Kamis, 25 Mei 2017

Obat Batuk Berdahak Anak 3 Tahun Dan 2 Tahun Yang Bagus

Obat Batuk Berdahak Anak 3 Tahun Dan 2 Tahun Yang Bagus

Batuk Berdahak Anak Usia 0-3 Tahun


Buah hati yang masih berusia dibawah 5 tahun (BALITA) sangan rentan akan berbagai keluhan kesehatan yang dikarenakan daya tahan tubuh yang masih lemah dan juga pengadaptasian tubuh yang masih sangat labil. Keluhan kesehatan yang sering dialami balita seperti batuk, flu, demam, mencret, dsb. Dan pada kesempatan ini kami akan membahas tentang batuk pada bayi.

Bagi orang tua pasti akan merasakan keresahan disaat buah hatinya sedang mengeluh akan kesehatannya apalagi sang buah hati yang masih dalam jenjang balita yang tak bisa mengutarakan akan keluh kesah yang dirasakannya. Oleh karena itu penting bagi orang tua banyak tau akan wawasan kesehatan agar bisa menjadi dokter pertama sang balita dirumah agar keluhan kesehatan sang buah hati dapat cepat teratasi dan dapat menekan datangnya resiko lain yang tidak diharapkan.

Dalam pembahasan Obat Batuk Berdahak Anak 3 Tahun Dan 2 Tahun Yang Bagus, alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu akan faktor-faktor yang bersangkutan dengan batuknya terlebih dahulu.

. Jenis Batuk Pada Anak 0-3 Tahun


Secara umum jenis batuk pada bayi hampir sama dengan orang dewasa yaitubatuk kering dan berdahak. Namun batuk pada anak-anak di bedakan menjadi beberapa jenis yaitu;
  1. Batuk kering, batuk tanpa dahak.
  2. Batuk rejan, batuk terus menerus, mengeluarkan dahak kental, wajah memerah akibat batuk, terdengar suara lengkingan saat tarikan napas, terkadang muntah.
  3. Batuk sesak.
  4. Batuk kronis.
  5. Batuk dengan Muntah, Batuk yang berat sehingga merangsang refleks muntah.
  6. Batuk Mendadak karena tersedak makanan atau minuman.
  7. Batuk disertai Mengi saat anak mengeluarkan udara napas.
  8. Batuk disertai Pilek, anak batuk, dengan demam yang tidak tinggi dan hidung beringus.
  9. Batuk dengan Demam, batuk yang disertai dengan perubahan suhu tubuh mencapai 39 derajat Celcius atau lebih tinggi dan batuk lainny.

Dan yang akan dibahas pada kesempatan kali ini kami akan mengulas akan batuk berdahak dan pastinya Obat Batuk Berdahak Anak 3 Tahun Dan 2 Tahun Yang Bagus yang akan sangat bermanfaat bagi orang tua dalam merawat dan menyayangi buah hati.

. Penyebab Batuk Pada Anak 0-3 Tahun


Biasanya penyebab batuk pada anak-anak dikarenakan terjadi infeksi pada saluran pernapasan yang masuk melalui cairan atau benda asing ke paru-paru, ke rongga sinus atau karena alergi. Batuk pada anak-anak juga bisa berdampak pada kondisi tubuhnya yang melemah. Faktor-faktor lain diantaranya;
  1. Rinitis alergi yaitu semacam intoleransi saluran pernapasan pada serbuk sari atau hay fever.
  2. Partusis atau batuk rejan adalah penyakit yang gejalanya ditandai dengan demam, flu dan terutama batuk yang membuat seseorang menjadi kesulitan dalam bernapas. Batuk rejam ini dapat terjadi hingga berminggu-minggu.
  3. Penyakit yang sering kambuh seperti PPOJ atau Penyakit Paru Obstruktif Kronik, asma dan bronkitis kronis.
  4. Penyakit GERD atau Gastroesophageal Reflux yaitu penyakit yang terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan karena lemahnya katup. Gejala dari penyakit ini adalah batuk dan nyeri pada dada. GERD juga bisa berujung pada batuk kronis.
  5. Keberadaan spora jamur di alam dan sekitar rumah juga merupakan salah satu faktor penyebab batuk dan mengi yaitu sesak napas atau bengek saat dihirup.
  6. ACE inhibitor adalah jenis obat yang digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan juga mengobati gagal jantung. Pasien yang menelan ACE inhibitor kerap akan mendapati batuk kering. Biasanya batuk yang dialami ini terjadi selama beberapa minggu setelah mereka menghentikan penggunaan obat tersebut.
  7. Selain itu, polusi udara juga memiliki peranan yang menyebabkan batuk terus-menerus karena akibat polutan dan iritan di udara yang dihirup oleh hidung sehingga masuk ke saluran pernapasan.

. Obat Batuk Berdahak Anak 3 Tahun Dan 2 Tahun Yang Bagus


Sangatlah tidak dianjurkan pada orang tua untuk memberikan obat batuk orang dewasa pada anak-anak walau hanya dengan dosis yang rendah. Selain obat medis dari dokter, penyembuhan batuk pada anak dapat menempuh jalan alternatif dengan resep obat tradisional dan obat herbal alami. Apalagi di indonesia terkenal dengan aneka ragam tanaman obatnya, terutama resep-resep herbal tradisional turun menurun dari nenek moyang kita. Dengan menggunakan obat tradisional alami sudah pastinya lebih aman dibandingkan dengan menggunakan obat dari pabrik yang mengandung bahan kimia.

Dan berikut ini adalah beberapa resep tradisional Obat Batuk Berdahak Anak antara lain:
  • Daun sirih.  Caranya; Daun sirih secukupnya direbus dengan dicampur potongan jahe. Lalu air rebusan tersebut diminum sehari sekali agar tubuh tetap hangat dan juga sehat.
  • Jahe. Caranya; Cukup anda rebus jahe dengan mendidihkan 12 iris jahe dalam tiga gelas air selam 1/4 jam, lau angkat dan saring, kemudian tambahkan perasan lemon dan sesendok madu, minumlah saat masih hangat.
  • Jeruk Nipis dan Kecap. Caranya; Siapkan 1 buah jeruk nipis dan kecap. Kemudian peras jeruk nipis di atas sendok, lalu tuangkan kecap sedikit saja. Campurkanlah kedua bahan tersebut sebelum meminumnya. Minumlah dua sampai tiga kali dalam sehari selama batuk belum berhenti.
  • Kencur. Caranya; Bersihkan dan dikupas kencur terlebih dahulu kemudian parut hingga mengeluarkan sari airnya. Peras dan tambahkan sedikit garam dan air. Lalu aduk hingga rata. Setelah itu minum ramuan tersebut sebelum tidur dan setelah sarapan. Maka batuk berdahak akan sembuh.
  • Buah Anggur. Caranya; Cukup dikonsumsi dan Agar dapat mengurangi rasa jenuh, Anda juga bisa mengkonsumsi anggur dalam bentuk cair, seperti dijus. Anggur adalah salah satu buah yang bisa menjadi Obat Batuk Berdahak Anak karna anggur memiliki sifat ekspektoran yang mampu mengeluarkan lendir yang tersimpan di dalam saluran pernapasan.
  • Kacang Almond. Caranya; Sediakan 8 butir kacang almond. Kemudian rendam di dalam air selama 12 jam. Merendam kacang almond bisa saat malam hari sambil ditinggal tidur. Haluskan kacang almond dengan menumbuknya hingga menjadi pasta yang lembut. Lalu tambahkan 1 sdt mentega. Buatlah jadwal untuk mengkonsumsinya tiga hingga empat kali dalam sehari. Konsumsi pasta ini hingga batuk hilang.
  • Lemon. Caranya; Siapkan 1 buah lemon, lalu belah menjadi dua bagian atau Anda dapat mengirisnya sesuka hati Anda. Pada bagian daging, taburi merica bubuk dan juga garam. Cara untuk mengkonsumsinya yaitu dengan menghisap lemon hingga cairannya pada tiap irisan menjadi berkurang. Mungkin dalam hal ini terkesan memaksa, tepi memang seperti itu adanya. Atau, Anda juga dapat mencoba cara lain untuk mengkonsumsi lemon untuk mengobati batuk. Yaitu dengan menjadikan lemon sebagai jus hangat, untuk memberikan rasa manis, berikan tambahan madu jangan gula.
  • Jus Wortel. Caranya; Siapkan 4 buah wortel, lalu dibersihkan. Kemudian masukkan ke dalam gelas blender, tuangkan air seperlunya. Tambahkan beberapa sendok teh madu untuk memberikan rasa manis. Lalu blender hingga menjadi yang nikmat dan siap untuk dikonsumsi. Minumlah jus wortel sebanyak tiga sampai empat kali dalam sehari hingga batuk mereda. Wortel memiliki kandungan beta-karoten yang dikonversi menjadi vitamin A yang mampu meningkatkan daya tangkap mata, dapat melindungi kulit dari terpaan sinar matahari dan berbagai jenis penyakit kulit lainnya. Selain itu, wortel juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat menjaga tubuh dari radikal bebas. Karena wortel diperkaya oleh vitamin dan nutrisi penting, maka wortel juga dapat mengobati batuk pada orang dewasa.

# Tips


Penderita batuk berdahak anak maupun dewasa sebaiknya menghndari tempat yang banyak debu dan juga dingin. Karena kedua tempat tersebut adalah penyebab timbulnya batu. Jaga tubuh untuk selalu hangat dengan menggunakan jaket atau selimut. Selalu mandi dengan air hangat. Dan perbanyak minum air putih setidaknya 7-8 gelas per hari.

Lihat Juga:
Sekian artikel ini kami akhiri semoga dapat bermanfaat dan kami mengharapkan anda dapat memaklumi akan kekurangan dan kesalahan yang terdapat didalamnya. Salam sehat dari kami www.seh4t.com terima kasih.
Previous Post
Next Post

0 komentar: