Sabtu, 06 Mei 2017

Ciri Sakit Ginjal Dan Penyebabnya Serta Mengapa Penderita Gagal Ginjal Menjalani Cuci Darah?

Ciri Sakit Ginjal Dan Penyebabnya Serta Mengapa Penderita Gagal Ginjal Menjalani Cuci Darah? Ciri-ciri penyakit ginjal harus diketahui oleh masyarakat luas agar banyak masyarakat yang mengetahui jika ada penyakit ginjal dalam dirinya. Mendeteksi dini penyakit ginjal akan lebih mudah mengatasinya dibandingkan mengobati ginjal ketika kronis. Sayangnya banyak orang yang baru tahu jika dirnya terkena ginjal saat memasuki tahapan kronis. Saat sudah kronis, penyakit ginjal akan sulit disembuhkan.
Ciri Sakit Ginjal Dan Penyebabnya Serta Mengapa Penderita Gagal Ginjal Menjalani Cuci Darah?
Ciri Sakit Ginjal
Penderita ginjal di Indonesia dari tahun ke tahun meningkat, pola hidup dan pola makan yang tidak terkontrol memudahkan seseorang terkena ginjal. Ginjal kronis akan menyebabkan gagal ginjal, pengobatan untuk penyakit gagal ginjal harus seumur hidup. Oleh sebab itu pencegahan lebih efektif dibandingkan dengan pengobatan gagal ginjal.

Penyakit ginjal ada banyak sekali jenisnya, sayang yang diketahui masyarakat hanyalah batu ginjal dan gagal ginjal saja. Setiap penyakit yang diderita oleh manusia pasti menimbulkan gejala dan ada ciri-cirinya. Berikut ini merupakan ciri-ciri penyakit ginjal yang harus di waspadai adalah :
  • Pinggang Terasa Sakit
Orang yang menderita penyakit ginjal akan merasakan sakit pinggang meski tidak beraktivitas menggunakan otot. Ciri satu ini sudah sering dibahas di forum kesehatan dan masyarakat sudah mengetahui ciri penyakit ginjal yang satu ini. Sayangnya masih banyak masyarakat yang tidak tahu mana sakit pinggang yang disebabkan oleh penyakit ginjal dan mana yang merupakan sakit pinggang biasa. Penyebab sakit pinggang dan rasa nyeri bisa muncul karena batu ginjal yang terjebak di saluran kemih atau ureter. Batu ginjal tersebutlah yang menyebabkan rasa nyeri berada di pinggang Pada ginjal yang ukurannya semakin membesar, rasa nyeri pada pinggang akan sering terasa. Sakit pinggang sering kambuh dan hilangnya bisa berhari-hari atau berminggu-minggu.
  • Urin Berkurang
Fungsi ginjal yang berkurang bisa menyebabkan seseorang memiliki urin yang berkurang. Hal itu dikarenakan ginjal tidak mampu mengeluarkan cairan sisa metabolisme berupa urin dengan sempurna, sehingga urin yang dikeluarkan akan cenderung sedikit. Sisa urin yang tidak dikeluarkan tersebut akan menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan komplikasi kesehatan salah satunya adalah sesak nafas. Anda perlu waspada jika anda berkemih namun urin yang anda keluarkan jumlahnya hanya sedikit. Observasi medis yang dilakukan untuk mendeteksi penyakit ginjal adalah melalui urinnya atau tes urin dan menganalisa volume urin yang dikeluarkan. Volume urin yang dikeluarkan tersebut akan disesuaikan dengan jumlah cairan yang masuk sebanding atau tidak. Jika jumlah cairan yang masuk banyak sedangkan urinnya sedikit bisa jadi penyakit ginjal ada di dalamnya
  • Demam
Orang yang menderita infeksi ginjal akan merasakan demam ringan di tubuhnya. Demam bukanlah suatu penyakit namun demam merupakan gejala suatu penyakit. Orang yang sakit ginjal bisa ditandai dengan demam yang tidak kunjung sembuh meski diberikan obat penurun demam. Penyebab demam itu adalah bakteri yang masuk ke dalam tubuh manusia sedang berusaha menyerang sistem imun. Sistem imun yang tidak mampu menangkalnya akan memberikan reaksi terhadap virus atau bakteri itu berupa demam.
  • Kencing Berdarah
Tanda atau ciri seseorang terkena penyakit ginjal hematuria adalah urin yang dikeluarkan bisa bercampur darah. Penyebabnya adalah filter ginjal tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik sehingga ginjal tidak mampu menyaring urin yang dikeluarkan melalui ginjal. Darah di dalam tubuh manusia bisa dikeluarkan saat kencing karena filter ginjal yang terganggu.
  • Kencing Diserbu Semut
Ciri tersebut merupakan salah satu ciri penyakit ginjal glukosaria. Orang yang sakit glukosaria akan memiliki kadar gula di dalam urin sehingga saat urin tersebut dikeluarkan bisa memancing kehadiran semut. Glukosaria juga bisa dikeluarkan bersamaan dengan urin sisa metabolisme.
  • Kadar Albumin Menurun
Penyakit ginjal bernama albuminuria menyebabkan kadar albumin di dalam darah menjadi menurun. Hal itu dikarenakan fungsi ginjal yang menurun menyebabkan molekul abumin dan juga protein lain berada di dalam urin. Akibatnya kadar albumin pun menjadi menurun. Alat filtrasi pada ginjal yang rusak tersebut juga menjadi penyebab mengapa albumin menjadi menurun.
  • Rasa Gatal Yang Bersangatan
timbulnya rasa gatal berlebih / kulit ruam.manfaat ginjal yang sangat utama yaitu membuang limbah atau kotoran dari aliran darah. saat ginjal gagal menggerakkan manfaatnya maka penumpukan limbah atau kotoran didalam tubuh anda menyebabkan rasa gatal yang kronis serta berlebih. tanda-tanda penyakit ginjal berbentuk rasa gatal ini sampai menyebabkan berdarah serta luka dikarenakan terus-terusannya di garuk. rasa gatal yang kronis ini umumnya juga dibarengi dengan pembengkakan diberbagai bagaian tubuh pasien layaknya tangan, pergelangan tangan, pergelangan kaki, dan lain-lain.
  • Kepala pusing serta sukar berkonsentrasi
Anemia amat terkait dengan gagal ginjal yang bermakna bahwa otak anda tidak memperoleh oksigen yang cukup. perihal ini menyebabkan kepala pusing ( apalagi sampai merasa berputar-putar ) serta kesusahan berkonsentrasi. saat akan jalan lalu anda barangkali dapat kehilangan keseimbangan tubuh, karena pusing yang kronis.
  • Sesak Nafas
problem nafas anda bisa terkait dengan ginjal didalam dua langkah. pertama, cairan yang berlebih akibat tidak berfungsinya ginjal hingga cairan tersebut menutup saluran paru-paru. serta ke-2, anemia ( kekurangan oksigen pembawa beberapa sel darah merah ) yang menyebabkan tubuh anda kekurangan oksigen serta kehabisan nafas. pada masalah tanda-tanda penyakit ginjal sesak nafas ini, umumnya pasien gagal ginjal dapat sukar tidur dikarenakan kesusahan bernafas serta perut kembung terus-menerus. aktisitas yang membutuhkan sedikit gerak fisik lalu dapat merasa amat berat.

Penyebab Sakit Ginjal

  • Luka Bakar
Penyebab sakit ginjal kali ini adalah luka bakar yang luas, biasanya lebih dari 30% luas tubuh. Luka bakar akan merusak kulit sehingga kulit tidak dapat menjalani fungsinya dengan optimal. Hal ini rentan menyebabkan air mudah menguap dari kulit yang terbakar sehingga rentan menyebabkan terjadinya gagal ginjal.
  • Bencana Alam Dan Kecelakaaan
Korban bencana alam misalnya saja gempa bumi yang tertimbun di rereuntuhan berhari-hari dapat menderita gagal ginjal akut karena keadaan dehidrasi. Selain dehidrasi, hancurnya otot yang tertimpa oleh reruntuhan juga dapat menyebabkan gagal ginjal karena zat yang dilepaskan dari otot yang luka tersebut. Kecelakaan yang melibatkan banyak luka parah pada otot juga dapat menjadi penyebab sakit ginjal.
  • Saluran Kencing Tersumbat
Sumbatan di salah satu saluran kencing (mulai dari ginjal ssaluran kencing yang paling akhir) yang bersifat kronis dapat membuat air kencing sulit dibuang dan akhirnya kembali ke organ ginjal sehingga merusak ginjal. Sumbatan dapat dalam bentuk apa saja. Sebab yang paling sering ialah pria dengan pembesaran prostat yang tidak diobati. Penyebab lainnya adalah batu ginjal yang tidak diobati dan penyembuhan yang tidak sempurna dari saluran kencing yang pernah sakit sebelumnya sehingga terjadi penyempitan.
  • Infeksi
Contoh penyakit infeksi yang menjadi penyebab sakit ginjal adalah malaria, demam berdarah dengue dan leptospirosis. Keadaan infeksi ini dapat sedemikian rupa membuat tubuh menjadi dehidrasi serta merusak ginjal secara langsung hingga menyebabkan gagal ginjal. Maka, bila Anda menderita sakit di atas jangan ragu membawa diri Anda ke rumah sakit.
  • Kekurangan Cairan
Dehidrasi merupakan penyebab sakit ginjal nomor satu. Beberapa hal yang dapat menyebabkan dehidrasi adalah diare (BAB lebih dari 3x sehari), perdarahan yang banyak, muntah-muntah hebat dan demam tinggi. Seseorang yang menderita keadaan di atas tidak boleh kurang minum karena dapat memperparah keadaan dehidrasinya.

Mengapa Penderita Gagal Ginjal Menjalani Cuci Darah?

Untuk menjawab pertanyaan ini ada baiknya kalau kita pahami terlebih dahulu beberapa pengertian cuci darah yang sebenarnya. Cuci darah / Hemodialisis adalah suatu tindakan medis yang dilakukan untuk membersihkan racun dalam tubuh, karena ginjal tidak mampu lagi membuang sisa-sisa metabolisme dalam tubuh. Cuci darah dilakukan pada pasien penderita ginjal kronik dan ginjal akut.
Berikut marilah kita lihat kondisi-kondisi tertentu yang perlu segera dilakukan cuci darah (hemodialisis) secara medis, yaitu:
Ciri Sakit Ginjal Dan Penyebabnya Serta Mengapa Penderita Gagal Ginjal Menjalani Cuci Darah?
Ciri Sakit Ginjal
  1. Kondisi pH darah pasien yang sangat rendah dan tidak dapat dinaikkan lagi dengan obat-obatan.
  2. Kondisi keracunan, dilakukan cuci darah untuk membantu menurunkan tingkat keracunannya, seperti keracunan methanol.
  3. Kondisi dengan tingkat sisa metabolisme ureum dalam tubuh sangat tinggi dengan gejala klinis sbb: mual muntah, kecegukan yang tidak berhenti, penurunan kesadaran, bahkan bisa kejang - kejang.
  4. Elektrolit imbalance. Pada umumnya yang menjadi masalah adalah kelebihan kalium, menjadi hiperkalemi. 
  5. Kondisi ini bila tidak segera diatasi dapat menyebabkan gangguan pada jantung.Terjadi penumpukan cairan di dalam tubuh. 
  6. Biasanya terjadi penumpukan cairan dalam paru-paru yang disebut sebagai Edema Paru, sehingga menyebabkan pasien menjadi sesak nafas hebat

Kesimpulan

Cuci darah hanyalah salah satu tindakan medis untuk penyakit ginjal diatas, prosedur lain yang bisa ditempuh oleh penderita ginjal kronik adalah dengan transplantasi ginjal.
Baca Juga Ini :Penyebab Sakit Ginjal Dapat Memicu Munculnya Penyakit Lain
Cara medis diatas yaitu dengan cuci darah maupun transplantasi ginjal sangatlah mahal biayanya. Selain biaya yang mahal juga mengandung resiko tinggi untuk kegagalanya. Untuk itu cara yang terbaik adalah sayangilah sedini mungkin ginjal anda dari kerusakan. Carilah alternatif obat sakit ginjal alami yang lebih aman tetapi sudah terbukti dan dapat menyembuhkan kembali. Mari kita jaga ginjal agar tetap sehat.

Demikian Ulasan Kami Pada kali ini yaitu tentang Ciri Sakit Ginjal Dan Penyebabnya Serta Mengapa Penderita Gagal Ginjal Menjalani Cuci Darah? Semoga Bermanfaat. Salam Dari Kami www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: