Sabtu, 27 Mei 2017

Resep Obat Batuk Berdahak Herbal Paling Manjur Sedunia

Batuk tidak termasuk kategori sebagai penyakit, melainkan sebuah respon yang diberikan oleh sistem pertahanan tubuh di saluran pernapasan yang dikirim melalui syaraf yang menuju pusat batuk di otak untuk mengeluarkan makanan, asap, debu, lendir dan lain-lain yang berada di dalam reseptor batuk seperti pada saluran pernapasan, hidung dan telinga.

Resep Obat Batuk Berdahak Herbal Paling Manjur Sedunia

Batuk juga ada yang berdahak dan tidak berdahak. Batuk yang berdahak sangat mengganggu sekali dan perlu pengobatan yang segera. Cara mengobatinya selain menggunakan obat dari pabrik, juga bisa menggunakan obat tradisional batuk berdahak.

Resep Obat Batuk Berdahak Herbal Paling Manjur Sedunia

Penyebab Batuk Berdahak

Seperti yang dikutip dari beberapa situs kesehatan bahwa infeksi saluran pernapasan terjadi karena terkaman virus atau bakteri. Tidak hanya infeksi saja, penyebab batuk juga bisa disebabkan dari faktor lainnya.

  • Partusis atau batuk rejan adalah penyakit yang gejalanya ditandai dengan demam, flu dan terutama batuk yang membuat seseorang menjadi kesulitan dalam bernapas. Batuk rejam ini dapat terjadi hingga berminggu-minggu.
  • ACE inhibitor adalah jenis obat yang digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan juga mengobati gagal jantung. Pasien yang menelan ACE inhibitor kerap akan mendapati batuk kering. Biasanya batuk yang dialami ini terjadi selama beberapa minggu setelah mereka menghentikan penggunaan obat tersebut.
  • Keberadaan spora jamur di alam dan sekitar rumah juga merupakan salah satu faktor penyebab batuk dan mengi yaitu sesak napas atau bengek saat dihirup.
  • Penyakit yang sering kambuh seperti PPOJ atau Penyakit Paru Obstruktif Kronik, asma dan bronkitis kronis.
  • Rinitis alergi yaitu semacam intoleransi saluran pernapasan pada serbuk sari atau hay fever.
  • Penyakit GERD atau Gastroesophageal Reflux yaitu penyakit yang terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan karena lemahnya katup. 

  • Gejala dari penyakit ini adalah batuk dan nyeri pada dada. GERD juga bisa berujung pada batuk kronis.

Selain itu, polusi udara juga memiliki peranan yang menyebabkan batuk terus-menerus karena akibat polutan dan iritan di udara yang dihirup oleh hidung sehingga masuk ke saluran pernapasan.

Obat Batuk Berdahak Herbal Paling Manjur Sedunia


  • Jeruk Nipis

Obat Batuk Berdahak
Jeruk Nipis
Bukan rahasia lagi buah jeruk nipis merupakan obat batuk berdahak herbal yang dapat menyembuhkan batuk dengan cepat. Cara mengobati batuk dengan jeruk nipis adalah dengan mencampurkan perasan air jeruk nipis dengan madu dan air hangat. Perbandingan antara perasan jeruk nipis, madu dan air adalah 1:3:5. Adapun cara yang lebih mudah yaitu dengan mencampurkan perasan jeruk nipis dengan kecap. Metode ini juga cukup efektif untuk mengatasi batuk berdahak pada anak jika dikonsumsi dua kali sehari dengan takaran satu sendok teh.

  • Jahe Merah

Resep Obat Batuk Berdahak Herbal Paling Manjur Sedunia
Jahe Merah
Untuk jenis jahe merah ini, bisa digunakan untuk memberantas batuk kering. Batuk kering adalah kebalikan batuk berdahak, dimana pada batuk kering basanya tanpa disertai dahak atau riak dan tidak disertai sekresi pada saluran napas. Jangan salah, pilihlah jahe yang berwarna merah, bukan jahe biasa. Kupas jahe merah tersebut hingga bersih, kunyah jahe tersebut, telan airnya dan buang ampasnya.

Demikian beberapa bahan-bahan alami yang ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk mengobati batuk berdahak dan batuk kering. Banyak keuntungan menggunakan bahan-bahan alami tersebut karena memiliki karakteristik yang sama sekali berbeda dengan obat-obatan yang mengandung bahan kimia.
Lihat Juga Ini : Resep Obat Batuk Berdarah Di Apotik Dari Dokter Paling Ampuh
Bahan-bahan alami terbebas dari efek samping apapun sehingga bisa digunakan secara berkelanjutan. Selain itu, lakukan tindakan pencegahan lain seperti menjauhi tempat yang mengandung debu dan juga tempat yang dingin karena kedua hal tersebut dikenal sebagai penyebab batuk. Jaga tubuh Anda supaya tetap hangat, bisa dengan mengunakan selimut atau jaket. Kalau mandi jangan lupa untuk menggunakan air hangat. Menghentikan kebiasaan buruk yang bisa memperparah sakit batuk berdahak anda seperti merokok atau minum alkohol. Mengalokasikan waktu untuk beristirahat secara teratur dan jangan terlalu berlebihan menggunakan tenaga untuk bekerja. Memperbanyak minum air putih kurang lebih antara 7-8 gelas per harinya.
  • Bunga Mawar
Selain sebagai tanaman hias ternyata bunga mawar juga khasiat meredakan batuk. ambil bunga mawar yang masih segar kurang lebih 10gr hancurkan bersama air secukupnya dan tambahkan sedikit gula batu. Minum olahan bunga mawar ini sebanyak 2 kali sehari sampai batuk benar-benar telah reda.
  • Daun Sirih
Mengkonsumsi rebusan daun sirih bisa menyembuhkan batuk berdahak atau kering. Rebusan tersebut sangat baik lagi jika dicampur dengan cengkeh dan kayu manis.

Ambil 5 lembar dau sirih kemudian bersama dan biarkan menjadi satu gelas. Untuk 1 gelas olahan daun sirih ini bisa kita konsumsi sampai dengan 4-5 hari dengan sekali minum sebanyak 1 sendok makan sebanyak 3 kali sehari.
  • Lemon
Buah lemon tentu berbeda dengan jeruk nipis, tetapi keduanya ini memiliki manfaat dan khasiat untuk menyembuhkan batuk. Anda bisa mencoba ramuan alami yang cukup unik ini dengan cara mengkonsumsinya. Barikut langkah-langkahnya.
  1. Siapkan 1 buah lemon, lalu belah menjadi dua bagian atah Anda mengirisnya sesuka hati Anda.
  2. Pada bagian daging, taburi merica bubuk dan juga garam.
  3. Cara untuk mengkonsumsinya yaitu dengan menghisap lemon hingga cairannya pada tiap irisan menjadi berkurang.
Mungkin dalam hal ini terkesan memaksa, tepi memang seperti itu adanya. Atau, Anda juga dapat mencoba cara lain untuk mengkonsumsi lemon untuk mengobati batuk. Yaitu dengan menjadikan lemon sebagai jus hangat, untuk memberikan rasa manis, berikan tambahan madu jangan gula.

Selain bahan alami di atas, ada bahan alami lainnya yang bisa digunakan sebagai obat herbar dan obat batuk berdahak tradisional. Yaitu belimbing wuluh, bunga mawar, daun asam muda, dan tanaman serai. Belimbing wuluh yang telah ditim bersama gula, air dan juga beberapa butir ada, disaring lalu diminum. Begitu juga dengan bunga mawar. Ditim dengan air dan dicampur dengan gula batu secukupnya. Lalu diminum dua kali sehari.
  • Belimbing Wuluh
Rasa asam dan zat yang terkandung dalam buah belimbing wuluh ternyata berkhasiat mengobati batuk. Caranya adalah, ambil 10 buah belimbing wuluh, cuci dan parut halus kemudian tambahkan air satu gelas dan sedikit garam.

Saring dan minum sebanyak 2 kali sehari, namun untuk seseorang yang menderita maag atau masalah lambung sebaiknya cari alternative obat herbal lain yang memang benar-benar tindak mengganggung lambung.
  • Asam Jawa Gula Merah
Asam jawa dan gula merah sangat lazim ditemui di dapur-dapur orang Indonesia sebagai bahan memasak. Selain untuk membuat masakan menjadi lebih lezat, paduan asam jawa dan gula merah bisa mengobati batuk juga. Caranya, siapkan 10 daging buah asam jawa, seduh dengan segelas air panas dan tambahkan gula merah secukupnya. Aduk hingga rata dan tercampur seluruhnya, minum selagi hangat.
  • Kunyit
Selanjutnya ada kunyit yang sudah lama dipercaya oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu rempah yang bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk alami. Cara membuat ramuan tradisional untuk batuk berdahak ini adalah dengan menumbuk kunyitnya, lalu dicampurkan dengan madu ke dalam segelas susu hangat. Ramuan kunyit ini dinilai sebagai cara menghilangkan batuk yang cukup efektif.
  • Madu dan Lada Putih
Mungkin kombinasi antara keduanya cukup unik dan Anda pun mungkin jarang mencobanya, akan tetapi kombinasi antara lada putih yang dicampurkan dengan madu ini sudah digunakan oleh masyarakat Indonesia sejak dulu sebagai salah satu cara menghilangkan batuk berdahak secara alami dan cepat.
  • Daun Kemangi
  Obat Batuk Berdahak
Obat Batuk Berdahak

Daun yang memiliki wangi yang khas ini ternyata juga bisa menjadi obat alami untuk batuk berdahak. Cara membuatnya pun sangat mudah, yaitu dengan merebus 2-3 daun kemangi dan 1-2 gelas air putih. Konsumsi ramuan ini saat masih hangat agar tenggorokan terasa lebih lega dan batuk berdahak akan lekas sembuh.
  • Air Putih Hangat
Cara ini mungkin adalah yang paling mudah. Saat Anda mulai merasa bahwa dahak yang ada di kerongkongan sangat sulit untuk dikeluarkan, konsumsi atau setidaknya berkumurlah dengan air putih hangat agar dahak lebih lancar keluar dari kerongkongan.
Sekian Info Tentang Resep Obat Batuk Berdahak Herbal Paling Manjur Sedunia. semoga bermanfaat ya. salam dari kami  www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: