Senin, 29 Mei 2017

Nama Obat Batuk Tidak Berdahak Tablet Dan Sirup Paling Ampuh

Secara umum batuk dibagi menjadi dua jenis utama, yaitu batuk kering dan batuk basah (berdahak). Batuk kering adalah dimana batuk yang tidak disertai dengan adanya produksi lendir atau dahak. Sedangkan batuk basah adalah batuk yang disertai dengan adanya dahak atau sputum karena masalah yang timbul dari paru-paru seperti bronkitis, pneumonia, asma atau beberapa penyakit yang langka seperti kanker paru-paru.

Terkadang, orang yang menderita batuk kering akan merasakan adanya sensai nyeri atau mengganjal di tenggorokan dan yang lain mungkin merasakan sensasi menggelitik atau gatal sehingga merangsang batuk untuk menyingkirkannya, tetapi walaupun sudah batuk masalah tak kunjung lega. Batuk kering karena tenggorokan gatal sering terlihat dalam kasus alergi, terpapar asap rokok atau iritasi lainnya, atau mereka dengan sinusitis ringan dan infeksi virus.

Batuk Kering

Batuk kering merupakan suatu batuk yang tidak memproduksi mukus (dahak) atau sering juga disebut batuk tidak berdahak. Batuk merupakan suatu usaha tubuh untuk menjaga jalan nafas bebas dari zat yang menyumbat atau menganggu agar dapat bernafas secara efektif.

Sebagian orang dapat menjadi batuk jika menghirup udara yang panas dan kering. Hal ini dapat disebabkan oleh alergi. Batuk kering tipe ini akan lebih terlihat terutama jika terpapar polusi udara seperti asap rokok ataupun polusi dari kendaraan bermotor.

Batuk kering yang kronis atau yang berlangsung lama biasanya disebabkan oleh iritasi akibat asap rokok, alergi, polusi udara, asma atau postnasal drip (akibat influenza). Selain itu, batuk kering juga dapat disebabkan oleh kondisi atau penyakit yang lebih serius seperti PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronis yang umumnya terjadi pada perokok berat), GERD (Gastro-esophageal Reflux Disease yang disebabkan oleh asam lambung yang naik ke tenggorokan) serta penyakit jantung.

. Penyebab Batuk Kering


Penyebab batuk kering yang lebih jarang terjadi, yaitu influenza, pneumonia, efek samping dari obat-obatan tekanan darah dan obat jantung, infeksi virus, pertusis (batuk rejan atau yang sering dikenal dengan batuk seratus hari).

Batuk kering dapat disebabkan oleh berbagai kondisi dan juga penyebab, yang paling sering adalah:
  • Radang tenggorokan
  • Terhirupnya iritan seperti debu atau asap
  • Asma
  • Reaksi alergi

Selain itu, ada kondisi yang lebih serius yang dapat menimbulkan batuk kering, walaupun hal ini tergolong sangat langka seperti:
  • PPOK (penyakit paru obstruktif kronik)
  • GERD (gastro oesophagal reflux disease)
  • Penyakit jantung (dalam kasus yang jarang)

. Jenis Batuk Kering


Batuk kering dibagi lagi menjadi tiga jenis yaitu:
  1. Batuk kering biasa. Jenis ini paling sering disebabkan oleh infeksi virus dari hidung dan tenggorokan. Di mana Anda akan mengalami batuk terus menerus dengan perasaan ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan. Biasanya akan sembuh dalam 1 atau 2 minggu.
  2. Batuk menggonggong atau croup. Kasus batuk yang begitu gigih dan sampai-sampai suaranya mirip dengan lolongan anjing, terutama terlihat pada penyakit laringitis (Pembengkakan atau infeksi pita suara). Ketika pasien batuk, ada rasa sakit di tenggorokan dan kesulitan bernafas.
  3. Batuk rejan. Jenis batuk ini disebut juga dengan batuk 100 hari atau pertusis, yang disebabkan oleh bakteri. Saat ini kejadiannya sangat jarang karena adanya program imunisasi (DPT) yang dijalankan oleh pemerintah Indonesia. Kondisi ini biasanya hanya terlihat pada anak-anak. Ini adalah batuk di mana pasien batuk terus menerus, setelah itu ada suara teriakan karakteristik dan suara keras tarikan napas.

. Nama Obat Batuk Tidak Berdahak Tablet Dan Sirup Paling Ampuh


http://www.seh4t.com/2017/05/obat-batuk-tidak-berdahak.html

Obat Batuk Tidak Berdahak Tablet


Memang obat kimia ini memiliki kelebihan dan kekurangan, selain praktis dan bisa digunakan untuk meredakan batuk dalam waktu yang singkat, obat batuk tidak berdahak secara kimia ini bisa digunakan tanpa harus meraciknya terlebih dahulu dan bisa mudah ditemukan dimana saja. Berikut ini adalah berbagai macam obat batuk secara medis di Apotik yang bisa digunakan :
  1. Dekongestan. Obat dekongestan merupakan obat yang dikombinasikan dengan obat antihistamin dan juga obat antitussive yang berguna untuk mengobati batuk dan meredakan batuk dan tenggorokan gatal. Pada dasarnya obat dekongestan dan juga obat antihistamin ini berfungsi sebagai obat yang berfungsi untuk menghilangkan berbagai macam gangguan di saluran pernafasan manusia terutama hidung, mulut dan juga tenggorokan. Masalah yang sering dikait kaitkan dengan masalah hidung, mulut dan tenggorokan adalah batuk, flu dan juga alergi. Obat ini bisa anda gunakan untuk mengatasi permasalahan batuk pada umumnya. Pada batuk berdahak pun banyak yang menggunakan kombinasi antara dekongestan dengan antihistamin.
  2. Antitussive. Obat pertama yang bisa anda gunakan sebagai obat batuk dan tenggorokan gatal secara medis adalah obat batuk antitussive. Obat batuk tersebut memiliki fungsi sebagai penekan batuk. Jika batuk ditekan maka frekuensi dari batuk tersebut tidak sesering sebelum mengkonsumsi obat ini. Obat ini digunakan bagi orang yang mengalami batuk kering. Berbagai macam obat batuk kering yang ada di toko obat menggunakan obat ini untuk bisa menekan batuk penderita.
  3. Anti Infalamasi. Obat secara medis yang bisa anda gunakan selanjutnya adalah obat anti inflamasi. Obat ini sangat penting untuk mengatasi batuk kering dan tenggorokan gatal. Oleh sebab itu ketika anda membeli obat batuk sebaiknya anda memastikan bahwa di dalam obat batuk itu ada obat anti inflamasinya. Mengapa obat ini penting ada di dalam obat batuk?, alasannya karena obat ini berguna untuk menghindari batuk menjadi peradangan. Jika sudah menjadi peradangan maka tenggorokan akan terasa sakit sebab tenggorokan sudah terkena radang dan iritasi. Oleh sebab itu obat ini penting ada dan penting untuk dikonsumsi khususnya bagi batuk kering. Batuk kering tanpa dahak ketika batuk akan melukai tenggorokan sehingga rentan untuk terkena peradangan.
  4. Antihistamin. Selain bisa digunakan sebagai obat gatal-gatal dan juga sebagai obat cacar air , obat antihistamin ini sangat bermanfaat untuk mengatasi batuk kering berasa gatal di tenggorokan dan batuk berdahak. Antihistamin ini memiliki fungsi sebagai pengurang rasa gatal yang ada di dalam tenggorokan manusia dan juga mengurangi dorongan seseorang untuk batuk. Pada beberapa obat antihistamin berguna untuk menenangkan penderita batuk sehingga orang yang mengalami batuk akan tidur dengan nyenyak. Namun yang harus diingat disini adalah obat ini tidak boleh disalahgunakan sebagai cara mengatasi susah tidur.
  5. Obat Kumur. Salah satu cara medis yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah batuk kering yang anda alami adalah dengan berkumur menggunakan obat kumur yang mengandung antiseptik. Obat kumur itu berguna sebagai pembunuh kuman, virus dan juga bakteri yang menjadi penyebab tenggorokan gatal dan juga batuk. Saat ini banyak produk kesehatan yang berbasis antiseptik, mulai dari obat kumur antiseptik dan juga sabun cuci tangan antiseptik. Kebanyakan obat kumur antiseptik ini berguna sebagai cara mengobati sakit gigi dan juga sebagai cara mengobati gusi bengkak. Obat kumur ini juga berguna sebagai pereda batuk yang anda alami.

Obat Batuk Tidak Berdahak


Inilah beberapa obat batuk kering yang dijual di apotik terdekat anda;

1. Actived Plus DM 120 ml

Indikasi: Meringankan pilek dan batuk kering dan gatal
Kontra Indikasi Actived Plus DM 120 ml: N/A
Deskripsi: Bisa meringankan suatu gejala yang penyebabnya sebagian ataupun secara keseluruhan tergantung pada pelepasan histamine. Senyawa dari golongan pyrolidyne ini bekerja dan berfungsi sebagai antagonis kompetitif untuk reseptor histamine dan bisa / mampu menekan saraf pusat
Jenis: Fls.

2. VICKS Formula

Vicks Formula 44 DT Obat Batuk Sirup (Sachet 6.7mL, Botol 27mL, Botol 54mL)
Bahan aktif: Dekstrometorfan HBr
Rasa Menthol
Indikasi VICKS Formula:
Untuk meringankan batuk yang tidak berdahak yang disertai bersin-bersin/alergi, bisa Melegakan batuk kering, Untuk pelega batuk sehari penuh.

Kontra Indikasi VICKS Formula:
Asma bronkhial, penderita glaukoma, penderita hipersensitif, kegagalan pernafasan dan wanita hamil atau menyusui.

Baca Juga:
Obat Batuk Herbal Untuk Anak Yang Tak Kunjung Sembuh
Obat Batuk Alami Untuk Dewasa Ibu Hamil Dan Menyusui



Sekian artikel ini kami akhiri semoga dapat bermanfaat dan kami sangat mengharapkan anda dapat memaklumi akan kekurangan dan kesalahan yang terdapat didalamnya. Salam sehat dari kami www.seh4t.com terima kasih.
Previous Post
Next Post

0 komentar: