Senin, 29 Mei 2017

Obat Batuk Yang Bagus Untuk Mengeluarkan Dahak Bagi Orang Tua

Obat Batuk Yang Bagus Untuk Mengeluarkan Dahak Bagi Orang Tua


www.seh4t.com -Obat batuk harus disesuaikan dengan jenis batuk nya, apakah berdahak atau tidak. Hal ini penting karena apabila tidak sesuai, malah akan membuat batuk semakin berat bahkan berbahaya karena berhubungan dengan saluran nafas.

Obat Batuk Yang Bagus Untuk Mengeluarkan Dahak Bagi Orang Tua Batuk berdahak berarti batuk yang disertai dengan adanya dahak atau lendir (mukus), batuk itu sendiri sebenarnya cara tubuh untuk mengeluarkan lendir/dahak agar tidak menyumbat saluran nafas dan untuk membersihkan paru-paru dan saluran pernafasan. Dengan demikian, bisa dibayangkan bukan, apabila seseorang mengalami batuk berdahak tetapi yang dikasih malah obat batuk kering yang notabene bersifat menekan atau menghentikan batuk, maka sangat dimungkinkan dahak tidak bisa keluar akibatnya terjadi sesak bahkan mengancam jiwa

Penyebab Batuk Berdahak

  • 1. Kebiasaan Merokok
Kebiasaan merokok bagi seseorang juga merupakan salah satu pemicu timbulnya batuk berdahak. Asap rokok yang masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan saluran pernafasan terganggu sehingga memicu keluarnya lendir dan kemudia menyebabkan batuk
  • 2. GERD
GERD ini dapat menimbulkan batuk ketika gejala asam lambung perlahan- lahan naik ke tenggorokan. GERD ini biasanya terjadi ketika tidur.
  • 3. Infeksi virus
Lemahnya sistem imun pada saat sakit akan menyebabkan batuk mudah menyertai karena disebabkan virus yang menginfeksi. Batuk tersebut biasanya berasal dari dahak yang berda di dalam tenggorokan.
  • 4. Infeksi bakteri.
Selain infeksi virus, batuk berdahak juga dapat disebabkan karena infeksi bakteri. Bagian tubuh yang terkena infeksi ini khususnya adalah bagain saluran pernafasan dan juga paru- paru. Adanya dahak ketika batuk ini juga dapat mengindikasikan adanya penyakit pneumonia, bronchitis, sinusits, maupun pentakit TBC.
  • 5. Adanya penyakit infeksi paru- paru yang sudah lama
Batuk berdahak juga dapat disebabkan karena adanya penyakit COPD (Chronic obstructive pulmonary disease) atau penyakit paru yang telah menahun.

Obat Batuk Yang Bagus Untuk Mengeluarkan Dahak Bagi Orang Tua

Menghilangkan lendir atau dahak di tenggorokan tidak harus dengan cara yang mahal, tetapi dapat dilakukan dengan mudah menggunakan bahan yang tersedia di alam. Cara yang alami ini tentunya lebih aman tanpa efek samping. Berikut ini adalah cara menghilangkan lendir di tenggorokan secara alami yang wajib Anda coba:
  • A. Terapi Uap
Cara menghilangkan lendir di tenggorokan melalui terapi uap yaitu dengan cara ini :
  1. Menyiapkan wadah berisi air panas. 
  2. Kemudian campurkan dalam air panas tersebut 
  3. Beberapa tetes minyak kayu putih atau dapat juga ditambah ramuan jahe. 
  4. Dekatkan muka Anda ke dalam wadah tersebut, lalu hirup uap yang keluar. 
  5. Bernafaslah dengan wajar, maka secara otomatis uap yang bercampur minyak kayu putih atau ramuan jahe tersebut akan meresap ke tenggorokan dan hidung sehingga dapat menghilangkan lendir dan melegakan pernafasan Anda.
  • B. Ramuan Kunyit
Cara menghilangkan lendir di tenggorokan yang berikutnya yaitu dengan ramuan kunyit. Kunyit juga merupakan tanaman herbal yang bersifat membunuh kuman dan meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga dengan minum ramuan kunyit secara teratur dapat mengeluarkan lendir di tenggorokan dengan efektif. Cara membuatnya yaitu:
  1. Siapkan beberapa ruas kunyit.
  2. Kupas.
  3. Cuci sampai bersih kemudian diparut. 
  4. Dari parutan tersebut lalu diperas untuk diambil airnya.
  5. Campurkan pada setengah gelas air panas. 
  6. Tunggu sampai agak hangat, 
  7. Tambahkan madu untuk pemanis sekaligus menambah khasiat ramuan, 
  8. Lalu diminum.
  • C. Bawang Putih
Bawang putih dikenal sebagai tanaman yang mempunyai kandungan zat antibiotik alami, sehingga sangat efektif untuk membunuh bakteri maupun virus penyebab radang pada tenggorokan. Cara menghilangkan lendir di tenggorokan menggunakan bawang putih ini yaitu dengan cara memakan langsung beberapa siung bawang putih mentah-mentah atau mencampurkannya pada makanan sebagai lalapan.
  • D. Perbanyak Mengkonsumsi Buah
Obat Batuk Yang Bagus Untuk Mengeluarkan Dahak Bagi Orang Tua
Perbanyaak makan buah
Buah adalah jenis makanan yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan ketahanan tubuh dengan cara mengaktifkan berbagai enzim dan antibodi di dalam tubuh untuk melawan berbagai pennyakit. Sehingga dengan banyak mengkonsumsi buah kuman penyebab radang tenggorokan maupun pada saluran pernafasan pun akan dilawan secara alami dari dalam tubuh dan lendir/dahak yang ada didalamnya otomatis dapat hilang seiring matinya kuman penyebabnya.
  • E. Minum Jahe
Jahe telah lama dikenal sebagai tanaman herbal yang sangat ampuh untuk mengatasi penyakit pada saluran pernafasan, termasuk untuk mengeluarkan lendir/dahak di tenggorokan. Cara membuatnya sangat mudah, yaitu
  1. Siapkan dua ruas jahe, 
  2. Dicuci sampai bersih, 
  3. Digepuk sebentar supaya aromanya keluar 
  4. Kemudian masukkan ke dalam segelas air panas. 
  5. Campurkan sedikit gula sebagai pemanis, 
  6. Tunggu sebentar sampai minumannya hangat 
  7. Lalu diminum secara teratur 2 atau 3 kali dalam sehari. 
Rasa jahe yang segar dan agak pedas, sangat efektif untuk melegakan tenggorokan sekaigus mengeluarkan dahaknya.
  • F. Berkumur Dengan Garam
Berkumur dengan larutan garam juga merupakan cara menghilangkan lendir di tenggorokan yaitu dengan menyiapkan segelas air hangat kemudian ditambahkan 1 sendok garam. Aduk hingga rata, lalu gunakan larutan tersebut untuk berkumur beberapa kali.
Obat Batuk Yang Bagus Untuk Mengeluarkan Dahak Di Apotik
Sebelum memutuskan untuk menggunakan obat mengeluarkan dahak, tentu ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu mengapa dahak yang ada di tenggorokan sulit dikeluarkan. Kondisi tersebut memang diketahui dipicu oleh beberapa faktor, dan beberapa faktor penyebabnya tersebut antara lain :
  1. Bronkitis
  2. ISPA
  3. Bronkiektasis
  4. Terjadinya infeksi paru/Pneumonia
  5. Asma bronkiale



  • Salbutamol
Obat Batuk Yang Bagus Untuk Mengeluarkan Dahak Bagi Orang Tua
Salbutamol
Salbutamol ini merupakan obat bronkodilator yang bekerja untuk membuka atau melebarkan saluran napas (khususnya bronkus) terutama pada penderita asma. Salbutamol sendiri hingga saat ini tersedia dalam tiga jenis obat yang berbeda seperti syrup, tablet, dan inhaler.

Selain itu, obat yang mengandung salbutamol sulfat ini juga dapat digunakan untuk orang dewasa, anak-anak dan balita, serta lansia. Namun dosis yang diberikah haruslah tepat dan sebaiknya di bawah pengawasan dokter.
  • Ambroxol
obat batuk yang bagus
obat batuk yang bagus untuk mengeluarkan dahak
Satu lagi obat batuk paling ampuh di apotik untuk mengeluarkan dahak di tenggorokan adalan Ambroxol. Obat Ambroxol Hydochloride (HCI) yang termasuk jenis Expectorant ini memang dapat dikatakan sebagai salah satu obat batuk paling ampuh untuk dewasa.

Khususnya untuk kasus seperti dahak yang mengental di tenggorokan dan kerap menghambat pernapasan pada batuk berdahak. Dengan kinerja obat yang cepat, maka tak heran jika jenis obat ini juga menjadi salah satu obat batuk paling ampuh di apotik.

Hampir seluruh jenis obat batuk di atas tadi diketahui merupakan merk obat batuk yang bagus dan layak di coba untuk kasus seperti dahak yang sulit keluar pada batuk berdahak. Sebenarnya tidak perlu bingung ketika mencari obat pengencer dahak pada saat ini, karena sudah terdapat banyak referensi yang akan membantu Anda.
  • Obat batuk Bisolvon
Salah satu jenis obat pengencer dahak di tenggorokan yang ampuh dan efektif adalah obat Bisolvon ini. Untuk jenis tablet maka di dalamnya terkandung bromhexine HCI setara bromhexine 8 mg. Kandungan tersebut diketahui dapat membantu mengencerkan dahak yang sulit keluar di tenggorokan.
Obat Batuk Yang Bagus Bisolvon ini juga mudah ditemukan di apotik dan dapat dikatakan sebagai salah satu merk obat batuk yang bagus serta merupakan obat batuk paling ampuh untuk dewasa. Untuk Bisolvon tablet 8 mg ini biasanya akan dijual dengan kisaran harga sekitar 2 ribu rupiah perstripnya, namun biasanya harga akan tergantung daerah.

Kesimpulan

Selain mengetahui cara menghilangkan dahak di tenggorokan seperti yang telah dijelaskan di atas, Anda juga harus senantiasa melakukan pencegahan terhadap penularan penyakit saluran pernafasan yang menyebabkan produksi lendir berlebih di tenggorokan ini. Cara pencegahannya antara lain dengan memakai masker ketika berada di tempat yang mengandung polusi udara atau di kerumunan massa yang padat, menghindari rokok, dan berolahraga secara teratur untuk meningkatkan ketahanan tubuh. Jika lendir dalam tenggorokan Anda susah dikeluarkan dalam waktu yan lama, disertai dengan gejala lain misalnya batuk yang tidak kunjung sembuh, demam, keringat dingin, dan sebagainya, maka sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk deteksi penyebab dan penanganan lebih lanjut.

Terkait Obat Batuk? Anda Penting membaca ini: Obat Batuk Herbal Untuk Anak Yang Tak Kunjung Sembuh
Sekian artikel kami mengenai pembahasan tentang Obat Batuk Yang Bagus Untuk Mengeluarkan Dahak Bagi Orang Tua semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika anda ingin mencari info tentang obat-obatan kesehatan baik obat herbal maupun obat medis mencakup masalah penyakit secara umum, bukan hanya penyakit batuk saja. silahkan kunjungi situs kami di www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: