersebut antara lain yaitu dengan menghindari paparan debu, asap rokok, dan asap udara (dengan memakai masker), menghindari makanan atau minuman yang dapat mengiritasi saluran pernafasan (misalnya gorengan, minuman dingin/es, dan minuman bersoda), menghindari kebiasaan merokok, serta selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan untuk menghindari masuknya kuman penyakit.

Terkait Penyakit Batuk? Anda Penting" Membaca Ini" : Obat Batuk Yang Ampuh Dan Mujarab Sekali Untuk Dewasa
Selain itu tingkatkan daya tahan tubuh dengan berolahraga secara teratur, asupan cairan yang cukup, dan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Selalu alokasikan waktu istirahat yang cukup dan ciptakan pikiran yang tenang agar terhindar dari stres. Jika batuk kering yang Anda alami berlangsung lama dan sukar sembuh maka konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut, sebab pada beberapa kasus batuk kering juga dapat diakibatkan karena gejala dari penyakit lain yang berlangsung secara kronis.

Sekian artikel kami mengenai pembahasan tentang Bagaimana Cara Mengobati Batuk Secara Alami Yang Tidak Berdahak semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika anda ingin mencari info tentang obat-obatan kesehatan baik obat herbal maupun obat medis mencakup masalah penyakit secara umum, bukan hanya penyakit batuk saja. silahkan kunjungi situs kami di  www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: