Selasa, 09 Mei 2017

Penyebab,Gejala Gagal Ginjal Akut Dan Pengobatannya Sampai Sembuh

Penyebab,Gejala Gagal Ginjal Akut Dan Pengobatannya Sampai Sembuh


http://www.seh4t.com/

Pada normalnya ginjal kita selalu melakukan pekerjaannya dengan sempurna, yaitu menyaring darah dari limbah-limbah metabolisme. Namun, terkadang ginjal gagal melakukan pekerjaannya itu, maka kondisi ini disebut gagal ginjal, sebagai akibatnya zat-zat yang berbahaya ini menumpuk dalam tubuh sehingga akan menimbulkan berbagai gejala gagal ginjal yang berbahaya.

Gagal Ginjal (renal failure) merupakan istilah non-spesifik yang menggambarkan penurunan fungsi ginjal seperti di atas. Jika pada setiap tahap proses penyaringan ginjal diblokir baik karena kerusakan ginjal langsung (misalnya karena diabetes) atau oleh penyumbatan tidak langsung (seperti oleh batu ginjal), maka itu dapat menyebabkan gagal ginjal. Ada dua jenis utama gagal ginjal, yaitu gagal ginjal akut dan kronik.
  • Gagal ginjal akut (GGA) atau Acute Renal Failure (ARF) terjadi ketika ginjal tiba-tiba berhenti menyaring produk limbah dari darah.
  • Gagal ginjal kronik (GGK) atau Chronic Renal Failure (CRF) berkembang perlahan-lahan dan berangsur memberat dengan sedikit gejala pada tahap awal.

. Penyebab / Etiologi Gagal Ginjal Akut


Pada kondisi gagal ginjal akut, fungsi ginjal hilang dengan cepat dan menimbulkan gejala pada tubuh. Etiologi gagal ginjal akut ini dikelompokkan berdasarkan lokasi pada saluran kemih yang mengalami gangguan yaitu penyebab prerenal, renal dan post renal. Yu gan,,,,,,,!!!!  kita bahas satu persatu.

Struktur Ginjal

* Penyebab Gagal Ginjal Prerenal

Prerenal (pra = sebelum + renal = ginjal) artinya akar masalahnya diluar ginjal akan tetapi akan mempengaruhi ginjal karena sesuatu tersebut akan berhubungan dengan ginjal. Sesuatu tersebut adalah berkaitan dengan suplai darah, yakni karena penurunan suplai darah ke ginjal. Contoh penyebab prerenal yang dapat menimbulkan gagal ginjal, antara lain:
  1. Hipovolemia (volume darah yang rendah) karena kehilangan darah.
  2. Dehidrasi karena kehilangan cairan tubuh (misalnya, muntah , diare , berkeringat, demam ).
  3. Asupan cairan kurang.
  4. Obat, misalnya, diuretik (“water pills”) dapat menyebabkan kehilangan air yang berlebihan, dan
  5. Aliran darah yang abnormal ke dan dari ginjal karena penyumbatan arteri atau vena ginjal.

* Penyebab Gagal Ginjal Renal

Renal (ren=ginjal) yakni kerusakan langsung pada ginjal itu sendiri, diantaranya akibat dari:
  1. Sepsis: sistem kekebalan tubuh yang kalah melawan infeksi sehingga infeksi menyebar ke seluruh tubuh termasuk menyebabkan peradangan dan kerusakan ginjal. Hal ini biasanya tidak terjadi pada infeksi saluran kemih .
  2. Obat-obatan: Beberapa obat bersifat racun bagi ginjal, termasuk nonsteroidal anti-inflamasi (NSID) seperti ibuprofen dan naproxen . Obat lainnya yang berpotensi meracuni ginjal (nefrotoxic) diantaranya antibiotik aminoglikosida seperti [ gentamisin (Garamycin), tobramycin ], lithium (Eskalith, Lithobid), obat yang mengandung yodium contohnya zat kontras yang disuntikkan pada tubuh sebelum dirongsen.
  3. Rhabdomyolysis: Ini adalah situasi di mana ada kerusakan otot yang signifikan dalam tubuh, dan serat otot yang rusak menyumbat sistem penyaringan ginjal. ini dapat terjadi karena truma, luka parah, dan luka bakar. Beberapa obat yang digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi dapat menyebabkan rhabdomyolysis.
  4. Multiple myeloma
  5. Glomerulonefritis akut atau peradangan pada glomeruli, sistem penyaringan ginjal. Banyak penyakit dapat menyebabkan peradangan ini termasuk lupus eritematosus sistemik (SLE) , Wegener granulomatosis , dan sindrom Goodpasture.

* Penyebab Gagal Ginjal Postrenal

Etiologi postrenal berarti penyebab-penyebab yang terjadi disaluran kencing setelah ginjal (post = setelah + renal = ginjal) disebabkan oleh faktor-faktor yang mempengaruhi aliran urin:
  1. Obstruksi atau penyumbatan kandung kemih atau ureter misalnya karena batu ginjal dapat menyebabkan tekanan balik ke ginjal karena ginjal terus menghasilkan urin, sedangkan terbendung di bagian bawahnya. Ketika tekanan meningkat cukup tinggi, ginjal akan rusak dan bisa mati.
  2. Hipertrofi prostat atau kanker prostat dapat menghalangi urethra sehingga urin pada kandung kemih tidak dapat mengalir melalui kencing.
  3. Tumor di perut yang mengelilingi dan menghalangi ureter.
  4. Batu ginjal; Biasanya, batu ginjal mempengaruhi hanya satu ginjal dan tidak menyebabkan gagal ginjal.

Itulah ulasan singkat mengenai penyebab atau etiologi gagal ginjal, semoga dapat memberi pencerahan terutama bagi yang menggeluti dunia kesehatan dan medis.

. Gejala Dan Penyebab Gagal Ginjal Akut


Tanda dan Gejala Gagal Ginjal Akut Dapat Meliputi:

Tanda Gejala Dan Penyebab Gagal Ginjal AkutPenurunan output urin, meskipun kadang-kadang urin tetap normal
Retensi cairan, menyebabkan pembengkakan di kaki Anda, pergelangan kaki atau kaki
Kantuk
Sesak napas
Kelelahan
Kebingungan
Mual
Kejang atau koma pada kasus yang berat
Nyeri dada atau tekanan

Kadang-kadang gagal ginjal akut tidak menyebabkan tanda-tanda atau gejala dan terdeteksi melalui tes laboratorium dilakukan untuk alasan lain.

. Tanda Gejala Gagal Ginjal Akut


Penyebab Gagal Ginjal Akut Dapat Meliputi:
  • Anda memiliki kondisi yang memperlambat aliran darah ke ginjal
  • Anda mengalami kerusakan langsung ke ginjal
  • Tabung drainase urin ginjal anda (ureter) menjadi diblokir dan limbah tidak bisa meninggalkan tubuh Anda melalui urin Anda

* Gangguan Aliran Darah Ke Ginjal

Penyakit dan kondisi yang dapat memperlambat aliran darah ke ginjal dan menyebabkan gagal ginjal meliputi:
  1. Darah atau kehilangan cairan
  2. Obat generik tekanan darah
  3. Serangan jantung
  4. Penyakit jantung
  5. Infeksi
  6. Gagal hati
  7. Penggunaan aspirin, ibuprofen (Advil, Motrin IB, orang lain), naproxen (Aleve, orang lain) atau obat-obatan generik yang berhubungan
  8. Reaksi alergi yang parah (anafilaksis)
  9. Luka bakar parah
  10. Dehidrasi berat
* Kerusakan Langsung Ke Ginjal

Ini penyakit, kondisi dan agen dapat merusak ginjal dan menyebabkan gagal ginjal akut:
  1. Pembekuan darah di pembuluh darah dan arteri di dalam dan sekitar ginjal
  2. Kolesterol deposito yang menghambat aliran darah di ginjal
  3. Glomerulonefritis (gloe-mer-u-loe-nuh-FRY-tis), radang filter kecil di ginjal (glomerulus)
  4. Sindrom uremik hemolitik, suatu kondisi yang dihasilkan dari kerusakan dini sel darah merah
  5. Infeksi
  6. Lupus, sistem kelainan imun yang menyebabkan glomerulonefritis
  7. Obat-obatan generik, seperti obat-obatan tertentu kemoterapi, antibiotik, pewarna yang digunakan selama tes pencitraan dan asam zoledronic (Reclast, Zometa), digunakan untuk mengobati osteoporosis dan kalsium darah tinggi tingkat (hypercalcemia)
  8. Multiple myeloma, kanker sel plasma
  9. Skleroderma, sekelompok penyakit langka yang mempengaruhi kulit dan ikat jaringan
  10. Trombotik thrombocytopenic purpura, kelainan darah yang langka
  11. Racun, seperti alkohol, logam berat dan kokain
  12. Vaskulitis, suatu peradangan pembuluh darah

* Tabung Drainase Urin Pada Ginjal Tersumbat

Penyakit dan kondisi yang memblokir bagian urin keluar dari tubuh (penghalang kemih) dan dapat menyebabkan gagal ginjal akut termasuk:
  1. Kanker kandung kemih
  2. Pembekuan darah di saluran kemih
  3. Kanker serviks
  4. Kanker usus besar
  5. Pembesaran prostat
  6. Batu ginjal
  7. kerusakan saraf yang melibatkan saraf yang mengontrol kandung kemih
  8. Kanker prostat

. Pengobatan


Setelah kita mengetahui Penyebab,Gejala Gagal Ginjal Akut selanjutnya kita mengetahui Pengobatannya Sampai Sembuh agar kita mendapati kembali kesehatan tubuh kita.

Tujuan dari pengobatan adalah menemukan dan mengobati penyebab dari gagal ginjal akut. Selain itu pengobatan dipusatkan untuk mencegah penimbunan cairan dan limbah metabolik yang berlebihan. Asupan cairan dibatasi dan disesuaikan dengan volume air kemih yang dikeluarkan. Asupan garam dan zat-zat yang dalam keadaan normal dibuang oleh ginjal, juga dibatasi. Penderita dianjurkan untuk menjalani diet kaya karbohidrat serta rendah protein, natrium dan kalium.

Antibiotik bisa diberikan untuk mencegah atau mengobati infeksi.Untuk meningkatkan jumlah cairan yang dibuang melalui ginjal, bisa diberikan diuretik. Kadang diberikan natrium polistiren sulfonat untuk mengatasi hiperkalemia. Untuk membuang kelebihan cairan dan limbah metabolik bisa dilakukan dialisa. Dengan dialisa penderita akan merasa lebih baik dan lebih mudah untuk mengendalikan gagal ginjal. Dialisa tidak harus dijalani oleh setiap penderita, tetapi sering dapat memperpanjang harapan hidup penderita, terutama jika kadar kalium serumnya sangat tinggi.

Indikasi dilakukannya dialisa adalah:
  1. Keadaan mental menurun
  2. Perikarditis
  3. Hiperkalemia
  4. Anuria
  5. Cairan yang berlebihan
  6. Kadar kreatinin > 10 mg/dL dan BUN > 120 mg/dL.
Baca Juga;
Obat Gejala Ginjal Dan Makanan Penyebab Sakit Ginjal
Infeksi Ginjal Dan Tips Bagaimana Caranya Agar Kamu Tidak Sampai Mengalami Sakit Ginjal


Sekian artikrl ini kami akhiri semoga dapat bermanfaat dan jangan berat untuk memaafkan atas kekurangan dan kesalahan dalam tulisan ini. Salam sehat dari kami www.seh4t.com terima kasih.
Previous Post
Next Post

0 komentar: