Rabu, 03 Mei 2017

Tanaman Obat Batu Ginjal Alami Dengan Kumis Kucing Dan Jeruk

Tanaman Obat Batu Ginjal Alami Dengan Kumis Kucing Dan Jeruk


Cintai Ginjal Anda

Ginjal adalah sepasang organ berbentuk menyerupai kacang merah yang berada di kedua sisi tubuh bagian belakang atas, tepatnya di bawah tulang rusuk manusia. Ginjal yang sebesar kepalan tangan orang dewasa ini memiliki fungsi sebagai berikut:
  1. Menjaga keseimbangan kadar garam dan mineral dalam tubuh.
  2. Menghasilkan renin, yaitu enzim yang membantu mengatur tekanan darah.
  3. Menghasilkan senyawa aktif dari vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang.
  4. Menyaring ampas metabolisme tubuh, hasil sampingan, dan cairan berlebih dari darah.
  5. Menghasilkan senyawa eritropoetin yang berfungsi menstimulasi produksi sel darah merah.
  6. Mengatur kadar senyawa kimia dalam tubuh yang akhirnya membantu jantung dan otot-otot bisa berfungsi dengan baik.

Dalam merawat dan juga mengobati ginjal dari berbagai gangguannya anda dapat memanfaatkan Tanaman Alami yang terdapat disekitar kita yang ampuh dan juga aman untuk dikonsumsinya. Dari berbagi tanaman yang berkhsiat dalam pengobatan ginjal, salah satunya itu adalah Dengan Kumis Kucing Dan Jeruk dan dibawah ini sedikit penjelasan cara pengolahanya;

. Kumis Kucing


Obat Ginjal Dengan Kumis Kucing

Kumis kucing dengan nama latinnya (Orthosiphon aristatus) merupakan tanaman yang berasal dari famili Lamiaceae/Labiatae. Menjadi salah satu tanaman obat yang mudah dijumpai di seluruh daerah di Indonesia, fungsinya dalam menangani banyak penyakit telah terjamin.

Di beberapa tempat, tanaman ini juga mendapat istilah lain seperti kidney tea plants/java tea, remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur), songot koneng (Madura), dan giri-giri marah (Sumatera). Negara kelahiran tanaman ini diperkirakan dari daerah tropis seperti Afrika hingga menyebar pesat ke wilayah Asia dan Austrailia.

. Manfaat Tanaman Kumis Kucing

Masyarakat lebih sering menggunakan tanaman kumis kucing untuk menjalani terapi pengobatan herbal. Jenis daun yang dipakai kadang basah ada juga yang kering, tergantung bagaimana resep yang diberikan oleh pakar pengobatan tradisional.

Di tanah air daun kumis kucing kering berguna sebagai peluruh air kemih (diuretik), dan dijadikan obat rematik oleh penduduk India di perkampungan. Selain itu, kegunaan tanaman kumis kucing secara empiris lain juga sebagai obat batuk, encok, masuk angin dan konstipasi.

Bagian daun kumis kucing bisa dijadikan obat untuk menyembuhkan radang ginjal, batu ginjal, sipilis, albuminuria, kencing manis, rematik, dan menurunkan kadar gula dalam darah. Penggunaan luar juga memanfaatkan sifat antibakterinya, misalnya menghilangkan rasa gatal akibat alergi.

Keampuhan tanaman kumis kucing sebagai tumbuhan obat tak lepas dari kandungan senyawa seperti glikosida orthosiphonin, zat samak, saponin, mineral seperti kalium, mionositol, sapofonin, dan sinensetin. Banyaknya kandungan tersebut membuat masyarakat tidak ragu dalam mengonsumsi buah ini sebagai obat dalam.

Berikut ini adalah manfaat daun kumis kucing beserta cara pengolahannya; MANGGA DIAOS GAN....!!!!

*Batu Ginjal

Caranya;
  • Petik daun kumis kucing hingga jumlahnya mencapai 3 genggaman tangan.
  • Siapkan pula 5 lembar daun keji beling untuk tambahan bahan.
  • Rebus ke dalam 2 gelas air kedua bahan tadi sampai mendidih dan tersisa satu gelas air.
  • Minum rutin obat batu ginjal ini sehari 2 kali sampai anda dikabarkan sembuh oleh dokter.

*Kencing Batu

Caranya;
  • Petik 7 lembar daun kumis kucing dan 7 tanaman meniran.
  • Rebus kedua tanaman dalam panci berisi 2 gelas air, tunggu mendidih dan air tersisa 1 gelas.
  • Minum obat kencing batu ini secara rutin dalam sehari sebanyak 3 kali.

*Diabetes, Hipertensi, dan Pelancar Air Kencing

Caranya;
  • Siapkan 2 gelas air matang untuk merebus.
  • Sediakan pula 2 genggam daun kumis kucing.
  • Tuangkan air ke dalam panci, masukkan semua daun kumis kucing.
  • Rebus sampai mendidih dan air tertinggal 1 gelas.
  • Minum rutin obat ini sehari 1 kali sampai membuahkan hasil positif.

*Encok dan Asam Urat

Caranya;
  • Petik 5 helai daun kumis kucing dan 5 tanaman meniran.
  • Rebus ke dalam 2 gelas air sampai menyisakan 1 gelas.
  • Minum air rebusan yang merupakan obat encok dan asam urat ini sehari 3 kali sampai sembuh.

*Keputihan

Carannya;
  • Siapkan satu genggam daun kumis kucing dan daun beluntas.
  • Rebus bersama 1 gelas air sampai mendidih dan tersisa setengahnya.
  • Ketika merebus, tambahkan juga 10 biji kemukus dan 1 sendok teh jintan hitam.
  • Saat mendidih, angkat dan tunggu dingin.
  • Minum obat keputihan herbal ini secara rutin 2 kali dalam sehari.

. Jeruk Nipis


Pengobatan Ginjal Dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis ini sendiri memiliki kandungan asam sitrat yang mampu mencegah pengendapan kalsium dalam ginjal. Kandungan sitratnya jeruk nipis 10 kali lebih besar dibanding kandungan sitrat pada jeruk-jeruk lain. Sitrat dapat dikatakan sebagai kandungan yang mampu menguraikan dan melancarkan batu ginjal. Senyawa ini dapat menguraikan unsur-unsur hasil pengkristalan dari sulfat, fosfat, kalsium dan juga natrium. Dalam 100gram buah jeruk nipis terdapat kandungan vitamin C27 mg kalsium 40 mg, fosfor 22 miligram, hidrat arang 12,4 g, vitamin B1 0,04 mg, zat besi 0,6 mg, lemak 0,1 g, kalori 37 kkal, protein 0,8 g dan air 86 g. Jeruk nipis mengandung unsur-unsur senyawa kimia antara lain limonen, linalin asetat, geranil asetat, fellandren, dan sitral.

Itulah mengapa jeruk nipis dapat digunakan sebagai obat batu ginjal. Jeruk nipisnya dapat dikonsumsi secara langsung atau dicampur dengan minuman dapat membantu mengurangi batu ginjal. Saat yang baik untuk meminum jeruk nipis adalah di malam hari, karena pada malam hari di saat badan sudah sedikit beraktifitaslah pengendapan batu di ginjal berlangsung, sehingga memang lebih efektif untuk mengonsumsinya di malam hari (setelah makan malam).

Menurut penelitian, kandungan Kalium Sitrat pada jeruk nipis dapat menguraikan batu ginjal sedikit demi sedikit. Herbal pemecah batu ginjal jeruk nipis ini dapat mengurangi efek sakit pada penderita. Apalagi salah satu gejalanya adalah rasa nyeri pada pinggang.

Tips penting untuk menjaga kesehatan ginjal lainnya ialah biasakan anda minum air putih 8 gelas perhari karena dengan ini anda akan mendapatkan manfaat bagi keSEHATan tubuh dan khususnya lagi anda akan terhindar dari ganngguan pada ginjal. Minum air lebih banyak dapat membantu ginjal untuk menyaring limbah dan racun dari darah dan juga mengeluarkannya dalam bentuk urin. Fungsi kerja ginjal juga dalam keadaan stabil jika asupan cairan dalam tubuh terpenuhi namun perlu diingat juga pengkonsumsian air putih jangan juga berlebihan karena dapat menimbulkan efek negatif khususnya pada jantung.

Melihat banyaknya manfaat tanaman alami seperti kumis kucing, jeruk nipis, dan tanaman lainnya yang salah satunya manfaatnya untuk pengobatan tradisional menjadikan manusia tersadar akan pentingnya merawat alam yang kaya dengan manfaat serta fungsi menjamin kelangsungan hidup seluruh manusia ini.

Baca juga terkait;
Obat Herbal Ginjal Akut Bermasalah Kronis Super Bengkak Dan Bocor

Gejala Penyakit Ginjal Dan Pantangan Makanan Untuk Penyakit Ginjal

Sekian artikel ini kami sajikan untuk anda sekalian semoga dapat bermanfaat bagi kami, anda, keluarga, dan orang disekitar kita maafkan kami akan segenap kesalahan dan kekurangan salam sehat dari kami www.seh4t.com terima kasih.
Previous Post
Next Post

0 komentar: