Jumat, 12 Mei 2017

Penyebab,Gejala Penyakit Ginjal Bocor Serta Resiko Dan Bayahanya

Penyebab,Gejala Penyakit Ginjal Bocor Serta Resiko Dan Bayahanya Penyakit yang satu ini lebih dikenal dengan sebutan ginjal bocor, istilah bocor ginjal sebenarnya tidak dikenal dalam dunia kedokteran. Istilah bocor ginjal mungkin diberikan oleh dokter yang mendiagnosis sindroma ini untuk memudahkan pemahaman.

Penyebab,Gejala Penyakit Ginjal Bocor Serta Resiko Dan Bayahanya
Sindrom nefrosis bisa mengenai orang dewasa atau anak-anak. Pada anak-anak, gejala ini biasanya terjadi pada usia 3-4 tahun. Sebagian besar anak-anak ini menderita bentuk sindrom nefrosis yang disebut minimal change disease, penyakit dengan perubahan minimal. Kebocoran pada ginjal disebabkan oleh kerusakan pada pembuluh darah kecil (glomeruli) di dalam ginjal yang memfiltrasi/menyaring kotoran dan kelebihan air dalam darah. Glomeruli yang sehat menjaga protein dalam darah (terutama albumin) yang dibutuhkan untuk memelihara jumlah cairan yang tepat dalam tubuh (dari penyerapan hingga pengeluaran) melalui urin. Jika rusak, glomeruli membiarkan jumlah protein dalam darah keluar dari tubuh melalui urin.

Gejala Penyakit Ginjal Bocor

Inilah beberapa Gejala penyakit Ginjal Bocor sebagai berikut :
  1. Nafsu makan berkurang.
  2. Massa otot menyusut.
  3. Air kencing (urin) berbusa.
  4. Sesak napas akibat penimbunan cairan di rongga sekitar paru-paru.
  5. Lutut dan kantong zakar (pada pria) membengkak.
  6. Pada anak bisa terjadi penurunan tekanan darah ketika sedang berdiri. 
  7. Tekanan darah penderita bisa rendah ataupun tinggi.
  8. Volume urin berkurang.
  9. Kekurangan nutrisi akibat hilangnya zat gizi, sehingga pertumbuhan bisa terhambat.
  10. Terjadi peradangan pada lapisan perut.
    Ini karena adanya infeksi di daerah perut. Infeksi ini diduga karena berkurangnya pembentukan antibodi atau hilangnya antibodi yang keluar bersama urin.
  11. Terjadi kelainan pembentukan darah yang bisa meningkatkan risiko pembekuan di dalam pembuluh darah.
Penyakit ginjal bocor bisa menyerang kepada siapa saja, tidak memandang usia maupun jenis kelamin. Adanya penyakit ini menyadarakan kita bahwa kesehatan itu sangat mah. Maka dari itu, sayangi ginjal Anda dengan cara menjaga pola hidup yang sehat.

Faktor Penyebab Penyakit Ginjal Bocor

Dalam dunia medis sendiri, penyakit ginjal bocor dikenal dengan sindrom nefrotik dimana terjadinya penimbunan akibat gejala kerusakan ginjal yang menyangkut organ ginjal dan menyebabkan ginjal tidak bisa bekerja dengan maksimal. Ginjal bocor sendiri bukan berarti ginjal yang terdapat lubang sehingga mengakibatkan ginjal bocor. Inilah dia penyebab Ginjal Bocor Sebagai Berikut :
  • Infeksi Pada Bagian Organ Ginjal
Faktor penyebab penyakit Ginjal Bocor adalah karena infeksi yang terjadi pada organ ginjal dan terlambat diketahui sehingga bertambah buruk dan infeksi pada ginjal yang menjadi penyebab ginjal bocor ini bisa terjadi pada wanita hamil dan beresiko menyebabkan keguguran. Kondisi ini bisa terjadi karena pada masa kehamilan, wanita membutuhkan nutrisi dan protein serta kedua sumber menjadi sangat pentingdan dibutuhkan dalam jumlah yang banyak tapi apabila kebutuhan nutrisi atau protein tidak bisa terpenuhi maka secara otomatis asupan nutrisi yang masuk ke janin berkurang dan resiko keguguran akan semakin besar.
  • Sindrom nefrosi
Sindrom nefrosis dapat menyerang siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa. Biasanya anak yang terkena sindrom nefrosis berada pada usia tiga hingga empat tahun. Sindrom nefrosis atau kebocoran pada ginjal disebabkan karena kerusakan pada pembuluh darah kecil di dalam ginjal. Pembuluh darah kecil ini berfungsi untuk menyaring kelebihan air serta kotoran di dalam darah. Pembuluh darah kecil dalam keadaan normal akan menjaga protein dalam darah yang berfungsi dalam memelihara cairan dalam tubuh melalui urine. Jika pembuluh darah kecil rusak, maka pembuluh tersebut akan membiarkan protein dalam darah keluar melalui urine.

Penyakit ginjal bocor merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Karena penyakit ini akan membuat ginjal tidak berfungsi dengan baik. Ginjal seharusnya menyaring darah, namun karena ginjal yang rusak darah akan tercemar dengan kotoran. Hal ini disebabkan karena ginjal tidak membersihkan darah dengan baik.

Penanganan untuk penyakit ginjal bocor baik berupa sindrom nefrotik maupun sindrom nefrosis yaitu dengan penanganan medis. Penanganan medis akan membantu ginjal berfungsi kembali dengan normal, sehingga darah pun tidak akan kotor.
Kesehatan ginjal memang perlu dijaga sejak dini, yaitu dengan minum air putih yang cukup, hindari konsumsi obat-obatan, makan- makanan yang sehat, serta olahraga yang cukup. Hal ini bertujuan untuk menghindari penyebab ginjal bocor. Ginjal memang anugerah yang diberikan Tuhan supaya tubuh manusia berfungsi dengan baik. Karena jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, akan membuat organ tubuh lainnya juga menjadi terganggu.

Untuk menjaga kesehatan ginjal lainnya yaitu dengan segera buang air kecil apabila sudah terasa. Jika Anda sudah terasa ingin buang air kecil sebaiknya segera pergi ke kamar mandi. Karena menahan air kencing merupakan perbuatan yang tidak baik, dan berakibat pada kesehatan ginjal. Jadi jangan tunda-tunda buang air kecil ketika sudah terasa.

Konsumsi juga makanan yang sehat dan dapat menjaga kesehatan ginjal. Makanan tersebut seperti buah-buahan dan sayuran. Konsumsilah buah-buahan yang banyak mengandung air seperti semangka, melon, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Ginjal merupakan organ yang sangat penting bagi tubuh. Untuk itu keberadaan ginjal perlu untuk dijaga supaya dapat terhindar dari masalah seperti ginjal bocor. Semoga informasi mengenai penyebab ginjal bocor di atas dapat memberikan informasi baru yang bermanfaat untuk Anda, sehingga Anda dapat mengetahui apa saja penyebab ginjal bocor. Dengan mengetahui penyebabnya, maka anda dapat menghindari apa yang bisa mengganggu kesehatan ginjal.

Kemungkinan Terjadinya komplikasi ginjal bocor Serta Resiko Dan Bahayanya

  • 1. Gumpalan darah, ketidak mampuan glomerulus untuk menyaring darah dengan baik dapat menyebabkan hilangnya protein darah yang memiliki fungsi untuk mencegah penggumpalan. Hal ini meningkatkan resiko terbentuknya bekuan darah (trombus) dalam pembuluh darah Anda
  • 2. Kolesterol dan trigliserida tinggi, bila tingkat protein albumin dalam darah turun, organ hati akan membuat lebih banyak albumin. Pada saat yang sama, hati akan melepaskan lebih banyak kolesterol dari trigliserida.
  • 3. Gizi buruk, kehilangan protein darah terlalu banyak dapat menyebabkan malnutrisi. Hal ini dapat menyebabkan penurunan berat badan.
  • 4. Tekanan darah tinggi, kerusakan glomerulus dan penumpukan zat limbah dalam aliran darah Anda (uremia) dapat meningkatkan tekanan darah Anda.
  • 5. Gagal ginjal akut, jika ginjal Anda kehilangan kemampuan mereka untuk menyaring darah akibat kerusakan glomerulus, zat limbah dapay menumpuk dengan cepat dalam darah Anda.
  • 6. Gagal ginjal kronis, ginjal bocor dapat menyebabkan ginjal kehilangan fungsi mereka secara bertahap dari waktu ke waktu. Jika fungsi ginjal turun, Anda mungkin memerlukan dialisis atau transplantasi ginjal.
  • 7. Infeksi, orang dengan ginjal bocor sangat beresiko atau lebih mudah terkena infeksi.
Lihat Juga Ini : Letak Ginjal Dan Struktur Ginjal Manusia Dan Penjelsannya Masing-Masing

Tips Untuk Menghindari Penyakit Ginjal Bocor


  • Pola Hidup Sehat
Kesehatan tubuh pada dasarnya dapat tetap terjaga apabila pola hidup yang kita terakan sehari-hari benar. Pola hidup sehat dapat ditempuh dengan cara olah raga teratur, terutama meluangkah waktu untuk melakukan gerakan-gerakan yang baik bagi ginjal. Selain itu, menunjang dengan makanan atau minuman sehat yang kita konsumsi juga penting. Apabila pola hidup sehat telah diterapkan tentunya resiko menderita penyakit ginjal dapat diminimalisir bahkan dihindari. Serta seringlah berolah raga

Sekian Ulasan kami tentang Penyebab,Gejala Penyakit Ginjal Bocor Serta Resiko Dan Bayahanya
semoga bermanfaat salam dari kami www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: