Selasa, 30 Mei 2017

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak Dan Tenggorokan Gatal Dengan Cepat

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak Dan Tenggorokan Gatal Dengan Cepat
Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak
www.seh4t.com Tahukah Anda jika batuk bukanlah sebuah penyakit? Batuk hanyalah gejala dari pertahanan tubuh Anda yang sedang berusaha untuk melawan berbagai macam penyakit, mulai dari flu dan penyakit lainnya. Batuk disebabkan oleh berbagai fasilitator, baik dari asap kendaraan bermotor dan asap rokok, debu, alergi, tersedak makanan dan lainnya.

Selain alergi cuaca dan flu, tenggorokan gatal dapat menjadi gejala pada kondisi yang lebih serius seperti tonsilitis atau radang amandel, infeksi streptococcus, bahkan infeksi virus ebola. Namun, jangan khawatir karena sakit atau gatal pada tenggorokan umumnya disebabkan oleh infeksi virus yang biasanya tidak memerlukan penanganan khusus dan akan sembuh dengan sendirinya dalam 5 sampai 7 hari.

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak Dan Tenggorokan Gatal Dengan Cepat

Penyebab Tenggorokan Gatal

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa gatal di tenggorokan adalah gejala yang dapat disebabkan oleh berbagai penyakit. Beberapa penyebab yang sering menyebabkan tenggorokan gatal antara lain adalah:
  • A. Alergi
Alergi terhadap makanan tertelan atau minuman atau partikel yang terhirup juga merupakan penyebab tenggorokan gatal yang tak kalah sering. Tenggorokan gatal karena alergi biasanya mudah dibedakan dari penyebab lainnya, yaitu memiliki ciri khas gejala muncul ketika terpepar dengan zat yang menyebabkan alergi (alergen). Gejalanya dapat berlanjut lebih lama dan lebih sering disertai dengan gejala lain seperti sesak napas, hidung meler, mata berair, dan lain-lain.
  • Iritasi
Iritasi oleh zat kimia (bahan kimia industri, dll) dan polusi udara dapat menyebabkan iritasi lokal dan mengakibatkan gatal di tenggorokan. Asap rokok (baik perokok aktif maupun pasif ) juga dapat mengalami iritasi pada tenggorokan dan menyebabkan tenggorokan gatal.
  • Infeksi
Infeksi adalah salah satu penyebab tenggorokan gatal yang paling umum. Terutama infeksi saluran pernapasan atas. Gejala lain juga dapat terjadi bersamaan seperti sakit tenggorokan atau faringitis. Tenggorokan gatal bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, virus dan jamur. Infeksi bakteri (radang tenggorokan, dll) dan infeksi virus (pilek, flu, dll) dapat terjadi pada orang sehat, namun, infeksi jamur biasanya terjadi pada orang dengan sistem imun yang lemah misalnya pada orang dengan AIDS, kemoterapi anti-kanker, penggunaan steroid berkepanjangan, diabetes mellitus, penerima transplantasi organ, dan lain-lain.

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak
Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak
Walaupun batuk berdahak merupakan salah satu penyakit ringan, tapi penyakit ini cukup mengganggu aktivitas keseharian kita jika tidak segera sembuh. Batuk berdahak bisa disebabkan oleh berbagai hal, beberapa diantaranya adalah virus, infeksi paru-paru atau saluran pernapasan, penyakit pada paru-paru yang sudah kronis, asam lambung naik, atau dapat juga disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti merokok. Mengobati batuk berdahak dan rasa gatal di tenggorokan dengan cara alami juga sebenarnya cukup efektif dan cepat, tapi mungkin karena kurangnya pengetahuan sehingga kita tidak pernah menggunakan cara acara ini Dan berikut ini kami sampaikan beberapa macam cara mengobati batuk berdahak secara alami yang dapat Anda coba.
  • Daun Sirih
Cara mengobati batuk berdahak berikutnya adalah dengan menggunakan daun sirih. Untuk membuatnya adalah dengan cara merebus lima lembar daun sirih, cengkeh, kemukus, kapulaga dan kayu manis dengan dua gelas air. Kemudian tunggu hingga air rebusan berkurang menjadi setengah gelas, saring airnya dan minumlah sebanyak tiga kali sehari satu sendok makan. Memang ramuan daun sirih ini rasanya agak aneh. Tapi ramuan tradisional ini ternyata cukup efektif untuk meredakan batuk berdahak.
  • Jeruk Nipis
Jeruk nipis merupakan salah satu bahan yang bisa kita gunakan untuk mengobati batuk berdahak dan rasa gatal di tenggorokan secara alami dan juga cepat, Jeruk nipis bekerja secara langsung mengatasi lendir pada tenggorokan. Jeruk nipis adalah merupakan obat tradisional yang paling banyak di gunakan untuk mengobati batuk Berdahak. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan perasan air jeruk nipis dengan air hangat dan anda juga dapat menambahkan madu. Perbandingan antara perasan jeruk nipis, air dan madu adalah 1:5:3. Selain itu ada juga cara lain yang lebih mudah, yaitu dengan cara mencampurkan perasan jeruk nipis dengan kecap manis. Cara ini juga cukup efektif digunakan sebagai cara mengobati batuk berdahak pada anak-anak maupun orang dewasa jika dikonsumsi dua kali sehari dengan takaran satu sendok makan.
  • Belimbing Wuluh
Taukah Anda apa itu buah belimbing wuluh?, buah ini adalah buah berukuran kecil yang menyerupai belimbing, berwarna hijau dan rasanya sangat masam. Belimbing Wuluh juga dipercaya cukup efektif untuk mengobati batuk berdahak dan gatal di tenggorokan baik itu pada anak-anak atau pada orang dewasa. Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan belimbing wuluh bersama beberapa butir adas, dan air secukupnya. Lalu rebus campuran tersebut dan ambil airnya. Minum ramuan ini dua kali sehari hingga batuk berdahak Anda sembuh.
  • Madu
Madu adalah obat herbal alami Cara Menyembuhkan Batuk berdahak dan gatal tenggorokan, dalam beberapa alasan madu dipercayai mampu melawan unsur negatif yang menyerang kekebalan tubuh yang mana membuat tubuh mudah terserang penyakit. Menurut hasil penelitian Penn State College of Medicine, pada beberapa balita berusia 2-18 bulan yang sedang mengalami batuk berdahak, mereka tampak lebih nyenyak tidur setelah diberikan madu, bahkan lebih baik daripada memberikan obat batuk lainnya. Cukup dengan menambahkan madu pada minuman Anda, entah itu teh hangat maupun air hangat, namun pastikanlah jika Anda tidak memberikan madu pada bayi berusia 1 tahun kebawah.
  • Sup Ayam
Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak
Sop Ayam
Obat tradisional batuk berdahak dan tenggorokan gatal yang mudah untuk dibuat sendiri dan mengenyangkan serta menyehatkan adalah sup ayam. Kaldu dari sup ayam, dapat membantu menghangatkan tubuh Anda sekaligus membuat tenggorokan menjadi lebih hangat. Menurut hasil penelitian seorang dokter dari University of Nebraska Medical Center, sup ayam dapat membantu melegakan tenggorokan sekaligus membantu menjaga tubuh tetap hangat. Sangat baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang mengalami batuk berdahak, karena makanan ini dapat merangsang pengeluaran lendir yang terdapat di dalam tenggorokan untuk selanjutnya dikeluarkan.
  • Bawang Gula
Keduanya sama-sama kaya akan manfaat, namun sayangnya tidak banyak yang mengetahui jika keduanya memiliki khasiat untuk membantu mengatasi batuk berdahak sekaligus melegakan tenggorokan. Cacah beberapa siung bawang, lantas tambahkan dengan setengah cangkir gula putih, aduk hingga tercampur merata dan diamkan selama satu malam penuh sehingga gula putih mencair dan tercampur bersama-sama dengan cacahan bawang membentuk sirup. Agar proses pembentukan sirup bawang lebih cepat selesai, didihkan racikan obat tersebut selama beberapa menit menggunakan api yang kecil, dan ambil satu sendok makan setiap 2 jam sekali.
  • Kunyit
Berikutnya ada kunyit yang sudah lama dipercaya oleh banyak orang Indonesia sebagai salah satu rempah yang dapat kita manfaatkan sebagai obat batuk berdahak alami. Cara membuat obat tradisional untuk batuk berdahak dari kunyit ini adalah dengan menumbuk kunyit, lalu campurkan dengan madu kemudian campur dengan segelas susu hangat. Campuran Kunyit , madu dan susu ini dinilai sebagai cara mengobati batuk yang cukup efektif, dan anda bias mencobanya.
  • Daun Kemangi
Daun yang memiliki aroma wangi yang khas ini ternyata juga bisa kita gunakan sebagai obat alami untuk mengobati batuk berdahak. Cara membuatnya pun sangatlah mudah, yaitu dengan cara merebus 2-3 lembar daun kemangi dan 1-2 gelas air putih. Minum ramuan ini saat masih hangat agar tenggorokan terasa lebih lega sehingga batuk berdahak akan lekas sembuh.
  • Perbanyak Minum Air Putih
Jangan sampai Anda mengalami dehidrasi yang menjadikan tenggorokan gatal. Pada saat dehidrasi, tenggorokan kekurangan lendir dan air sebagai pelumas yang mengakibatkan tenggorokan terasa gatal dan kering. Pada saat cuaca dingin atau ketika sedang flu, Anda mungkin kehilangan cairan melalui keringat ketika demam. Oleh karena itu, meminum air putih sebanyak sembilan gelas per hari tidak hanya penting pada saat cuaca panas, melainkan juga pada saat cuaca dingin atau ketika Anda mengalami flu.
  • Lobak
Campuran satu sendok makan lobak pedas (horseradish), satu sendok teh cengkeh, dan satu sendok teh madu yang diberi air panas mungkin bisa menenangkan tenggorokan Anda yang gatal. Aduk campuran itu dan minum.
  • Ramuan Asam Jawa
Asam jawa juga bermanfaat sebagai obat batuk. Caranya: sediakan 10 gram daging asam jawa kemudian seduh dalam air panas. Setelah dirasa cukup larut dalam air panas, tambahkan asam jawa. Kemudian minum ramuan campuran asam jawa dengan air hangat. Minum secara teratur hingga batuk berdahak terasa mulai berkurang.
  • Susu Dan Kunyit
Minum susu yang dicampur sedikit kunyit mungkin dapat membantu Anda menenangkan tenggorokan gatal. Selain susu, Anda juga dapat mencampurkan kunyit dengan air. Caranya, rebus secangkir susu dan tambahkan satu sendok teh kunyit. Minum tiap malam sebelum tidur.
  • Teh Herbal
Teh herbal tersebut dapat menggabungkan efek menguntungkan dari bahan yang berbeda seperti dari lada, jahe, tulsi dan kayu manis untuk membantu meringankan gejala batuk. Walaupun teh ini mempunyai manfaat yang dapat mengobati batuk ataupun sakit tenggorokan, akan tetapi kita harus bisa mengetahui waktu terbaik di saat meminum teh, karena teh ini termasuk kedalam 5 hal yang harus dihindari ketika perut kosong.
  • Bawang putih
Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak Dan Tenggorokan Gatal Dengan Cepat
Bawang Putih
Bawang putih mengandung kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan sangat cocok untuk mengobati penyakit batuk. Selain itu, bawang putih juga mengandung senyawa yang dikenal sebagai allicin, yang dikenal memiliki anti-bakteri, anti-virus dan anti-jamur.
Baca Juga Ini: Cara Mengatasi Batuk Berdahak Berlendir Secara Alami
Jika kita menderita sakit telinga, itu kemungkinan bisa menjadi tanda dari terinfeksinya bagian tenggorokan atau tuba eustachius. Hal ini kemudian dapat menyebabkan batuk, dan untuk masalah pengobatannya kita hanya perlu menghancurkan beberapa siung bawang putih yang telah dibungkus dengan kain tipis yang kemudian kita tempatkan dibagian telinga. Jika tidak bisa melakukan hal tersebut, maka kita hanya perlu memakan bawang putih beberapa siung saja setiap harinya sampai benar-benar dapat menghilangkan batuk

Kesimpulan

Berbagai cara di atas dapat Anda coba, sehingga Anda tidak lagi tersiksa dengan adanya tenggorokan gatal. Namun, jika sudah mencoba dan kondisi yang diderita belum mereda juga, segera periksakan diri ke dokter. Selain itu, segera temui dokter bila tenggorokan gatal disertai dengan gejala-gejala serius seperti kesulitan bernapas, kesulitan membuka mulut, kesulitan menelan, nyeri pada sendi, sakit telinga, ruam, demam tinggi, benjolan di leher, serta terdapat darah pada ludah ataupun dahak.
Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak Dan Tenggorokan Gatal Dengan Cepat
Gaya Hidup Sehat
Selain itu tingkatkan daya tahan tubuh dengan berolahraga secara teratur, asupan cairan yang cukup, dan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Selalu alokasikan waktu istirahat yang cukup dan ciptakan pikiran yang tenang agar terhindar dari stres. Jika batuk kering yang Anda alami berlangsung lama dan sukar sembuh maka konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut, sebab pada beberapa kasus batuk kering juga dapat diakibatkan karena gejala dari penyakit lain yang berlangsung secara kronis.

Sekian artikel kami mengenai pembahasan tentang Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak Dan Tenggorokan Gatal Dengan Cepat semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika anda ingin mencari info tentang obat-obatan kesehatan baik obat herbal maupun obat medis mencakup masalah penyakit secara umum, bukan hanya penyakit batuk saja. silahkan kunjungi situs kami di www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: