Jumat, 12 Mei 2017

Cara Mengobati Biduran Agar Tidak Kambuh Lagi Secara Alami

Biduran yang dalam istilah medis disebut dengan urtikaria ini adalah satreaksi dari kulit yang menyebabkan munculnya bilur berwarna merah atau putih dan terasa gatal dan menggangu keSEHATan tubuh. Bilur ini awalnya muncul di satu bagian tubuh dan akhirnya menyebar. Salah satu penyebab umumnya adalah alergi. Ukuran dan bentuk bilur pun bisa berbeda-beda dan bila digaruk biasanya bilur meluas sebatas tempat garukan.

Ruam pada kasus urtikaria atau biduranakan terasa gatal, tapi bisa juga terasa perih atau menyengat panas. Gejala urtikaria bisa bertahan berjam-jam hingga beberapa hari. Urtikaria yang terjadi selama kurang dari enam minggu disebut sebagai urtikaria akut atau jangka pendek. Namun ada juga kasus urtikaria yang bertahan lebih dari enam minggu atau bersifat kambuhan selama beberapa bulan atau bahkan tahun. Kondisi yang jarang terjadi ini dikenal dengan istilah urtikaria kronis atau jangka panjang.

Selain urtikaria akut dan kronis, ada juga yang disebut sebagai urtikaria fisik dan dermatografisme. Urtikaria fisik disebabkan oleh stimulasi fisik secara langsung pada kulit, misalnya stimulasi suhu panas atau dingin, sinar matahari, tekanan, getaran, atau keringat. Sedangkan dermatographism merupakan kondisi kulit yang terbentuk setelah menggaruk kulit dengan keras.

Urtikaria kronis bisa diartikan sebagai pertanda dari penyakit lain yang sedang diderita. Misalnya karena penyakit tiroid, diabetes tipe 1 atau lupus. Biduran atau urtikaria kasusnya ini lebih sering terjadi pada anak-anak dan wanita pada usia 30-60 tahun. Selain itu, orang yang memiliki alergi juga lebih berisiko untuk mengalaminya.i anda yang nggan mengobatinya dengan obat kimia tenang...!!! karena ada alternatif Cara Mengobati Biduran Agar Tidak Kambuh Lagi Secara Alami yang cukup ampuh dan juga aman bagi tubuh anda

http://www.seh4t.com/search/label/alergi?&max-results=6

. Penyebab Biduran, Kaligata atau Urtikaria


Munculnya bilur pada kulit ini dipicu karena tingginya kadar histamin yang dilepaskan ke kulit. Histamin menyebabkan pembuluh darah menjadi rileks dan melebar sehingga aliran darah pun meningkat. Dengan banyaknya darah yang mengalir di bawah permukaan kulit, kulit pun terlihat memerah. Kelebihan cairan ini jugalah yang menyebabkan pembengkakan pada kulit dan rasa gatal-gatal.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya biduran:
  1. Stres.
  2. Gigitan serangga.
  3. Gangguan pada lambung.
  4. Infeksi seperti hepatitis dan demam kelenjar.
  5. Terjadi kontak dengan pemicu atau penyebab alergi, misalnya lateks dan bulu binatang.
  6. Makanan penyebab biduran yang paling umum adalah kacang, cokelat, makanan laut, telur, gandum, dan susu.
  7. Hampir semua obat-obatan bisa menyebabkan urtikaria, misalnya antibiotik, aspirin, obat anti-hipertensi dan ibuprofen.
  8. Zat aditif atau bahan tambahan dalam makanan seperti pemanis, pengawet, penguat rasa, pewarna, pengental, dan lain-lain.
  9. Faktor lingkungan seperti pajanan terhadap kondisi atau cuaca panas maupun dingin, pajanan terhadap air tertentu, atau bahkan sinar matahari.

Kadang-kadang kondisi urtikaria kronis tidak diketahui penyebab pastinya. Tapi beberapa faktor bisa memicu munculnya biduran atau memperburuk gejala yang ada, misalnya merasa stres, minum minuman beralkohol atau minuman berkafein, dan suhu udara yang panas.

Munculnya bilur pada kulit ini dipicu oleh tingginya kadar histamin yang dilepaskan ke kulit. Histamin menyebabkan pembuluh darah menjadi rileks dan melebar sehingga aliran darah pun meningkat. Dengan banyaknya darah yang mengalir di bawah permukaan kulit, kulit pun terlihat memerah. Kelebihan cairan ini jugalah yang menyebabkan pembengkakan pada kulit dan rasa gatal-gatal.

. Gejal Biduran, Kaligata atau Urtikaria


Bilur yang muncul akibat biduran biasanya terasa sangat gatal dengan ukuran dan lokasi berbeda-beda. Beberapa gejala atau tanda biduran yaitu:
  1. Rasa gatal yang kuat.
  2. Berwarna merah atau putih.
  3. Bilur atau ruam berbentuk hampir oval atau seperti cacing.

Lebar ruam atau bilur dapat mencapai beberapa sentimeter. Terdapat beberapa faktor pemicu yang bisa memperburuk gejala biduran yang sedang dialami, seperti:
  • Kondisi stres
  • Minuman beralkohol atau mengandung kafein.
  • Suhu udara yang panas.

. Cara Mengobati Biduran Agar Tidak Kambuh Lagi Secara Alami


Jika anda kurang suka mengonsumsi obat-obatan, anda dapat mencoba Cara Mengobati Biduran dengan bahan alami diantaranya;
  1. Kompresan Air Dingin. Hal pertama yang bisa anda gunakan sebagai obat tradisional biduran adalah kompresan dengan air dingin. Kompresan air dingin ini bermanfaat untuk meredakan rasa gatal yang ada di kulit. Daripada menggaruknya alangkah baiknya jika anda meredakannya menggunakan kompresan air dingin. Kompresan air dingin ini bisa menggunakan lap yang dicelupkan ke dalam air dingin namun bisa juga dengan mengompres menggunakan es batu. Mengompres menggunakan es batu ini tidak langsung ditempelkan ke kulit yang terkena biduran namun anda bisa menaruh es batu itu di kain lap yang bersih kemudian kompres kulit yang terkena biduran itu menggunakan lap yang berisi es batu.
  2. Mandi dengan Air Hangat. Air hangat yang digunakan untuk merendam kaki atau mandi bisa menghilangkan pegal-pegal yang ada di tubuh. Tidak hanya itu saja, air hangat juga bisa digunakan untuk meredakan gatal yang ada di kulit manusia. Ketika rasa gatal sudah tidak bisa tertahankan, cobalah untuk mandi menggunakan air hangat. Setelah mandi air hangat, rasa gatal yang ada di kulit anda akan semakin membaik.
  3. Air kelapa hijau; Air kelapa hijau sangat baik untuk menghilangkan racun dalam tubuh, terutama bagi yang mengalami biduran karena alergi makanan. Caranya; anda cukup mengkonsumsi air kelapa hijau 3 hari berturut-turut dan bila anda merutinkan meminumnya, itu akan sangat baik bagi kondisi kesehatan tubuh anda.
  4. Temulawak dan buah asam. Caranya; Rebus buah asam, 15 gram temulawak, dan gula aren. Setelah mendidih, saring ramuan tersebut dan minum selagi hangat untuk menghilangkan biduran di kulit sobat. Sobat juga bisa menambahkan madu supaya ramuannya terasa lebih nikmat.
  5. http://www.seh4t.com/search/label/alergi?&max-results=6
  6. Daun Kelor. Saat kita mendengar daun kelor pikiran kita langsung mengarah kepada hal hal mistis dimana daun kelor ini bisa digunakan untuk menghindari dari makhluk halus. Orang jaman dahulu percaya memasukkan daun kelor dan batangnya dicampurkan dengan beras ke dalam kantong janur kuning kemudian diletakkan diatas pintu bisa mencegah hantu yang ingin masuk ke dalam rumah. Seiring dengan kepercayaan tersebut, masyarakat jaman dulu percaya bahwa pohon kelor merupakan pohon yang banyak manfaatnya dan salah satunya ialah cara mengobati biduran/kaligata/Urtikaria. Caranya; Siapkan adalah batang daun kelor bersama dengan daunnya, bawang merah sebanyak satu butir, 2 gram pulosari. Lalu rebus semua bahan menggunakan air sebanyak 3 gelas. Saat merebusnya sisakan air rebusannya sebanyak dua gelas. Setelah itu, saringlah air rebusan itu. Minum air rebusan daun kelor itu sebanyak dua kali dalam sehari dengan meminum air rebusan masing masing satu gelas dan lakukan dengan rutin min 3 hari.
  7. Leunca. Caranya; Siapkan tanaman leunca yang sudah dibuang akarnya. Cuci bersih tanaman leunca tersebut. Setelah dicuci bersih tumbuklah tanaman leunca tersebut lalu gunakanlah tumbukan tanaman leunca ke bagian kulit yang terkena biduran. Sari dari tanaman leunca bisa bermanfaat untuk mengurangi rasa gatal dan juga menghalangi penyebaran bintik merah biduran tersebut. Anda bisa membalurkan tumbukan dari tanaman leunca ke bagian kulit yang terkena biduran sebanyak tiga kali dalam sehari.
  8. Kayu manis dan Meniran. Caranya; Tumbuk kayu manis dan meniran sampai halus, lalu tuangkan air mendidih ke dalamnya. Minumlah ramuan ini saat masih hangat. Lakukan 2 kali sehari, pagi dan malam hari sebelum tidur.
  9. Minyak kayu putih dan zaitun. Caranya; Sediakan minyak kayu putih, minyak zaitun, serta menthol kristal masing-masing sebanyak 1 sendok makan. Aduk ketiga bahan tersebut sampai rata lalu oleskan pada kulit yang biduran. Ingat, cukup dioles dan jangan digaruk.
  10. Daun sirih dan Jahe. Caranya; Haluskan 6 lembar daun sirih, 1 potong jahe, dan 2 sendok makan minyak kayu putih. Oleskan ketiga bahan yang telah ditumbuk halus tadi ke bagian kulit yang gatal.
  11. Daun Jombang. Obat herbal biduran lainnya adalah daun jombang. Apakah anda tahu apa itu daun jombang? daun jombang merupakan daun yang melekat pada tanaman jombang. Tanaman jombang sejenis rumput liar dan sering berada di pinggir jalan atau di pinggir sungai. Ciri khas adari tanaman ini adalah memiliki bunga seperti bunga matahari namun bunganya kecil. Daun maupun tangkai dari bunga terdapat lapisan seperti bulu yang halus. Cara mengobati biduran menggnakan daun jombang ini sangat mudah. Caranya; Cuci bersih daun jombang menggunakan air yang mengalir lalu rebuslah dengan menggunakan 400 cc air. Tunggu sampai mendidih kemudian sisakan menjadi setengahnya. Meinumnya saat air rebusan ini berubah menjadi hangat. Jangan minum air rebusan ini saat dingin, sebab saat dingin air rebusan ini fungsinya menjadi menurun.
Baca Juga;
Cara Menghilangkan Biduran Dengan Cepat Selamanya
Resep Obat Biduran Alami Yang Ampuh Selamanya


Selain mengobatinya dari dalam maupun dari luar, agar proses penyembuhan biduran dapat maksimal, anda juga dianjurkan untuk:
  • Tidak menggaruk kulit yang gatal
  • Mandi dengan menggunakan air hangat
  • Perbanyak makan sayuran dan buah, utamanya buah pepaya.
  • Menghindari makanan laut atau makanan yang memicu alergi
  • Menggunakan pakaian yang longgar dan tidak menyebabkan gerah

Demikian beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk pilihan cara mengobati biduran. Jangan lupa juga agar anda memeriksa kebersihan tempat tinggal. Selain itu, bila sakit berlanjut sebaiknya anda bersegera memeeriksakan diri ke dokter. Ada beberapa obat biduran yang memang harus dengan resep dokter agar dosisnya tepat. Ingat, anda tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat-obatan dengan dosis tinggi tanpa resep dokter karena akan membahayakan tubuh anda. Sekian dari kami semoga bermanfaat. Salam sehat dari kami www.seh4t.com terima kasih.
Previous Post
Next Post

0 komentar: