Minggu, 28 Mei 2017

Obat Batuk Herbal Untuk Anak Yang Tak Kunjung Sembuh

Batuk Herbal Untuk Anak

www.seh4t.com -Salah satu gangguan kesehatan yang rentan dialami oleh anak-anak selain pilek dan masuk angin adalah batuk. Batuk yang tidak segera diatasi akan membuat anak Anda merasa tidak nyaman sehingga menjadi lebih rewel. Mengatasi batuk memang mudah karena ini termasuk gangguan kesehatan ringan yang tidak mematikan, namun jangan dianggap remeh karena batuk bisa menjadi penyakit komplikasi yang lebih berbahaya
Obat Batuk Herbal Untuk Anak Yang Tak Kunjung Sembuh
Saat batuk, sering kali anak menjadi gelisah saat tidur karena terganggun oleh batuknya, penurunan nafsu makan karena rasa tidak nyaman di tenggorokan, dan juga muntah berulang yang diprovokasi oleh batuk.

Yang perlu dipahami, batuk merupakan suatu gejala yang bersifat melindungi bagi tubuh. Batuk merupakan upaya alami tubuh untuk mengeluarkan lendir atau benda asing dari paru-paru dan aliran udara yang tersumbat.

Kenali Beberapa Jenis Ciri-Ciri Batuk Yang Tak Kunjung Sembuh

Adakalanya batuk-batuk tak bisa dianggap masalah sepele. Kepala Departemen Bedah Toraks di Icahn School of Medicine, Mount Sinai Hospital,Mengatakan bahwa batuk-batuk bisa jadi tanda penyakit serius yang mengancam jiwa.
Apabila batuk telah berlangsung selama lebih dua minggu atau tak kunjung sembuh meski telah minum obat, jangan tunda untuk periksa ke dokter. Berikut Beberapa penyakit serius yang perlu diwaspadai ketika batuk tak kunjung berhenti.
  • Pneumonia
Batuk yang tak kunjung sembuh juga menjadi salah satu gejala umum dari pneumonia. Batuk biasanya memburuk pada malam hari.
Jika batuk tak sembuh setelah 10 hari, sulit berpanas, nyeri dada, demam, lendir batuk berwarna hijau atau kekuningan, lakukanlah pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.
Tes darah dan rontgen dada diperlukan untuk mengetahui adanya penyakit ini atau tidak. Pneumonia umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri pneumococcus.
  • Tuberkulosis
Tuberkulosis (TB) adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman tuberkulosis. Seseorang yang kekebalan tubuhnya lemah lebih berisiko terkena tuberkulosis.
Gejala tuberkulosis antara lain batuk-batuk yang tak kunjung sembuh, nyeri dada, kelelahan, penurunan berat badan, demam, berkeringat di malam hari, bahkan terkadang sampai batuk darah.
Tuberkulosis bisa berakibat fatal jika tidak diobati sampai tuntas. Kuman tuberkulosis bisa menyebar ke tulang belakang, persendian, otak, bahkan jantung.
Tuberkulosis diobati dengan minum antibiotik secara rutin. Orang yang tidak patuh konsumsi antibiotik bisa menyebabkan kuman tuberkulosis resistensi terhadap antibiotik sehingga penyembuhan jadi lebih lama dan sulit.
  • Kangker Paru-Paru
Dalam penelitian yang diterbitkan di Jurnal Chest, sekitar 60 persen pasien kanker paru-paru mengalami batuk kronis. Menurut dokter Raja, batuk bahkan sering kali menjadi satu-satunya gejala kanker paru yang muncul.
Waspadai kanker paru bila batuk telah berlangsung lebih dari dua minggu dan disertai batuk berdarah, suara serak, lendir berwarna, nyeri menelan, dan nyeri di dada. Kanker paru pun tak hanya perlu diwaspadai oleh perokok, tetapi juga yang tidak merokok.
  • Ppok
Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) merupakan salah satu penyakit paru yang banyak ditemui. Penyakit paru ini bisa menyebabkan kesulitan bernapas. PPOK rata-rata dialami oleh perokok.
Seseorang yang merokok maupun mantan perokok yang mengalami batuk kronis dengan banyak lendir, terutama di pagi hari, waspadai PPOK. Gejala lain PPOK, yaitu sesak napas. Jangan abaikan masalah PPOK karena bisa menurunkan fungsi paru.
  • Batuk Rejan
Pertusis atau batuk rejan merupakan penyakit menular akibat infeksi bakteri pada paru-paru dan saluran pernapasan. Pertusis berupa batuk keras terus-menerus setelah tarikan napas panjang.
Gejala awal pertusis mirip dengan flu, yakni pilek, batuk ringan, dan demam. Lama-kelamaan batuk ternyata tak kunjung sembuh. Bila tidak segera ditangani, pertusis bisa berkembang jadi penyakit pneumonia.

Beruntung sudah ada vaksin pertusis yang diberikan pada bayi. Sangat disayangkan apabila ada sekelompok orang yang menolak vaksin ini.
Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal JAMA, tahun 2012 melonjak kasus pertusis tertinggi dan 20 orang meninggal dunia setelah ada sekelompok orang yang menolak pemberian vaksinasi.

Apa Yang Membuat seseorang Menjadi Batuk?

Tubuh manusia dirancang oleh Tuhan Yang Maha Kuasa sedemikian rupa supaya mekanisme pertahanan ini hanya dikeluarkan apabila memang diperlukan (walaupun kita dapat secara sengaja untuk batuk). Sesuai dengan fungsinya untuk mengeluarkan benda asing dalam jalur pernafasan, apapun benda asing yang sifatnya iritan di jalur pernafasan akan merangsang pusat batuk di otak manusia, yang nantinya merangsang otot-otot pernafasan untuk melaksanakan tindakan batuk tersebut.
Pada prinsipnya, sensor batuk (disebut sebagai reseptor batuk dalam kedokteran) akan memberikan sinyal ke pusat batuk, kemudian pusat batuk akan merangsang otot-otot pernafasan untuk memulai tindakan batuk. Karena fungsinya untuk mengeluarkan benda asing, sensor batuk paling utama memang terdapat di saluran pernafasan

penyebab utama batuk lama pada anak

Penyebab utama batuk lama (subakut atau kronis) pada anak pada dasarnya kebanyakan tidak berbahaya karena umumnya penyebabnya adalah post-viral cough. Batuk ini terpicu akibat saluran napas yang hiper-reaktif setelah terinfeksi oleh virus-virus tertentu. Saluran napas yang hiper-reaktif ini menyebabkan reseptor batuk yang lebih mudah teraktivasi, sehingga batuk-batuk akan terjadi walaupun sudah sembuh dari infeksi virus pada saluran napas atas tersebut (hiper-reaktifitas pasca infeksi virus serupa juga terjadi pada orang dewasa).
Terkait Masalah Batuk? Penting !! anda harus baca ini: Ramuan Obat Batuk Herbal Untuk Balita Paling Ampuh Sudah Teruji

Obat Batuk Herbal Untuk Anak Yang Tak Kunjung Sembuh

Batuk pada anak dapat berupa batuk kering atau berdahak. Terjadinya batuk dapat juga disertai dengan gejala lainnya seperti demam, pilek, sakit kepala, sakit tenggorokan, tidak enak badan, anak kurang bersemangat, tidak nafsu makan, dan sebagainya. Keuntungan pemberian obat batuk tradisional pada anak yaitu kandungannya yang alami tanpa menimbulkan efek samping, sangat praktis dan ekonomis karena bahannya sangat mudah ditemukan di sekitar kita, dan khasiatnya yang cukup ampuh mengobati batuk. Berikut ini merupakan berbagai pilihan resep obat batuk anak tradisional untuk menyembuhkan batuk yang berkepanjangan pada buah hati Anda.
  • Belimbing Wuluh
Obat Batuk Herbal Untuk Anak Yang Tak Kunjung Sembuh
Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh merupakan buah yang kaya akan vitamin C yang sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara alami. Buah sekaligus bunga belimbing wuluh juga berkhasiat sebagai obat batuk anak tradisional. Cara membuat ramuannya yaitu masukkan empat buah belimbing wuluh dan bunganya sekitar satu genggam ke dalam panci berisi 2 gelas air. Rebus beberapa saaat sampai tersisa airnya 1 gelas saja. Lalu saring dan ambil airnya. Tambahkan gula batu sebagai pemanis. insya allah batuk berkepanjangan yang di derita oleh anak akan segera sembuh dan takkan kembali lagi.
  • Kemudian Dengan Menggunakan Obat Herbal Alami Daun Kemangi
Obat batuk anak tradisional berikutnya yaitu dengan menggunakan ramuan daun kemangi. Daun kemangi yang sering digunakan sebagai lalapan ini sudah dikenal luas manfaatnya, termasuk untuk menyembuhkan batuk. Cara membuat ramuannya yaitu ambil segenggam daun kemangi lalu direbus dengan dua gelas air. Setelah itu disaring kemudian diambil airnya untuk diminumkan pada anak yang menderita batuk.
  • Madu Dan Kencur
Menggunakan obat batuk herbal untuk bayi tentu akan lebih aman untuk dilakukan pada bayi Anda. Beberapa bahan alami tanpa efek samping yang bisa dimanfaatkan sebagai pereda batuk, salah satunya yaitu menggunakan kencur. Cara mengatasi batuk menggunakan kencur ini cukup mudah untuk dilakukan. Caranya yaitu kencur diparut terlebih dahulu, kemudian dicampur dengan air. Setelah itu minumkan ke bayi Anda.

Tidak hanya kencur yang bisa dijadikan obat batuk herbal untuk bayi, madu juga bisa dimanfaatkan sebagai pereda batuk pada bayi Anda. Mengingat madu yang multi khasiat, sehingga segala macam penyakit bisa diatasi dengan menggunakan madu. Cara pembuatan obat batuk menggunakan madu yaitu ambil setengah sendok teh madu, kemudian campurkan madu tersebut dengan air hangat sedikit. Kemudian diaduk hingga merata, setelah itu minumkan ke bayi Anda.

Selain itu, pengobatan batuk pada bayi melalui sang ibu juga bisa dilakukan. Tetap menggunakan bahan yang sama, yaitu madu. Sang ibu bisa meminum madu satu hingga dua sendok tanpa air hangat. Dari ASI sang ibu yang diminum sang bayi dapat membantu meredakan batuknya. Selain menggunakan madu, obat batuk herbal untuk bayi bisa menggunakan habatusaudah. Hal ini seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa dalam habatusaudah terkandung antibiotik alami dan dapat menyembuhkan batuk anak yang tak kunjung sembuh.
  • Daun Sirih
Obat Batuk Herbal Untuk Anak
obat batuk herbal untuk anak
Obat batuk herbal lainnya yang cocok untuk anak adalah daun sirih. Adapun cara penggunaannya cukup mudah. Kamu tinggal mengambill satu helai daun sirih dan cuci sampai bersih. Kemudian masukkan kedalam panci berisi beberapa potong jahe dan segelas air putih. Selanjutnya rebus sampai mendidih. Untuk penyajiannya, air rebusan bisa kamu masukkan ke dalam gelas.
Minumkan air rebusan daun sirih serta jahe tersebut pada anak dengan dosis 1 kali sehari. Selain itu, minumkan ramuan tersebut selama beberapa harisupaya batuk yang diderita cepat sembuh.

Sekian artikel kami mengenai pembahasan tentang Obat Batuk Herbal Untuk Anak Yang Tak Kunjung Sembuh. semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika anda ingin mencari info tentang obat-obatan kesehatan baik obat herbal maupun obat medis mencakup masalah penyakit secara umum, bukan hanya penyakit batuk saja. silahkan kunjungi situs kami di www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: