Jumat, 05 Mei 2017

Cara Mengobati Sesak Nafas Dan Batuk Pada Anak

Sesak napas dapat terjadi pada siapa saja tidak hanya pada orang dewasa anak –anak pun bisa terjangkit penyakit sesak napas. Selain sesak napas kadang juga di sertai dengan batuk dan ini merupakan gejala umum yang sering terjadi pada saat anak –anak meskipun sesak napas bukan kondisi yang serius namun tetap saja membuat para ibu sedih dan khawatir. Batuk merupakan refleksi yang normal dan berguna untuk membantu untuk membersihkan saluran pernapasan di tenggorokan dan dada. Saat anak anda terkena terkena sesak napas dan batuk anda dapat mengobatinya di rumah tanpa harus membawanya ke dokter namun apabila menunjukkan gejal yang serius maka membutuhkan perhatian yang lebih serius . seorang anak bisa mengalami serangan asma dan akan sulit bernapas jika hal ini terjadi maka alangkah baik nya kita harus segera membawanya ke dokter agar segera di obati dengan cepat.
cara mengobati sesak nafas


Penyebab anak sesak nafas dan batuk


Ada berbagai macam penyebab anak mengalami sesak napas dan batuk. Biasanya penyebab nya antara lain :


  • Infeksi pada paru-paru. Penyebab anak menderita sesak nafas yang pertama adalah infeksi pada paru- paru. Banyak anak yang terinfeksi paru –paru akibatnya membuat saluran pernafasannya terganggu dan ini secara tidak langsung membuat kesehatannya pun terganggu penyakit yang bisa di akibatkan oleh adanya infeksi paru-paru seperti bronchitis, paru –paru basah dan juga gangguan pernafasan lainnya seperti sesak nafas karena paru –paru yang terinfeksi akan mambuat aliran udara yang di dalamnya tidak dapat berjalan dan dikelola dengan baik sehingga menjadikan nya sesak nafas yang lumayan sering.oleh sebab itu anak sebaiknya di berikan vaksin karena anak kondisinya lemah dan juga mudah terinfeksi baik yangdi sebabkan oleh bakteri, virus ataupun juga oleh jamur.
  • Alergi. Faktor penyebab anak menderita sesak nafas selanjutnya adalah berasal dari alergi. Dimana alergi adalah suatu respon tubuh terhadap benda yang masuk ke dalam tubuh dan di anggap nya berbahaya sehingga tubuh memberikan respon seperti tubuh menjadi gatal –gatal sesak nafas ataupun juga batuk. Alergi ini bisa di sebabkan oleh makanan dan juga debu tetapi kebanyakan alergi di akibatkan oleh debu dan oleh serbuk yang terhirup masuk kedalam hidung dan selanjutnya masuk ke paru –paru inilah yang membuat anak sesak nafas dan sering kambuh.
  • Udara yang kotor. Faktor selanjutnya penyebab anak sesak nafas yaitu karena faktor lingkungan yang berasal dari udara yang kurang bersih atau kotor, udara yang kotor dapat menyebabkan anak terserang macam-macam penyakit salah satunya asma aatu sesak nafas, oleh karena itu bila anak tinggal dalam lingkungan yang kotor dan kurang bersih bisa membahayakan paru paru anak dan saluran pernapasannya sehingga membuat anak menderita sesak nafas. Udara yang kotor misalnya terdapat pada jalan raya yang di dapat dari asap kendaraan yang lalu lalu lalang di jalan raya. Dan juga polusi udara yang lainnya yang apabila di hirup akan membuat saluran nafas kita terganggu dan membuat anak ataupun orang dewasa sesak nafas.
  • Efek samping dari obat. Penggunaan obat-obatan yang berasal dari kimia dan bukan dari tradisional akan mempunyai efek samping bila di konsumsi dalam jangka panjang. Ada obat tertentu yang mempunyai efek samping membuat saluran pernapasan menyempit sehingga tidak bagus bila di gunakan dalam waktu yang lumayan lama oleh sebab itu hati-hatilah dalam memberikan obat pada anak karena kalau tidak hati hati akan membahayakan kesehatannya.

Itulah penyebab anak menderita sesak nafas. Saat anak menderita sesak nafas akan merasa tidak nyaman sekali dan kita sebagai orang tua akan merasa khawatir dan sedih sekali ketika anak kita menderita sesak nafas. Setelah mengetahui penyebab sesak nafas selanjutnya akan di jelaskan mengenai cara mengobati sesak nafas pada anak.


Cara mengobati sesak nafas dan batuk pada anak


Cara-cara yang dapat di lakukan ketuka anak kita terkena sesak nafas adalah sebagai berikut :

1. Carilah tempat yang nyaman ketika anak terkena sesak nafas, bisa juga di bawa anak yang terkena sesak nafas ituke kamar tidur ataupun ruangan yang lain. Yang terpenting tempat nya bisa membuat anak untuk beristirahat dengan tenang manfaaat nya dari suasana yang tenang ini dapat mengembalikan kondisi anak yang sesak nafas menjadi normal kembali.

2. Setelah kita menemukan tempat yang nyaman untuk anak beristirahat maka posisikan anak ke dalam posisi duduk atau bila tidak mau duduk posisikan dalam setengah duduk. Bagus pula kalau anak bersandar pada bantal asal anak yang sedang sesak nafas jangan di posisikan dalam posisi tidur karena hal ini akan membuat saluran pernafasannya tersumbat dan membuat asam nya menjadi tambah parah.baca juga : obat sakit asma di apotek tablet dan semprot yang bagus 

3. Yang paling penting ketika anak kita mengalami sesak nafas usahakan jangan panik, yang harus kita lakukan adalah ajak anak kita ngobrol ketika anak sedang terserang sesak nafas agar dia tenang, selain itu beri juga air hangat hal ini agar anak menjadi tenang dan terhibur sehingga membuat kondisinya cepat pulih.

4. Bila anak memakai pakaian yang ketat maka ganti dengan pakaian yang longgar, tujuannya agar anak merasa nyaman dan tidak merasa sesak, setelah melonggarkan pakaiannya para ibu bisa memijit jempol kaki yang merupakan daerah syaraf paru – paru, posisi tepatnya berada antara jempol dan jari telunjuk kaki. Lakukan pijitannya dengan cara pelan-pelan selain itu para ibu juga bisa memberikan bronchodilator misalnya salbutamol untuk meringankan sesak nafasnya, tapi bila anak kondisinya tidak berubah tetap sesak maka segeralah bawa ke dokter agar mendapatkan perawatan yang lebih baik. baca juga : obat sesak nafas tradisional paling manjur karena batuk pilek 

5. Anda juga bisa menggunakan madu sebagai cara mengobati sesak nafas pada anak , karena madu merupakan obat yang alami untuk mengobati sesak nafas. Caranya anda dapat mencampurkan satu sendok madu ke dalam segelas air panas lalu konsumsi seahri dua sampai tiga kali perharinya. Selain itu anda bisa juga mencampurkan setengah sendok teh madu dengan bubuk kayu manis dan di minum sebelum tidur.
cara mengobati sesak nafas

6. Susu hangat. Anda juga bisa membuat susu hangat untuk mengobati sesak nafas lalu tambahkan madu beserta minyak zaitun minimal satu sendok satu sendok dan minum susu ini beserta beberapa siung bawang putih sebelum kitasarapan pagi.

7. Ikan, anak umumnya sangat suka sekali mengkonsumsi ikan, ikan-ikan yang bisa di konsusmi untuk dapat mengobati sesak nafas seperti ikan tuna, salmon dan juga ikan sarden karena efektip sekali untuk mengobati masalah saluran pernapasan salah satunya sesak nafas, kandungan yang terdapat pada ikan –ikan itu mmebuat paru-paru menjadi lebih baik dan juga kuat untuk mengatasi dan mengobati masalah sesak nafas dengan efektif dan juga cepat.


8. Selain itu kita juga bisa menggunakan berbagai macam buah-buahan untuk mengobati sesak nafas, buah-buahan yang bisa di gunakan seperti buah papaya, strawberry, jeruk, blueberry karena mampu memberikan manfaat bagi orang –orang yang menderita asama atau sesak nafas, selain itu anda juga bisa menggunakan jeruk lemon untuk mengobati sesak nafas karena jeruk lemon kaya akan vitamin dan cara mengkonsumsi nya dengan mengambil air perasan jeruk nya lalu di kasih air dan gula dan minum sehari sekali agar cepat mengobati sesakk nafas.

Itulah informasi yang dapat di sampaikan mengenai cara mengobati sesak nafas dan batuk pada anak semoga informasi ini bermanfaat dan salam www.seh4t.com di tunggu kunjungan selanjutnya .

Previous Post
Next Post

0 komentar: