Sabtu, 20 Mei 2017

Penyebab, Gejala Cara Mengobati Keringat Buntet Di Pipi

Penyebab, Gejala Cara Mengobati Keringat Buntet Di Pipi Keringet buntet alias biang keringat merupakan kelainan kulit yang disebabkan tersumbatnya kelenjar keringat. Karena ada istilah "tersumbat" inilah makanya orang awam kerap menyebut biang keringat sebagai keringet buntet. Bagian tubuh yang diserang adalah daerah kepala, punggung, dada, dan bahkan muka. Maklumlah, hampir semua anggota tubuh manusia mengandung kelenjar keringat, kecuali mulut.

Peneybab, Gejala Cara Mengobati Keringat Buntet Di Pipi

Sejak manusia lahir, terang dr Ari Muhandari Ardhie, SpKK, spesialis kulit dan kelamin dari Klinik
Kulit & Kelamin RSAB Harapan Kita, Jakarta, sudah memiliki kelenjar keringat dan jumlahnya tak akan berubah karena tak ada penambahan. "Hanya pada bayi fungsi kelenjar keringatnya belum berjalan sempurna sehingga bayilah yang lebih kerap mengalami sumbatan kelenjar keringat." Itulah mengapa, biang keringat lebih umum ditemukan pada bayi.

Penyebab Keringat Buntet

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Keringat Buntet, ada baiknya jika kita mengetahui penyebabnya sehingga lebih mudah dalam melakukan tindakan pencegahan dan pengobatannya. Berikut beberapa penyebab biang keringat yang seringkali terjadi pada bayi:

  • Penyumbatan pada kelenjar keringat

Penyumbatan pada kelenjar keringat ataupun pori-pori kulit bayi memang sangat rentan terjadi. Hal ini karena kelenjar keringat bayi belum berkembang dengan baik. Maka sel-sel kulit mati yang menyumbat pori bisa membuat keringat terjebak dan menyebabkan bintil-bintil yang menimbulkan rasa gatal dan perih.

  • Buruknya ventilasi udara

Ventilasi udara yang buruk bisa memicu bayi untuk berkeringat sehingga kulit bayi bisa terlalu lembab dan muncullah keringat buntet. Terutama di daerah-daerah yang memiliki iklim panas atau kelembaban yang tinggi maka ventilasi adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan agar bisa mencegah keringat buntet.

  • Kurang terjaganya kebersihan bayi

Kebersihan bayi juga bisa sangat menentukan dan bisa menjadi penyebab timbulnya biang keringat. Misalnya saja bayi dibiarkan ketika pakaiannya sudah basah terkena keringat. Pakaian yang basah karena keringat tentu saja tidak sehat dan bisa menginfeksi kulit. Selain itu, menidurkan bayi diatas karpet tanpa alas tambahan juga bisa menimbulkan keringat buntet karena permukaan bahan karpet biasanya menyimpan banyak debu yang bisa menutupi pori-pori kulit bayi.

  • Dehidrasi

Dehidrasi juga bisa menjadi penyebab timbulnya biang keringat. Bayi yang mengalami dehidrasi biasanya tubuhnya akan terasa lebih panas atau gerah. Hal tersebut memicu kelenjar keringat untuk memproduksi keringat dalam jumlah yang banyak untuk menstabilkan suhu tubuh. Saat keringat diproduksi secara berlebihan maka bisa terjadi penyumbatan dan timbullah biang keringat. Untuk itu, jagalah agar bayi senantiasa terhidrasi dengan baik dengan pemberian minum atau asi yang cukup.

  • Gejala Keringat Buntet

Terdapat beberapa jenis biang keringat menurut perbedaan tingkat keparahannya, Tanda dan gejala yang muncul juga bervariasi pada setiap jenisnya. Berikut ini berbagai jenis yang diketahui.

  • Miliaria profunda.
Ini adalah jenis biang keringat paling jarang terjadi dan berdampak pada dermis, lapisan kulit yang lebih dalam. Biang keringat jenis ini bisa bersifat kronis dan sering kambuh. Kondisi ini lebih cenderung terjadi pada orang dewasa setelah melakukan aktivitas fisik yang menghasilkan banyak keringat. Tanda-tanda yang muncul akibat kondisi ini adalah bintil berwarna merah yang berukuran lebih besar dan lebih keras.

  • Miliaria Rubra.
Biang keringat jenis ini muncul di lapisan kulit yang lebih dalam dan biasanya terjadi pada wilayah dengan suhu yang panas atau lembap. Tanda dan gejala dari kondisi ini adalah sensasi gatal dan menyengat disertai munculnya bintil merah. Keringat juga akan berkurang pada bagian yang terpengaruh. Kulit akan mengalami inflamasi dan terasa sakit akibat dari keringat yang tidak bisa keluar dari permukaan kulit.

  • Miliaria Kristalina.
Ini adalah jenis biang keringat yang paling ringan, yaitu hanya memengaruhi saluran keringat dari lapisan kulit teratas. Tanda dan gejala yang muncul adalah bintil berisi cairan berwarna jernih yang mudah pecah. Kondisi ini lebih cenderung terjadi kepada bayi dibandingkan kepada orang dewasa. Bertentangan dengan yang dipahami secara umum, biang keringat jenis ini biasanya tidak gatal dan tidak terasa sakit.


Cara Mengobati Keringat Buntet


  • Hindari lotion yang mengandung alkohol
Seringkali ibu menggunakan berbagai macam lotion berharap untuk bisa menghilangkan biang keringat pada anak. Namun perlu diperhatikan bahwa beberapa lotion atau bedak kocok ada yang berisi kandungan alkohol. Sehingga tidak disarankan untuk digunakan pada bayi yang kulitnya masih sangat sensitif. Bahkan sangat tidak dianjurkan untuk mengoleskan lotion berbahan alkoho tersebut diarea wajah karena wajah adalah area yang lebih sensitif dibanding area kulit lainnya.

  • Menggunakan Pakaian Yang Tipis
Cara Menghilangkan Keringat Buntet di punggung tanpa obat kedua yaitu gunkan pakain yang tipis. Untuk mencegah dan mengatasi biang keringat sebaiknya pilihkan pakaian yang tipis dengan bahan yang mudah menyerap keringat. Dengan begitu, bayi bisa terhindari dari penyumbatan pori-pori yang mengakibatkan biang keringat muncul. Selain itu, bahan pakaian yang mudah menyerap keringat akan mampu membuat keringat menguap dengan baik dan tidak bertumbpuk pada kulit.

  • Lidah Buaya
Cara Mengobati Keringat Buntet adalah dengan menggunakan Lidah buaya atau aloe vera adalah obat herbal yang baik untuk biang keringat. Hal tersebut karena ekstrak dari gel lidah buaya mampu secara cepat menyembuhkan biang keringat. Selain itu, gel-gel yang ada pada tanaman ini juga dapat meredakan gatal-gatal dan rasa sakit yang disebabkan oleh ruam.

  • Kulit pohon beringin
Cara mengobati keringat buntet yang berikutnya adalah dengan menggunakan olahan kulit pohon beringin. Anda bisa menyiapkan kulit pohon beringin kering, lalu giling hingga halus. Gunaan serbuk kulit pohon beringin tersebut untuk diaplikasikan pada area biang keringat mirip seperti menggunakan bedak pada anak. Cara ini dapat menjadi bantuan cepat untuk menghilangkan ruam, panas dan gatal-gatal.
Lihat Juga Ini : Cara Menghilangkan Biang Keringat Di Wajah Kening Secara Alami
Biang keringat bisa cepat di obati jika dilakukan perawatan yang rutin apabila tidak segera diobati dikhawatirkan tangan akan menggaruk-garuk biang keringat tersebut karena rasa gatal yang tak tertahankan dan akhirnya bisa meninggalkan bekas luka. Jadi segera sembuhkan biang keringat yang anda alami.

  • Goosberry
Cara menghilangkan keringat buntet pada anak ataupun orang dewasa dengan menggunakan gooseberry. Pengolahannya sendiri cukup mudah, dimana Anda hanya perlu memasukkan tanah liat dan air ke dalam wadah, setelah itu campurkan dengan potongan-potongan goosberry untuk menutupi tanah liat tersebut. Tinggalkan semalaman, lalu pada hari berikutnya lakukan mash up dan saring airnya. Selanjutnya tambahkan gula dan madu, lalu minum secara teratur. Secara berangsur-angsur goosberry ini akan menghilangkan biang keringat, sekaligus menghapus panas dan masalah pencernaan yang timbul.

  • Soda Kue
Soda kue atau baking soda merupakan salah satu obat rumahan yang harus ada jika Anda ingin menyembuhkan keringat Buntet. Anda bisa menggunakan soda kue untuk keperluan mandi, sehingga biang keringat dapat dikurangi dengan cepat. Komposisinya sekitar satu atau dua sendok teh baking soda dilarutkan ke dalam air mandi. Selain dapat mengurangi ruam, baking soda juga dapat mengurangi gatal-gatal, sehingga nantinya bayi tidak akan terus menangis karena rasa panas yang timbul.

  • Es Batu
Peneybab, Gejala Cara Mengobati Keringat Buntet Di Pipi
Obat Keringat Buntet
Anda bisa memasukkan es batu ke dalam kantong kain sebagai salah satu cara menghilangkan keringat buntet, setelah itu menerapkannya langsung ke area kulit yang terkena biang keringat. Dengan menerapkan cara ini selama beberapa menit, biang keringat akan lebih mudah sembuh. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan secara langsung es batu ke area ruam dengan cara digosokkan secara perlahan.

  • Bedak Tabur
Cara Menghilangkan Keringat Buntet Di pipi ketiga bsia menggunakan Bedak tabur. Ini juga bisa digunakan untuk mengatasi keringat buntet. Bedak tabur berfungsi untuk menyerap keringat berlebih dan mencegah terjadinya infeksi yang dikarenakan kondisi kulit yang terlalu lembab karena keringat. Pilihlah bedak tabur khusus bayi yang memiliki kandungan alami dan tidak mengiritasi. Sebaiknya hindari jenis bedak krim atau bedak kocok karena akan terlalu menempel dikulit dan malah bisa menyumbat pori sebagai jalan keluar keringat yang utama.

Tips Yang Harus Di Waspadai Tentang Keringat Buntat

Yang perlu diperhatikan,jangan sampai orang tua keliru mengira keringat Buntat padahal sebenarnya jamur. "Ini sering terjadi, lho. Orang tua mengeluh, biang keringatnya, kok, enggak sembuh-sembuh. Sewaktu diperiksa baru ketahuan itu bukan biang keringat, melainkan jamur,Oleh karena itu, anjurnya, sebaiknya orang tua yang sudah mencoba obat-obatan biang keringat memperhatikan bentuk hasil uji cobanya. Apalagi, sering terjadi kulit bayi tetap tak membaik meskipun sudah dicoba berbagai obat gatal.

"Sebaiknya bawa ke dokter terdekat untuk memastikan apakah benar biang keringat atau jamur. Karena orang awam mungkin sulit membedakan jamur dengan biang keringat. Mereka hanya lihat bintil-bintil merah. Tapi kalau dokter, pada umumnya dengan melihat sepintas bisa membedakan ini jamur atau biang keringat." Begitu pun bila bayi mengalami bruntusan merah di daerah kelamin.

"Itu bukan biang keringat karena tak ada pengaruhnya antara BAK dengan biang keringat. BAK merupakan fungsi sekresi yang berhubungan dengan saluran kemih, sedangkan biang keringat adalah sumbatan kelenjar keringat," terang Ari. Begitu juga bila bokong bayi mengalami bintil-bintil erah, "urusannya bukan pada biang keringat tapi lebih ke ruam popok."

Teimakasih telah mengunjungi blog semoga berkah www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: