Sabtu, 13 Mei 2017

Cara Mengobati Bintitan Yang Sudah Lama Dan Yang Baru Tumbuh

Bintitan adalah kondisi ketika bintil menyakitkan yang berbentuk seperti jerawat atau bisul yang tumbuh di tepi kelopak mata. Biasanya bintitan ini hanya muncul pada salah satu mata. Kondisi ini juga umumnya tidak berdampak buruk pada kemampuan penglihatan pengidap. Bintitan juga biasanya terjadi di kelopak mata bagian luar, tapi terkadang juga bisa muncul di bagian dalam. Bintil yang tumbuh di bagian dalam lebih menyakitkan daripada yang tumbuh di bagian luar.

Didunia medis bintitan dinami dengan "Hordeolum", dimana tejadinya benjolan pada kelipak mata yang berisi nanah, baik di dalam maupun di luar kelopak mata yang jumlahnya bisa lebih dari satu pada setiap mata. Bintitan yang berada di luar mata biasanya mudah untuk disembuhkan, hanya dengan mengompresnya dengan air hangat selama 10 menit (4 kali sehari) secara rutin maka dalam 2-3 hari bintitan pun akan mulai mengempis. Atau dengan cara lain yang akan kita bahas nanti.

Mata Bintitan/Timbilan


Bintitan/timbilan terbagi menjadi 3 bagian, yaitu:
  1. Hordeolum Eksternum; Hordeolum Eksternum merupakan Bintitan yang terjadi pada bagian luar kelopak mata tepatnya disekitar bulu mata. Biasanya disebabkan oleh bakteri yang menempel di bulu mata, masuk melalui pori-pori kemudian menginfeksi kelenjar zeiss dan kelenjar moll yang letaknya memang berdekatan dengan pangkal bulu mata, sehingga membentuk bisul kecil.
  2. Hordeolum Internum; Hordeolum Internum merupakan Bintitan yang terjadi di dalam kelopak mata. Hal ini disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi kelenjar lemak diarea kelopak mata sehingga bagian dalam kelopak mata akan membengkak dan terasa mengganjal pada mata.
  3. Herdeolum Kalazion; Herdeolum Kalazion merupakan Bintitan yang masih terlihat membesar tetapi sudah tidak aktif lagi (tidak terasa sakit) setelah beberapa minggu sejak awal Anda mengalami Bintitan. Penyebabnya belum diketahui secara pasti, namun diduga ini karena gangguan sekresi kelenjar meibom sehingga menyebabkan penyumbatan dan menimbulkan reaksi jaringan sekitarnya terhadap bahan-bahan yang tertahan, sehingga benjolan tersebut tidak mengecil melainkan “mengeras”.

Bintitan/timbilan ini terdapat dua golongan yaitu akut dan kronis. Pengobatan medis untuk penyakit ini pada status kronis yaitu dilakukan langkah "insisi". Apa itu insisi? Insisi adalah proses pembedahan/operasi kecil pada kelopak mata bagian dalam yang didalamnya terdapat gumpalan nanah yang tidak bisa pecah dengan sendirinya, artinya nanah yang tidak keluar akan dikeluarkan oleh dokter sepesialis mata dan dokter mengeluarkannya dengan menggunakan alat bedah khusus.

Bila seseorang terkena bintitan berkali-kali mungkin itu artinya Anda mempunyai alergi terhadap makanan ataupun minuman yang Anda konsumsi setiap harinya adapun penyebab utama bintitan ialah bakteri stafilokokus. Contoh infeksi akibat bakteri yang dapat memicu bintitan adalah infeksi yang terjadi pada akar bulu mata, kelenjar minyak, dan kelenjar keringat.

Bakteri stafilokokus biasanya hidup pada kulit manusia tanpa menyebabkan penyakit. Namun risiko bintitan akan meningkat apabila kita menyentuh mata dengan tangan yang kotor. Selain itu, terdapat sejumlah faktor risiko lain yang meliputi yang diantaranya:
  • Menggunakan kosmetik yang sudah kedaluwarsa.
  • Tidak membersihkan kosmetik ketika akan tidur.
  • Memakai lensa kontak yang tidak steril atau tangan Anda tidak bersih saat memasangnya.
  • Mengidap peradangan pada kelopak mata atau blefaritis, terutama tipe kronis. Kondisi ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri atau komplikasi akibat penyakit kulit rosaseae.

. Cara Mengobati Bintitan


Benjolan di kelopak mata yang terjadi akibat mata bintitan, dapat disembuhkan dengan cara mengobati mata bintitan secara alami dan obat mata bintitan di apotek. Dengan menggunakan bahan alami memang akan sedikit lambat dibandingkan obat timbilen yang sudah jadi.

Cara Mengobati Bintitan Yang Sudah Lama Dan Yang Baru Tumbuh kurang lebih sama. Namun jika bintitannya tergolong kronis haruslah dilakukan insisi sebagai mana dijelaskan diatas.

Berikut ini kita akan membahas mengenai bagaimana Cara Mengobati Bintitan Yang Sudah Lama Dan Yang Baru Tumbuh secara alami agar tidak terjadi efek samping yang berbahaya bagi mata kita.

* Obat Alami

  1. Air Hangat; Untuk mengobati bintitan, Anda bisa menggunakan air hangat. Ini akan berfungsi membantu membersihkan mata dari bakteri penyebab timbilen. Caranya : Anda cukup mengompreskan handuk yang telah dicelupkan pada air hangat yang dicampur garam. Lakukan cara ini 3-4 kali dalam sehari agar menghilangkan bintitan kurang lebih 3-7 hari.
  2. Daun sirih; Bakteri penyebab bintitan pada kelopak mata anda akan dapat terbunuh dengan kandungan Anti-bakteri yang terdapat pada daun sirih. Tanaman ini juga bisa digunakan untuk obat mata alami yang mampu membersihkan mata. Caranya; Rebus air bersamaan dengan daun sirih, sampai dilihat daun sudah layu, kemudian gunakan air rebusan tadi untuk membersihkan mata, bisa menggunakan handuk kecil atau kain lembut lainnya.
  3. Bawang Putih; Bawang putih dikenal sebagai tumbuhan alami yang memiliki senyawa anti-bakterial yang cukup tinggi sehingga mampu mengobati mata timbilen. Selain itu, penggunaan bawang putih mampu mencegah terjadinya peradangan lebih lanjut. Caranya:
  4. Tumbuk/blender bawang putih sampai benar-benar halus kemudian oleskan bawang putih tadi hanya pada bagian kelopak mata saja, karena apabila terkena mata akan perih. Gunakanlah cara ini paling tidak 3 kali sehari.
  5. Daun Jambu Biji; Daun jambu biji yang selama ini dikenal sebagai obat diare karena memiliki kandungan anti inflamasi dan bakterial ini juga dapat membantu mengobati bintitan dan pembengkakan pada area mata. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan menumbuk halus daun jambu biji tersebut kemudian oleskan atau bubuhkan pada area mata yang terkenan bintitan.
  6. Teh Celup; Ekstrak yang terkandung di dalam teh dapat kita manfaatkan untuk mengobati mata bintitan secara alami. Caranya; Gampang anda cukup menempelkan kantung teh celup yang sudah dipakai dan masih basah untuk dikompres ke mata selama 1-5 menit sampai dirasa sakit mereda. Sebelum menggunakannya pastikan kembali kantung teh celup masih bersih.
  7. Kunyit; Kunyit merupakan tumbuhan alami yang memiliki kandungan yang bersifat anti-inflamasi dan bakteri yang mampu membunuh kuman yang ada pada tubuh kita, termasuk mata. Untuk itu kunyit mampu dimanfaatkan untuk menyembuhkan mata bintitan. Caranya: Siapkan kunyit secukupnya lalu tumbuk kunyit tersebut sampai halus atau dengan menggunakan blender. Gunakan kunyit yang sudah dihaluskan tersebut untuk mengkompres dan menutupi area mata selama 1-5 menit agar khasiat kunyit lebih sempurna.
  8. Bunga; Bunga dapat dimanfaatkan untuk obat bintitan yang ampuh menghilangkan. Bunga yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati timbilen adalah bunga kenanga, bunga kertas, bunga mawar, dan bunga melati. Caranya; cukup mudah yaitu dengan meremas-remas bunga tersebut kemudian oleskan bunga yang sudah diremas tadi ke mata yang mengalami timbilen. Anda juga menggunakan cara ini apabila mata bengkak disebabkan gigitan serangga.
  9. Cara Mengobati Bintitan
  10. Ketumbar; Obat bintitan yang berikutnya adalah ketumbar. Ketumbar bisa dimanfaatkan karena memiliki kandungan yang mampu meredakan pembengkakan serta menghilangkan kuman penyebab bintitan. Caranya: Ambil 2-4 sendok ketumbar yang masih baik, kemudian remus sampai mendidih. Air rebusan yang sudah mendidih tersebut, dingin kan terlebih dahulu, kemudian kompres mata menggunakan air tersebut selama beberapa kali. Gunakan cara ini setidaknya 3-4 kali dalam sehari.



* Obat Apotik


Selain menggunakan obat alami mata bintitan diatas, Anda juga bisa menggunakan cara mengobati bintitan dengan obat yang terdapat di apotik yang sudah jadi. Ada banyak obat mata bintitan mulai dari tetes, salep, dan tablet. Berikut daftar obat mata timbilen yang direkomendasikan beberapa artikel kesehatan.
  1. Amoxicillin; Amoxicillin merupakan obat golongan antibiotic yang digunakan dengan cara diminum atau oral, maksimal hanya 3 kali sehari dengan dosis terbatas. Penggunaan amoxicillin berlebihan dapat berdampak buruk bagi tubuh karena semua proses perkembangan diperlambat sehingga membunuh bakteri penyebab mata bintitan.
  2. Oculentum Whale Brand; Occulentum Whale Brand merupakan obat mata dalam bentuk salep sangat sangat direkomendasikan sebagai obat mata timbilen. Obat jenis salep ini sangat cepat dalam menyembuhkan penyakit mata, biasanya penyembuhan menggunakan salep berkisar 2-7 hari sesuai kondisi dan tingkat infeksi.
  3. <b><a href="http://www.seh4t.com/" title=" sehat">www.seh4t.com</a> </b>
  4. Cendo Tobroson; Cendo Tobroson merupakan obat mata dalam bentuk tetes, namun ada juga dalam bentuk salep yang biasanya dikombinasikan dengan obat tetes apabila mengalami mata bintitan. Dosis penggunaanya cukup 4 kali sehari agar efek samping bisa ditanggulangi.
  5. Ciprofloxacin; Ciprofloxacin merupakan obat antibiotic yang satu golongan dengan Amoxicillin. Obat ini biasanya digunakan untuk mencegah perkembangan bakteri patogen yang menyebabkan infeksi. Untuk mata yang bintitan akan efiktif jika menggunakan Ciprofloxacin. Dosis untuk mata bintitan bisa menggunakan Ciprofloxacin 250mg selama 3 hari dengan 3 kali dalam sehari.
  6. Polydex Tetes; Polydex merupakan obat tetes mata yang mampu membersihkan serta membunuh kuman penyebab bintitan. Obat ini hanya digunakan untuk jangka waktu pendek saja karena penggunaan yang berkelanjutan dapat mempengaruhi mata. Dosisnya sendiri tidak boleh melebihi 4 tetes sehari untuk menjaga efek samping obat tersebut.
Baca Juga;
Obat Bintitan Di Mata Alami Yang Ampuh Dan Manjur
Apa Gejala Dan Penyebab Bintitan Terus Menerus


Sekian dari kami semoga dapat bermanfaat dan kami harap anda dapat memaklumi kekurangan yang terdapat dalam artikel ini. Salam sehat dari kami www.seh4t.com terima kasih.
Previous Post
Next Post

0 komentar: