Senin, 01 Mei 2017

Ciri Gejala Gagal Ginjal Akut Pada Wanita Dan Anak Serta Larangannya

Ciri Gejala Gagal Ginjal Akut Pada Wanita Dan Anak Serta Larangannya Terletak di perut bagian belakang kanan dan kiri, ginjal adalah organ vital dalam tubuh yang memainkan peran penting dalam mengatur keseimbangan elektrolit, memproduksi sel darah merah, dan mengontrol tekanan darah. Fungsi utama ginjal adalah untuk menyaring produk limbah dalam darah, dan penyakit gagal ginjal terjadi ketika organ ini kehilangan kemampuan penyaringan; menyebabkan penumpukan limbah beracun dalam tubuh, dan mengakibatkan susunan kimiawi darah menjadi rusak.

Ciri Gejala Gagal Ginjal Akut Pada Wanita Dan Anak Serta Larangannya

Oleh karena itu, penyakit gagal ginjal adalah suatu kondisi kesehatan yang sangat serius, namun
dapat dimulai dengan gejala yang ringan, samar-samar sehingga sering tidak terdeteksi, namun perlahan tapai pasti penyakit ginjal ini akan memberat dari waktu ke waktu. Biasanya, kebanyakan pasien yang menderita gagal ginjal telah hidup dengan penyakit ginjal selama beberapa waktu, sebelum ciri-ciri gagal ginjal muncul. Ginjal yang sehat adalah faktor penting yang menentukan umur panjang seseorang, sehingga mencermati setiap gejala dan tanda yang menunjukkan gagal ginjal adalah kunci utama untuk mencari pengobatan dini.
Dibawah ini Beberapa Ciri Gejala Gagal Ginjal Akut Pada Wanita Dan Anak Serta Larangannya

 Gejala Gagal Ginjal Akut Pada Wanita

    Ciri Gejala Gagal Ginjal Akut Pada Wanita Dan Anak Serta Larangannya
    Kelelahan
  • Faktor Kelelahan Atau Kecapean
Ginjal bekerja keras sepanjang hari, tidak hanya memproduksi urine, tetapi juga membuat erythropoietin, yang merupakan hormon yang diperlukan untuk membuat sel-sel darah merah. Ketika ginjal rusak, maka produksi erythropoietin bisa turun dan sebagai akibatnya bisa terjadi anemia. Untungnya, anemia dapat diobati dengan penanganan yang tepat, bagaimanapun, anemia ini bukan satu-satunya alasan mengapa orang-orang yang menderita penyakit ginjal dan gagal ginjal tamak begitu lelah atau lemas.

Alasan lain yaitu ketidakseimbangan elektrolit, yang dapat menyebabkan kelemahan otot. Sayangnya, mereka yang menderita gagal ginjal akhirnya merasa lemah dan lelah, bahkan setelah istirahat cukup. Kelelahan ini akan mengganggu rutinitas sehari-hari secara signifikan, di mana pasien begitu lelah, mereka tidak dapat pergi bekerja, atau bahkan melakukan tugas sederhana seperti membersihkan rumah, berpakaian, atau bahkan menyiapkan makanan.
Lihat Juga Ini :Obat Ginjal Alami Dengan Herbal Tradisonal Yang Bagus
    Lidah bermasalah
  •  Mulut Terasa Logam
Ketika seseorang menderita masalah ginjal, dia juga bisa mengalami uremia; salah satu tahap akhir penyakit ginjal. Pada kondisi ini partikel limbah menumpuk berlebihan di dalam tubuh seseorang, salah satu gejala yang dirasakan adalah mulut terasa tak enak seperti ada rasa logam di mulut. Oleh karena itu, makanan akan terasa berbeda, dan sering beberapa penderita penyakit ginjal melaporkan mereka tidak lagi bisa mengkonsumsi beberapa makanan favorit, seperti daging, atau roti karena rasa busuk di mulut. Kemudian, terjadilah efek domino akibat kehilangan selera makan ini, dengan tidak adanya vitamin dan mineral yang memasuki tubuh, maka akan meningkatkan rasa lelah dan lemah yang sudah ada.
  • Bengkak Pada Tungkai
Ketika ginjal berhenti bekerja secara normal, maka ada banyak cairan ekstra yang gagal di buang oleh tubuh, cairan ini akan menempati ruang di mana saja di dalam tubuh. Itu sebabnya salah satu ciri-ciri gagal ginjal yang bisa kita lihat adalah pembengkakan pada kaki, lengan, tangan, atau wajah karena akumulasi cairan. Pada awalnya, sebagian besar individu melihat pergelangan kaki mereka bengkak pada malam hari, atau wajah bengkak entah dari mana; dan kemudian mereka dapat mulai melihat pembengkakan meluas ke area lain dari tubuh. Namun perlu dipahami, bahwa tungkai bengkak bisa menjadi tanda dan gejala dari berbagai penyakit lainnya, yang tidak berhubungan dengan gagal ginjal. Jika Anda melihat ini terjadi pada Anda atau keluarga Anda, maka sangat kami anjurkan untuk berkunjung ke dokter guna memastikan penyebabnya.
  • Sulit Bernafas
Ciri lain dari penyakit ginjal adalah penderita akan sulit bernafas atau merasakan sesak nafas. Penyebab penderita ginjal menjadi sulit bernafas dikarenakan penumpukan cairan di dalam tubuh. Ginjal memiliki fungsi untuk membuang cairan sisa metabolisme berupa urin. Karena fungsinya terganggu, cairan hasil sisa metabolisme tersebut tidak keluar semuanya sehingga cairan itu akan menumpuk di dalam tubuh. Penumpukan cairan di paru-paru itulah yang membuat penderita ginjal sulit bernafas. Seharusnya organ paru-paru berisi udara, namun pada penderita ginjal paru-paru justru berisi cairan sisa metabolisme. Jika cairan memenuhi rongga paru-paru akibatnya penderita ginjal akan mengalami sesak nafas yang akut.
  • Gatal Yang Bersangatan
Ciri Gejala Gagal Ginjal Akut Pada Wanita Dan Anak Serta Larangannya
Gatal Karena Ginjal
Gejala dari penyakit batu ginjal dan gagal ginjal yang sering muncul adalah merasakan rasa gatal di seluruh tubuh atau di beberapa bagian tubu. Rasa gatal itu akan berlebihan. Berikut ini hal-hal yang berkaitan dengan rasa gatal akibat penyakit ginjal
  1. Fungsi ginjal yang sudah tidak normal akan menyebabkan gangguan ginjal.
  2. Fungsi ginjal yang sudah tidak dapat berfungsi lagi mengakibatkan terjadinya penumpukan kotoran hasil dari sisa metabolisme tubuh.Hal tersebut bisa menyebabkan rasa gatal bergitu ekstrim. 
  3. Rasa gatal itu juga bukanlah gatal yang wajar seperti kena ulat. Jika gatal karena kena ulat bisa mudah hilang. Sedangkan gatal pada penyakit ginjal akan ada setiap harinya.
  4. Ciri lain dari gatal karena penyakit ginjal, gatal tersebut akan mudah berdarah jika digaruk meski dengan garukan yang ringan. Sehingga pendarahan kulit bisa terjadi.
  5. Rasa gatal bisa muncul di seluruh tubuh, namun pada wanita kebanyakan rasa gatal itu di bagian tangan, pergelangan tangan dan juga kaki.

    •  Bengkak Pada Pelupuk Mata
     Pembengkakan yang terjadi pada penderita ginjal bisa sampai ke peulupuk mata. Hal itu merupakan ciri seseorang terkena penyakit radang ginjal. Radang ginjal ini bsia disebabkan oleh bakteri, bakteri tersebut merusak nefron pada ginjal sehingga urin bisa kembali masuk ke dalam darah. Air yang dimasukkan ke dalam tubuh tidak dapat diserap secara maksimal. Pembengkakan pun bisa terjadi di pelupuk mata. Orang yang menderita radang ginjal harus melakukan cuci darah seumur hidupnya.
      • Urin Berwarna Keruh
      Ciri lainnya seseorang terkena infeksi ginjal adalah orang tersebut memiliki urin yang berwarna keruh. Bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh manusia bisa menginfeksi ginjal sehingga fungsi ginjal untuk menyaring urin tidak bisa dilakukan. Urin yang bisa disaring ginjal ketika dikeluarkan warnanya bening sedangkan saat ginjal tidak mampu menyaring urin dia akan mengeluarkan urin dengan warna keruh. Warna urin yang keruh bisa cokelat seperti minuman soda dan merah darah.
      • Demam
      Demam
      Orang yang menderita infeksi ginjal akan merasakan demam ringan di tubuhnya. Demam bukanlah suatu penyakit namun demam merupakan gejala suatu penyakit. Orang yang sakit ginjal bisa ditandai dengan demam yang tidak kunjung sembuh meski diberikan obat penurun demam. Penyebab demam itu adalah bakteri yang masuk ke dalam tubuh manusia sedang berusaha menyerang sistem imun. Sistem imun yang tidak mampu menangkalnya akan memberikan reaksi terhadap virus atau bakteri itu berupa demam.

      Gejala Gagal Ginjal Akut Pada Anak

      Meski ada yang bersifat bawaan, kelainan ginjal tidak selalu bisa terdeteksi sejak anak berada dalam kandungan. Ada yang baru terdeteksi sewaktu bayi, kala balita, bahkan ketika sudah duduk di bangku SD.
      arena kecurigaan yang biasanya diikuti dengan berbagai pemeriksaan baru akan dilakukan bila anak mengalami keluhan atau memperlihatkan tanda-tanda yang mengarah ke sana.
      • Infeksi Saluran Kemih (ISK)
      Infeksi Saluran Kemih Pada  Anak
      Bayi atau anak mengembangkan infeksi saluran kemih (ISK) ketika bakteri masuk ke dalam saluran kemih. Ketika hanya kandung kemih yang terlibat, kondisi ini dikenal sebagai cystitis. Ketika ginjal yang terlibat juga, ISK dikenal sebagai pielonefritis, infeksi yang lebih serius yang dapat menyebabkan jaringan parut dan kerusakan ginjal permanen.

      Infeksi saluran kemih biasanya mudah untuk mendiagnosis pada anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa. Gejala termasuk sering, nyeri buang air kecil dan air seni yang muncul mendung atau berdarah. Jika ISK melibatkan ginjal, demam dan sakit punggung juga dapat terjadi.
      • Gangguan Refluks dan UTI
      Refluks sering didiagnosis setelah seorang anak memiliki ISK. Hal ini terjadi ketika urine kembali naik dari kandung kemih ke ginjal. Hal ini disebabkan cacat dari “katup” antara ureter dan kandung kemih. Refluks dapat menyebabkan infeksi, menyebarkan ginjal. Ini bisa serius dan dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

      Ada Beberapa Larangan Bagi Penderita Gejala Gagal Ginjal Akut Pada Wanita Dan Anak

      Khusus untuk si penderita gagal ginjal sebaiknya tidak hanya melakukan pengobatan dan cuci darah saja untuk menyembuhkannya. tapi juga harus memperhatikan asupan makanannya. Dan disini, saya akan membahas pantangan makanan untuk penderita gagal ginjal.

      Nah disini juga kita harus mengetahui pantangan makanan untuk penderita gagal ginjal yang berarti sangatlah penting. terlihat sepele sih, tapi dapat memberikan dampak yang cukup besar. Menjaga pantangan makanan tidak hanya mencegah gejala bertambah parah, tapi juga dapat membantu kerja obat lebih maksimal.

      Bagi Anda yang belum mengetahui makanan apa saja yang sebaiknya di hindari oleh pasien / penderita gagal ginjal, berikut adalah Lihat dibawah ini :
      Sayuran memang sangat baik untuk kesehatan, tapi penderita gagal ginjal sebaiknya menghindari konsumsi sayuran tertentu seperti:
      Ciri Gejala Gagal Ginjal Akut Pada Wanita Dan Anak Serta Larangannya
      Pantangan bagi penderita gejala gagal ginjal
      1. Seledri, kembang kol, peterseli, buncis.

      2. Hindari konsumsi makanan kaleng, mie instan dan makanan lainnya yang mengandung bahan pengawet kimia.

      3. Hindari konsumsi seafood seperti udang, tiram, kepiting, cumi-cumi, dan lainnya.

      4. Hindari konsumsi alkohol, kopi dan minuman ringan terutama soda.

      5. Hindari konsumsi makanan dengan kadar garam dan gula yang tinggi.

      6. Jauhi dan hindari makanan yang memiliki kandungan lemak dan kolesterol tinggi. Diantaranya adalah daging merah (sapi, kambing, dll), kulit ayam, jeroan (hati, limpa, usus, otak, dll), junkfood / makanan cepat saji, mentega, susu dan olahannya, dll.

      7. Hindari konsumsi karbohidrat tertentu. Salah satunya karbohidrat yang terkandung dalam nasi, kentang, pasta, jagung dan gandum.

      8. Hindari konsumsi gorengan, makanan yang di bakar

      9. Hindari konsumsi umbi-umbian seperti ubi jalar, ganyong, talas, suweg, dll.

      Kesimpulan
       Mengendalikan factor resiko pada penderita gagal ginjal tidak harus selalu dengan obat, tetapi yang paling mudah yang dapat dilakukan adalah dengan perubahan gaya hidup dan hal ini menjadi pilar utama dalam pencegahan penyakit menjadi lebih kronis. Gaya hidup sehat yang melekat pada aktivitas sehari-hari seseorang akan amat membantu dalam pembentukan jasmani dan rohani yang sehat.
       Sekian Ulasan dari kami semoga bermanfaat buat anda. salam dari kami www.seh4t.com
      Previous Post
      Next Post

      0 komentar: