Kamis, 18 Mei 2017

Obat Batuk Kering Tradisional Untuk Dewasa Paling Ampuh

Salah satu respons alami dari tubuh sebagai sistem pertahanan saluran pernapasan disaat terjadi gangguan dari luar ialah Batuk. Respons ini berfungsi membersihkan lendir atau faktor penyebab iritasi atau bahan iritan (seperti debu atau asap) agar keluar dari paru-paru. Batuk ini sendiri jarang mengindikasikan terhadap penyakit serius dan pada umumnya dapt sembuh dalam waktu tiga minggu, sehingga tidak membutuhkan pengobatan. Keefektifan obat batuk juga belum terbukti sepenuhnya. Ramuan buatan sendiri seperti air madu dan lemon bisa membantu meringankan keluhan batuk ringan.

Secara garis besar, jenis batuk meliputi batuk kering dan basah (berdahak). Batuk kering adalah batuk yang tidak disertai dengan adanya produksi lendir atau dahak. Tanda-tanda awal batuk kering biasanya adalah rasa gatal di tenggorokan yang memicu batuk. Batuk tanpa dahak ini biasa terjadi pada tahap akhir pilek atau ketika ada paparan bahan iritan.

Sedangkan batuk basah adalah batuk yang disertai dengan adanya dahak atau sputum karena masalah yang timbul dari paru-paru seperti bronkitis, pneumonia, asma atau beberapa penyakit yang langka seperti kanker paru-paru. Pada kasus batuk basah (berdahak) ini sangat membantu karena berfungsi mengeluarkan dahak. Dahak tersebut bisa berasal dari tenggorokan, sinus, serta paru-paru.

Batuk Kering


Pada kesempata ini kita akan membahas akan batuk kering serta Obat Batuk Kering Tradisional Untuk Dewasa Paling Ampuh dan kita perlu tau terlebih dahulu akan jenis, penyebab, obat dan cara pencegahannya.

. Jenis Batuk Kering


Batuk kering ini terbagi tiga jenis yaitu:
  • Batuk kering biasa; Jenis ini sering kali disebabkan oleh infeksi virus dari hidung dan tenggorokan. Di mana Anda akan mengalami batuk terus menerus dengan perasaan ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan. Biasanya akan sembuh dalam 1 atau 2 minggu.
  • Batuk menggonggong (croup); batuk yang begitu gigih dan sampai-sampai suaranya mirip dengan gonggongan anjing, terutama terlihat pada penyakit laringitis (Pembengkakan atau infeksi pita suara). Ketika penderita batuk, ada rasa sakit di tenggorokan dan kesulitan bernafas.
  • Batuk rejan; Batuk 100 hari atau dunia medis batuk ini disebut dengan pertusis yang disebabkan oleh bakteri. Saat ini kejadiannya sangat jarang karena adanya program imunisasi (DPT) yang dijalankan oleh pemerintah Indonesia. Kondisi ini biasanya hanya terlihat pada anak-anak. Ini adalah batuk di mana penderita batuk terus menerus, setelah itu ada suara teriakan karakteristik dan suara keras tarikan napas.

. Penyebab Batuk


Penyebab utama pada sebagian besar pengidap batuk kering ialah infeksi saluran pernapasan akibat virus. Di samping itu, ada beberapa penyebab batuk lain yang meliputi:
  • Paparan debu, asap, serta senyawa kimia.
  • Cairan dari hidung yang menetes ke tenggorokan.
  • Merokok atau menggunakan tembakau dengan cara lain.
  • Rinitis alergi, misalnya alergi terhadap serbuk sari (hay fever).
  • GERD, penyakit ini menyebabkan asam lambung berkumpul pada esofagus dan memicu batuk.
  • Penyakit jangka panjang yang kambuh, misalnya asma, Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), atau bronkitis kronis.


Meski jarang terjadi, faktor-faktor di atas tetap bisa menjadi penyebab awal dari penyakit yang menyebabkan batuk jangka panjang. Dan dibawah ini adalah sebagian Obat Batuk Kering Tradisional Untuk Dewasa Paling Ampuh dalam mengatasi batuk anda. Mangga diaos Gaaaaaannn...!!!

Sebenarnya disekitar kita banyak sekali bahan alami yang bisa kita manfaatkan sebagai obat batuk kering secara tradisional bahkan alternatif ini akan lebih aman bagi tubuh. Adapun obat tradisional itu sendiri diantaranya;

  1. Buah belimbing wuluh. Caranya; Haluskan buah belimbing wuluh sampai benar-benar halus, lalu peras kemudian dicampur dengan garam, minum 2 x sekali secara teratur.
  2. Ramuan jeruk nipis. Caranya; Jeruk nipis mempunyai kandungan vitamin C yang juga cukup manjur sebagai obat batuk kering. Caranya; Ambil 1 – 2 buah jeruk nipis yang banyak airnya atau hampir matang peras airnya dan dicampurkan dengan kecap bila anda tidak suka kecap anda bisa menggantinya dengan madu. Konsumsilah 2x sehari.
  3. Daun sirih dicampur jahe. Caranya; Rebus 15 lembar daun sirih dicampur jahe secukupnya menggunakan 4 gelas air biarkan mendidih dan air menyusut mejadi kurang lebih 3 gelas lalu minum hangat-hangat 3x sehari.
  4. Obat Batuk Kering Tradisional
  5. Kunyit. Caranya; Tumbuklah kunyit yang sudah dicuci bersih sebelumnya, lalu campurn dengan madu dan ramuan ini siap diminum sebagai Obat Batuk Kering Tradisional.
  6. Buang mawar. Caranya; Ambil bunga mawar segar sekitar 10 grm Tim bunga mawar tadi dan dicampur dengan gula batu kemudian berikan madu pada ramuan bunga mawar tadi.
  7. Daun Kemangi. Caranya: Siapkan 7 lembar daun kemangi dan 3 gelas air cuci bersih daun kemangi tersebut lalu rebus daun kemangi tadi dengan 3 gelas air hinga menyusut menjadi 2 gelas, kemudian diminun secara teratur pagi dan sore.
  8. Ramuan Jahe dan Kencur.  Kedua bahan ini mempunyai sifat melegakan dan juga sebagai anti inflamasi yang mampu mengurangi gejala batuk kering dan juga banyak manfaat lain bagi kesehatan tubuh. Caranya: Sediakan jahe sekitar 3 jari dan kencur secukupnya lalu iris jahe dan kencur rebus irisan jahe dan kencur tersebut dalam 3 gelas air sampai menyusut menjadi kurang lebih 2 gelas lalu saring dan minum hangat-hangat.
  9. Air garam. Caranya; Larutkan garam dalam segelas air matang. Gunakan larutan air garam tadi untuk berkumur secara rutin. Air garam ini pun dapat digunakan sebagai obat alternatif perawatan mulut.

. Komplikasi Batuk kering


Kelihan Batuk kering ini jika tidak ditangani dapat menimbulkan banyak masalah. Oleh karena itu, penting bahwa kita tahu kapan harus mengunjungi dokter atau ketika itu berbahaya. Disaat batuk berlangsung selama lebih dari seminggu dan obat bebas yang Anda gunakan tidak berhasil, maka itu berarti Anda perlu dokter untuk menanganinya. Seseorang dapat mengembangkan komplikasi karena kondisi yang mendasari seperti ketidak mampuan untuk bernapas, pingsan, atau bahkan kematian. Komplikasi lain adalah sifat fisik dari batuk itu sendiri. Terkadang sifat batuk begitu parah sehingga dapat menyebabkan muntah, patah tulang rusuk, nyeri otot di belakang dan inkontinensia urin atau feses (kencing tanpa sadar).

. Langkah Pencegahan Berikut


Ada beberapa cara sederhana dan mudah untuk mecegah agar batuk kering tidak menyebar terhadap orang lain. Jika Anda menderita batuk, tutup hidung dan mulut saat batuk atau bersin. Selalu mencuci tangan secara menyeluruh dengan air dan sabun. Selain itu, ada beberapa hal yang harus Anda hindari ketika Anda sedang menderita batuk kering:
  1. Hindari mengonsumsi makanan dingin (es,
  2. Hindari makan berlebihan di malam hari,
  3. Hindari tidur dengan kepala datar dengan punggung,
  4. Hindari makan makanan yang digoreng,
  5. Hindari asap rokok,
  6. Hindari minuman berkafein.

Baca Juga;
Obat Batuk Kering Apotik Dan Alami Yang Bagus Paling Cepat
Penyebab Batuk Berdarah Dari Mulut Saat Bangun Tidur Di Pagi Hari



Sekian artikel ini kami akhiri semoga bermanfaat dan apabila terdapat kekurangan dan kesalahan semoga anda sudi untuk memakluminya. Salam sehat dari kami www.seh4t.com terima kasih.
Previous Post
Next Post

0 komentar: