Minggu, 07 Mei 2017

Gejala, Penyebab Penyakit Gagal Ginjal Kronis Dan Makanan Yang Disarankan

Gagal Ginjal Kronis

Penyakit ginjal kronik atau yang lebih dikenal di masyarakat dengan istilah gagal ginjal kronis (GGK) adalah kondisi dimana fungsi ginjal mulai menurun secara bertahap. Indonesia Renal Registry mendefinisikan gagal ginjal kronis sebagai kerusakan ginjal, dapat berupa kelainan jaringan, komposisi darah dan urine atau tes pencitraan ginjal, yang dialami lebih dari tiga bulan.

Status GGK akan berubah menjadi gagal ginjal tahap akhir (End-Stage Renal Disease/ESRD) ketika ginjal tidak lagi berfungsi. Pada stadium ini biasanya telah terjadi penumpukan limbah tubuh, cairan, dan elektrolit yang bisa membahayakan tubuh jika tanpa dilakukan penyaringan buatan (dialisis/cuci darah) atau transplantasi ginjal.

Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 oleh Kementrian Kesehatan RI, sebanyak 0.2% dari total jumlah penduduk Indonesia mengalami kondisi ini. Provinsi Sulawesi Tengah merupakan daerah dengan angka tertinggi yaitu, 0.5% dari total jumlah penduduk di provinsi tersebut. Dari data 7th Report of Indonesian Renal Registry tahun 2014, pasien gagal ginjal yang melakukan cuci darah paling banyak disebabkan karena hipertensi (37%). Diikuti diabetes (27%), dan kelainan bawaan (10%).

Gejala, Penyebab Penyakit Gagal Ginjal Kronis Dan Makanan Yang Disarankan

Gejala Gagal Ginjal Kronis antara lain;


Gagal ginjal kronis sering kali tidak menunjukkan gejala pada tahap awal dan berkembang secara perlahan-lahan. Tanda-tanda dan gejala tahap akhir meliputi mual, muntah, diare dan hilangnya nafsu makan. Gejala tersebut antara lain :
  1. Munculnya rasa gatal.
  2. Hilangnya nafsu makan.
  3. Merasa lelah dan lemah.
  4. Otot kejang dan berkedut.
  5. Mempunyai masalah dengan tidur.
  6. Mengalami bengkak pada area kaki.
  7. Merasa mual berakhir muntah-muntah.
  8. Menurunnya mental secara signifikan.
  9. Berkurangnya kandungan urine saat buang air kecil.
Kemungkinan terdapat tanda-tanda atau gejala yang tidak tercantum di atas. Jika anda mempunyai kekhawatiran tertentu mengenai gejala, alangkah baiknya bila anda mengkonsultasikannya dengan dokter.

Penyebab Penyakit Gagal Ginjal Kronis antara lain :

  1. Lupus
  2. Vasculitis
  3. Scleroderma
  4. Diabetes tipe I
  5. Diabetes tipe II
  6. Batu ginjal
  7. Pembesaran prostat
  8. Tekanan darah tinggi (hipertensi)
  9. Kanker ginjal
  10. Kanker kandung kemih
  11. Infeksi Ginjal (puelonephritis)
  12. Polycystic kidney disease
  13. Kondisi yang menyebabkan urine masuk kembali ke dalam ginjal (vesicoureteral reflux)
  14. Glomerulonephritis
  15. Kerusakan pada arteri yang membawa darah menuju ginjal (renal artery stenosis)
Sebuah keharusan untuk anda yang divonis menderita sebuah penyakit berat untuk melakukan diet atau menyeleksi asupan makanan dalam tubuh. Begitupula bagi anda penderita penyakit ginjal. Ginjal yang merupakan organ vital dalam tubuh sangat mempengaruhi kondisi kesehatan kita selama kita hidup.

Ketika seseorang menderita penyakit ginjal, jenis makanan untuk penderita penyakit ginjal wajib anda hindari dan masukkan dalam diet anda. Berikut adalah beberapa kriteria makanan yang harus anda hindari.
  1. Membatasi cairan
  2. Makan diet rendah protein
  3. Membatasi garam, kalium, fosfor, dan elektrolit lain
  4. Mendapatkan cukup kalori jika anda kehilangan berat badan

Ginjal yang SEHAT akan menghasilkan tubuh yang sehat dan ginjal yang tidak sehat akan menghasilkan tubuh yang tidak sehat pula. Berbagai penyakit ginjal dapat datang dengan berbagai sebab seperti pola hidup khususnya dalam hal asupan makanan yang dikonsumsi sehari–hari. Untuk membantu pengobatan, makanan bagi penderita ginjal juga harus diseleksi atau dipilih. Inilah  Makanan Yang Disarankan bagi penderita penyakit ginjal: 
  1. Apel; Satu buah apel ukuran sedang termasuk kulit mengandung = 0 natrium, 158 mg kalium, fosfor 10 mg. Buah apel selain terkenal untuk diet, mencegah serangan jantung, dan mencegah kanker, ternyata juga baik untuk ginjal. Buah apel juga menjadi salah satu buah yang dapat dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal. Disarankan untuk mengkonsumsi apel dengan jumlah setengahnya dari satu buah apel. Karena apel juga mengandung banyak air yang tentu dibatasi untuk masuk ke dalam tubuh penderita penyakit ginjal. Apel dapat membantu keluarkan racun dan membersihkan ginjal. Tetapi bagi penderita penyakit ginjal yang sudah masuk pada tahap kronis lebih baik jauhi mengkonsumsi buah ini. 
  2. Anggur Merah; 1/2 Cangkir (±110 gr) terkandung 1 mg sodium, 88 mg potassium, 4 mg fosfor. Anggur juga memiliki sifat yang sama dengan apel yaitu sebagai detoksifikasi atau pembersih. Tapi mengkonsumsi buah ini juga harus dibatasi misalnya hanya dua sampai tiga buah saja perharinya dikarenakan mengandung banyak air. PERLU DIINGAT...!!! kagak yang ngandung alkohol ya Gaaaaaaaaaan. 
  3. Bawang Putih; 1 Siung bawang putih mengandung = 1 mg sodium, 12 mg potassium, 4 mg fosfor. Bawang putih menjadi satu bahan yang baik dikonsumsi bagi penderita penyakit ginjal. Memang tidak sulit menemukan bahan makanan ini di berbagai menu makanan. Namun silahkan perbanyaklah jumlah bawang putih dalam menu makanan diet anda yang menderita penyakit ginjal. Karena bawang putih dapat mencegah proses oksidasi juga pembekuan darah. Selain itu bawang putih yang tidak terlalu diolah dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan menghindari peradangan. Untuk hasil yang maksimal, disarankan untuk memakannya mentah–mentah. 
  4. Bawang Merah; Tidak hanya bawang putih, bawang merah juga baik bagi penderita ginjal. Bawang merah dapat menjadi penghilang racun dalam tubuh dan membersihkan ginjal. Selain itu bawang merah juga dipercaya dapat menjadi obat bagi penderita batu ginjal. Anda bisa mengkonsumsi bawang merah dengan cara dimakan langsung atau dicampurkan dalam makanan. 
  5. Kecambah/Touge; Bagi penderita penyakit ginjal tidak boleh sembarangan mengkonsumsi sayuran. Tapi touge bisa menjadi salah satu sayur yang dapat dikonsumsi bagi penderita penyakit ginjal. Touge atau kecambah dapat membantu membersihkan ginjal dan menghindari pembentukan batu ginjal. Disarankan untuk dikonsumsi dalam bentuk mentah dan tidak diolah menjadi apapun. Tenang, rasa touge cukup nikmat bila belum diolah. 
  6. Paprika Merah; 1/2 Cangkir (±110 gr) paprika merah mengandung = 1 mg sodium, 88 mg potassium, 10 mg fosfor. Para ahli kesehatan banyak yang menyarankan untuk memasukan bahan makanan yang satu ini ke dalam menu makanan kita sehari – hari. Sebab paprika berwarna merah dapat membatu meringankan penyakit ginjal dan jga mencegah penyakit kanker tumbuh dalam tubuh kita. Paprika merah tidak begitu banyak mengandung kalium seperti parika waarna lainnya. Sayuran ini juga mengandung serat, asam folat, Vitamin A, Vitamin B6, dan Vitamin C. 
  7. Minyak Zaitun; 1 sendok minyak zaitun mengandung = <1 0="" 1="" br="" fosfor="" mg="" potassium="" sodium="">. Ada banyak jenis minyak yang dapat dikonsumsi tetapi minyak dari buah zaitunlah yang baik untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit ginjal. Minyak zaitun mengandung anti-inflamasi, anti-oksidan, juga asam lemak di mana membantu menyehatkan organ ginjal. Masaklah menggunakan minyak ini. 
  8. Kubis/Labu; 1/2 Cangkir (±110 gr) mengandung = 6 mg sodium, 60 mg potassium, 9 mg fosfor. Kubis atau labu juga menjadi makanan yang cocok bagi penderita penyakit ginjal. Kubis mengandung banyak vitamin dan dapat menjadi karbohidrat yang baik. Kubis memiliki manfaat sebagai peningkat fungsi ginjal dan membuat ginjal menjadi lebih sehat. Karena penderita penyakit ginjal lebih baik menghindari nasi, kentang, gandum, ubi, maka kubis dapat menjadi karbohidrat pengganti.  
  9. Yoghurt; Penderita penyakit ginjal sangat dibatasi asupan mineral dalam tubuhnya. Dan semua asupan mineral tergantung pada kondisi ginjal sang penderita termasuk mineral dari makanan maupun minuman. Yoghurt dapat dimasukan menjadi salah satu mineral karena mengandung prabiotik yang mampu menyehatkan ginjal dan mengusir bakteri jahat. Namun anda juga harus memperhatikan takarannya jangan sampai berlebihan.  
  10. Ikan; 85 Gram salmon mengandung = 50 mg sodium, 368 mg potassium, 274 mg fosfor. Penderita penyakit ginjal juga tidak boleh mengkonsumsi banyak protein. Oleh karena itu daging–dagingan seperti daging merah, udang, atam, dan lainnya dilarang untuk dikonsumsi. Namun daging ikan yang kaya akan omega-3 masih dapat dikonsumsi sebab dapat mengurangi peradagan. Daging ikan yang direkomendasikan adalah ikan salmon, ikan tuna, dan ikan mackarel. 
  11. Aneka Rempah – Rempah; Tidak nikmat rasanya bila menyantap makanan tanpa rempah-rempah. Meski penderita penyakit ginjal sangat dibatasi dalam menyantap makanan dan jumlah kalori, tetapi makanan yang dikonsumsi masih dapat dicampur dengan aneka rempah-rempah. Khususnya jahe, kunyit, dan ketumbar. Di mana ketiga rempah – rempah tersebut memiliki fungsi pemurnian darah, membersihkan ginjal, dan menjaga kesehatan ginjal.
  12. Putih Telur; 2 butir putih telur memiliki kandungan 7 grams protein, 110 mg sodium, 108 mg potassium, 10 mg fosfor. Protein putih telur merupakan salah satu sumber protein yang memberikan kualitas tinggi dan mengandung asam amino esensial. Putih telur merupakan salah satu jenis diet makanan sehat untuk ginjal.

*Keluarga Barries


Penderita penyakit ginjal dapat mengkonsumsi aneka buah dari keluarga barries seperti strawberry, blueberry, cranberrie, redberry, dan lain – lain. Buah dari keluarga barries mengandung anti-oksidan dan anti-inflamasi di mana sangat ramah bagi organ ginjal. Penderita penyakit ginjal tidak bisa sembarangan mengkonsumsi buah jadi inilah salah satu buah yang aman dan bisa dikonsumsi. Selain itu buah dari keluarga barries juga dapat meningkatkan fungsi pada kandung kemih. Pada umumnya penderita penyakit ginjal hanya boleh mengkonsumsi kalori sekitar 35kkal/kg/hari (dikalikan berat tubuh). Sedangkan untuk asupan mineral hanya boleh rata – rata 500 mililiter per-hari. Asupan sayur dan buah yang tinggi kalium sangat disarankan untuk tidak dikonsumsi. Begitu pun protein dan karbohidrat yang tinggi, jadi aturlah makanan untuk penderita penyakit ginjal agar tidak berdampak berbahaya.


BARRIES FAMILY

  1. Stroberi; 1/2 Cangkir (±110 gr) mengandung = 1 mg sodium, 120 mg potassium, 13 mg fosfor. Buah ini sangat ampuh untuk mencegah kanker, namun ternyata stroberi sangat baik untuk untuk ginjal. Kandungan dua fenol, anthocyanin dan ellagitannins sangat penting untuk membentuk struktur tubuh. Zat Anthocyananins, merupakan salah satu fenol yang dapat menjadi antioksidan. Kedua fenol ini merupakan zat pembentuk warna merah pada stroberi dan menjadi hal yang sangat sangat penting untuk mencegah kerusakan oksidatif. Selain itu, buah ini baik untuk sumber serat dan vitamin C yang penting sebagai zat dan komponen anti-inflamasi.
  2. Raspberry; 1/2 Cangkir (±110 gr) rasberi= 0 mg natrium, 93 mg kalium, fosfor 7 mg. Raspberry adalah salah satu jenis buah yang paling cocok untuk penderita penyakit ginjal. Kandungan phytonutrient yang dikenal dengan asam ellagic dapat membantu ginjal lebih rusak dengan menetralkan radikal bebas untuk mencegah kerusakan sel. Raspberry mengandung banyak flavonoid yang merupakan anthocyanin yang menyebabkan buah ini menjadi warna merah. Selain itu buah ini juga sangat banyak buah mangan, vitamin C, serat, dan folat serta vitamin B. Bauh ini juga ampuh membunuh sel kanker.
  3. Bluberi; 1/2 Cangkir (±110 gr) mengandung = 4 mg sodium, 65 mg potassium, 7 mg fosfor. Bluberi memiliki kandungan fitnutrien yang merupakan antioksidan yang dinamakan anthocyanidins. Blueberi berwarna biru adalah salah satu efek dari antioksidan ini. Antioksidan yang ditemukan dalam bluberi serta berbagai jenis buah beri lainnya, telah membantu dalam mencegah kerusakan tulang (dalam penelitian tikus). Selain itu cukup ampuh menjaga kesehatan ginjal.
  4. Buah Ceri; 1/2 Cangkir (±110 gr) = 0 mg sodium, 160 mg potassium, 15 mg fosfor. Cherry juga menjadi salah satu buah yang dapat dikonsumsi bagi penderita penyakit ginjal. Buah ini sangat baik mencegah antioksidan dan dapat bertindak sebagai anti inflamasi. Para penderita penyakit ginjal disarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi protein dan buah cherry tidak memiliki banyak portein. Mengkonsumsi cherry dapat mengurangi kadar kalium dalam tubuh dan menyehatkan ginjal. Selain ceri, ternyata buah yang termasuk keluarga beri ini cukup ampuh untuk dimakanan para penderita ginjal. Untuk itu sangat penting jika anda hobi makan buah-buahan untuk mengkonsumsi jenis buah ceri ini.
Bagi anda yang mengidap penyakit ginjal apalagi dalam tingkat Gagal Ginjal Kronis, secepat mungkinlah untuk anda mengobatinya agar anda mendapati tubuh yang sehat kembali karena dengan ginjal yang sehat maka tubuh pun akan berada dalam kondisi yang sehat juga dan menjaga asupan yang anda makan dan merutinkan makanan yang tercantum diatas agar bisa membantu akan kesehatan ginjal anda. Dan bagi anda yang sehat, tidak ada salahnnya jika rutin mengkonsumsi Makanan Yang Disarankan diatas guna menjaga kesehatan ginjal anda dari keluhan-keluhannya.

Lihat Juga:
Penyebab Sakit Ginjal Dapat Memicu Munculnya Penyakit Lain
Obat Herbal Ginjal Akut Bermasalah Kronis Super Bengkak Dan Bocor
Sekian artikel ini kami akhiri, dan janganlah anda nggan untuk memaafkan dan memaklumi akan kesalahan dan kekurangan yang didapati dalam artikel ini, kami berharap dapat bermanfaat. Dan artikel ini hanyalan bersifat informasi akan wawasan kita dan hal yang paling penting adalah berkonsultasi dengan dokter. Salam sehat dari kami www.seh4t.com terima kasih.
Previous Post
Next Post

0 komentar: