Selasa, 02 Mei 2017

Gejala Sakit Ginjal Kanan Dan Kiri Serta Baik Bagi Wanita Maupun Pria

Gejala Sakit Ginjal Kanan Dan Kiri Serta Baik Bagi Wanita Maupun Pria Ada beberapa orang kurang beruntung dalam kesehatanya sehingga harus mengalami bagaimana menderita penyakit Batu Ginjal, biasanya hal ini disebabkan berlebihan dalam mengonsumi makanan yang tidak sehat kemudian dibarengi dengan kurangnya mengonsumi air putih yang cukup untuk mengimbangi asupan makanan tersebut. Ternyata kemudian penelitian berkembang lebih lanjut.. wanita, anak-anak, ras Jawa, Sunda, Timor Leste, Papua, dan siapapun dimuka bumi ini bisa terkena penyakit ginjal.
Gejala Sakit Ginjal Kanan Dan Kiri Serta Baik Bagi Wanita Maupun Pria
Sakit di bagian belakang bawah kerap disebut sebagai Nyeri pinggang. Tak hanya dibelakang namun juga dapat bagian kiri & kanan. Rasa nyeri bisa akut (mendadak & berat) atau kronis bila sudah berlangsung lebih dari tiga bulan.

Kebanyakan orang yang mengalami sakit pinggang bakal merasakan rasa nyeri pada beberapa titik tubuhnya. & gangguan tersebut tak mengenal umur maupun jenis kelamin. Gangguan ini bisa menyerang siapa saja, namun merupakan problem khusus di anak muda yg bekerja melibatkan upaya pisik. Dalam kebanyakan kasus, pengidap hanya merasakan nyeri pinggang dalam beberapa minggu, namun bila tak diobati dengan tepat dapat menyebabkan kelumpuhan total.

Gejala Sakit Ginjal Kanan Dan Kiri Serta Baik Bagi Wanita Maupun Pria

Nyeri pinggang mempunyai beberapa tanda atau ciri yg muncul. Tanda nyeri pinggang beragam keran perkara tersebut tergantung di faktor penyebab munculnya nyeri pinggang itu sendiri.

Rasa nyeri atau rasa sakit dampak nyeri pinggang dapat berkumpul di satu titik & juga bisa menyebar di beberapa titik, bisa bersipat ringan, sedang, maupun dapat hingga parah, dan dapat sebentar maupun pun bisa berkelanjutan. Nyeri pinggang ini bisa merambat dan menyebabkan rasa sakit pada bagian tubuh lainnya seperti bokong, paha, punggung bagian bawah, maupun di pinggul.

Selain itu, nyeri pinggang umumnya menyebabkan seseorang sulit buat sekedar bersandar ataupun membungkuk. perkara tersebut umumnya terjadi sebab adanya kejang di otot-otot dibagian tulang belakang yg menyebabkan pinggang terasa kaku. Jika telah terjadi kejang dan terasa sakit umumnya mengakibatkan terjadinya ketakseimbangan di pinggang & postur tubuh penderita.

Sakit pinggang bisa terjadi pada waktu tertentu (akut) atau secara terus-menerus (kronis). Nyeri pinggang akut biasanya tajam, intens dan memiliki onset mendadak. Nyeri kronis berlanjut untuk waktu yang lama dan biasanya tidak sesakit nyeri pinggang akut, tapi seiring waktu, akan mempengaruhi kualitas hidup seseorang.

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan Bagi Wanita Maupun Pria


  • Masalah Empedu

Kandung empedu seseorang jika meradang atau kram rasa sakitnya juga bisa menjalar ke pinggang sehingga dapat menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan. Peradangan atau batu empedu merupakan penyebab yang paling sering. Rasa sakit biasanya berpusat di pingang bagian tengah sebelah kanan dan dapat menjalar naik ke bahu. Batu empedu dapat berkembang menjadi keadaan darurat medis, sehingga sangat penting untuk menyadari gejala penting lainnya selain sakit pinggang yaitu nyeri perut. Oleh karena itu jika sakit pinggang disertai dengan sakit perut, mual atau muntah Anda harus mencari perawatan medis segera.

  • Herpes Zoster

Karena herpes zoster ini menyerang saraf maka mungkin saja saraf pada pinggang sebelah kanan terkena sehingga akan timbul rasa nyeri, panas, terkadang disertai rasa kesemutan yang biasanya menjalar sampai perut sesuai jalur saraf dan tak lama kemudian timbul kelainan pada kulit berupa gelembung cairan yang bergerombol. Ciri khas dari herpes zoster ini hanya menyerang sebelah tubuh yakni kanan saja atau kiri

  • Cedera

Persendian pada tulang belakang seseorang terutama bagian piringannya rentan cedera terutama saat usia semakin tua. Jika piringan sendi ini cedera, maka ia akan menekan syaraf yang ada di sekitarnya sehingga memunculkan rasa sakit.
Cedera ini biasanya dirasakan saat seseorang mengangkat beban berat berlebihan. Sakit pinggang sebelah kanan yang diakibatkan oleh cedera ini bisa berlangsung hingga tiga hari.

  • Penyempitan Tulaang Belakang

Salah satu yang sering menjadi pemicu rasa sakit di pinggang sebelah kanan adalah penyempitan tulang belakang. Penyebab terjadinya penyempitan pada bagian ini adalah artitis yang terkait dengan kian bertambahnya usia seseorang.
Sakit pinggang sebelah kanan yang dirasakan akibat kondisi ini biasanya akan kian menjadi saat beraktivitas. Rasa sakit ini akan reda saat penderitanya beristirahat.

  • Sesak Nafas

Gejala selanjutnya adalah Anda akan merasakan sesak napas atau sulit bernapas. Ginjal yang tidak berfungsi secara normal akan membuat penumpukan cairan di dalam tubuh Anda. Bahkan cairan tersebut juga memungkinkan akan menumpuk di paru-paru Anda sehingga paru-paru Anda seolah tertutup dan Anda akan merasa sesak napas atau sulit bernapas. Kurangnya pasokan oksigen yang membawa sel darah merah pun membuat tubuh Anda juga akan kekurangan oksigen atau napas yang mudah habis.
Baca Juga Ini :Gejala Awal Penyakit Ginjal Dan Menu Makanan Untuk Penyakit Ginjal

Cara Mengobati Sakit Ginjal Dengan Ampuh


  • Daun Sukun

Obat herbal pertama yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit ginjal adalah daun sukun Selama ini orang hanya memanfaatkan buah sukunnya saja, namun siapa sangka jika daun tanaman sukun pun bisa digunakan untuk mengatasi penyakit ginjal. Mengobati penyakit ginjal menggunakan daun sukun bukan sebagai ide asal asalan saja, namun sudah dilakukan penelitian yang begitu rumit. Penelitian mengatakan bahwa senyawa kimia yang ada daun sukun seperti hidrosianat, tannin dan flavonoid bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit salah satunya mengobati gagal ginjal yang ringan. Orang yang menderita gagal ginjal ringan, bisa diobati menggunakan daun sukun. Daun sukun juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit jantung seperti gagal jantung. Berikut ini caranya :


  1. Siapkan daun sukun sebanyak 5 lembar, setelh itu cuci bersih daun sukun tersebut.
  2. Rebuslah daun sukun tersebut menggunakan 4 gelas air yang mentah.Saat direbus, sisakan air rebusannya menjadi setengah gelas saja dan usahakan untuk menghancurkan daun sukun tersebut di dalam air rebusan.
  3. Diamkanlah ar rebusan sampai dingin, saat sudah dingin saringlah air rebus itu agar yang tersisa hanyalah air rebusannya.Agar bisa mengobati ginjal dengan efektif sebaiknya penderita ginjal meminum air rebusan itu sebanyak dua kali dalam sehari.
  4. Mengkonsumsi minuman itu saat pagi dan sore hari.
  5. Jangan mengkonsumsi ramuan daun sukun sebelum makan, sebab senyawa yang ada di dalam daun sukun bisa mengikis lambung yang ada di dalam organ pencernaan.
  6. Efeknya jika dikonsumsi sebelum makan akan menyebabkan perut menjadi perih dan panas.

Oleh sebab itu alangkah baiknya jika ingin mengobati sakit ginjal menggunakan daun sukun mengkonsumsi makanan berat terlebih dahulu.

  • Tanaman Tanjung

Gejala Sakit Ginjal Kanan Dan Kiri Serta Baik Bagi Wanita Maupun Pria
Tanaman Tanjung
Tanaman tanjung atau tanaman yang memiliki nama latin mimusops elengi dipercaya bisa meredakan dan mengobati penyakit batu ginjal. Hal itu sesuai dengan penelitian yang dllakukan di India dimana tikus dirangsan untuk bisa membentuk batu ginjal di dalam tubuhnya. Setelah batu ginjal terbentuk, ilmuwan mengambil ekstra alkohol yang ada di tanaman tanjung. Alkohol pada tanaman tanjung itu mampu menurunkan massa dari batu ginjal dan dapat menurunkan kaar kereatinin ginjal. Cara membuat tanaman tanjung untuk ramuan penyakit batu ginjal sama dengan ramuan herbal lainnya yaitu dengan mengambil sari dari daun tanjung tersebut. Di dalam sari daun tanjung ada alkohol yang mampu mencgah pembentkan massa batu ginjal.

  • Rumput Upas

Obat herbal untuk ginjal yang bisa dicoba untuk penderita batu ginjal adalah rumput upas. Memang rumput upas merupakan tanaman yang sdikit asing dikarenakan tidak semua masyarakat tahu apa itu rumput upas. Rumput ini dipercaya mampu sebagai pengurang enzim pensitensis oksalat. Enzim itu mampu membuat batu di ginjal semakin besar. Tidak hanya itu saja, senyawa yang ada di rumput upas bisa digunakan untuk mengurangi massa dari batu ginjal. Manfaat lainnya dari rumut upas ini adalah bisa digunakan untuk meringankan gejaala penyakit saluran kemih. Saluran kemih yang di dalamnya ada batu ginjal bisa diringankan gejalanya menggunakan rumut ini. Cara mengobati batu ginjal menggunakan rumput upas sangat mudah sekali yaitu dengan merebusnya. Berikut ini adalah cara mengobati bat ginjal menggunakan rumput upas :
  1. Siapkan rumput upas yang sudah dicuci bersih sebanyak 10 gram.
  2. Rebus rumput upas tersebut menggunakan empat gelas air.
  3. Biarkan sampai mendidih, saat sudah mendidih sisakan air rebusannya menjadi setengahnya.
  4. Minum air rebusan itu sebanyak dua kali dalam sehari yaitu pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

  • Lobak

Pernahkah anda melihat sayur lobak?, sayur lobak merupakan sayur yang bentuknya mirip dengan wortel namun warnanya putih. Sayangnya citarasa lobak berbeda jauh dengan sayur wortel. Lobak ini tidak hanya sebagai sayur saja namun bisa juga digunakan untuk mengobati berbagai macam gangguan ginjal. Kandungan antioksidan, mineral dan vitamin yang ada pada lobak bisa digunakan untuk mengobati sakit ginjal seperti peradangan ginjal. Berikut ini adalah cara mengobati sakit ginjal menggunakan lobak :

  1. Siapkan lobak sebanyak 200 gram.
  2. Cuci bersih lobak tersebut.Setelah dicuci bersih, kupas kulit lobak tersebut.
  3. Potong potong kecil lobak tersebut kemudian masukkan lobak tersebut ke dalam blender.
  4. Tambahkan satu gelas air ke dalam blender. 
  5. Blender selama 3 menit.
  6. Minum jus lobak itu secara teratur tiga kali dalam sehari agar ginjal bisa berfungsi seperti sedia kala atau setidaknya ginjal kembali sehat tanpa terganggu oleh apapun

  • Guarana

Guarana
Obat herbal lainnya yang bisa digunakan untuk mengobati gagal ginjal adalah guarana. Guarana adalah tanaman yang ditemukan di pedalaman hutan Amazon. Tanaman guarana yang digunakan untuk mengobati penyakit ginjal adalah bagian buahnya. Selama ini buah guarana banyak digunakan untuk membakar lemak dan meningkatkan energi. Tidak hanya itu saja, kandungan senyawa aktif yang ada di dalam buah guarana akan meringankan gejala gagal ginjal pada penderita ginjal. Penderita gagal ginjal juga akan lebih memiliki energi yang cukup. Jika tidak mengkonsumsi obat herbal yang bisa membangkitkan energi, orang yang terkena gagal ginjal sering terlihat lesu dan mudah capek.

Kesimpulan

Mengendalikan factor resiko pada penderita ginjal tidak harus selalu dengan obat, tetapi yang paling mudah yang dapat dilakukan adalah dengan perubahan gaya hidup dan hal ini menjadi pilar utama dalam pencegahan penyakit menjadi lebih kronis. Gaya hidup sehat yang melekat pada aktivitas sehari-hari seseorang akan amat membantu dalam pembentukan jasmani dan rohani yang sehat.
Sekian Ulasan dari kami semoga bermanfaat buat anda. salam dari kami www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: