Selasa, 02 Mei 2017

Gejala Penyakit Ginjal Dan Pantangan Makanan Untuk Penyakit Ginjal

Gejala Penyakit Ginjal .Ginjal adalah organ yang mempunyai pembuluh darah sangat banyak (sangat vaskuler) yang fungsi atau tugas dasarnya adalah menyaring dan membersihkan darah di dalam tubuh. Volume aliran darah ke ginjal adalah 1,2 liter/menit atau 1700 liter/hari yang kemudian disaring menjadi cairan filtrat sebanyak 120 ml/menit (170 liter/hari) ke tubulus. Cairan filtrat ini diproses dalam tubulus sehingga akhirnya keluar dari ke 2 ginjal menjadi urine sebanyak 1-2 liter/hari.

Gejala Penyakit Ginjal Dan Pantangan Makanan Untuk Penyakit Ginjal

Gejala Penyakit Ginjal Dan Pantangan Makanan Untuk Penyakit Ginjal


  • Terjadi Pembengkakan

Bengkak yang tandanya adalah besar di bagian tubuh atau mengalami peradangan ini di akibatkan oleh berbagai macam hal. Dan bengkak ini dapat terjadi pada siapa saja dan di mana saja. kaki dan mata bagian tubuhnya yang mengalami bengkak, bila terjadi gejala penyakit ginjal akut. untuk itu kalian harus lebih berhati hati lagi akan hal ini. yang akan hadir, bagi kalian yang mempunyai riwayat penyakit ginjal. tubuh yang bengkak ini bisa kempes jika kita obati. Dan salah satunya adalah dengan menggunakan air kompresan dingin atau hangat. cara ini sudah cukup terkenal dan mujarab serta sebagai pengobatan turun menurun.

  • Kencing Sedikit

Mengeluarkan kencing yang hanya bervolume kecil atau sedikit ini tapi sering kali di lakukan, termasuk pertanda dari gejala penyakit ginjal akut. dan kejadian seperti ini sering di sebut dengan penyakit anyang anyangan. Anyang anyangan ini akan membuat tubuh mengalami masalah yaitu lemas dan rasanya ingin pingsan. Menyembuhkan penyakit ini bisa dengan mengkonsumsi minuman yang terbuat dari bahan alami berupa daun alpukat yang di rebus dengan di barengi daun cocor bebek. Harus di minum yang rutin dan teratur, agar penyakit anyang anyangan dapat sembuh. penyakit ini terjadi pada saluran kencing pria dan wanita.

  • Rasa Gatal Yang Bersangatan

Fungsi ginjal yang sudah tidak mampu berfungsi dengan baik, mengakibatkan terjadinya penumpukan kotoran hasil dari sisa metabolisme tubuh. Yang kemudian, mengakibatkan rasa sangat gatal.
Rasa gatal karena hal tersebut, bukanlah gatal yang wajar seperti kena ulat. Jika gatal karena terkena ulat maka bisa hilang dengan mudah, sedangkan gatal akibat penyakit ginjal bisa terus ada pada setiap harinya.
Ciri lain dari gatal karena penyakit ginjal, yaitu gatal tersebut akan mudah berdarah jika digaruk, walaupun dengan garukan yang ringan saja.
Rasa gatal bisa muncul di seluruh tubuh, adapun pada wanita seringnya rasa gatal muncul di bagian tangan, pergelangan tangan dan kaki.

  • Animea

Paru paru merupakan organ yang terpenting didalam tubuh yang berfungsi untuk mendapatkan oksigen. Jika pada pasokan oksigen yang masuk ke dalam tubuh kita yang mengalami kekurangan pada kinerja paru paru akan semakin terganggu yang dapat membuat penderita penyakit ginjal akan mengalami anemia juga. Karena sel darah merah yang berkurang maka ini yang dapat disebabkan pada oksigen yang masuk kedalam tubuh hanya sedikit.

  • Pusing Kepala

Penderita biasanya akan merasakan pusing kepala karena anda juga sedang mengalami anemia, penyakit anemia sendiri merupakan suatu penyakit ginjal meski tidak semua anemia yang terjadi karena pada penyakit ginjal ini. Jika anda menderita anemia sebaiknya anda waspada, karena awalnya pusing yang kita rasakan oleh kurangnya oksigen yang mengalir didalam otak. Maka oksigen yang ada didalam tubuh akan semakin berkurang.

  • Pinggal Terasa Sakit

Penterita penyakit ginjal bisa mengalami sakit pinggang walalupun tidak beraktivitas berat, atau yang menggunakan otot. Gejala penyakit ginjal yang satu ini sudah sering dibahas di forum kesehatan.
Sayangnya, banyak masyarakat yang belum tahu cara membedakan sakit pinggang yang disebabkan oleh penyakit ginjal dan yang merupakan sakit pinggang biasa.
Penyebab gejala sakit di pinggang karena penyakit ginjal, dimana munculnya rasa nyeri karena batu ginjal yang terjebak di saluran kemih (ureter). Batu ginjal itulah yang menimbulkan rasa sakit / nyeri di pinggang.
Apabila ukuran batu ginjal semakin membesar, maka rasa nyeri di pinggang akan semakin sering terasa.

Ciri-ciri nyeri pinggang yang disebabkan oleh batu ginjal, yaitu nyeri bersifat kolik, datang secara tiba-tiba, dan rasanya bisa sampai sakit sekali, yang membuat penderitanya sampai berguling-guling karena rasa sakit.
Tanda-tanda nya sebagai berikut :

  1. Nyeri di bagian belakang samping, di bawah tulang punggung, biasanya juga menjalar ke perut bagian bawah, lipat paha, atau daerah kemaluan.
  2. Nyeri sering dirasakan bersamaan dengan waktu buang air kecil
  3. Nyeri sering disertai dengan mual, bahkan sampai muntah.
  4. Urine beraroma tidak enak
  5. Nyeri yang dirasakan, bisa bersamaan dengan kondisi tubuh yang panas, dan menggigil.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Ginjal


  • Gorengan

Makanan yang digoreng juga tidak baik dan patut dihindari oleh penderita penyakit ginjal. Minyak yang berlebih dapat membuat terjadinya keracunan asam dalam tubuh karena ginjal akan menolak untuk mencerna. Lebih baik konsumsi makanan yang direbus atau dikukus saja. Namun tetap perhatikan kadar mineral yang terserap dalam makanan tersebut.

  • Makanan Yang Di Awetkan

Tidak sedikit dari kita yang gemar makan makanan yang diawetkan. Khususnya untuk penderita penyakit ginjal, pengawet dalam makanan yang diawetkan seperti sosis, sarden cornet, dan lain – lain banyak mengandung sodium juga potasium. Pengawet tersebut akan menjadi racun yang ampuh untuk memperparah kondisi ginjal yang sudah tidak sehat.

  • Terlalu Banyak Makan Gula

Begitupun dengan makanan yang mengandung gula. Mengkonsumsi makanan yang manis akan menimbulkan rasa haus sehingga tentu perlu dihindari dan dijauhi.
Makanan yang wajib dihindari bagi penderita penyakit ginjal memang sangatlah banyak. Dan setiap penderita memiliki pantangan yang berbeda – beda sehingga harus terlebih dahulu konsultasi pada dokter. Seperti asupan kalori hingga mineral. Tidak sedikit penderita penyakit ginjal yang tidak nafsu makan karena menu yang dibatasi. Maka dari itu harus paham mengapa makanan tersebut dilarang untuk dikonsumsi agar nafsu makan tetap berjalan baik.

  • Cokelat

Sama seperti keju, cokelat juga mengandung kandungan fosfor dan potasium yang tinggi. Kandungan potasium dalam makanan dan dikonsumsi oleh penderita akan menyebabkan gagal jantung karena tidak dapat dikeluarkan oleh ginjal. Kandungan potasium akan melemahkan denyut jantung, membuat detak jantuk tidak stabil, hingga kematian mendadak akibat serangan jantung.
  • Terlalu Banyak Gula
Makanan yang mengandung banyak garam akan memperbanyak produksi air dalam tubuh. Selain karena tidak dapat dicerna oleh ginjal, makanan yang asin akan memicum tekanan darah tinggi di mana dapat memperparah ginjal. Para penderita penyakit ginjal wajib mengatur tekanan darah untuk selalu dalam keadaan normal.
Lihat Juga Ini :Obat Batu Ginjal Terbaik Agar Cepat Hilang Dan Hancur
  • Makanan Yang Mengandung Zat Fosfor
Makanan yang mengandung zat fosfor berlebih juga tidak baik untuk penyakit ginjal bengkak. Contoh makanan yang mengandung fosfor tinggi adalah kacang-kacangan, kacang kering, susu dan keju.

Pantangan atau hal yang mesti dihindari penderita penyakit ginjal bengkak lainnya adalah dengan menghilangkan kebiasaan buruk yang bisa membuat penyakit ginjal menjadi parah. Hal ini perlu dilakukan untuk mempercepat penyembuhan penyakit ginjal tersebut. Bahkan ini juga akan sangat bagus dilakukan untuk mencegah terkena penyakit ginjal.
Kesimpulan
Beberapa kebiasaan buruk yang dapat memicu terjadinya penyakit ginjal termasuk penyakit ginjal bengkak diantaranya adalah merokok, bergadang, kurang meminum air putih, meminum alkohol berlebih, sering mengkonsumsi mie instan, kafein, jarang olahraga dan lain-lain.

Pantangan makanan penyakit ginjal diatas perlu Anda hindari, hal ini dikarenakan agar dapat membantu proses penyembuhan penyakit ginjal menjadi efektif dan cepat sembuh total. Biasakan hidup sehat dan tinggalkan kebiasaan buruk agar terhindar dari penyakit ginjal, terutama penyakit ginjal bengkak. Semoga bermanfaat, Terimakasih.www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: